19 Cara Mengeluarkan Ulat Gigi Dengan Bahan Alami

cara mengeluarkan ulat gigi

Kalimat.ID – Cara Mengeluarkan Ulat Gigi – Gigi berulat seringkali dianggap mitos, padahal kasus gigi berulat ini telah banyak yang ditemukan dalam masyarakat. Ulat gigi juga dikenal dengan istilah Tooth Worm, yakni ulat yang berkembang pada gigi.

Ulat gigi ini tidak muncul begitu saja. Ulat gigi biasanay muncul akibat adanya gigi yang rusak dan berlubang. Gigi yang berlubang dan mengalami pembusukan tidak bisa berfungsi secara normal.

Kemudian, gigi yang membusuk akan menjadi tempat bersarangnya bakteri dan memicu munculnya ulat gigi. Kondisi seperti ini tentunya sangat tidak baik untuk kesehatan rongga mulut.

Faktor – Faktor Penyebab Gigi Berlubang dan Berulat

Sebelum memulai upaya untuk mengeluarkan ulat gigi, anda perlu tahu apa saja faktor yang dapat memicu kerusakan gigi dan mengundang ulat gigi.

1. Lubang Gigi Cukup Untuk Dimasuki Ulat

Faktor utama penyebab munculnya ulat pada gigi adalah gigi berlubang. Meskipun kecil, namun lubang pada gigi jika dibiarkan begitu saja, lama-kelamaan akan dimasuki oleh ulat.

Karena ulat memiliki tubuh yang elastis sehingga dapat mudah memasuki lubang pada gigi. Tak hanya sebatas itu, ulat kemudian akan terus melubangi gigi hingga semakin besar dan berkembang biak disana. Sebelum hal ini terjadi, sebaiknya anda segera menambal gigi yang berlubang.

2. Gigi Mudah Retak dan Keropos

Ulat pada gigi juga akan mudah berkembang jika ada gigi yang keropos atau retak. Gigi yang mudah retak dan keropos biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan kalsium. Kalsium sangat penting untuk menjaga agar gigi tetap kuat dan tidak mudah keropos.

3. Membiarkan Makanan Membusuk Pada Gigi

Timbulnya ulat pada gigi bisa disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan gigi. Makanan yang tersisa pada gigi, jika tidak segera dibersihkan akan mengundang ulat untuk berkembang. Untuk itu, pastikan anda selalu menggosok gigi sehabis makan.

4. Terlalu Kuat Menyikat Gigi

Gigi bisa cepat rusak jika anda memiliki kebiasaan menyikat gigi dengan kasar atau terlalu kuat. Gigi yang disikat terlalu kuat akan mudah rapuh, dan jika sudah berlubang akan memudahkan jalannya ulat untuk masuk kedalam gigi. Mulai sekarang, sikatlah gigi anda secara perlahan agar tidak mudah keropos dan berulat.

5. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Manis

Salah satu penyebab kerusakan gigi adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan manis. Makanan manis yang menempel pada gigi jika tidak segera dibersihkan akan membuat gigi menjadi keropos dan berlubang. Jika sudah begitu, ulat akan mudah bersarang pada gigi anda.

6. Sering Mengonsumsi Alkohol

Selain makanan manis, minuman beralkohol juga merupakan musuh bagi kesehatan gigi. Minuman beralkohol memiliki sifat asam yang cukup tinggi sehingga dapat merusak gigi.

Orang yang sering mengonsumsi minuman beralkohol cenderung memiliki gigi yang berlubang dan berulat.

Cara Mengeluarkan Ulat Gigi Dengan Bahan Alami

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ada banyak faktor yang dapat menyebabkan gigi rusak dan berulat. Berikutnya, kita akan mencoba mengeluarkan ulat gigi dengan bahan alami.

Bagaimana caranya? Silahkan simak bahan-bahan alami yang dapat dimanfaakan untuk mengeluarkan ulat gigi berikut ini:

1. Air Garam

Cara mengeluarkan ulat gigi yang pertama adalah dengan memanfaatkan air garam. Air garam bersifat sebagai analgesik, antibakteri, serta anti inflamasi. Dengan air garam, kita bisa membunuh virus, bakteri dan ulat yang bersarang pada gigi.

Untuk membunuh ulat yang bersarang pada gigi secara efektif, berkumurlah setiap hari dengan air garam.

2. Baking Soda

Selain digunakan untuk membuat kue, baking soda ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi. Selain itu, baking soda juga cukup ampuh untuk mengusir ulat-ulat yang bersarang pada gigi.

Cara mengeluarkan ulat gigi dengan baking soda cukup sederhana. Setelah menggosok gigi, segeralah berkumur dengan air yang telah dicampur dengan baking soda. Lakukan cara ini setiap hari untuk mengembalikan kesehatan gigi anda.

3. Jahe

Bahan alami lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk mengeluarkan ulat pada gigi yaitu jahe. Jahe memang sudah banyak digunakan untuk menjaga kesehatan gigi. Untuk membasmi ulat yang bersarang pada gigi, kunyahlah sepotong jahe.

Sejenak, mungkin akan terasa pedas, namun justru itulah yang akan mengeluarkan ulat-ulat pada gigi anda.

4. Bawang Merah

Setelah jahe, anda juga bisa mencoba mengeluarkan ulat gigi dengan bawang merah. Bawang merah memang cukup ampuh membasmi ulat pada gigi. Sudah banyak masyarakat yang mencoba dan membuktikan keampuhan bawang merah ini.

Caranya sama seperti jahe, anda hanya perlu mengunyah satu siung bawang merah dan diamkan sejenak. Dengan cara ini, maka ulat-ulat yang bersembunyi didalam gigi akan cepat keluar.

5. Bawang Putih

Tak hanya bawang merah, bawang putih pun cukup ampuh untuk membunuh ulat gigi. Bawang putih berperan sebagai antibakteri yang dapat mengusir ulat yang bersarang pada gigi.

Cara  penggunaannya mudah, anda hanya perlu mengunyah bawang putih beberapa saat, lalu berkumurlah dengan air biasa.

6. Daun Pandan

Bahan alami yang satu ini juga tidak kalah ampuh untuk mengeluarkan ulat pada gigi. Ambil daun pandan yang telah dibersihkan, lalu tumbuk hingga halus. Segera oleskan pada gigi yang berlubang.

7. Cabe Rawit

Cabe rawit ternyata juga bisa digunakan untuk mengeluarkan ulat pada gigi. Sama seperti jahe, cabe rawit memiliki rasa yang pedas.

Hal ini akan merangsang ulat-ulat untuk keluar dari lubang gigi. Caranya, haluskan satu buah cabe rawit, lalu oleskan pada gigi yang berlubang.

8. Air Lemon

Air lemon memiliki sifat asam yang mampu mengeluarkan ulat yang bersarang pada gigi. Air lemon juga mengandung antibakteri yang mampu membunuh ulat gigi. Caranya, peras buah lemon, lalu gunakan airnya untuk menggosok gigi.

9. Kunyit

Bahan alami berikutnya yang bisa anda coba yaitu kunyit. Kunyit bersifat antiseptik, Antimikroba dan antibakteri yang sangat ampuh untuk membunuh ulat-ulat pada gigi.

Anda bisa langsung mengunyah seiris kunyit atau bisa juga dengan menumbuknya hingga halus dan oleskan pada gigi berlubang.

10. Lada Hitam

Cara mengeluarkan ulat gigi lainnya dapat dilakukan dengan memanfaatkan lada hitam. Kandungan zat piperine yang ada pada lada hitam sangat ampuh dalam membasmi ulat gigi.

Cara penggunaan lada hitam untuk mengusir ulat gigi sangat mudah. Ambil lada hitam secukupnya, lalu tumbuk hingga halus. Campurkan sedikit garam dan air, lalu gunakan untuk menggosok gigi.

11. Tea Tree Oil

Hampir sama dengan bahan alami lainnya, tea tree oil juga bersifat anti inflamasi dan antiseptik. Penggunaan tea tree oil dapat meredakan rasa sakit akibat gigi berlubang sekaligus membasmi ulat yang berkembang pada gigi. Oleskan saja beberapa tetes tree oil pada gigi yang berlubang.

12. Peppermint Oil

Selain Tea Tree Oil, ada jenis oil lainnya yang juga mampu mengeluarkan ulat gigi, yaitu Peppermint Oil. Oleskan beberapa tetes peppermint oil pada gigi yang berulat. Kandungan antibakterinya akan membunuh ulat-ulat yang bersarang di gigi anda.

13. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengandung asam malat dan asam asetat yang mampu membasmi ulat gigi. Tak hanya itu, bahan alami yang satu ini juga dapat membuat pH mulut menjadi seimbang.

Cara mengeluarkan ulat dengan cuka sari apel tidak sulit. Basahi bola kapas ukuran sedang dengan cuka sari apel, lalu tempelkan pada gigi yang berulat selama beberapa saat. Kemudian, segeralah berkumur dengan air biasa sampai bersih.

14. Minyak Cengkeh

Bahan alami berikutnya yang bisa menjadi alternatif untuk mengeluarkan ulat gigi adalah minyak cengkeh. Selain bersifat sebagai antibakteri dan anti inflamasi, minyak cengkeh juga mengandung eugenol yang mampu menghilangkan rasa sakit akibat gigi berlubang.

Caranya sangat praktis, basahi bola kapas dengan minyak cengkeh, lalu usapkan pada gigi yang berulat beberapa menit.

15. Daun Jambu

Daun jambu bersifat analgesik, antibakteri, anti inflamasi serta antimikroba yang sangat efektif untuk membasmi ulat yang bersarang pada gigi.

Ambil satu lembar daun jambu biji yang sudah dicuci bersih, lalu kunyah pada sisi gigi yang berlubang selama beberapa menit.

16. Minyak Oregano

Ada lagi satu jenis minyak esensial yang mampu mengeluarkan ulat gigi secara efektif, yaitu minyak oregano. Minyak esensial yang satu ini mengandung antiinflamasi dan antibakteri.

Teteskan secara langsung minyak oregano pada gigi yang berlubang, maka ulat gigi akan segera keluar bahkan mati.

17. Jus Rumput Gandum

Jus rumput gandum juga sangat efektif untuk mengatasi ulat gigi. Rumput gandum mengandung antibakteri yang berguna untuk membasmi ulat pada gigi. Cara penggunaanya yaitu dengan menjadikan jus rumput sebagai obat kumur.

18. Daun Pisang

Siapa yang menyangka bahwa daun pisang ternyata bisa menjadi obat alami yang ampuh untuk mengusir ulat gigi. Ini karena daun pisang dapat berperan untuk proses detoksifikasi.

Caranya sangat mudah, ambil daun pisang secukupnya, lalu kunyah pada bagian gigi yang berlubang selama beberapa saat.

19. Daun Mint

Bahan alami terakhir yang dapat anda gunakan untuk mengeluarkan ulat gigi adalah daun mint. Sama seperti yang lainnya, daun mint juga bersifat sebagai antivirus dan antibakteri. Selain itu, daun mint juga memberi sensasi dingin dan menyegarkan.

Cara Mencegah Gigi Berulat

Selain melakukan berbagai upaya untuk mengeluarkan ulat gigi, anda juga perlu tahu hal apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah gigi berulat. Jadi, walaupun masalah ulat gigi sudah terselesaikan, anda bisa mencegahnya datang kembali.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk mencegah gigi berulat:

Menjaga Kebersihan Gigi

Untuk mencegah gigi berulat, anda harus selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut. Agar lebih maksimal, anda bisa menggunakan obat kumur setiap selesai menggosok gigi. Terutama setelah mengonsumsi makanan yang memiliki rasa asam dan manis.

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Kalsium

Kalsium adalah senyawa penting yang sangat berguna untuk kesehatan gigi. Kalsium juga akan membuat gigi menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah keropos dan berlubang. Jika gigi tidak berlubang, maka bakteri dan ulat akan sulit untuk berkembang.

Selalu Periksakan Kesehatan Gigi

Anda harus selalu memperhatikan kesehatan gigi. Jangan pernah membiarkan lubang sekecil apapun yang terdapat pada gigi.

Jika memungkinkan, segera tambal bagian gigi yang berlubang agar tidak semakin melebar. Jangan lupa juga untuk selalu mengontrol kesehatan gigi setiap 6 bulan sekali.

Walaupun sering dianggap sebagai mitos, tetapi tidak ada salahnya jika anda melakukan beberapa cara mengeluarkan ulat pada gigi seperti yang kami jabarkan diatas.

Dan hal yang paling penting yang harus anda lakukan adalah tetap menjaga kebersihan gigi dan mulut agar kondisi tidak semakin parah.