19 Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah Secara Alami dan Permanen

Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah

Kalimat.ID – Cara Mengecilkan Pori Pori Wajah – Setiap wanita tentu saja ingin berpenampilan menarik di hadapan semua orang. Perempuan memang mempunyai pori-pori wajah yang terlihat begitu besar namun bisa membuat wanita merasa kurang percaya diri.

Jika kita bandingkan dengan seorang pria ternyata wanita itu lebih suka menjaga penampilannya. Entah itu penampilan wajah maupun tubuh mereka. Hal ini dikarenakan wanita terlalu sering dalam menggunakan make up supaya penampilannya terlihat semakin cantik. Hingga akhirnya kini tersedia beragam cara mengecilkan pori pori wajah.

Pori-pori yang ada pada permukaan kulit ini menjadi folikel rambut yang terbuka. Dari setiap folikul ini memang ada kandungan kelenjar minyaknya. Biasanya pori-pori pada wajah terutama bagian hidung dan dahi cenderung kelihatan lebih besar.

Yang perlu anda ketahui bahwasanya pori-pori kulit itu sebetulnya tidak besar seperti yang telah kita kira. Hal ini merupakan suatu faktor genetik. Biasanya orang yang berkulit putih bakalan mempunyai pori-pori yang cenderung lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang berkulit gelap.

19 Cara Mengecilkan Pori Pori Pada Wajah Secara Alami

Banyak wanita menggunakan make up dengan tujuan mempercantik wajahnya. Namun perlu anda ketahui ternyata make up ini juga bisa menjadi factor pori-pori di wajah semakin membesar.

Make up memang mampu menutupi adanya kelenjar minyak sehingg sel kulit mati pun semakin terperangkap didala folikel. Adanya paparan sinar ultraviolet pun juga dinilai bisa menyebabkan pori-pori di wajah semakin terlihat besar.

Hingga akhirnya pori-pori pun akan tersumbat, terbuka bahkan membesar hingga nantinya bisa menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat. Mempunyai pori-pori yang besar terutama saat orang sering bepergian pastinya bisa menyebabkan bakteri menempel pada kulit sehingga pori-pori di wajah bakalan semakin besar.

Pastinya anda merasa penasaran bagaimana cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Memang banyak cara yang bisa kita tempuh untuk mengatasi permasalahan tersebut. Inilah beragam cara mengecilkan pori-pori di wajah secara alami yang bisa anda lakukan. Di antaranya:

1. Minyak Zaitun

minyak zaitun
Image by: Alodokter.com

Siapa sangka ternyata minyak zaitun ini kaya akan kandungan zat linoleic acid yang mampu membantu anda dalam menjaga kadar air yang ada pada wajah. Sehingga tidak akan muncul keriput di usia dini.

Tak hanya itu saja ternyata minyak zaitun ini juga kaya akan kandungan anti okdisan yang bisa membantu anda dalam melindungi sel-sel dari ancaman sebuah kerusakan. Itulah mengapa minyak zaitun dipercaya mampu mengecilkan pori-pori pada wajah.

Caranya mengambil manfaat minyak zaitun:
– Mencampurkan 1 sdm minyak zaitun denfan 1 sdt madu
– Pergunakan campuran tadi sebagai masker wajah

2. Air Rendaman Beras

air beras

Pastinya anda pernah mencuci beras ketika hendak menanak nasi. Saat mencuci berasnya jangan sampai airnya dibuang begitu saja. Ternyata dalam beras ini ada kandungan asam ferullic maupun allantoin yang bisa melindungi kulit sekaligus mampu mengecilkan pori-pori kulit di wajah.

Caranya:
– Rendamlah beras dalam sebuah wadah
– Biarkan terlebih dahulu air berasnya supaya bisa mengendap
– Kemudian pergunakan endapan dari air beras ini sebagai masker wajah alami

3. Kopi dan Gula

gula
Image by: https://www.elle.vn/

Kopi dan juga gula ternyata bisa juga dipergunakan sebagai scrub pada wajah sehingga kulit mati yang tertinggal di wajah nantinya bisa terangkat dengan sempurna. Jika sel kulit mati di wajah sudah tiada maka pori-pori wajah pun juga akan mengecil. Lantas bagaimana caranya mengambil manfaat kopi dan gula untuk mengecilkan pori-pori di wajah?

Anda tak perlu khawatir lagi, alangkah baiknya ikuti langkah berikut ini:
– Mencampurkan 1 sdt bubuk kopi dan juga 1 sdt gula keudian menambahkan sedikit saja air sampai berbentuk menjadi pasta
– Secara perlahan pasta tadi bisa di gosokkan pada wajah supaya sel kulit mati nantinya bisa terangkat

4. Es Batu

es batu
Image by: hijup.com

Cara mengecilkan pori-pori di wajah secara alami ternyata bisa juga dilakukan dengan menggunakan es batu. Es batu ini bisa anda pergunakan sebagai cara yang instan untuk mengecilkan pori-pori pada bagian wajah. Cara mengambil manfaatnya begitu mudah sekali bahkan semuanya bisa melakukannya sendiri di rumah.

Caranya:
– Mengambil es batu dari dalam freezer
– Bungkus sebongkah es batu tadi dengan sapu tangan
– Oleskan saja pada bagian wajah
– Lakukan selama kurang lebih 15 menit supaya pori-pori wajah semakin mengecil

5. Cuka Apel

cuka apel
Image by: hellosehat.com

Cara mengecilkan pori-pori di wajah juga bisa anda lakukan dengan menggunakan cuka apel. Ternyata cuka apel ini mempunyai kandungan zat asam yang bisa meregenerasi kulit dan mengangkat sel kulit mati. Menariknya lagi cuka apel ini juga bisa dijadikan sebagai toner alami untuk kulit wajah.

Caranya:
– Mencampurkan 1 sdm cuka apel dan segelas air
– Kemudian celupkan kapas dan oleskan pada wajah anda

6. Kentang

kentang
Image by: potato.ie

Cara mengecilkan pori-pori di wajah juga bisa anda tempuh dengan memanfaatkan kentang. Dalam kentang ini terdapat kandungan mineral yang bisa menjadi antibiotik alami sehingga bisa memperlambat adanya penuaan dini pada wajah. Selain itu manfaatnya juga bisa menghilangkan sel kulit mati di wajah sehingga pori-pori pun semakin mengecil.

Cara menggunakannya:
– Menumbuk sampai halus kentang yang sudah di rebus
– Campurkan dengan 2 sdm susu sampai berubah bentuk menjadi pasta
– Oleskan pada wajah
– Diamkan selama kurang lebih 30 menit
– Bilas wajah anda menggunakan air yang bersih

7. Mentimun

mentimun
Image by: idntimes.com

Mentimun memang kaya akan kandungan mineral dan juga vitaminnya sehingga bisa menjaga kesegaran wajah. Mentimun ini bisa anda manfaatkan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah. Caranya sebetulnya sangat mudah sekali bahkan semuanya bisa melakukannya sendiri di rumah.

Cara pertama:
– Iris saja mentimun tipis-tipis
– Tempelkan di seluruh wajah
– Diamkan dalam waktu 30 menit
– Basuh menggunakan air yang bersih

Cara kedua:
– Parutlah mentimun kemudian ambil airnya
– Oleskan pada wajah menggunakan kapas
– Diamkan dalam waktu 30 menit
– Kemudian basuh dengan air yang bersih

8. Bengkoang

bengkoang
Image by: Alodokter.com

Pastinya sudah banyak yang tahu bahwa buah bengkuang ini sering dipergunakan sebagai produk kecantikan terutama sebagai pemutih. Tetapi kali ini bengkuang dipergunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori di wajah. Hal ini dikarenakan dalam buah tersebut terdapat kandungan vitamin C dan vitamin B yang bisa menjaga sel kulit mati.

Caranya:
– Parutlah buah bengkuang baru kemudian peras dengan menambahkan air
– Pergunakan sarinya sebagai masker wajah alami
– Diamkan saja beberapa saat kemudian bersihkan wajah dengan air yang bersih

9. Teh Hijau

teh hijau

Teh hijau ternyata juga dipercaya sebagai cara mengecilkan pori-pori di wajah. Dalam teh hijau ini memang terdapat kandungan anti oksidan yang bisa menangkal radikal bebas sehingga kulit pun mampu beregenerasi dalam waktu yang lebih cepat.

Selain itu teh hijau ini juga bisa mengangkat sel kulit mati yang bisa membuat pori-pori di wajah semakin mengecil. Kini anda bisa menggunakan daun teh hijau yang masih segar sebagai masker wajah.

Cara menggunakannya:
– Rendamlah dalam air panas selama kurang lebih 15 menit
– Kemudian oleskan airnya pada wajah

10. Jeruk Nipis

jeruk nipis

Jeruk nipis memang kaya akan manfaatnya. Terlebih lagi kandungan vitamin C maupun anti oksidan yang ada di dalamnya ini bisa membuat kulit anda terbebas dari jerawat. Menariknya lagi ternyata jeruk nipis ini juga mampu mengangkat sel kulit mati sehingga pori-pori di wajah akan semakin mengecil.

Mungkin banyak diantara anda yang merasa penasaran dengan cara mengambil manfaatnya. Sebetulnya mudah sekali untuk dilakukan oleh siapapun.

Caranya:
– Belah buah jeruk nipis ini menjadi dua bagian kemudian peras airnya
– Oleskan saja air perasan jeruk nipis ini pada wajah
– Diamkan dalam waktu 15 menit
– Kemudian bilas wajah dengan menggunakan air yang bersih

11. Buah Lemon

buah lemon

Buah lemon ini juga mempunyai kandungan banyak vitamin C maupun anti oksidan. Selain itu dalam buah tersebut juga terkandung asam alpha hidroksi yang bisa menangkal radikal bebas dalam kulit. Buah lemon ini juga bisa dimanfaatkan sebagai cara untuk mengecilkan pori-pori pada wajah. Apalagi buah yang satu ini semakin digemari banyak orang.

Caranya:
– Potonglah buah lemon menjadi 2 bagian kemudian peras airnya
– Oleskan saja air perasan lemon ini pada wajah anda
– Biarkan saja dalam waktu 15 menit supaya pori-pori bisa tertutup

12. Kulit Jeruk

kulit jeruk
Image by: kumparan.com

Siapa sangka ternyata kulit jeruk ini mempunyai kandungan vitamin C yang lebih banyak. Sehingga saat anda sedang memakan buah jeruk, janganlah membuang kulitnya. Sebab kulit jeruk ini bermanfaat sebagai masker wajah yang nantinya bisa mengecilkan pori-pori pada wajah. Meskipun hanya kulitnya saja, tenyata juga bisa membuat kulit wajah semakin cantik.

Caranya:
– Jemurlah kulit jeruk sampai benar kering
– Kemudian tumbuklah kulit jeruk sampai halus
– Campurkan air secukupnya saja sampai bentuknya menjadi pasta
– Kemudian oleskan pada wajah yang tadinya sudah dibersihkan
– Diamkan dalam waktu 30 menit kemudian bilas menggunakan air yang hangat

13. Lidah Buaya

lidah buaya
Image by: beritagar.id

Sejak dulu lidah buaya memang sudah terkenal dimanfaatkan untuk perawatan maupun kesehatan. Dengan menggunakan lidah buaya, maka anda bisa memperoleh beberapa manfaat yang bagus untuk kesehatan wajah. Mulai dari mampu mencerahkan kulit wajah, menyegarkan wajah bahkan juga mampu mengecilkan pori-pori pada wajah.

Caranya:
– Ambil saja gel lidah buaya yang berada pada bagian tengahnya
– Kemudian oleskan hingga merata pada kulit wajah
– Diamkan dalam waktu 15 menit saja
– Bilas menggunakan air yang bersih

14. Buah Pepaya

buah pepaya
image by: thepacker.com

Buah yang satu ini ternyata mempunyai kandungan enzim papain yang bisa membantu meregenerasi kulit. Bahkan ada pula kandungan vitamin A, C dan juga E yang bisa membantu menutrisi kulit.

Dengan memanfaatkan buah pepaya ini maka pori-pori di wajah pun bisa semakin mengecil. Cara mengambil manfaatnya juga mudah sekali untuk dilakukan.

Caranya:
– Kupas dan juga potong buah pepaya
– Tumbuh sampai halus buah pepaya tadi
– Pergunakan saja sebagai masker
– Diamkan dalam waktu 30 menit
– Bilas wajah menggunakan air yang bersih

15. Buah Alpukat

Cara Mengecilkan Pori Pori dengan buah alpukat
Image by: bbcgoodfood.com

Cara mengecilkan pori-pori pada wajah kini bisa juga anda lakukan dengan menggunakan rauan buah alpukat. Buah ini memang bisa melindungi kulit anda dari adanya tanda penuaan. Apalagi banyak kandungan vitamin yang ada didalamnya sehingga bisa membuat pori-pori wajah seakin mengecil.

Cara mengolah buah alpukat:
– Belah saja buah alpukat kemudian keruk isinya
– Haluskan daging dari buah alpukat ini, kemudian pergunakan sebagai masker wajah
– Diamkan saja selama beberapa menit
– Bilas menggunakan air yang bersih

16. Lobak Putih

Cara Mengecilkan Pori Pori dengan lobak putih
Image by: hellosehat.com

Ada lagi bahan dapur yang ternyata bisa dijadikan sebagai cara mengecilkan pori-pori pada wajah. Bahan dapur ini tentu saja lobak putih yang mempunyai kandungan vitamin C, vitamin B complek, zinc maupu fosfor.

Dengan begitu kondisi kesehatan kulit pun semakin terjaga. Apalagi ada banyak sekali kandungan air yang ada dalam lobak putih ini. Sehingga kulit pun akan semakin sehat dan lembap.

17. Putih Telur

Cara Mengecilkan Pori Pori dengan putih telur

Mungkin saja masih banyak yang belum mengerti bahwa putih telur ini bisa mengecilkan pori-pori yang ada pada wajah anda. Hal ini memang benar terbukti berkat kandungan protein dan sumber mikronutrien di dalamnya. Sehingga lobak putih ini bisa membantu anda dalam mengecilkan pori-pori besar yang ada pada wajah.

Caranya:
– Pecahkan saja 1 butir telur
– Pergunakan telur yang sudah dipecah tadi menjadi masker wajah

18. Susu

Cara Mengecilkan Pori Pori dengan susu
Image by: downtoearth.org.in

Di dalam wajah kita memang terdapat kolagen yang bisa menjaga kesehatan wajah anda. Kulit wajah pun juga terlihat semakin kenyal, tidak berkerut bahkan pori-pori pada wajah pun tidak akan membesar.

Susu ternyata memiliki kandungan vitamin D yang mampu meningkatkan produksi kolagen bahkan adanya vitamin B6 ini juga mempunyai peranan penting agar kulit wajah kelihatan lebih sehat.

Caranya:
– Persiapkan 2 sdm susu segar dan juga 1 sdm madu
– Campurkan keduanya ini sampai merata
– Pergunakan saja sebagai masker wajah alami
– Diamkan dalam kurun waktu 30 menit
– Kemudian bilas menggunakan air yang bersih

19. Yogurt

Cara Mengecilkan Pori Pori dengan yogurt
Image by: splendidtable.org

Yogurt merupakan salah satu produk olahan susu yang sudah terkenal. Yogurt ini mempunyai kandungan zinc dan kalsium yang bagus untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi.

Bahkan menariknya lagi kandungan vitamin B kompleks yang ada didalamnya mampu menyehatkan wajah sekaligus membuatnya semakin bersinar sehingga pori-pori pun tak akan terlihat.

Caranya:
– Menyiapkan yogurt yang masih segar tanpa rasa
– Pergunakan sebagai masker pada wajah anda
– Diamkan dalam waktu beberapa menit
– Bilas menggunakan air yang bersih

Itulah tadi berbagai macam cara mengecilkan pori-pori di wajah yang bisa anda peroleh dari bahan alami. Semoga saja dengan serangkaian proses yang sudah dilakukan bisa memberikan hasil yang maksimal pada wajah. Kecantikan wajah menjadi hal paling penting bagi seorang wanita.

Jika permasalahan datang pada wajah seorang wanita, kebanyakan merasa bingung bagaimana caranya mengatasi semua permasalahan yang ada. Hingga akhirnya kini permasalahan pori-pori di wajah pun bisa diatasi dengan memanfaatkan bahan yang alami.

Beragam bahan alami diatas diolah sedemikian rupa untuk diambil manfaatnya supaya bisa mengecilkan pori-pori di wajah.

Meskipun kehadiran pori-pori ini dibutuhkan untuk mengeluarkan keringat maupun minyak yang berada pada permukaan kulit. Namun kondisi pori-pori pada wajah yang semakin membesar nantinya bisa menimbulkan berbagai macam permasalahan kulit.

Kulit nantinya bisa terlihat semakin kusam sehingga rasa percaya diri pun berkurang. Untuk itulah mengapa anda perlu mengerti cara mengecilkan pori-pori pada wajah. Tak ada salahnya anda menggunakan salah satu cara diatas untuk mengatasi beragam permasalahan pada wajah.

Komentar disini