17 Cara Menghilangkan Bekas Cacar Secara Alami yang Bisa Anda Coba

Cara Menghilangkan Bekas Cacar

Kalimat.ID – Buat anda yang pernah mengalami penyakit cacar tak perlu merasa khawatir lagi. Sebab cara menghilangkan bekas cacar ini ternyata bisa anda sembuhkan hanya dengan memanfaatkan bahan yang alami. Cacar air menjadi salah satu penyakit yang sering menyerang anak dengan usia di bawah 15 tahun.

Sebetulnya penyakit yang satu ini bisa menyerang siapa saja termasuk seseorang dengan sistem imun yang lemak seperti bayi, lansia bahkan ibu hamil. Penyakit ini memang bisa menyerang siapapun itu. Jadi alangkah baiknya anda harus berhati-hati jangan sampai terjangkit virusnya.

Ketika anda masih kecil, tentunya pernah mendapatkan sebuah vaksin cacar air. Vaksin inilah yang mampu membuat kondisi tubuh anda semakin kebal akan virus varicella zoster yang menjadi penyebab munculnya cacar air. Penyakit tersebut bisa anda lihat dari ruam merah yang sering muncul di seluruh tubuh.

Ruam tersebut nantinya bisa berubah menjadi bintil merah yang berisi cairan bahkan mampu menyebabkan rasa gatal. Jika sudah mengalami penyakit tersebut, penderita pun akan mengalami gejala lain seperti leher kaku, muntah, kejah dan masih banyak sekali gejala lainnya.

Penyakit cacar air ini akan sembuh setelah 7 hingga 14 hari bahkan hal yang paling menyebalkan setelah terkena penyakit tersebut akan ada bekas luka yang ditinggalkan. Bekas lukanya nanti akan berwarna hitam sehingga penampilan anda pun semakin terganggu. Terlebih jika bekas lukanya berada di sekitar area wajah anda. Jika enggan melakukan sebuah perawatan tentunya bekas luka cacar ini tak akan hilang.

Cacar air ini menjadi salah satu penyakit yang biasanya disebabkan oleh adanya serangan virus. Penyakit ini bersifat menular bukan hanya pada anak-anak, namun juga orang dewasa sekalipun.

Biasanya penyakit yang satu ini di awali dengan nyeri otot, flu dan demam bahkan diikuti pula dnegan munculnya ruam pada kulit.ruam tadi lama kelamaan pun bakalan berubah menjadi bintil yang begitu gatal bahkan mudah sekali pecah.

Tips Supaya Cacar Air Tidak Meninggalkan Bekas

Namanya penyakit cacar air seringkali memang meninggalkan bekas. Jika sudah begini anda pun akan merasa khawatir bahkan merasa kurang percaya diri dengan penampilan. Sebetulnya ada berbagai hal yang bisa ditempuh supaya penyakit yang satu ini tidak meninggalkan bekas luka cacar. Cara yang bisa anda lakukan, diantaranya:

1. Jangan sampai menggaruk bintil

Ruam akibat dari penyakit cacar ini terasa sangat gatal bahkan bisa mengganggu kenyamanan anda. Meskipun begitu jangan sampai menggaruk bintil tersebut. Sebab jika sudah tergaruk nantinya pasti akan meninggalkan bekas.

Bintil tersebut bisa pecah saat digaruk sehingga timbullah bekas luka cacar. Selain itu disarankan untuk anda mengenakan pakaian yang mampu menutup seluruh lapisan kulit. Jangan lupa juga untuk memotong kuku supaya tidak menggaruk bintil.

2. Mandilah dengan menggunakan air hangat

Keadaan tubuh yang lembab bahkan tidak bersih memang bisa meninggalkan sebuah resiko infeksi yang lebih parah. Luka yang sudah terinfeksi ini nantinya bakalan meninggalkan bekas yang terbilang sulit untuk dihilangkan.

Kini anda bisa mandi menggunakan air yang hangat supaya kelembapan sekaligus kebersihan kulit tetap terjaga. Tak ada salahnya anda mencobanya dengan tujuan supaya cacar air segera sembuh.

3. Menggunakan bahan alami

Kini anda bisa mencoba meramu berbagai bahan alami yang dirasa mampu membantu menghilangkan bekas cacar air. Banyak sekali bahan alami yang bisa anda manfaatkan. Ada berbagai bahan seperti kacang hijau, madu, lidah buaya, temulawak, daun jarak,bengkuang dan masih banyak lagi.

Pastinya bahan alami ini bukan hanya terbukti efektif mampu menghilangkan bekas cacar namun juga tidak mempuntai efek samping bagi kesehatan. Anda tidak perlu merasa takut lagi akan efek sampingnya sebab beragam bahan alami ini di jamin aman untuk dikonsumsi.

4. Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Memang sudah seharusnya anda selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi. Dengan begitu maka daya tahan tubuh anda akan semakin membaik. Bahkan regenerasi sel kulit anda nantinya bisa semakin cepat.

Sehingga proses penyembuhan bekas luka cacar akan lebih efektif lagi. Banyak makanan bergizi yang bisa anda konsumsi. Jadi penuhilah kebutuhan nutrisi dalam tubuh anda dengan makanan bergizi.

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Dengan Bahan Alami

Setelah anda mengetahui berbagai langkah cara dalam mencegah agar cacar air tidak menyisakan luka. Kini anda juga harus mengerti apa saja bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan bekas cacar. Ternyata ada banyak sekali bahan alami yang bisa anda pergunakan dan ambil manfaatnya.

Sebisa mungkin sembuhkan bekas cacar tersebut dengan memanfaatkan beragam bahan alami. Jika anda masih bingung bahan apa saja yang bisa anda manfaatkan. Cara menghilangkan bekas cacar air yakni sebagai berikut:

1. Lidah Buaya

Cara Menghilangkan Bekas Cacar dengan lidah buaya
Image by: hellosehat.com

Ada salah satu tumbuhan yang ternyata bisa anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan bekas cacar yaitu lidah buaya. Tumbuhan yang berduri ini mempunyai kandungan antioksidan yang terbilang tinggi sehingga bagus untuk kesehatan kulit.

Menariknya lagi kini lidah buaya seringkali digunakan untuk bahan dasar beragam produk kecantikan. Kini lidah buaya ini juga sering dipergunakan untuk mengatasi bekas luka yang ada pada kulit akibat cacar air.

Jika anda bingung cara penggunaannya, sebetulnya mudah sekali yakni
– Mengoleskan gel di dalamnya pada bagian kulit yang ada bintik hitamnya
– Biarkan saja sampai bisa mengering
– Lakukan hal itu sebanyak 2 kali secara rutin setiap harinya sehabis anda mandi

2. Jagung Muda

Cara Menghilangkan Bekas Cacar dengan jagung muda
Image by: doktersehat.com

Jagung menjadi salah satu bahan alami yang bisa dipergunakan sebagai pengganti nasi. Menariknya lagi jagung yang masih muda ternyata juga mampu menghilangkan bekas cacar. Penggunaan jagung muda sebagai obat tradisional ini sudah dikenal sejak lama.

Hal ini dikarenakan dalam jagung muda ini terdapat kandungan antioksidan tinggi bahkan ada pula kandungan vitamin E nya. Untuk bisa mengambil manfaatnya ternyata juga mudah sekali. Cara menghilangkan bekas cacar yakni sebagai berikut:

– Parutlah jagung muda sampai benar halus
– Oleskan saja parutan tadi pada bekas luka cacar air
– Sedangkan pada bagian wajah bisa anda pergunakan sebagai masker
– Diamkan terlebih dahulu sampai bisa mengering
– Bilaslah dengan menggunakan air yang bersih
– Lakukan saja perawatan ini secara rutin untuk hasil yang maksimal

3. Buah Tomat

Cara Menghilangkan Bekas Cacar dengan tomat
Image by: kabartani.com

Sekarang ini kegunaan tomat dalam bidang kecantikan sudah tak perlu anda ragukan kembali. Buah tomat ini ternyata mempunyai kandungan vitamin C dan E yang mampu menyingkirkan bakteri. Selain itu buah ini juga bisa dipergunakan sebagai cara menghilangkan bekas cacar air.

Siapa sangka nyatanya buah tomat ini kaya akan manfaatnya. Kini anda harus bisa mengambil manfaat tomat ini untuk menghilangkan bekas cacar air. Penggunaannya begitu mudah sekali bahkan siapapun bisa melakukannya. Ikuti saja cara berikut ini:

– Haluskan saja beberapa buah tomat yang sudah matang
– Pergunakan tomat yang sudah dihaluskan tadi sebagai masker wajah
– Diamkan selama beberapa menit sampai mengering
– Bilas menggunakan air yang hangat

4. Buah Pepaya

Cara Menghilangkan Bekas Cacar dengan buah pepaya
Image by: tn.com.ar

Cara menghilangkan bekas cacar juga bisa anda tempuh dengan memanfaatkan buah pepaya. Buah yang satu ini memang sudah terbukti ampuh mampu memperlancar pencernaan.

Kini buah dengan warna orange ini ternyata juga bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan bekas cacar. Adanya kandungan vitamin E yang ada didalamnya ini ternyata mampu mengangkat sel kulit mati bahkan bekas luka pun semakin tersamarkan. Penggunaannya mudah sekali yaitu:

– Menghaluskan buah papaya
– Capurkan dengan madu
– Oleskan saja pada bagian bekas luka cacar air
– Lakukan secara rutin setiap harinya untuk hasil yang lebih maksimal

5. Sari Lemon

Cara Menghilangkan Bekas Cacar dengan lemon
Image by: realfoods.co.uk

Pastinya anda sudah tahu bahwa sari lemon itu memang kaya akan kandungan vitamin C nya. Hal ini memang benar adanya apalagi manfaatnya juga mampu menyamarkan flek hitam yang ada di wajah sehingga kulit pun semakin cerah. Uniknya lagi sari lemon juga dianggap sebagai cara menghilangkan bekas cacar air secara lama.

Dengan ramuan ini maka bekas luka cacar pun semakin lama akan semakin memudar. Apalagi kini anda bisa menemukan sari lemon dengan mudah. Karena buah lemon ini bisa anda dapatkan di supermarket atau bahkan toko buah sekalipun.

Cara mengambil manfaat sari lemon mudah sekali untuk dilakukan. Yakni:
– Peraslah buah lemon
– Oleskan sari lemon tadi pada bagian wajah atau bagian bekas luka cacar berada
– Bisa juga mencampurkan air perasan lemon dengan madu

6. Minyak vitamin E

Cara Menghilangkan Bekas Cacar dengan vitamin e
Image by: previews.123rf.com

Minyak vitamin E ini juga mengandung antioksidan yang begitu kuat. Bahkan minyak tersebut juga mampu menyamarkan noda hitam sekaligus mampu membuat kulit semakin halus.

Sejak dulu minyak vitamin E ini sering dipergunakan dalam perawatan kecantikan. Kini anda bisa menemukan minyak tersebut pada apotek yang terdekat. Baru kemudian tuangkan minyak pada telapak tangan dan diolekan pada area dimana bekas cacar air berada.

7. Baking Soda

baking soda

Cara menghilangkan bekas cacar juga bisa anda tempuh dengan mengambil manfaat baking soda. Ternyata baking soda ini berfungsi sebagai antijamur, antibakteri, antiperadangan bahkan antiseptic sekalipun.

Bahan yang satu ini juga bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan bekas luka akibat cacar air. Anda hanya perlu mengoleskan baking soda tadi pada area bekas cacar air. Tetapi sebelumnya jangan sampai lupa untuk mencampurnya bersama dengan air.

8. Air Kelapa

air kepala muda
Image by: tsnapps.go.tz

Air kelapa dikenal dengan manfaatnya untuk menetralkan racun. Biasanya penderita cacar air akan disarankan untuk mengkonsumsi minuman satu ini agar cepat sembuh. Rupanya, air kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka akibat penyakit tersebut. Jadi buat anda yang mempunyai buah kelapa, tak ada salahnya anda memanfaatkan airnya untuk menghilangkan bekas luka cacar. Caranya cukup mudah sekali yakni:

– Oleskan saja air kelapa pada area yang terdapat bekas luka cacar
– Diamkan saja selama beberapa menit
– Setelah kering bilas menggunakan air bersih
– Lakukan kegiatan tersebut secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal

9. Madu

manfaat madu
Image by: thesouthafrican.com

Kini madu mempunyai manfaat yang begitu besar bagi kesehatan kulit. Madu ini teryata mempunyai sifat antibakteri bahkan juga mempunyai kandungan antioksidan yang begitu tinggi sehingga mampu menyembuhkan adanya bekas cacar air.

Bukan hanya itu saja namun sel kulit anda bakalan lebih sehat dengan kondisi yang lebih membaik. Cara mengambil manfaat madu mudah sekali yaitu:

– Jadikanlah madu sebagai masker wajah
– Campurkan bahan alami tadi dengan oatmeal supaya hasilnya lebih efektif lagi
– Oleskan saja pada area yang terdapat bekas luka cacar

10. Buah Mengkudu

buah mengkudu

Anda semuanya pasti tidak menyangka bahwa mengkudu ini juga berkhasiat sekali untuk menghilangkan bekas cacar air. Buah yang satu ini mempunyai bau yang tidak sedap. Namun jangan salah, berkat kandungan antioksidan yang begitu tinggi ternyata mampu menyamarkan bekas luka cacar dalam kurun waktu yang lebih cepat.

Apalagi kini anda bisa dengan mudah mendapatkan buah tersebut. Cara mengambil manfaat buah mengkudu ini mudah sekali yakni:

– Haluskan buah mengkudu yang sudah anda persiapkan
– Oleskan hingga merata pada bagian bekas luka cacar
– Diamkan saja selama beberapa menit
– Bilas menggunakan air yang bersih

11. Kacang hijau

kacang hijau
Image by: hellosehat.com

Tentunya semua sudah kenal dengan yang namanya kacang hijau. Bahan alami ini seringkali dijadikan sebagai bahan bubur atau bahkan dipergunakan untuk hal lainnya. Kini menariknya kacang hijau juga bisa dijadikan sebagai obat cacar air.

Mungkin masih banyak orang yang belum mengerti bahwa kacang hijau ini juga berkhasiat untuk penyakit cacar. Cara mengambil manfaat kacang hijau ini cukup mudah sekali. Ikuti saja langkah berikut ini:

– Siapkan kacang hijau kemudian rendam dalam kurun waktu selama 7 jam
– Tumbuk kacang hijau yang ditambah dengan air secukupnya saja
– Buatlah sampai menjadi pasta
– Oleskan saja ke seluruh tubuh dimana bekas cacar air berada
– Lakukan perawatan ini secara rutin sampai bekasnya tersamarkan

12. Jintan hitam

jintan hitam
Image by: hellosehat.com

Cara menghilangkan bekas cacar juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan jintan hitam. Jintan ini bukan hanya mampu mempercepat pengeringan cacar air namun juga mampu menghilangkan bekas cacar air. Kini jintan hitam bisa anda ramu bersama dengan resep yang lainnya. Cara meramunya cukup mudah sekali bahkan siapapun bisa melakukannya. Caranya:

– Siapkan ½ bangle, 1 buah dilingo, 1 buah temu sore, 3 helai daun sirih dan juga 1 sendok makan jintan hitam
– Tumbuk saja beberapa ramuan tersebut sampai halus
– Tambah dengan sedikit air
– Minumlah ramuan tersebut sampai habis dan lakukan secara rutin setiap harinya

13. Daun Sirih

daun sirih

Daun sirih menjadi salah satu tanaman obat yang mempunyai jutaan khasiat. Bukan hanya bermanfaat untuk miss V saja namun ternyata juga mampu menghilangkan bekas cacar. Jadi bagi anda yang saat ini sedang bingung mencari caranya, kini bisa menempuh cara yang satu ini. Apalagi daun sirih mudah sekali anda temukan dimanapun.
Cara mengambil khasiatnya mudah sekali yaitu:

– Menyiapkan 3 helai daun sirih
– Campurkan saja dengan daun dlingo, temu sore, jintan dan juga bangle
– Haluskan saja semua bahan tadi baru kemudian berilah sedikit air dan peras airnya
– Jika sudah siap segeralah minum air perasan tersebut
– Konsumsilah secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal

Itulah tadi berbagai cara menghilangkan bekas cacar air yang bisa anda tempuh menggunakan berbagai macam bahan alami. Apalagi bahan alami itu mudah sekali anda dapatkan sehingga tak perlu khawatir lagi untuk mendapatkan bahan tersebut. Kini anda pun juga bisa memanfaatkan bahan alami tadi dengan mudah.

Komentar disini