5 Cara Menghilangkan Internet Positif di Android dan PC

Kalimat.ID – Cara Menghilangkan Internet Positif (Windows, Linux dan Android), Browsing internet pada jaman sekarang sudah menjadi aktifitas sehari-hari yang tidak pernah terlewatkan. Mulai dari menjelajahi website untuk mendapatkan ilmu serta untuk mendapatkan hiburan.

Tapi tidak semua website dapat diakses oleh pengguna internet loh ! dunia internet di indonesia sendiri ada sangat banyak website yang tidak bisa di akses, alasan-nya pun ada banyak seperti pelanggaran hak cipta yang merugikan, memuat konten yang tak layak untuk ditampilkan ataupun dianggap sebagai website ilegal.

Apa Itu Internet Positif Indonesia?

internet positif
Image by: teknorush.com

Internet Positif merupakan istilah yang diciptakan setelah dibuatnya Trust+Positif dari kominfo pada 17 juli 2014. Setelah diresmikannya keputusan tersebut maka halaman web peringat-pun bermunculan dengan tampilan yang berbeda-beda.

Trust+Positif berisikan peraturan bahwa semua Internet Service Provider (ISP) seperti telkomsel wajib melakukan pelarangan untuk membuka website yang terdapat pada database Trust+Positif tanpa terkecuali.

Halaman Internet Positif disebut juga sebagai halaman web yang berfungsi sebagai peringatan kepada pengguna bahwa mereka sedang mencoba untuk mengakses website yang dianggap oleh pemerintahan sebagai website ilegal.

Pada dasarnya halaman internet positif sendiri dapat berubah tergantung ISP (Internet Service Provider) yang anda gunakan. Misalkan telkomsel yang mempunyai halaman Internet Posifit seperti dibawah.

Hingga 31 Agustus 2017 Trust+Positif sudah terdapat lebih dari 800.000 website didalam database Trust+Positif.

5 Cara Menghilangkan Internet Positif Dengan Mudah

Terdapat beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan atau melewati (skip) halaman Internet Positif tersebut.

Sebelum melakukan-nya pastikan dulu bahwa anda yakin ingin mengunjungi website-website yang mempunyai masalah terhadap aturan Trust+Positif dari pemerintah kita. Sebagai bahan untuk dipikirkan terlebih dahulu dapat anda baca dibawah.

Beberapa Resiko Mengunjungi Website berlabel Internet Positif:

  • Kemungkinan website dapat menyebarkan bervirus (Maleware).
  • Konten Negatif yang mempengaruhi mental (Porno, doktrin atau challange).
  • Berisikan Phising, Carding atau Script hacking lain-nya (Pencurian data).
  • Anda di cap penjahat internet karena membuka hal yang dilarang oleh aturan negara.
  • Anda bisa saja dianggap mendukung aktivitas Pelanggaran Hak Cipta.

Nah jikalau anda sudah paham dan masih ingin membuka website berlabelkan internet positif tersebut, Silahkan anda simak caranya dibawah.

1. Menghilangkan Internet Positif di PC

PC adalah platform yang akan kia bahas terlebih dahulu cara bypassing internet positif-nya. Cara menghilangkan atau melawati halaman blok dari ISP ini akan dijelaskan sesuai dengan OS yang digunakan.

Menghilangkan Internet Positif pada Windows

Menghilangkan halaman internet positif pada windows terbilang cukup mudah, dan ada lebih dari satu cara yang tersedia dan dapat anda simak dibawah.

Cara Membuka situs yang diblokir:

  1. Menggunakan Aplikasi VPN.
  2. Menggunakan Peramban Khusus.
  3. Plugin / Add-ons peramban internet.

1. Menggunakan Aplikasi VPN / Proxy

Virtual Private Network atau yang biasa di kenal dengan singkatan apa itu VPN merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk menghilangkan Internet Positif yang disediakan oleh ISP yang sedang digunakan.

VPN Berfungsi untuk mengarahkan menghubungkan PC client ke server VPN. Nah ketika server vpn dan pc telah saling terkoneksi maka client dapat membuka dokumen atau browsing internet menggunakan gateway dari Server VPN tersebut.

sedangkan proxy adalah penyamaran pc pada saat melakukan request content dari internet atau intranet.

Cara Menggunakan Aplikasi Proxy

  • Download Aplikasinya di website Ultrasurf.us
  • Ekstrak aplikasi dan jalankan aplikasinya
  • Jangan lupa centang persis dibagian bawah tulisan “Prefered”
  • Buka browser dan selamat surfing

2. Menggunakan Peramban Khusus

Nah trik kali ini dapat dibilang cukup simpel untuk digunakan, kalian hanya harus menggunakan browser tertentu seperti duckduckgo, opera browser atau onion browser. Browser diatas telah dilengkapi fitur VPN dan proxy yang dapat anda gunakan.

Mengaktifkan fitur VPN Opera browser

  • Buka opera browser -> Setting.
  • Pada halaman seting pilih Privacy & Security, disana terdapat fitur VPN.

    Fitur VPN
    Fitur VPN. img by nesaba media
  • Nah silahkan anda centang dan berhasil.

3. Menggunakan Plugin Browser

Trik ini adalah yang paling simpel dan sangat mirip dengan cara nomor 2 diatas, Cara menghilangkan internet positif menggunakan plugin browser internet sangatlah populer.

Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba menginstal plugin VPN yang paling ringan dengan iklan yang dikit yaitu browsec.

Cara memasang plugin / Add-ons VPN Browser

  • Silahkan anda download Browsec pada link https://goo.gl/9Jfwwj (Google Add-ons)
  • Silahkan anda tekan add to chrome

    Browsec View
    Browsec View
  • Nah akan muncul popup yang meminta konfirmasi pemasangan add-ons

    Konfirmasi Browsec
    Konfirmasi Browsec
  • Selanjutnya add-ons akan didownload dan dipasang secara otomatis pada chrome anda
  • Silahkan klik logo dan klik start pada add-ons browsec, Selesai

    Logo Browsec pada browser
    Logo Browsec pada browser

2. Menghilangkan Internet Positif pada Linux

Nah untuk linux sendiri kalian dapat melewati Internet Positif dengan cara merubah identitas bawaan yang diberikan oleh Internet Provider seperti DNS

DNS sendiri dapat kalian ubah pada linux melalui Terminal bawaan linux dan tidak perlu memakan waktu yang lama. Pengubahan DNS juga dapat dilakukan jikalau terdapat gangguan pada wifi seperti yang pernah dijelaskan pada artikel teknologi lain-nya pada web ini.

Berikut cara mengubah DNS pada linux

  • Buka terminal terlebih dahulu.
  • Masukan perintah “sudo nano /etc/dhcp/dhclient.conf”.
  • Setelah itu carilah baris “#prepend domain-name-servers 127.0.0.1;”.
  • Hapus tanda pagar dan ubah 127.0.0.1 menjadi 8.8.8.8 , 8.8.4.4 sehingga baris menjadi “prepend domain-name-servers 8.8.8.8 , 8.8.4.4;”.

    DNS Setting
    DNS Setting. img by LinuxSec
  • Nah selanjutnya silahkan restart network manager “sudo service network-manager restart”.
  • Konek ulang ke jaringan internet anda. dan silahkan coba browsing.

3. Menghilangkan Internet Positif di Smartphone

Ponsel adalah perangkat yang paling sering berada didekat kita dan oleh karena itu akan dijelaskan pula cara menghilangkan internet positif pada perangkat smartphone anda.

Nah sama hal-nya pc, smartphone juga mempunyai OS yang beragam yang menyebabkan cara menghilangkan internet positif-nya yang juga berbeda.

Menghilangkan Internet Positif pada Android

Android adalah OS yang sangat mudah digunakan, layanan yang sangat luas serta komunitas yang sangat besar di dunia yang menyebabkan tutorial pada android sangat cepat tercipta.

Pada OS android kalian bisa menggunakan aplikasi VPN yang sudah tidak asing lagi yaitu Hotsphot Shield. Hotspot Shield merupakan aplikasi VPN yang paling mudah untuk di gunakan dan dapat di gunakan sacara gratis.

Hotspot Shield sangat direkomendasikan dikarenakan kecepatan akses yang layanan VPN mereka sediakan sangatlah cepat, Alhasil kalian tidak akan mengeluh jaringan lemot ketika menggunakan VPN (Kalau masih lemot periksa koneksi wifi anda bukan aplikasi-nya).

Menghilangkan Internet Positif dengan Hotspot Shield

  • Silahkan download Hotspot Shield pada playstore.Hotspot Shield
  • Buka aplikasi dan akan ditanyakan alasan penggunaan Hotspot Shield silahkan anda pilih apa saja.
  • Selanjut-nya lewati semua hal sampai anda berada dihalaman izin.Izin Hotspot Shield
  • Selanjutnya akan diminta izin merubah koneksi, berikan izin tersebut.
  • Selanjutnya mengaktifkan VPN untuk perangkat android anda.Pengaktifan Hotspot Shield
  • Jika diminta izin lain silahkan anda berikan izin.Izin Lain HotspotShield
  • Berhail, Selamat browsing internet.HotspotShield Aktif

Jika anda merasa menggunakan Hotspot Shield masih kurang dalam layanan VPN anda bisa menggunakan aplikasi sejenis-nya seperti TurboVPN, SecureVPN atau VPN Master agar tetap bisa melewati internet positif di smartphone.

Menghilangkan Internet Positif dengan Peramban Khusus

Bukan cuman PC yang menyediakan browser yang dilengkapi fitur VPN dan Proxy pada perangkat berteknologi android pun ada banyak bowser yang menyediakan fitur VPN dan Proxy.

Browser atau Peramban yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan internet positif yaitu Onion Browser+Router, Opera, UC Browser, Unlock VPN Browser dll.

Menghilangkan Internet Positif pada IPhone

Pada IPhone terdapat dua cara yang dapat anda gunakan pertama menggunakan aplikasi VPN dan yang kedua setting DNS perangkat iOS anda.

Menggunakan Aplikasi VPN

Aplikasi VPN yang paling di rekomendasikan pada perangkat iOS ialah SurfEasy VPN aplikasi ini dapat kalian download pada iTunes kalian secara gratis.

SurfEasy VPN juga mempunyai fitur seperti Tracking Block yang mengamankan privasi anda saat melakukan browsing dengan VPN ini, terdapat 20+ Server VPN yang tersedia dan juga sangat ringan untuk perangkat anda.

Anda cukup menginstal aplikasi tersebut (SurfEasy VPN) dari iTunes lalu jalankan aplikasi.

Menggunakan DNS pihak ke-tiga

  • Silahkan nyalakan Wifi Iphone anda.
  • Silahkan masuk ke pengaturan Properties wifi anda.
  • Setting DNS menjadi 4.2.2.1 , 4.2.2.6 . Seperti digambar Setting DNS Iphone
  • Konek ulang ke wifi dan coba browsing.

Nah itulah penjelasan seputar tentang internet positif dan cara menghilangkan-nya. Internet positif ada bukan tanpa alasan, diharapkan anda mengetahui maksud dari diciptakan-nya Trust+Positif dan Internet Positif yaitu untuk menjaga privasi anda dan meminimaliris aksi kejahatan cyber. Gunakan cara diatas dengan bijak.

Komentar disini
Hosting Unlimited Indonesia