5 Cara Mengetahui Password Wifi Dengan Mudah dan Lengkap

cara mengetahui password wifi

Kalimat.ID – Cara Mengetahui Password Wifi, Internet adalah hal yang sangat di butuhkan. Hampir setiap hal yang kita lakukan dapat di dukung dan dipermudah oleh internet.

Nah karena kebutuhan koneksi internet yang sangat tinggi maka wifi adalah hal yang paling cocok untuk mendukung kegiatan daring sehari-hari, selain kebebasan dalam kuota serta koneksi yang jauh lebih teratur daripada menggunakan kuota internet mandiri.

Password wifi adalah hal yang sering kali kita lupakan, yaps hal itu sangat sering terjadi dan kadang pula kita sungkan untuk menanyakan kembali password wifi tersebut kepada pemilik-nya iya kan?

Berikut 5 Cara Mengetahui Password Wifi yang bisa Dicoba

Ada beberapa cara mengantisipasi agar kalian dapat mengingat/melihat kembali password wifi yang anda lupakan tersebut, dibawah ini cara mengetahui password wifi pada perangkat anda:

1. Cara Mengetahui Password Wifi pada Laptop

Cara mengetahui password wifi pada laptop dapat dibilang sangat mudah loh, pada perangkat laptop (Windows) kalian dapat mengetahui password wifi melalui Control Panel dan juga melalui Command Prompt (CMD).

Mengetahui Password Wifi melalui Control Panel

Nah salah satu cara yang termudah yang dapat anda lakukan untuk mengetahui password wifi.

  1. Silahkan buka Kontrol Panel anda
  2. Pilih Network and InternetNetwork and Internet
  3. Selanjutnya anda masuk ke dalam Network and Sharing CenterNetwork and Sharing Center
  4. Selanjutnya anda masuk ke Change Adapter SettingChange Adapter Setting
  5. Nah selanjutnya anda klik kanan wifi yang ingin diketahui passwordnyaKlik kanan Wifi
  6. Pilih menu Status
  7. Pada tab status pilih-lah halaman Security seperti digambar dan selanjutnya anda tinggal mencentang Show Character
  8. Selesai

Nah sangat mudah bukan? ada cara mudah lainnya loh yaitu menggunakan Command Prompt (CMD). Hanya dengan mengetikkan beberapa perintah dalam format kode bash maka kalian dapat mengetahui password wifi kalian secara mudah.

2. Cara Mengetahui Password Wifi dengan Command Prompt (CMD)

Nah cara ini terbilang lebih mudah loh, hanya dengan mengetikan beberapa perintah maka password wifi akan ditampilkan langsung.

  1. Pertama silahkan buka Command Prompt anda dengan akses admin “Run As Administrator”. untuk membuka CMD silahkan klik start->CMD->Klik kanan->Run as Administrator untuk user dengan sistem operasi Windows 10 lebih simpel lagi, silahkan anda klik kanan logo start lalu pilih “Command Prompt (Admin)
  2. Setelah Command Prompt anda muncul selanjutnya memasukan beberapa bahasa terminal (Bash). Pertama kita harus mengecek wifi apa saja yang passwordnya tersimpan pada PC anda maka masukan kode: netsh wlan show profiles
  3. Setelah menuliskan kode diatas silahkan anda tekan enter maka akan dimunculkan semua profile wifi yang terkoneksi atau pernah terkoneksi pada perangkat laptop andaAll profil
  4. Cari dan perhatikan nama wifi yang akan di intip password-nya, selanjutnya kita melanjutkan cara mengetahui password wifi dengan cara menampilkan detail rinci profil wifi terpilih
  5. Masukan perintah “netsh wlan show profile name=”nama WiFi” key=clear“. Sedikit penjelasan perintah nih, netsh adalah sintak untuk mengakses data atau mengubah konfigurasi jaringan pada komputer ataupun laptop nah wlan menandakan bahwa kita sedang mengakses data Wireless perangkat, di ikuti sintak selanjutnya yang menjelaskan nama profil serta key=clear artinya kita meminta sandi lengkapCara Mengetahui Password Wifi
  6. Setelah memasukan sintak diatas cara mengetahui password wifi selanjutnya ialah memperhatikan hasil dari sintaks key tadi. Akan ada info tentang Key Content nah itu adalah password wifi tersebut
  7. Selesai.

3. Cara Mengetahui Password Wifi Indihome

Password wifi indihome juga lupa? hal ini juga sering terjadi loh, kemungkinan ini dikarenakan user adalah pengguna baru indihome dan passwordnya disetting oleh pihak telkom secara default dan akhirnya lupa password wifi-nya.

Kalau mengikuti cara diatas masih belum memberikan anda password wifi yang diinginkan nah berikut ini ada cara untuk mengetahui password wifi indohome:

  1. Silahkan buka browser internet kalian, lalu kunjungi 192.168.1.1 maka akan otomatis anda di antarkan ke halaman login setting modem kalian
  2. Isi data login yang dibutuhkan seperti Username dan Password, untuk melanjutkan kalian harus melewati tahap autentikasi ini
  3. Setelah kalian login maka selanjutnya akan diantarkan ke halaman utama (Dashboard page)
  4. Di dalam menu dashboard terdapat menu interface setup -> wireless. Nah disini kalian dapat mengatur mulai dari SSID sampai Key untuk wifi kalian.
  5. Nah selanjutnya kalian tinggal save dan selesai. Coba konek ulang yah..

4. Cara Mengetahui Password Wifi di Android

Lupa Password Wifi
Password Wifi

Bukan cuman pengguna laptop atau pc loh yang sering lupa akan password wifi sendiri atau wifi yang terkoneksi, yah atau mungkin kalian konek ke wifi teman kalian tapi dia ngak ngasih lihat password wifinya hmm…

Pasti penasaran kan pengen intip passwordnya, pada pengguna laptop sudah dijelaskan diatas secara lengkap dan dijabarkan dalam beberapa teknik.

Sekarang kita membahas versi android-nya tentang cara mengetahui password wifi, jadi silahkan anda simak caranya dibawah ini:

  1. Silahkan Root ponsel android anda terlebih dahulu, ini di khususkan agar kalian dapat mengakses file-file system pada perangkat anda
  2. Silahkan anda download aplikasi Wifi Password Recovery pada Google Playstore
  3. Silahkan buka aplikasi-nya, pada saat aplikasi dibuka maka akan muncul permintaan ijin akses root di sini kalian pilih yes/grant access untuk aplikasi tersebut
  4. Nah secara otomatis aplikasi akan menampilkan daftar wifi yang tersedia dan anda tinggal memilih wifi mana yang akan di tampilkan detailnya
  5. Selesai

Nah untuk android bukan cuman aplikasi wifi password yang dapat anda coba, masih ada aplikasi lain seperti WiFi Password, WiFi Password Viewer, WiFi Password Show atau WPS/WPA.

Aplikasi tersebut dapat kalian gunakan sebagai cara mengetahui password wifi tertentu. Silahkan dipilih aplikasinya yah.

5. Cara Mengetahui Password WiFi Tetangga

Untuk yang satu ini agak riskan karena tidak semua tetangga rela wifi mereka digunakan, apalagi kalau kalian termasuk golongan tetangga yang introvert (Suka menyendiri).

Mengetahui password wifi tetangga bisa saja dilakukan, terdapat beberapa akal yang dapat anda lakukan untuk gaining access ke password wifi tetangga kalian.

Berikut beberapa metode yang dapat anda lakukan:

  • Social Engineering
  • Fortune Gambling / Dictionary
  • Shoulder Sniffing
  • Spyware

Nah 3 cara tersebut mempunyai peluang yang sangat tinggi untuk anda berhasil untuk melakukan Gaining Access password wifi tetangga kalian.

Social Engineering

Pada teknik ini kalian harus mempunyai kemampuan berbicara relevan secara panjang, maksudnya harus bisa menciptakan sebuah percakapan atau interaksi yang panjang dengan tujuan mendapatkan kepercayaan dari sang tetangga kalian.

Ketika mereka percaya cobalah untuk meminjam laptop atau pc yang telah terkoneksi dengan wifi-nya, Selanjutnya anda praktekan salah satu tutorial yang tadi telah di jelaskan tadi di atas.

Nah secara otomatis kalian dapat melihat password wifi tetangga kalian, tapi ingatlah jangan sampai ketahuan karena kepercayaan yang rusak sangat susah untuk diperbaiki.

Selalu baca kondisi sekitar anda sebelum anda melakukan praktek tutorial cara mengetahui password wifi yang dijelaskan di atas.

Fortune Gambling / Dictionary

Fortune Gambling sesuai dengan nama metode-nya, trik yang satu ini menggunakan keberuntungan anda. cara kerjanya yaitu kalian akan memasukan key yang berasal dari kata-kata yang relevan dengan sang pemilik wifi seperti nama dia, tanggal lahir, kota asal, nama anak, nama cucu, nama perusahaan, nomor telepon dan lain sebagainya.

Biasanya orang yang menggunakan metode ini akan membuat sebuah kamus yang berisikan kata atau kalimat yang paling relevan dengan kehidupan sang pemilik password. oleh karena itu metode ini disebut juga dengan sebutan Dictionary.

Cara mengetahui password wifi dengan cara ini kalian harus tahu dulu cara membuat dictionary-nya atau kamus-nya terlebih dahulu. Berikut cara membuat kamus untuk metode Dictionary:

  • Catat Hal-Hal yang disukai oleh sang pemilik password
  • Cari tahu biodata lengkap dari sang pemilik password
  • Cari sesuatu yang bersifat pribadi dari sang pemilik password

Cara ini terbilang agak sulit dan memakan waktu yang panjang hampir mirip dengan Social Engineering hanya saja Dictionary secara diam-diam menggunakan kata(hal) yang relevan dengan sang pemilik sedangkan Social Engineering menggunakan langsung perangkat sang pemilik.

Shoulder Sniffing

Ini adalah cara yang sering digunakan dalam kasus di dalam ATM, Shoulder Sniffing juga bekerja baik dalam hal cara mengetahui password wifi di segala platform. Kelemahan dari metode ini adalah sang pemilik password harus memasukan password mereka dan kalian harus berada didekat sang pemilik password.

Cara kerja-nya ialah melakukan pengintipan secara langsung ke layar target, atau menggunakan mini-cam dan juga bisa memanfaatkan CCTV yang ada. Masalah yang lain dalam penggunaan metode ini adalah sudut-pandang kamera dan posisi sang pemilik target yang harus cocok dan tidak menghalangi pandangan kamera.

Untuk melakukan-nya kalian harus menyediakan tempat yang telah dirancang khusus untuk menjebak sang pemilik password.

Spyware

Nah ini adalah langkah terakhir, cara ini juga membutuhkan social engineering tapi jika sang pemilik wifi telah percaya kepada anda dan anda diperbolehkan untuk mengakses PC/Laptop-nya maka social engineering sudah tidak dibutuhkan.

Untuk spyware-nya sendiri kalian dapat menggunakan Keylogger atau TypingCatcher setelah menginstal aplikasi tersebut langkah selanjutnya ialah melakukan lupa password wifi pada perangkat tersebut.

Selanjutnya kalian tinggal menunggu sang pemilik wifi menggunakan perangkat mereka kembali dan mengkoneksikan ulang wifi ke perangkat-nya kembali.

Setelah perangkat tersebut telah terkoneksi kembali kalian tinggal mengecek software Keylogger kalian kembali pada perangkat sang tetangga tersebut dan boom kalian sudah mendapatkan password wifi-nya serta history-history typing yang dilakukan oleh sang tetangga tuh.

Gimana sudah dicoba? gunakan metode yang paling-paling sesuai dengan keadaan anda yah. Semua hal diatas dituliskan dengan tujuan studi atau pelajaran tambahan saja, gunakan secara bijak yah. Terima kasih telah berkunjung.

Komentar disini