Beranda Kesehatan 9 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah Secara Alami

9 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah Secara Alami

cara menghilangkan bekas luka di wajah
cara menghilangkan bekas luka di wajah

Kalimat.ID – Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah, Pada diri setiap orang pasti ingin mempunyai kulit wajah yang nampak mulus dan tidak ada sedikitpun, luka baik itu wanita maupun laki – laki. Namun, kondisi yang seperti itu sangatlah sulit untuk menjaga kulit mulus yang tidak ada lukanya, sekalipun tandanya itu kecil.

Memiliki luka pada bagian apapun memang tidak menyenangkan apalagi luka tersebut ada pada wajah. Karena wajah adalah suatu bagian pada tubuh yang memang selalu dilihat oleh orang lain yang menjadi pusat perhatian pertama kali.

Maka, tak heran banyak orang yang sangat jengkel apabila mempunyai bekas luka di wajah yang tidak bisa dihilangkan. Pada umumnya, bekas luka yang ada di wajah biasanya disebabkan oleh efek pasca operasi terbakar, infeksi, kecelakaan, peradangan dan jerawat.

Bekas luka yang nampak seperti jaringan parut itu merupakan penyembuhan luka yang dihasilkan dari proses alami pada tubuh. Sekalipun bekas luka tersebut biasanya bisa hilang atau memudar dari waktu ke waktu, tapi bekas luka tersebut pada wajah dirasa sering sangat mengganggu penampilan.

Jadi, tak ayal beberapa orang biasanya mengobati dengan tindakan medis untuk menghilangkan atau menyamarkan pada bekas luka di wajah. Diluaran sana sudah banyak obat yang dijual sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah. Tapi sayangnya obat – obatan tersebut tidak semuanya aman. Oleh karena itu, kejadian dalam perawatan wajah dengan beberapa produk yang berbahan kimia malah bisa merusak pada kulit.

9 Cara Menghilangkan Bekas Luka Di Wajah Dalam 1 Hari

Maka, untuk mencegah itu semua alangkah baiknya anda memilih perawatan yang alami supaya anda mendapatkan kulit mulus dan juga cerah. Perawatan wajah dengan bahan – bahan alami bisa anda temukan dengan mudah dan mempraktekkannya bisa juga di rumah sendiri. Adapun bahan – bahan alami yang bisa kami bahas pada artikel kali ini yakni sebagai berikut ;

1. Madu dan Minyak Zaitun

madu
Image by: medicalnewstoday.com

Madu dan minyak zaitun sering sekali digunakan untuk bahan – bahan dalam mengobati bekas luka terutama bekas luka bakar. Adapun yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan bekas luka dengan madu dan minyak zaitun maka ikuti langkah – langkah berikut ini :

• Pertama, oles – oles madu atau minyak zaitun di area yang luka kemudian anda diamkan selama 15 menit sampai 20 menit.
• Cara menghilangkan bekas luka dengan madu dna minyak zaitun bisa dilakukan kapan saja baik malam, siang ataupun pagi hari.
• Apabila anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka lakukanlah pijatan supaya madu dan minyak zaitun bisa meresap pada kulit.

Itulah cara menghilangkan bekas luka dengan madu dan minyak zaitun yang bisa anda gunakan sebagai penghilang bekas luka di wajah. Madu dan minyak zaitun bisa anda temukan dengan mudah di alam ataupun anda bisa membelinya di apotek – apotek terdekat. Namun, apabila anda tidak mempunyai hal tersebut anda bisa meminta pada teman anda yang mempunyai madu dan minyak zaitun.

Selain itu, perlu anda tahu madu dan minyak zaitun sangatlah berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit seperti menghilangkan ketombe dan lain sebagainya yang bisa anda manfaatkan untuk kebutuhan sehari – hari.

2. Lidah Buaya

lidah buaya
image by faktualnews.co

Lidah buaya ini sudah terkenal dengan khasiat – khasiat yang sangat menakjubkan. Pada lidah buaya memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat seperti nutrisi yang di dalamnya ada asam amino dan lignin yang bisa menumbuhkan kulit di bagian wajah yang terluka dengan kulit baru.

Dengan kandungan ini pada lidah buaya bisa menjadi bahan alami sebagai cara menghilangkan bekas luka terutama di wajah yang menjadi pusat perhatian orang lain. Cara yang bisa anda gunakan dengan lidah buaya untuk menghilangkan bekas luka di wajah sebagai berikut ini :

• Oles – oles jel atau lendir lidah buaya ke bagian bekas luka.
• Kemudian, anda praktekkan perawatan terserbut 2 sampai 3 kali sehari, rutinitas itu jika anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah, khasiat dari lidah buaya dengan kandungan nutrisi seperti lignin dan asam amino yang bisa menghilangkan bekas luka terutama pada bagian wajah anda. Selain itu lidah buaya sangat baik untuk menghitamkan rambut dan menguatkan rambut anda apabila anda ingin merawat rambut dengan bahan – bahan alami.

3. Ekstrak Biji Rami, Biji Anggur serta Minyak Lavender

minyak lavender

Cara menghilangkan bekas luka dengan tiga bahan alami ini sudah sering digunakan. Dengan tiga bahan tersebut anda bisa mengobati bekas luka yang sudah sangat lama. Adapun cara untuk menghilangkan bekas luka pada wajah dengan bahan – bahan alami yang tiga ini sebagai berikut :

• Lakukan penumpukan biji anggur,
• Kemudian anda oles – oles pada tempat kulit yang terluka,
• Untuk Minyak Lavender dan biji rami anda bisa melakukannya langsung dengan mengoleskannya pada wajah yang terluka.

4. Mentimun dan Mengkudu

mengkudu
image by okeinfo.net

Timun dan mengkudu sudah sering digunakan untuk menghilangkan bekas luka pada wajah maupun tempat yang lainnya. Adapun, cara untuk menghilangkan bekas luka tersebut dengan bahan alami timun dan mengkudu sebagai berikut ini :

• Siapkan mengkudu dan timun
• Kemudian anda haluskan kedua bahan tersebut lalu balutkan pada bekas luka.
• Setelah itu anda biarkan kurang lebih selama 15 sampai 20 menit.
• Jangan lupa terakhir anda bersihkan degan air.

5. Cuka Apel

cuka apel
image by kompas.com

Cuka apel menjadi bahan yang favorit di akhir – akhir ini. Ternyata cuka apel juga berguna untuk menghilangkan bekas luka pada wajah dengan aman. Cara menghilangkan bekas luka dengan cuka apel tersebut sebagai berikut ini:

• Cuka apel campurkan dengan air. Perbandingan cuka apel:air (1:1),
• Kemudian cuci wajah anda dengan campuran yang tadi dan pastikan campuran itu tidak masuk pada bagian yang sensitif misalnya mulut, mata dan lain sebagainya,
• Lalu anda keringkan dengan handuk yang bersih.
• Langkah kedua yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan bekas luka di wajah dengan cuka apel yakni dengan membasahi kapas dengan cuka apel kemudian kapas itu totol – totol pada kulit yang bermasalah atau luka,
• Setelah itu biarkan cuka apel tersebut selama 10 menit sampai kering,
• Jangan lupa anda gunakan air untuk mencucinya dan menggunakan untuk mengeringkan.
• Bila anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal gunakanlah cuka apel selama satu hari sekali.

Perlu anda tahu, bahwa cuka apel ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan masalah pada wajah anda bukan hanya luka saja namun masalah jerawat, kulit berminyak juga bisa teratasi dengan cuka apel tersebut.

6. Jeruk Nipis

jeruk nipis
image by deherba.com

Cara menghilangkan bekas luka terutama pada wajah bisa anda gunakan jeruk nipis. Untuk memanfaatkan jeruk nipis sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah anda bisa mengikuti langkah – langkah berikut ini :

• Pertama anda ambil satu jeruk lalu belah menjadi dua bagian
• Setelah itu gosok – gosok pada bekas luka
• Lalu diamkan sejenak dan bilas dengan air hangat

Menggunakan bahan yang satu ini sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah anda akan merasakan perih sehingga anda harus menahan rasa perih tersebut.

7. Putih Telur

putih telur
image by kumparan.com

Bahan alami yang satu ini memang sudah terkenal di kalangan masyarakat untuk menghilangkan bekas luka. Putih telur tersebut yang berasal dari telur ayam kampung memang sudah dianggap ampuh sebagai cara menghilangkan bekas luka. Cara yang bisa anda lakukan dengan putih telur tersebut sebagai berikut ini :

• Pada putih telur anda campurkan sedikit saja dengan satu sendok madu dan perasan jeruk lemon
• Setelah itu campurkan dalam mangkuk kecil lalu aduk – aduk sampai merata
• Kemudian oles – oles di wajah dan diamkan sampai mengering
• Jangan lupa anda bilas dengan air hangat dan oleskan pelembab setelah itu

8. Minyak Kelapa

minyak kelapa

Minyak kelapa juga bisa menjadi bahan sebagai cara menghilangkan bekas luka pada wajah karena, pada minyak kelapa terdapat kandungan analgesik dan antiperadangan. Untuk menggunakan minyak kelapa sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah sebagai berikut ini :

• Terlebih dahulu anda hangatkan minyak kelapa tersebut
• Setelah hangat lalu balurkan minyak kelapa pada wajah yang sudah dibersihkan
• Kemudian pijat – pijat wajah anda dan diamkan
• Jangan lakukan membasuh muka setelah menggunakan minyak kelapa
• Alangkah baiknya anda melakukan cara ini sebelum tidur dan diamkan sampai pagi hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal

9. Masker Oatmeal

Oatmeal biasanya menjadi sebuah makanan yang enak dimakan. Namun oatmeal juga bisa anda manfaatkan untuk kecantikan karena pada oatmeal ini mengandung antioksidan yang memang tinggi yang bisa membantu wajah anda dipercantik olehnya. Tak terkecuali bisa menghilangkan bekas luka dan bekas jerawat yang ada di wajah. Cara yang harus anda lakukan dengan oatmeal ini sebagai berikut :

• Pertama anda campurkan satu gelas air dengan setengah gelas oatmeal
• Lalu tambahkan juga dua tetes perasan air lemon dan satu sendok makan bubuk kayu manis
• Campurkan semua bahan dan oles – oles pada wajah anda serta biarkan 20-30 menit sampai masker itu mengering
• Kemudian jangan lupa anda bilas menggunakan air yang hangat serta terapkan pelembab supaya kulit tidak kering
• Lakukan cara tersebut dengan rutin supaya bekas luka di wajah bisa hilang

Demikianlah cara alami untuk menghilangkan bekas luka di wajah anda. Pilih satu cara di atas atau anda bisa menggunakannya dengan secara bergantian dan sesuaikan dengan kecocokan kulit anda. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.