Beranda Teknologi 4 Tips Mudah Cara Mengunci Folder di Laptop dan HP

4 Tips Mudah Cara Mengunci Folder di Laptop dan HP

Cara Mengunci Folder

Kalimat.ID – Cara Mengunci Folder, Keamanan Privasi adalah hal yang paling krusial untuk kehidupan sosial dan pribadi sering kali batas privasi yang kita miliki dilanggar oleh orang lain dan hal itu dapat menyebabkan rasa ketidakamanan dalam hidup sehari-hari.

Mengunci Folder Penting sangatlah diperlukan sebagai langkah pengantisipasian atas pelanggaran privasi yang bersifat virtual.

Sebenarnya ada banyak cara agar privasi anda dapat terjaga dengan baik, Sebagai contoh kecilnya kalian jangan pernah meminjamkan ponsel, laptop atau barang pribadi anda lain-nya jikalau kalian tidak dapat melakukan pengawasan langsung kepada sang peminjam.

Ponsel sendiri adalah device atau perangkat yang paling sering menjadi sasaran para pelanggar privasi, Hal itu disebabkan karena smartphone sendiri adalah perangkat dengan pengguna yang sangat-sangat banyak didunia.

Tips Paling Ampuh Cara Mengunci Folder Dengan Mudah

Dan juga sebagian dari para pengguna smartphone yang hanya tahu menggunakan ponsel secara umum saja tanpa mengeksplor hal lain seperti teknologi, keamanan dan privasi pada perangkat smartphone mereka.

Untuk pengguna laptop atau perangkat sejenisnya cara menyembunyikan atau mengunci folder-nya harus menggunakan cara yang lebih expert atau rumit dikarenakan pelaku pelanggar privasi perangkat sejenis ini biasanya melakukan metode yang lebih pintar daripada pelanggar privasi yang menargetkan perangkat smartphone.

Walaupun ada juga beberapa kasus pelanggaran privasi smartphone yang menggunakan metode yang tak kalah hebat.

Cara Mengunci Folder di Windows

windows

Image by: legaleraindonesia.comNah kali ini kita bisa menggunakan beberapa cara nih, sama saja dengan tutorial diandroid hanya saja pada perangkat sejenis ini kita bisa sedikit bermain pada system batch yang ada.

Software Pengunci Folder:

  • Windows Batch – Rekomendasi.
  • Folder Lock
  • Wise Folder Hider

Demo Penggunaan

Sekarang kita akan praktekan cara yang direkomendasikan dari list diatas yaitu menggunakan windows batch dalam penyembunyian file. Cara ini sangat-sangat efektif apalagi jika kalian berada dilingkup yang awam tentang keamanan privasi komputer.

Cara Penggunaan Windows Batch

  1. Silahkan anda buka Notepad pada Komputer anda.
  2. Silahkan anda Copy dan Paste kode pada link https://goo.gl/P3rn9P .
  3. Edit Script dan ubah password serta kalimat peringatan yang ada pada script tersebut sesuai keinginan.
  4. Lalu save file dengan ektensi .bat, jadi hasil akhir file batch akan berformat “NamaFile.bat”.
  5. Silahkan anda buka file tersebut, Nah lalu tutup dan lihat tercipta sebuah Folder Baru ya kan. Silahkan anda masukan semua file dan folder penting anda pada folder tersebut.
  6. Untuk mengunci folder silahkan buka file batch kembali dan tekan “y” untuk mengunci file.
  7. Untuk membuka folder kembali silahkan buka file batch-nya dan masukan password pada file batch anda.

Tampilan Program Windows Batch:

Tampilan Program Pengunci Folder Windows Batch
Tampilan Program Pengunci Folder Windows Batch

Logika Penyembunyian

Sebenarnya Cara Mengunci Folder ini agak ribet tapi jauh lebih efisien yaitu menyisipkan Program Windows Batch yang telah kita buat tadi kedalam sebuah file gambar/video/dll menggunakan Metasploit. Alhasil program batch akan tersembunyi didalam file yang diinginkan dan akan terbuka pada saat file sebagai inang tersebut dijalankan. Metode ini dapat kalian pelajari di Stackoverflow dan forum lain-nya.

Cara Mengunci Folder di Linux

linux
Image by: xda-developers.com

Linux memang diketahui sebagai OS dengan user yang paling jarang terkena hacking, Tapi bukan berarti tidak bisa dijadikan target oleh para pelanggar privasi. Berbeda dengan Android dan Windows yang sebagian besar Tools Pengunci dan penjaga privasi-nya berasal dari sumber luar komunitas resmi, Linux mempunyai Library sendiri untuk tools yang mereka (User) butuhkan dan sangat lengkap.

Library tersebut berisikan Tools yang sangat lengkap mulai dari Tools Keamanan, Antivirus, Media, Peramban dll. Tanpa harus mencari digoogle dan berkunjung ke situs pihak ketiga yang tidak terjamin keamanan tools-nya.

Pada kasus ini kita menggunakan Linux Ubuntu dalam mempraktikan cara Mengunci Folder pada Linux. Kalian dapat menggunakan Tools bernama Cryptkeeper untuk melakukannya.

  • Buka Terminal terlebih dahulu. Applications -> Accessories -> Terminal.
  • Download toolsny dengan mengetikkan perintah “sudo apt-get install cryptkeeper“.
  • Setelah terinstal maka akan muncul gambar gembok pada taskbar anda. Silahkan dijalankan.
  • Pilih “New Encrypt Folder, Selanjutnya pilih folder yang akan dikunci. Tampilan seperti.

    Tampilan Cryptkeeper by faqforge.com
    ByFaqForge
  • Tekan “Forward”Lalu masukan password untuk folder tersebut.
  • Untuk membuka silahkan anda buka kembali Cryptkeeper-nya dan lihat list folder yang terkunci.

Terdapat cara lain tapi dengan keamanan yang lebih tidak terjamin seperti mengubah akses permission user dan hiding biasa. Untuk tutorial Merubah Izin Akses bisa kalian dalami di https://goo.gl/qRpTxt

Cara Mengunci Folder di Android

anrdoid
Image by: https://www.android.com/

Untuk android terdapat beberapa metode yang dapat kalian gunakan yaitu menggunakan Software dan Juga Logika yang simpel.

Software Pengaman Folder/File

  • Audio Manager (Hide it pro) https://goo.gl/Yr6Jmn – Rekomendasi.
  • Folder Lock Pro https://goo.gl/tm8jBG
  • Smart Applock https://goo.gl/mtdzvV

3 Aplikasi diatas adalah aplikasi yang mempunyai fitur yang paling gampang digunakan serta mempunyai keistimewaan sendiri.

Demo Penggunaan

Selanjutnya akan ditunjukan bagaimana cara penggunaan aplikasi pengaman folder yang telah menjadi rekomendasi diatas agar kalian dapat segera mengunci folder penting yang anda miliki.

Cara Penggunaan Audio Manager(Hide it pro).

  1. Silahkan download dan instal aplikasi terlebih dahulu.
  2. Silahkan buka aplikasinya dan akan menunjukan tampilan seperti dibawah.

    Halaman Awal
    Halaman Awal
  3. Selanjutnya ikuti intruksi yang ada yaitu tekan dan tahan logo atau tulisan Audio Manager pada aplikasi. Maka akan muncul halaman setting password.

    Halaman setting keamanan
    Halaman setting keamanan
  4. Pada demo ini kita menggunakan metode Pin Code, Lalu muncul sebuah Popup tempat kita mengatur pin yang kita inginkan.

    Popup Setting Pin
    Popup Setting Pin
  5. Cek Tutup aplikasi dan lihat homescreen anda, Nah adakan sebuah Aplikasi yang berkamuflase dengan nama Audio Manager.

    Audio Manager Logo
    Audio Manager Logo
  6. Buka aplikasi kembali dan lakukan login seperti demo nomor 2 diatas, dan kita akan mencoba menyembunyikan File berupa Foto pada Aplikasi ini. Masuklah kemenu Foto maka tampilan akan seperti ini.

    Menu Hide Foto
    Menu Hide Foto
  7. Silahkan tekan tombol tambah diujung kanan layar anda. dan akan muncul halaman pilih folder (disini kalian bisa melakukan hide satu folder ataupun file saja).

    Halaman pilih gambar
    Halaman pilih gambar
  8. Ketika selesai memilih makan silahkan tekan perintah “Hide Selected Files” maka otomatis file akan disembunyikan dan masuk dalam folder Audio Manager kalian seperti gambar dibawah.

    Menu Folder Tersembunyi
    Menu Folder Tersembunyi
  9. Nah selesai dah, Untuk memunculkan kembali file yang disembunyikan kalian bisa membuka kembali folder tersembunyi lalu memilih item yang ingin dimunculkan kembali.

Mengunci Folder di Flashdisk & Hardisk

Flashdisk dan Hardisk yang bersifat portabel ini, Juga menjadi salah satu device yang sering kena kasus pelanggaran privasi nih. Penguncian Folder dalam device portabel seperti Flashdisk dan Hardisk sedikit lebih rumit tapi tetap ada cara yang dapat anda gunakan.

Metode yang dapat digunakan :

  1. Meletakkan file bacth yang telah dijelaskan diatas pada flashdisk/hardisk.
  2. Membuat Folder Labirin seperti tutorial dibawah.
  3. Menyisipkan Program Metasploit pada Flashdisk atau Hardisk anda.
Metasploit. img by infosec
Metasploit. img by infosec

Nah kita bisa menggunakan sedikit logika metasploit kalian tidak perlu menggunakan Framework apapun cukup gunakan file batch windows yang kalian buat mengikuti tutor diatas. Setelah file telah jadi Gunakan winrar untuk menyisipkan file tersebut pada gambar. cara menyisipkan file kedalam gambar dapat kalian lihat dibawah.

Cara Menyisipkan File Batch kedalam Gambar.

  • Klik kanan Gambar -> Pilih winrar -> Add Archieve.
  • Centang SFX serta setting Compress menjadi Best.

    Setting Kompres dan SFX
    Setting Kompres dan SFX
  • Setelah itu buka Advanced Setting -> setup.Masukan Nama file .bat dan nama gambar anda seperti gambar dibawah.

    Advanced Setting.
    Advanced Setting.
  • Lalu tunggu proses selesai. Selanjutnya ubah nama file yang jadi menjadi nama gambar, Serta ubah thumbnail pada bagian properties file tersebut menjadi gambar yang gak penting.
  • Jika ingin membuka program batch anda tinggal menjalankan file gambar jadi-jadian tersebut.

Nah simpel kan, Silahkan dicoba.

Logika Tambahan

Metode hybrid adalah sebutan untuk algoritma yang dapat berjalan atau digunakan secara cross-platform.

Folder Labirin

Cara Mengunci Folder ini adalah cara yang paling efektif untuk membuat para pelanggar privasi menjadi malas melaksanakan niat-nya. caranya simpel saja cukup buat folder A sampai Z nah lalu kalian copy semua folder dari a-z tersebut dan paste didalam folder a,b,c sampai z nah logika-nya yaitu terdapat ratusan folder dalam folder yang harus dicek oleh pelanggar privasi.

Agar lebih bingung buatlah 3 atau lebih file teks yang isinya terdapat sebuah teks dengan panjang yang berbeda-beda agar ukuran file ketiga teks tersebut berbeda juga, Selanjutnya sebar file tersebut difolder paling dalam dari labirin anda.

File yang disebar harus lebih dari satu/folder kalian bisa menaruh 2-10 agar ukuran dari beberapa folder menjadi bengkak.

Hal ini agar menumbuhkan rasa malas dan jenuh pada pelaku pelanggar privasi tersebut karena harus melihat satu per-satu ukuran folder yang ada pada labirin (Antisipasi anak pelaku dari bidang IT sendiri yang biasanya langsung ngecek ukuran folder yang ada).

Metode Kombinasi

Dalam metode Mengunci Folder ini kita diharuskan menjadi kreatif dalam mencapur-adukan logika dan tools yang ada. Simpelnya menggabungkan Trik File Batch diatas dengan Metode Labirin yang baru aja kita bahas diatas juga bila anda seorang user perangkat PC. Nah untuk android kalian bisa kombinasikan tuh sembunyikan Aplikasi Audio Manager yang telah kita praktekan diatas menggunakan aplikasi App Hider atau Folder Lock Pro.

PENUTUP

Nah inti dari postingan kali ini ialah melindungi privasi dengan cara menyembunyikan dan mengunci folder itu adalah hal yang sangat sulit, Selalu terdapat kelamahan dalam semua metode yang tersedia.

Karena itu kita diharuskan menjadi kreatif dan inovatif menciptakan cara kita sendiri, Karena keamanan yang paling aman ialah ketika sesuatu tersebut hanya diketahui oleh kita sendiri.

Komentar disini
error: