30 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Terbukti Ampuh

Cara Menghilangkan Komedo

Kalimat.ID – Cara Menghilangkan Komedo – Selain jerawat, komedo adalah salah satu masalah yang kerap muncul pada kulit wajah. Komedo bisa berupa benjolan putih menyerupai jerawat ataupun bintik-bintik hitam. Komedo biasanya muncul pada area wajah seperti hidung, dahi, dagu dan kelopak mata.

Namun, komedo juga bisa muncul dibagian tubuh lainnya seperti dada, bahu, punggung dan lengan. Meskipun komedo tidak menimbulkan rasa sakit, namun kehadirannya sangat mengganggu penampilan seseorang. Terlebih lagi jika komedo tersebut berwarna hitam, wajah akan terlihat sangat kusam.

Jenis Komedo Beserta Ciri Cirinya

Secara garis besar, komedo dibagi menjadi 2 jenis, yaitu komedo putih (whiteheads) dan komedo hitam (blackheads). Meski kedua jenis komedo tersebut sangat mengganggu penampilan, namun komedo hitam dianggap jenis komedo yang paling mengganggu. Karena komedo hitam terlihat sangat mencolok dan lebih sulit dihilangkan daripada komedo putih. Untuk lebih jelasnya silahkan simak uraian mengenai jenis komedo berikut ini.

1. Komedo Putih (Whiteheads)

Jenis komedo yang pertama adalah komedo putih yang juga dikenal dengan whiteheads. Komedo putih termasuk jenis komedo tertutup dan terletak di jaringan bawah kulit. Komedo putih terjadi karena adanya gumpalan sebum pada jaringan bawah putih. Gumpalan sebum tersebut terlihat berwarna putih.

Ciri-ciri komedo putih antara lain berbentuk gumpalan saat disentuh. Komedo putih bisa muncul di wajah dalam bentuk berkelompok maupun tunggal. Komedo jenis ini paling banyak muncul pada area hidung, tulang pipi dan kelopak mata. Namun tidak menutup kemungkinan timbul di ara wajah lainnya. Karena berada di jaringan bawah kulit, komedo putih terkadang susah dihilangkan.

Anda sangat tidak dianjurkan untuk memencet sendiri komedo putih jika tidak terampil. Karena memencet komedo putih secara paksa akan menimbulkan risiko peradangan pada kulit wajah dan bisa memicu masalah kulit lainnya yang lebih parah.

2. Komedo Hitam (Blackheads)

Jenis komdo yang kedua adalah komedo hitam atau blackheads. Beda halnya dengan komedo putih, komedo hitam merupakan komedo terbuka. Komedo jenis ini berada pada permukaan kulit dan tidak ada jaringan kulit yang menutupinya.

Komedo hitam disebabkan oleh gumpalan sebum yang bercampur dengan bakteri, sel kulit mati, kotoran dan debu. Komedo hitam ini awalnya berwarna putih yang kemudian berubah menjadi berwarna hitam akibat proses oksidasi antara pigmen kulit dengan oksigen.

Komedo hitam memiliki beberapa ciri yang membedakannya dengan komedo putih, diantaranya yaitu warnanya yang hitam. Komedo paling sering timbul pada area dagu, hidung, dan dahi.

Komedo hitam lebih mudah dihilangkan daripada komedo putih karena tidak tertutup oleh jaringan kulit. Namun, untuk menghilangkan komdo hitam juga harus hati-hati agar tidak terjadi peradangan pada wajah.

Faktor Penyebab Komedo

Komedo terjadi akibat produksi minyak berlebih pada wajah yang bercampur dengan sel-sel kulit mati. Minyak dan sel-sl kulit mati tersebut menumpuk dan menyumbat pori-pori wajah.

Minyak pada wajah diproduksi oleh kelenjar minyak yang ada di dalam pori-pori kulit. Komedo yang berwarna putih akan berubah menjadi hitam saat pori-pori terbuka dan terkontaminasi dengan udara luar.

Selain itu, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan timbulnya komedo pada wajah, diantaranya yaitu:

– Meningkatnya jumlah bakteri yang berkembang pada kulit
– Terjadi iritasi pada pori-pori kulit akibat membersihkan wajah yang terlalu kasar atau efek samping peeling.
– Perubahan hormon yang biasa terjadi saat pubertas dan masa menstruasi sehingga produksi minyak pada kulit meningkat.
– Mengonsumsi obat tertentu seperti pil KB, lithium dan kortikosteroid
– Permukaan kulit yang terlalu lembab
– Kulit terpapar zat kimia pada losmtik seperti propylene glycol dan isopropyl myristate
– Banyak mengonsumsi minuman dan makanan yang mengandung lemak dan gula tinggi
– Kebiasaan merokok

Cara Menghilangkan Komedo Dengan Mudah

1. Tomat

tomat
Image by: medium.com

Bahan alami pertama yang bisa digunakan untuk cara menghilangkan komedo adalah tomat. Tomat mengandung antioksidan yang sangat tinggi yang mampu melawan radikal bebas dan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah.

Tak hanya itu saja, tomat juga bisa mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah sehingga kulit wajah tampak lebih cerah. Siapkan tomat yang telah dicuci bersih, kemudian haluskan dengan cara ditumbuk atau blender. Setelah itu, gunakan sebagai masker wajah.

2. Lidah Buaya

lidah buaya
Image by: medicalnewstoday.com

Lidah buaya biasanya dimanfaatkan untuk menyuburkan rambut. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa lidah buaya cukup ampuh cara menghilangkan komedo. Hal ini karena lidah buaya mengandung astringent dan saponin.

Dua zat tersebut mampu membunuh mikroba dan bakteri yang bersarang pada kulit wajah. Lidah buaya juga efektif mengurangi minyak berlebih yang dapat menyebabkan komedo.

Caranya, sediakan satu potong lidah buaya, kemudian kupas kulitnya dan ambil gelnya. Oleskan gel lidah buaya pada wajah, dan diamkan 20-30 menit. Setelah selesai, bersihkan wajah dengan air.

3. Putih Telur

putih telur
Image by: kumparan.com

Putih telur mengandung asam folat dan amino yang sangat baik untuk mengurangi produksi minyak sekaligus mengecilkan pori-pori. Dengan begitu, putih telur bisa menjadi salah satu pilihan untuk membantu cara menghilangkan komedo pada wajah.

Karena umumnya komedo timbul akibat minyak berlebih dan pori-pori yang terbuka. Buatlah masker wajah yang terbuat dari putih telur untuk membasmi komedo pada wajah anda.

Untuk mengurangi amis, campur putih telur dengan sedikit perasan lemon atau jeruk nipis sebelum dioleskan ke wajah. Gunakan masker putih telur secara rutin agar anda terbebas dari komedo.

4. Pasta Gigi

pasta gigi
Image by: cloudinary.com

Kedengarannya mungkin aneh jika pasta gigi bisa menghilangkan komedo, karena pasta gigi umumnya hanya digunakan untuk menggosok gigi. Namun, tidak ada salahnya jika anda mencoba cara menghilangkan komedo dengan bantuan pasta gigi.

Agar ramah di wajah, sebaiknya gunakan pasta gigi herbal atau yang berbahan alami. Cara menggunakannya pun sangat mudah, cukup oleskan pasta gigi herbal pada area wajah yang terdapat komedo, dan biarkan kurang lebih 10 menit.

Setelah selesai, bilas wajah dengan air biasa hingga tidak ada sisa pasta gigi pada wajah. Jangan mengoleskan pasta gigi secara berlebihan untuk menghindari iritasi kulit dan hentikan pemakaian jika komedo sudah hilang.

5. Uap Air Panas

uap air panas
Image by: okezone.com

Cara lainnya yang juga mampu menghilangkan komedo adalah uap air panas. Uap air panas bisa bisa membuat pori-pori wajah terbuka sehingga kotoran yang menyumbat pada pori bisa dibersihkan dengan mudah.

Namun, anda memerlukan plester atau porepack untuk membantu mengangkat komedo. Caranya, sediakan air panas pada mangkuk, kemudian letakkan wajah anda 5-10 cm diatas mangkuk. Lakukan penguapan wajah kurang lebih 10 menit.

Kemudian tempelkan plester atau porepack pada area wajah yang terdapat komedo beberapa saat, kemudian tarik. Jika anda melakukannya dengan benar, maka komedo akan terangkat. Setelah itu, jangan lupa membasuh wajah dengan air dingin agar pori-pori wajah kembali menutup.

6. Air Perasan Lemon

lemon
Image by: abelandcole.co.uk

Buah lemon juga bisa menjadi alternatif yang cukup ampuh untuk menghilangkan komedo membandel. Buah lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang mampu mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori wajah.

Tak hanya mampu menghilangkan komedo putih, komedo hitam yang sulit dihilangkan pun bisa diatasi dengan buah lemon. Caranya sama seperti poin-poin sebelumnya, cukup gunakan air perasan lemon sebagai masker wajah.

7. Madu

cara menghilangkan komedo dengan madu
Image by: medicalnewstoday.com

Bahan alami lainnya yang tak kalah ampuh untuk mengangkat komedo ialah madu. Selain baik untuk dikonsumsi, madu memang telah lama digunakan untuk perawatan wajah. Anda bisa mengoleskan madu secara langsung ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Untuk hasil yang lebih maksimal, anda juga bisa menambahkan madu dengan oatmeal atau jeruk nipis.

8. Teh Hijau

cara menghilangkan komedo dengan teh hijau
Image by: wikimedia.org

Teh hijau merupakan salah satu bahan herbal yang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk kecantikan. Bagaimana tidak, teh hijau sangat kaya akan kandungan vitamin E. Vitamin E sangat penting untuk menjaga kecantikan kulit. Seduh teh hijau dengan air panas, dan biarkan hingga dingin.

Setelah seduhan teh hijau dingin, ambil ampas teh hijau dan tempelkan pada wajah. Biarkan teh hijau meresap di wajah hingga 15 menit. Perawatan wajah dengan teh hijau ini jika dilakukan secara rutin akan membuat komedo cepat hilang.

9. Minyak Jarak

Image by: tokopedia.net

Minyak jarak sering dimanfaatkan untuk mengangkat sel kulit mati. Minyak jarak juga bisa mengangkat komedo yang menyumbat pori-pori wajah. Cara menggunakan minyak jarak untuk menghilangkan komedo sangat mudah.

Anda hanya perlu mengoleskannya pada wajah sambil melakukan pemijatan dengan gerakan memutar. Biarkan minyak jarak menempel pada wajah hingga mengering dengan sendirinya, lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat.

10. Pepaya

cara menghilangkan komedo dengan pepaya
Image by: organicfacts.net

Pepaya sangat kaya akan vitamin, terutama vitamin A, C dan E. Kandungan vitamin tersebut sangat baik untuk merawat kulit dan mengatasi komedo. Ambil satu potong pepaya yang telah dihaluskan, lalu oleskan pada wajah secara merata.

Biarkan pepaya menempel pada kulit wajah hingga 30 menit, dan basuh wajah hingga bersih. Lakukan cara ini setidaknya 2 hari sekali, dan rasakan hasilnya.

11. Kacang Kedelai

cara menghilangkan komedo dengan kacang kedelai
Image by: hellosehat.com

Kacang kedelai dikenal sebagai bahan dalam pembuatan tahu, tempe dan susu kedelai. Sama seperti teh hijau, kedelai juga mengandung vitamin E yang sangat baik untuk kulit. Kedelai juga bisa dijadikan bahan alami penghilang komedo.

Caranya, sediakan kedelai mentah secukupnya, kemudian rendam dalam air selama 10 menit. Setelah itu haluskan kedelai dengan menggunakan blender dan tempelkan pada wajah selama 20 menit.

Untuk hasil yang lebih maksimal, sebelum menggunakan masker kedelai, sebaiknya lakukan uap wajah terlebih dahulu agar wajah bisa menyerap nutrisi dari kedelai dengan baik.

12. Gula dan Kopi

cara menghilangkan komedo dengan gula
Image by: cloudfront.net

Gula dan kopi jika dipadukan akan menjadi minuman yang nikmat. Tapi kali ini gula dan kopi akan kita gunakan untuk menghilangkan komedo yang membandel. Caranya, seduh kopi dan gula dengan sedikit air panas hingga membentuk pasta yang cukup kental, lalu diamkan hingga suhunya agak dingin.

Oleskan pasta kopi dan gula pada area kulit yang berkomedo, lalu gosok secara perlahan seperti menggunakan scrub. Cara ini akan membuat kotoran dan sel kulit mati penyebab komedo terangkat. Lakukan perawatan dengan kopi dan gula secara teratur agar komedo cepat menghilang.

13. Tepung Gandum

cara menghilangkan komedo dengan tepung gandum
Image by: wideopeneats.com

Tepung gandum umumnya hanya digunakan untuk membuat roti atau kue. Nyatanya, tepung gandum bisa dijadikan alternatif untuk menghilangkan komedo. Caranya sangat mudah, ambil tepung gandum secukupnya, kemudian larutkan dengan air hingga mengental.

Lebih bagus lagi jika anda menggunakan air mawar untuk melarutkan tepung gandum. Oleskan pada seluruh area wajah dan biarkan sampai 15 menit atau sampai mengering dengan sendirinya.

14. Air Garam

cara menghilangkan komedo dengan garam
Image by: medicalnewstoday.com

Selain digunakan untuk penyedap rasa masakan, garam juga memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu menghilangkan komedo. Tapi jangan salah, cara menggunakannya bukan dengan dioleskan diwajah. Disini kita akan melakukan uap wajah dengan air yang telah dibubuhi garam.

Dekatkan wajah pada larutan air garam yang panas selama 15 menit. Setelah itu, basuh wajah menggunakan air dingin. Melakukan perawatan seperti ini akan wajah terlihat lebih bersih. Jika anda ingin menghilangkan komedo dengan uap air garam, maka lakukanlah secara rutin.

17. Minyak Kelapa dan Kunyit

cara menghilangkan komedo dengan minyak kelapa
Image by: hindustantimes.com

Minyak kelapa dan kunyit jika dikombinasikan ternyata bisa menghilangkan komedo. Disini kunyit yang akan kita gunakan adalah kunyit bubuk. Anda bisa menemukan kunyit bubuk dengan mudah di supermarket.

Namun, untuk penggunaannya, jangan terlalu banyak menambahkan bubuk kunyit, karena akan membuat kulit wajah menjadi kuning. Ambil satu sendok makan kunyit bubuk, kemudian campur dengan minyak kelapa hingga mengental.

Oleskan campuran kunyit dan minyak kelapa ke seluruh wajah dan diamkan hingga mengering. Cara ini tentunya harus dilakukan secara rutin agar komedo yang membandel bisa menghilang.

16. Es Batu

cara menghilangkan komedo dengan es batu
Image by: 123rf.com

Selain menjadi bahan tambahan untuk membuat minuman segar, es batu juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit seperti komedo. Tapi, disini es batu yang digunakan bukan es batu yang terbuat dari air biasa, melainkan air jeruk.

Bersihkan wajah dan tangan terlebih dahulu, kemudian oleskan air jeruk yang sudah dibekukan pada area kulit yang berkomedo. Lakukan perawatan dengan es batu ini secara rutin agar komedo tidak kembali lagi.

17. Kayu Manis dan Madu

cara menghilangkan komedo dengan kayu manis
Image by: cnn.com

Tidak seperti madu yang sudah banyak digunakan untuk merawat kulit, kayu manis lebih sering digunakan untuk membuat minuman atau bumbu masakan. Namun, kdua bahan ini jika disatukan ternyata sangat ampuh untuk mengatasi komedo. Alasannya yaitu karena kayu manis dan madu bersifat antibakteri sehingga mmapu melawan bakteri yang menyumbat pori-pori wajah.

Ambil kayu manis bubuk sebanyak satu sendok teh, kemudian tambahkan madu sehingga membentuk pasta. Oleskan ramuan tersebut pada wajah yang telah dibersihkan, lalu bersihkan dengan air biasa. Dengan cara ini, komedo hitam akan menghilang secara bertahap.

18. Pala dan Susu

cara menghilangkan komedo dengan susu
Image by: downtoearth.org.in

Cara menghilangkan komedo selanjutnya yang bisa coba adalah campuran buah pala dan susu. Sediakan satu sendok makan susu bubuk, lalu campurkan dengan bubuk pala secukupnya.

Tambahkan sedikit air agar membentuk pasta. lalu oleskan pada wajah, terutama pada area yang berkomedo. Lakukan pemijatan wajah dengan gerakan memutar 3-5 menit, kemudian bersihkan wajah dengan air.

Perlu diingat, cara ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang tidak memiliki alergi terhadap susu sapi. Jika anda memiliki riwayat alergi susu sapi, maka sebaiknya hindari penggunaan susu dan pala untuk wajah.

19. Yoghurt

cara menghilangkan komedo dengan yoghurt
Image by: meramuda.com

Yogurt merupakan salah satu produk olahan susu sapi yang sudah melewati proses fermentasi. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, yogurt juga bisa membantu mengatasi komdo.

Untuk cara penggunaannya, anda membutuhkan oatmeal sebagai bahan pendukung. Campur yogurt dengan oatmeal secukupnya hingga membentuk pasta. Bersihkan wajah, lalu oleskan campuran yogurt dan oatmal tadi ke seluruh bagian wajah. Gosok pasta tersebut pada wajah secara perlahan selama 3 menit. Terakhir, bersihkan wajah mnggunakan air hangat.

20. Baby Oil

cara menghilangkan komedo dengan minyak bayi
Image by: doktersehat.com

Anda tak harus mendatangi salon kecantikan hanya untuk menghilangkan komedo. Banyak cara alami yang bisa anda lakukan sendiri dirumah untuk mengatasi masalah komedo. Selain cukup praktis, anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

Salah satu cara yang layak anda coba adalah menghilangkan komedo dengan menggunakan baby oil. Caranya, campurkan 2 sendok baby oil dengan 1 sendok minyak zaitun. Lalu oleskan pada wajah sambil melakukan pijatan ringan selama 5 menit.

21. Cuka Sari Apel

cara menghilangkan komedo cuka apel
Image by: bbcgoodfood.com

Bahan alami lainnya yang tak kalah ampuh untuk menghilangkan komedo adalah cuka apel. Cara penggunaannya pun sangat praktis, cukup campurkan satu sendok cuka apel dengan satu sendok air.

Kemudian basahkan kapas dengan campuran cuka apel dan usapkan ke seluruh wajah, terutama bagian yang berkomedo. Diamkan beberapa saat agar cuka sari apel meresap dengan sempurna. Kemudian basuh wajah dengan air hangat sampai tidaka da lagi sisa cuka apel pada wajah.

22. Buah Stroberi

buah stroberi
Image by: hellosehat.com

Buah stroberi memang paling enak jika dijadikan jus, selain rasanya yang segar, stroberi juga kaya akan kandungan vitamin yang akan menyehatkan tubuh dan kulit. Selain dijadikan jus, stroberi juga kerap dijadikan topping pada kue.

Selain baik untuk dikonsumsi, stroberi juga bisa dijadikan masker wajah. Masker stroberi rupanya cukup ampuh untuk menghilangkan komedo membandel. Tak hanya itu, masker stroberi juga bisa melembabkan kulit, menghilangkan keriput, dan mengatasi kulit kusam.

Membuat masker dari buah stroberi sangat mudah sekali. Ambil 3 buah stroberi ukuran sedang yang telah dicuci, kemudian haluskan dengan blender. Jangan lupa tambahkan 1 sendok madu sebelum mengoleskannya ke wajah. Biarkan masker stroberi menempel pada wajah selama 30 menit. Setelah itu cuci muka dengan air sampai sisa-sisa stroberi hilang.

23. Kacang Almond

kacang almond
Image by: kompas.com

Komedo hitam biasanya lebih sulit dihilangkan daripada komedo putih. Namun, jika anda mau melakukan perawatan wajah dengan almond, maka komedo akan teratasi, baik komedo putih maupun komedo hitam.

Caranya, siapkan 4 buah kacang almond, lalu rendam dalam air selama 1 jam. Setelah proses perendaman selesai, haluskan kacang almond dengan cara ditumbuk. Lalu gosokkan secara perlahan pada bagian wajah yang berkomedo beberapa menit, kemudian basuh wajah dengan air.

24. Kentang

kentang
Image by: harvard.edu

Komedo bisa disebabkan oleh bakteri dan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah. Untuk menghilangkannya, kentang merupakan pilihan yang tepat. Karena kentang bersifat antibakteri sehingga dapat melawan bakteri penyebab komedo. Kentang juga mengandung vitamin C yang bisa menghilangkan kulit kusam.

Cara memanfaatkan kentang untuk menghilangkan komedo adalah dengan membuatnya menjadi masker wajah. Ambil satu buah kentang yang telah dicuci dan dikupas. Kemudian parut dan tempelkan ke seluruh bagian wajah anda. Biarkan parutan kentang tersebut menempel pada wajah hingga mengering dengan sendirinya, kemudian basuh dengan air biasa.

25. Bawang Putih

bawang putih
Image by: purch.com

Tak hanya menjadi bahan wajib untuk memasak, bawang putih juga dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, apakan anda tahu jika bawang putih juga sangat bagus untuk mengatasi masalah kulit wajah? Salah satu masalah kulit yang bisa diatsi dengan bawang putih adalah komedo, baik komedo hitam maupun komedo putih.

Caranya cukup praktis, siapkan 2 siung bawang putih yang sudah dikupas, lalu tumbuk hingga halus. Setelah bawang putih halus, oleskan secara perlahan pada area wajah yang terdapat komedo. Diamkan hingga 15 menit, kemudian bersihkan wajah dengan air.

26. Daun Fenugreek

Daun Fenugreek
Image by: doktersehat.com

Fenugreek sepertinya jarang dikenal oleh masyarakat, karena tanaman ini memang sangat jarang ditemui di pekarangan rumah. Namun, daun fenugreek ternyata menyimpan berbagai manfaat, salah satunya menghilangkan komedo. Daun fenugreek bisa anda dapatkan di supermarket.

Cara memanfaatkan daun fenugreek untuk komedo yaitu dengan menjadikannya sebagai masker. Sediakan segelas daun fenugreek, lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan dengan sedikit air, dan aduk sampai merata agar mengental, lalu oleskan pada wajah. Biarkan masker fenugrek menempel pada wajah hingga 15 menit, kemudian bilas wajah dengan air.

27. Daun Mint

daun mint
Image by: aspca.org

Daun mint biasanya digunakan untuk membuat minuman segar pelepas dahaga. Namun, daun mint juga kerpa digunakan untuk merawat kulit wajah. Salah satu manfaat daun mint yang tidak bisa diremehkan adalah menghilangkan jerawat.

Cara penggunaannya tidak jauh berbeda dengan bahan herbal sebelumnya. Sediakan beberapa lembar daun mint, lalu tumbuk hingga halus. Campur daun mint yang sudah dihaluskan dengan air secukupnya agar menjadi kental. Oleskan dan gosok secara perlahan pada kulit yang berkomedo.

28. Kulit Jeruk

kulit jeruk
Image by: kumparan.com

Dalam dunia kecantikan, kulit jeruk sering digunakan untuk mencerahkan kulit wajah. Tak hanya itu, kulit jruk juga sangat ampuh mengusir komedo pada wajah. Caranya sangat praktis, cukup sediakan kulit jeruk, lalu gosok-gosokan pada kulit wajah yang berkomedo.

Dengan cara ini, komedo putih biasanya akan mudah terangkat. Selain itu, ada cara lain yang bisa diterapkan, yaitu dengan membuat scrub dari kulit jeruk. Caranya, haluskan kulit jeruk, kemudian campur dengan sedikit gula pasir.

Gosok scrub kulit jeruk secara perlahan pada area yang berkomedo. Lakukan perawatan wajah dengan kulit jeruk 2 kali dalam seminggu agar wajah semakin bersih dan terbebas dari komedo.

29. Masker Lumpur

masker
Image by: hellosehat.com

Walaupun terdengar menjijikkan, masker lumpur ternyata sangat ampuh mengatasi komedo. Namun jangan khawatir, anda tak perlu repot mencari kubangan berlumpur yang sudah pasti jauh dari kata bersih.

Lumpur yang akan kita gunakan ini terjamin kebersihannya karena berasal dari kemasan yang siap pakai. Masker lumpur bisa di dapatkan di toko-toko kecantikan. Jika sudah mendapatkan masker lumpur yang anda cari, selanjutnya anda hanya perlu memakainya sesuai petunjuk yang ada di kemasan.

30. Menggunakan Pore Pack

Pore Pack
Image by: doktersehat.com

Selain menggunakan bahan herbal, ada satu cara praktis yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan komedo, terutama komedo putih. Caranya adalah dengan menggunakan pore pack atau plester pengangkat komedo.

Pore pack bisa dengan mudah ditemukan di Supermarket. Sebelum menggunakan pore pack, ada baiknya bersihkan wajah anda terlebih dahulu. Lalu, basahi bagian wajah yang berkomedo dengan sedikit air, kemudian tempelkan pore pack di area tersebut.

Diamkan pore pack hingga 15 menit, lalu tarik pore pack dengan cepat. Dengan cara ini, komedo putih biasanya akan langsung terangkat. Namun, untuk menghilangkan komedo hitam yang sudah lama, penggunaan pore pack bisa dilakukan sampai beberapa kali.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, komedo bisa disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan minyak berlebih yang menyumbat pori-pori wajah. Jika dibiarkan begitu saja, komedo bisa berkembang menjadi jerawat.

Untuk menghindari hal tersebut, anda harus rajin membersihkan wajah minimal 2 kali dalam sehari, terlebih lagi jika anda banyak beraktifitas diluar ruangan yang penuh debu dan polusi udara.

Dan jika anda sedang mengalami komedo, tidak ada salahnya mencoba salah satu cara menghilangkan komedo yang telah kami uraikan pada artikel ini. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Komentar disini