30 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami dan Ampuh

cara menghilangkan bau kaki

Kalimat.ID – Cara Menghilangkan Bau Kaki – Bau kaki merupakan salah satu masalah yang umum terjadi. Dalam dunia medis, bau kaki dikenal dengan istilah bromodosis. Bau kaki biasanya terjadi karena kaki berkeringat secara berlebihan dan menjadi lembab sehingga memicu pertumbuhan bakteri.

Bau kaki sendiri sebenarnya bukan tergolong penyakit medis yang serius. Walaupun begitu, bau kaki dapat berdampak negatif pada kehidupan seseorang. Seseorang yang memiliki bau kaki akan merasa kurang percaya diri terhadap orang di sekelilingnya.

Faktor Faktor Penyebab Bau Kaki

Sama seperti telapak tangan, telapak kaki pun mempunyai kelenjar keringat. Fungsi dari keringat sendiri adalah untuk mengatur suhu tubuh dan melembabkan kulit. Keringat biasanya akan banyak keluar saat cuaca panas atau setelah berolahraga.

Saat keringat pada kaki keluar secara berlebihan, maka bakteri akan tumbuh dan berkembang disana. Bakteri yang berkembang di area kaki akan memecah senyawa organik pada keringat sehingga menimbulkan aroma tidak sedap pada kaki.

Bau kaki paling sering diakibatkan karena keringat yang terperangkap pada kaos kaki dan sepatu. Tetapi ada sebagian orang yang mengalami kondisi yang lebih serius sehingga sangat sulit untuk menghilangkan bau kaki.

Ada banyak faktor yang menyebabkan bau kaki, untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut:

1. Kebiasaan Memakai Sepatu Tanpa Kaos Kaki

Salah satu penyebab timbulnya bau kaki adalah kebiasaan memakai sepatu tanpa dilengkapi dengan kaos kaki. Seorang Pediatris dari Texas, Jeffery W. LaMour menyatakan bahwa tidak menggunakan kaos kaki akan menyebabkan infeksi jamur.

Karena jamur mudah tumbuh di area yang lembab dan gelap seperti sepatu. Memang ada beberapa model sepatu yang terlihat keren jika digunakan tanpa kaos kaki. Namun, hal tersebut akan membuat kaki menjadi cepat panas dan berkeringat, berbeda halnya jika kita menggunakan kaos kaki.

Memakai kaos kaki akan membantu menyerap keringat berlebih pada kaki. Dengan begitu, kaki akan terbebas dari bakteri penyebab bau. Untuk daya serap yang baik, sebaiknya gunakan kaos kaki berbahan katun.

2. Memakai Sepatu yang Sama Berulang Kali

Anda mungkin memiliki satu sepatu kesayangan yang selalu anda pakai setiap kali bepergian. Tanpa Anda sadari, kebiasaan seperti ini bisa menyebabkan bau kaki. Hal ini terjadi karena sepatu yang sering digunakan menampung keringat dan menjadi sarang bakteri penyebab bau. Untuk itu, sebaiknya gunakan sepatu lainnya sebagai alternatif.

3. Menyimpan Kaos Kaki di Dalam Sepatu

Sebagian besar orang pasti akan menyimpan kaos kaki yang telah digunakan di dalam sepatu. Hal tersebut akan membuat sepatu menjadi lembab dan tidak bernapas sehingga menimbulkan bau. Untuk menghindari bau kaki, sebaiknya jangan meletakkan kaos kaki didalam sepatu. Anda bisa menjemur sepatu anda sebentar sebelum menyimpannya di rak sepatu.

4. Kurang Menjaga Kebersihan Kaki

Hal lainnya yang menjadi salah satu penyebab bau kaki ialah kurangnya menjaga kebersihan kaki. Jeffery W. LaMour menganjurkan untuk menggunakan sandal saat ke tempat lembab seperti kamar mandi, kolam renang dan tempat lainnya yang bisa membuat kaki lembab. Hal ini dapat menghindari kaki dari bakteri penyebab bau kaki.

5. Salah Mengonsumsi Makanan

Salah mengonsumsi makanan juga dapat menyebabkan bau kaki. Ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu bau kaki, yaitu makanan tinggi protein, makanan yang mengandung sulfur, serta makanan pedas dan manis.

Makanan tinggi protein yang dapat menyebabkan bau kaki yaitu ikan, daging merah dan telur. Ketiga jenis makanan tersebut mengandung zat karnitin dan kolin yang dapat menghasilkan trimetilamin.

Trimetilamin sendiri merupakan zat yang memproduksi bau pada ikan, terutama ikan salmon dan ikan tuna. Makanan tinggi sulfur yang perlu dihindari antara lain bawang putih, bawang bombay, kembang kol, kopi, teh dan bir.

6. Perubahan Hormon

Timbulnya bau tak sedap pada kaki ternyata juga dipengaruhi oleh perubahan hormon. Karena perubahan hormon dapat memicu keringat berlebih pada tubuh, tak terkecuali pada kaki. Perubahan hormon paling sering terjadi saat pubertas atau saat hamil. Tak heran jika para remaja dan ibu hamil sering mengalami masalah bau kaki.

7. Hiperhidrosis

Orang yang menderita Hiperhidrosis juga sangat rentan mengalami bau kaki. Hiperhidrosis merupakan keadaan dimana keringat diproduksi secara berlebihan karena adanya gangguan padsa metabolisme dan neurologis.

8. Athlete’s Foot

Faktor berikutnya yang juga dapat menyebabkan bau kaki ialah Athlete’s Foot. Athlete’s Foot merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh jamur. Penyakit ini tak hanya dialami para atlet, namun juga dapat menyerang siapa saja. Penyakit ini memiliki gejala seperti kulit kaki kering dan gatal, hingga pecah pecah. Gejala-gejala tersebut jika dibiarkan akan menimbulkan bau kaki dan masalah lainnya.

9. Stres

Stres memang menimbulkan banyak dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Salah satu masalah yang ditimbulkan akibat stres yaitu bau kaki. Hal ini disebabkan oleh hormon kortisol yang memicu keringat berlebih yang ditimbulkan saat stres.

Cara Menghilangkan Bau Kaki Dengan Bahan Alami

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau kaki. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti berikut:

1. Garam

Bau tak sedap pada kaki dapat dihilangkan dengan bantuan garam. Hal ini karena garam berfungsi mengurangi kelembaban pada area kaki sekaligus menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau kaki. Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Garam:

– Siapkan garam secukupnya
– Isi baskom berukuran sedang dengan air hangat
– Masukkan garam kedalam baskom
– Rendam kaki dalam baskom selama 30 menit

2. Lemon

Buah lemon sangat sering digunakan untuk mempercantik kulit. Namun kali ini, lemon akan kita gunakan untuk menghilangkan bau kaki. Lemon mengandung zat anti bakteri sehingga dapat menghilangkan bakteri yang berkembang pada kaki. Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Lemon:

– Sediakan 6 buah lemon segar, kemudian peras
– Campurkan air perasan lemon dengan air hangat
– Rendam kaki anda selama 20-30 menit

3. Baking Soda

Bahan alami lainnya yang juga tak kalah ampuh untuk mengusir bau kaki adalah baking soda. Sama seperti bahan-bahan sebelumnya, baking soda mampu membasmi bakteri penyebab bau tak sedap pada kaki. Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Baking Soda:

– Sediakan satu baskom air hangat
– Campurkan dengan secangkir larutan baking soda
– Rendam kaki dalam baskom selama beberapa menit
– Keringkan kaki dengan handuk bersih

4. Cuka

Cuka juga cukup ampuh menghilangkan bau kaki. Karena cuka mengandung zat asam yang cukup tinggi sehingga sangat ampuh membasmi bakteri yang ada pada kaki. Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Cuka:

– Siapkan satu baskom air hangat
– Campurkan dengan satu cangkir cuka
– Rendam kaki selama kurang lebih 15 menit
– Bilas kaki dengan air biasa, dan keringkan dengan handuk

5. Kopi

Tak hanya digunakan sebagai penghilang kantuk, kopi ternyata juga bisa menghilangkan bau kaki. Melakukan perawatan kaki dengan kopi secara rutin mampu membasmi bakteri dan bau tak sedap pada kaki. Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Kopi:

– Campurkan beberapa sendok kopi bubuk dengan air secukupnya
– Setelah membentuk pasta, oleskan pada kaki secara merata
– Biarkan pasta kopi menempel pada kaki selama beberapa menit
– Bilas kaki dengan air biasa, lalu keringkan

6. Teh

Selain kopi, teh juga tak kalah ampuh untuk mengatasi bau kaki. Teh mengandung beberapa senyawa yang bertindak sebagai anti-inflamasi, antioksidan dan anti bakteri. Tak heran jika teh sangat ampuh dalam membasmi bau kaki. Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Teh:

– Seduh beberapa daun teh atau teh kantong dengan air panas
– Biarkan hingga suhunya hangat
– Lalu basuh kedua kaki dengan air teh
– Lakukan secara teratur 2 kali sehari

7. Tepung Maizena

Siapa sangka jika bahan pembuat kue ini bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki? Cara menggunakannya pun sangat praktis. Taburkan saja tepung maizena secara merata pada kaki seperti menggunakan bedak tabur biasa. Lakukan dengan rutin dan bau kaki anda akan menghilang.

8. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga sangat ampuh dalam menghilangkan bau tak sedap pada kaki. Seperti yang kita ketahui, jeruk nipis mengandung vitamin C dan kadar asam yang tinggi. Kandungan tersebut sangat efektif membunuh bakteri pada kaki sekaligus menghilangkan bau kaki. Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Jeruk Nipis:

– Potong satu buah jeruk nipis, lalu peras
– Oleskan air perasan jeruk nipis pada kedua kaki secara merata
– Biarkan selama 20 menit
– BIlas kaki dengan air biasa dan segera keringkan dengan handuk

10. Batu Apung

Selain menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dapur, Anda juga bisa memanfaatkan batu apung untuk menghilangkan bau kaki. Batu apung dapat bekerja seperti scrub yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati pada kaki sehingga bau tak sedap pada kaki pun akan menghilang. Caranya sangat mudah, cukup gosokkan area kaki dengan batu apung secara rutin 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

11. Arang

Arang juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau kaki. Cranya sangat mudah, Anda hanya perlu memasukkan beberapa potongan arang ke dalam sepatu. Lakukan secara rutin setelah sepatu digunakan dan diamkan semalaman.

12. Mengonsumsi Magnesium

Tak hanya pemakaian luar, namun kita juga bisa mengatasi bau kaki dari dalam. Caranya adalah dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium. Magnesium dapat membantu mengendalikan produksi keringat berlebih pada tubuh, terutama pada kaki sehingga bau tak sedap pada kaki bisa diatasi. Makanan yang banyak mengandung magnesium diantaranya yaitu alpukat, pisang, coklat, tahu serta sayuran yang berwarna hijau.

Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Foot Spray

Bau kaki sangat mudah timbul akibat pemakaian kaos kaki dan sepatu dalam waktu yang lama. Ditambah lagi bila kaos kaki dan sepatu tersebut terbuat dari bahan yang membuat kaki pengap dan mengeluarkan banyak keringat.

Jika sudah begitu, bau tidak sedap akan tercium dan sangat mengganggu. Untuk mengatasi bau kaki, anda bisa mencoba menggunakan foot spray. Foot spray biasanya digunakan sebelum menggunakan sepatu.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi produk Foot Spray yang bisa anda gunakan:

1. Bali Alus Fresh Foot Spray

Seperti namanya, foot spray yang satu ini merupakan produk dari Bali. Bali Alus Fresh Foot Spray ini memiliki aroma yang segar dan juga terbuat dari bahan alami seperti mint dan jeruk.

Untuk menghilangkan bau kaki secara efektif, sebaiknya gunakan Foot Spray ini dengan produk perawatan kaki lainnya seperti foot soap dan foot mask. Foot Spray dari Bali Alus ini aman digunakan setiap hari.

2. Taman Sari Refreshing Foot Spray

Foot Spray berikutnya yang bisa digunakan untuk melenyapkan bau tak sedap pada kaki ialah Taman Sari Refreshing Foot Spray. Foot spray yang satu ini mengandung bahan alami seperti rempah-rempah dan tea tree oil.

Selain mampu mengatasi bau kaki, produk ini juga dapat menenangkan kaki yang pegal agar lebih rileks. Foot spray ini memiliki tekstur yang cair sehingga mudah menyerap dan tidak lengket saat disemprotkan ke area kaki.

3. Oriflame Feet Up Comfort Reviving Foot Spray

Produk berikutnya yang bisa anda gunakan adalah Foot Spray dari Brand Oriflame. Foot spray. Keluaran Oriflame ini dapat menjaga kaki agar tetap kering sekaligus memberikan aroma yang menyegarkan.

Kandungan Mint-Oil dan Eucalyptus yang memberikan sensasi sejuk pada kulit kaki. Foot spray ini juga sudah teruji di dermatologi sehingga anda tidak perlu ragu menggunakannya sebagai produk perawatan kaki.

4. Bio Herbal Foot Spray

Bio Herbal Foot Spray sangat aman digunakan karena tidak mengandung bahan kimia. Foot Spray ini sangat cocok digunakan saat cuaca panas sehingga kaki tidak menjadi terlalu lembab. Selain itu, Bio Herbal Foot Spray juga mampu melawan jamur dan kuman penyebab bau kaki.

5. Crystal Foot Deodorant Spray

Foot Spray yang satu ini mengandung garam mineral alami yang dapat menyeimbangkan kadar kelembaban pada kulit kaki. Produk ini mampu melawan kuman penyebab bau kaki tanpa meninggal bercak putih. Foot Spray ini sangat cocok digunakan bagi para atlet atau anda yang sering menggunakan sepatu dalam waktu yang cukup lama.

6. Innisfree Perfect Fresh Foot Spray

Agak berbeda dari produk sebelumnya, Foot Spray yang satu ini selain bisa disemprotkan ke area kaki juga bisa digunakan untuk kaos kaki dan sepatu. Foot Spray dari Brand Innisfree ini mengandung citrus dan cooling effect yang dapat membuat kaki tetap kering dan fresh. Anda bisa menggunakan foot spray ini setiap hari dengan cara mengocoknya terlebih dahulu.

7. Jafra Peppermint Foot Spray

Foot Spray dari Jafra ini mengandung Peppermint oil yang dapat melembutkan kaki. Foot Spray ini juga mampu membunuh bakteri yang menyebabkan bau kaki. Gunakan Foot Spray ini saat kaki kering sebelum mulai menggunakan sepatu.

8. Foot Scents Aloe Vera Spray

Foot Spray ini dibuat dengan bahan alami yang juga sangat ampuh mengatasi masalah bau kaki. Foot Scents Aloe Vera Spray juga dapat membuat kulit kaki menjadi halus dan lembut jika digunakan secara teratur. Selain Aloe Vera, juga ada varian lainnya seperti Aromatic dan Citrus. Jangan lupa untuk menyemprotkan Foot Spray ini pada sela-sela jari kaki agar hasilnya maksimal.

9. Dewi Sri Spa Footherapy Foot Spray

Foot Spray dari yang Martha Tilaar ini mengandung bahan bahan alami dan aroma terapi yang menenangkan. Beberapa kandungannya yaitu Lavender Oil, Tea Tree Oil dan Peppermint.

Lavender oil akan memberikan sensasi rileks pada kaki. Tea Tree Oil yang terkandung pada Foot Spray ini akan membuat kaki menjadi halus dan lembut. Sementera Peppermint akan memberikan efek dingin dan sejuk pada kulit kaki.

10. The Body Shop Peppermint Foot Spray

The Body Shop memang telah mengeluarkan banyak produk untuk perawatan tubuh, tak terkecuali Foot Spray. Foot Spray dari The Body Shop ini terbuat dari bahan bahan yang aman digunakan, salah satunya yaitu Peppermint. Kandungan Peppermint dalam Foot Spray ini dapat membuat kaki menjadi sejuk dan rileks.

Cara Lain Menghilangkan Bau Kaki

1. Sabun Mint

Selain sabun anti-bakteri, Anda juga bisa menggunakan sabun mint untuk membasmi bau kaki. Produk yang mengandung mint biasanya digunakan untuk menyegarkan nafas. Namun sabun berbahan dasar mint justru ampuh untuk menghilangkan aroma tak sedap pada kaki.

2. Sabun anti bakteri

Bau kaki dapat diatasi dengan menggunakan sabun anti-bakteri. Sabun jenis ini biasanya dibuat khusus untuk membunuh bakteri yang menimbulkan banyak masalah pada kulit. Untuk menghilangkan bau kaki dengan cepat, gunakan sabun anti-bakteri secara rutin 2 kali dalam sehari.

3. Deodoran

Selama ini, yang kita tahu deodoran hanya digunakan untuk area ketiak saja. Tapi ternyata deodoran juga cukup efektif menghilangkan bau kaki. Gunakanlah deodoran secara rutin pada kaki sebelum menggunakan sepatu.

4. Antiperspirant

Antiperspirant kegunaannya hampir sama dengan deodoran, tetapi antiperspirant lebih dikhususkan untuk membunuh bakteri yang menyebabkan bau badan sekaligus mengontrol pengeluaran keringat.

Dengan fungsi dasar tersebut, maka antiperspirant juga dapat digunakan pada area kaki untuk menghilangkan bau tak sedap. Gunakanlah antiperspirant secara rutin pada kaki sebelum menggunakan sepatu.

5. Bedak Bayi

Siapa sangka jika bedak bayi ternyata juga sangat ampuh untuk menghilangkan bau kaki. Hal ini karena bedak bayi dapat menyerap keringat berlebih yang ada di area kaki sehingga kaki tetap kering dan terhindar dari aroma tak sedap. Cara menggunakannya sangat praktis, cukup taburkan bedak bayi pada kedua kaki secara teratur, terutama saat akan menggunakan sepatu.

6. Obat Kumur

Obat kumur ternyata tak hanya mampu menghilangkan bau mulut, tapi juga bisa menghilangkan bau kaki. Pada dasarnya, obat kumur memang dibuat untuk membunuh bakteri. Jadi jangan heran jika obat kumur bisa digunakan untuk kaki. Cara menghilangkan Bau Kaki dengan Obat Kumur:

– Siapkan obat kumur 250 ml
– Campurkan dengan 1 baskom air hangat
– Rendam kaki hingga 15 menit, lalu bilas dengan air biasa
– Cara Menghilangkan Bau Kaki Dengan Perawatan Medis

Jika cara-cara sebelumnya tidak masih belum mampu menghilangkan bau kaki, maka pilihan terakhir yang harus anda tempuh adalah dengan melakukan perawatan medis. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang sesuai. Berikut ini adalah perawatan yang biasa dianjurkan oleh dokter:

1. Iontophoresis

Perawatan medis yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau kaki adalah Iontophoresis. Perawatan yang satu ini dilakukan dengan memanfaatkan arus listrik ringan yang kemudian dialirkan ke kulit agar produksi keringat pada kaki berkurang.

2. Botox

Berikutnya yang bisa dilakukan adalah Botox. Ahli medis akan memberikan suntikan secara plantar pada kaki. Tetapi, suntikan tersebut cukup menyakitkan dan tidak cukup hanya dalam satu kali suntikan saja.

Tips Mencegah Bau Kaki Secara Alami

Selain mengetahui cara menghilangkan bau kaki, anda juga perlu tahu tips mencegah bau kaki agar perawatan kaki yang anda lakukan tidak sia-sia. Berikut ini akan kami jabarkan beberapa cara mudah untuk mencegah bau kaki.

1. Beli Sepatu dan Kaos Kaki Berkualitas

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mencegah timbulnya bau kaki adalah dengan Membeli sepatu dan kaos kaki yang berkualitas. Yang dimaksud berkualitas disini adalah sepatu dan kaos kaki bahannya mudah menyerap keringat.

Kaos kaki yang terbuat dari bahan sintetis seperti nilon atau poliester akan membuat kaki lebih banyak mengeluarkan keringat. Sebaiknya pilihlah yang berbahan katun atau kapas yang banyak memberikan ruang agar kaki bisa “bernafas”.

Untuk sepatu, pilihlah yang terbuat dari kanvas atau kulit agar keringat pada kaki mudah menguap sehingga kulit kaki tidak terlalu lembab. Dan satu lagi hal yang perlu anda perhatikan, jangan sekali-kali menggunakan sepatu tanpa kaos kaki. Karena hal tersebut akan menyebabkan keringat semakin banyak keluar dan bakteri lebih mudah berkembang.

2. Cuci Kaos Kaki dan Sepatu

Setelah membeli sepatu dan kaos kaki yang tepat, berikutnya anda harus sering mencucinya untuk mencegah berkembangnya kuman pemicu bau kaki. Pastikan kaos kaki dan sepatu telah dibersihkan dengan tuntas dan gunakan setelah benar-benar kering.

Selain itu, sepatu harus selalu diganti setiap hari atau jangan lebih dari 2 hari untuk menghindari perkembangan bakteri. Dan yang tak kalah penting, jangan menyimpan kaos kaki dan sepatu di lemari yang gelap dan lembab, taruhlah di tempat yang memiliki ventilasi udara yang baik.

3. Lakukan eksfoliasi kaki secara rutin

Untuk mencegah bau kaki, anda perlu melakukan eksfoliasi pada kaki secara teratur. Eksfoliasi ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk pada kaki. Bila perlu, lakukan eksfoliasi segera setelah anda menggunakan sepatu. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan scrub

4. Mengganti kaos kaki

Jika keseharian anda harus menggunakan kaos kaki dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya gantilah kaos kaki anda setiap hari. Hal ini dilakukan untuk mencegah bakteri bersarang di kaos kaki sehingga menyebabkan bau kaki.

5. Rajin mencuci kaki

Hal selanjutnya yang tak kalah penting untuk mencegah timbulnya bau kaki adalah mencuci kaki. Cucilah kaki anda setiap sebelum dan sesudah memakai kaos kaki dan sepatu. Bila perlu, cucilah dengan menggunakan sabun antiseptik.

6. Keringkan kaki sebelum menggunakan sepatu

Salah satu pemicu timbulnya bau kaki adalah kondisi kaki yang lembab. Untuk mencegahnya, pastikan anda mengeringkan kaki terlebih dahulu sebelum menggunakan sepatu.

7. Potong kuku kaki

Memotong kuku kaki secara berkala sangat penting untuk mencegah bau kaki. Karena kuku kaki yang kotor dan panjang akan memudahkan bakteri untuk berkembang. Jadi, mulai sekarang rajinlah memotong kuku kaki anda. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian pinggir-pinggir kaki.

8. Hindari penggunaan kaos kaki dan sepatu yang lembab

Sebaiknya hindari menggunakan kaos kaki dan sepatu yang lembab. Karena bakteri akan mudah tumbuh dan berkembang ditempat yang lembab. Jangan paksakan untuk tetap memakai kaos kaki dan sepatu yang lembab jika anda tidak mau mengalami masalah bau kaki.

9. Gunakan Sandal

Untuk menghindari bau kaki, sebaiknya hindari menggunakan sepatu saat cuaca panas. Anda bisa menggunakan sandal terbuka agar kaki tetap kering dan tidak lembab.

10. Hindari makanan dan minuman pemicu bau kaki

Mengonsumsi makanan dan minuman tertentu bisa memicu bau kaki, misalnya daging merah, rempah-rempah, junk food, kafein, dan alkohol. Makanan dan minuman tersebut akan mengganggu proses terbentuknya keringat dan membuatnya menjadi bau.

Jadi, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan dan minuman tersebut Demikianlah berbagai macam cara untuk menghilangkan bau kaki, mulai dari cara alami sampai tindakan medis.

Anda bebas memilih cara manapun yang paling sesuai dengan kondisi anda. Namun, diluar itu, anda juga perlu menghindari kebiasaan sehari-hari yang dapat memperparah bau kaki.

Komentar disini