Beranda Kesehatan 13 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Terbukti Ampuh

13 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Terbukti Ampuh

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Kalimat.ID – Kebanyakan wanita mungkin akan merasa terkejut sekali pasca melahirkan perut mereka semakin buncit. Meskipun sang buah hati telah lahir, nampaknya perut masih saja terlihat cukup besar seakan hamil enam bulan. Memang butuh waktu cukup lama untuk bisa mengembalikan perut dalam bentuk seperti sedia kala. Tak perlu merasa khawatir dengan kondisi perut anda, sebab sudah ada berbagai macam cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang bisa anda coba.

Adanya perubahan hormone yang sudah terjadi mampu menyebabkan rahim semakin sulit untuk menyusut kembali. Butuh waktu sekitar enam hingga delapan minggu bagi anda untuk bisa mengembalikan rahim pada ukuran yang semula.

Meskipun tak sedikit dati mereka kembali dengan bentuk badan semula, namun anda tak perlu merasa begitu risau. Pada umumnya wnaita butuh waktu hingga berbulan-bulan untuk bisa kembali pada bentuk tubuh yang ideal.

Kesabaran menjadi salah satu kunci yang anda perlukan untuk mengatasi permasalahan ini. Selain itu, anda bisa juga mencoba berbagai cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang di rasa terbukti ampuh mewujudkan keinginan anda.

Seorangwanita yang mengalami kenaikan sebesar 13 kg dan melakukan olahraga secara rutin selama masa kehamilannya, menyusui dan masih mempunyai satu anak biasanya lebih mungkin akan cepat langsingnya. Yang terpenting sebetulnya jagalah asupan makanan keseharian anda.

Perut yang buncit seakan menjadi permasalahan besar bagi wanita sebab kondisi seperti ini membuat penampilannya kurang menarik. Hingga rasa percaya diri pun semakin hilang. Kini cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan hadir dengan berbagai macam cara yang terbukti ampuh.

Memang takjub melihat wanita yang baru melahirkan, tapi bentuk tubuhnya sudah kembali seperti sebelum mengandung. Dan setiap wanita mungkin menginginkan hal yang sama, mengetahui cara mengecilkan perut setelah melahirkan dengan cepat.

Sebetulnya seorang perempuan yang habis melahirkan berat badannya bisa berkurang antara 3 hingga 6 kg. bisa dikatakan berat tersebut merupakan akumulasi dari berat sang bayi, plasenta, banyaknya darah sekaligus air ketuban yang sudah dikeluarkan. Itu pun belum ditambahn dengan jumlah cairan dalam tubuh yang nantinya akan terbuang melalui darah, urine maupun keringat.

Tapi jangan senang terlebih dahulu sebab perut buncit setelah melahirkan, bisa saja anda alami. Hal ini tentu saja hal yang wajar bagi para wanita. Kebanyakan wanita mengeluhkan permasalahan yang satu ini.

Memang butuh waktu hingga beberapa bulan untuk bisa mengembalikan perut anda seperti semula. Setidaknya butuh waktu sekitar sembilan bulan lamanya supaya perut bisa kembali dalam kondisi yang kencang setelah melahirkan.

Mengecilnya bagian perut ternyata tergantung pada beberapa faktor penting. Inilah beberapa faktor yang perlu anda ketahui. Diantaranya:

– Faktor genetik
– Ukuran dan bentuk tubuh sebelum mengandung
– Kenaikan berat badan selama masa kehamilan
– Seberapa sering berolahraga

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan akan terasa lebih mudah saat sang bunda menyusui. Biasanya badan akan cepat kembali seperti semula saat kehamilan yang pertama. Apabila anda tidak menyusui namun ingin segera langsing setelah melahirkan.

Bunda pun perlu menjaga banyaknya asupan makanan yang masuk dalam tubuh. Sepertinya anda sudah tidak membutukan banyak kalori. Hanya saja setelah melahirkan disarankan untuk mencukupi asupan kalorinya sebesar 1.800 hingga 2.200 kalori per harinya.

Perut yang semakin melar setelah melahirkan memang menjadi permasalahan penting yang perlu anda hadapi. Kelihatannya mengecilkan perut setelah melahirkan ini menjadi hal yang tersulit bagi para ibu.

Jadi bukan hal yang mengherankan lagi jika kita sering menyaksikan ibu yang baru melahirkan justru terlihat semakin melar tubuhnya hingga rasa percaya diri pun semakin hilang. Beragam cara pun rela ditempuh supaya bentuk perutnya bisa kembali seperti semula.

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Paling Ampuh

Walaupun banyak orang berpendapat bahwa diet menjadi cara paling ampuh mengecilkan perut dalam jangka waktu yang lebih cepat, ternyata untuk para ahlinya justru berpendapat sebaliknya. Apabila kondisi tubuh banyak kehilangan kalori dalam waktu yang begitu singkat.

Ini bukanlah cara yang terbaik, terlebih jika anda saat ini tengah menyusui. Lalu gimana cara mengecilkan perut setelah melahirkan? Bagi anda yang merasa penasaran, inilah berbagai cara yang bisa anda tempuh melalui cara alami tanpa adanya efek samping. Yakni:

1. Menyusui

menyusui
Image by: hellosehat.com

Setelah melahirkan sebagai seorang ibu biasanya harus menyusui anaknya. Siapa sangka ternyata menyusui ini bisa membuat anda mampu membakar kalori sebanyak 500 kalori per harinya. Jika begini berarti berat badan sang ibu yang tengah menyusui kemungkinan besar akan mengalami penurunan berat badan.

Jika kita bandingkan dengan ibu yang memberikan susu botol kepada sang bayi. Dengan menyusui tentunya bisa mengecilkan bagian rahim anda. menurunkan berat badan ketika menyusui sebetulnya boleh saja. Apabila anda mampu menurunkan berat badan hingga 1 kg dalam kurun waktu seminggu pastinya akan berpengaruh pada produksi ASI anda.

2. Makanlah Sedikit Saja Namun Sering

ngemil
Image by: hellosehat.com

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan kini bisa juga anda tempuh dengan makan sedikit demi sedikit asalkan sering. Biasanya setelah ibu melahirkan, perubahan hormon pun seringkali terjadi.

Padahal setelah melahirkan sang ibu membutuhkan banyak asupan energi dalam waktu 6 bulan yang pertama. Sebab mereka memang harus sering menyusui sang bayi. Ibu yang sedang menyusui memang butuh kalori yang ekstra supaya mampu memproduksi susunya.

Jadi tak perlu lagi anda kurangi asupan kalori secara drastis. Setidaknya anda bisa makan sedikit demi sedikit asalkan sering. Semisal saja 3 hingga 4 kali dalam sehari dengan porsi yang sedikit.

3. Hindarilah Tidur Sesudah Makan

tidur
Image by: hellosehat.com

Tidur setelah makan memang bukan hal yang baik bagi kesehatan. Apalagi bagi anda para ibu yang baru melahirkan. Jika anda tidur setelah makan biasanya perut bakalan semakin buncit.

Tak hanya itu saja, tidur setelah makan bisa membuat makanan yang sudah dikonsumsi akan di serap oleh tubuh. Sehingga penumpukan kalori dan juga lemak bisa terjadi. Jadi jangan membiasakan diri tidur setelah anda makan.

4. Pergunakan Korset

penggunaan korset
Image by: hellosehat.com

Memang banyak cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang bisa anda terapkan. Mengenakan korset menjadi salah satu cara tradisional yang terbukti efektif mampu membuat otot perut semakin kencang. Hal ini dikarenakan korset perut akan mengecil sehingga mampu mendorong rahim untuk kembali dalam ukuran yang semula setelah melahirkan.

Saat ini korset sudah dijual di pasaran dengan harga yang terjangkau. Jadi anda tak perlu bingung lagi jika ingin membeli korset yang nantinya akan anda gunakan. Memakai korset ternyata juga bisa mengurangi rasa nyeri yang ada pada pinggang bahkan juga bisa mengembalikan postur tubuh anda seperti semula.

5. Mulai Melakukan Yoga

yoga
Image by: self.com

Mungkin masih jarang orang yang tidak melakukan olahraga yang satu ini. Namun bagi anda yang memang ingin mengecilkan bagian perut anda setelah melahirkan bisa mencoba olahraga ringan ini.

Olahraga tersebut bisa anda lakukan tanpa harus meninggalkan sang buah hati. Olahraga yoga ini bisa anda lakukan di rumah ketika bayi sedang tertidur. Alangkah baiknya pelajari teknik gerakan yoga ini dari internet atau bahkan buku. Gerakan ini dipercaya mampu membantu membuat perut anda kembali rata setelah melahirkan.

6. Latihan Kegel

senam kegel
Image by: kricom.id

Latihan kegel pada dasarnya adalah latihan yang mampu mengencangkan otot vagina. Hanya saja latihan kegel ini mampu membantu anda dalam menurunkan lemak yang ada dalam perut setelah melahirkan.

Apabila anda tidak mempunyai banyak waktu untuk pergi ke sanggar senam, kini latihan tersebut bisa anda lakukan di rumah. Caranya hanya dengan mengikuti gerakan dari compact disc yang sudah tersedia.

7. Mengkonsumsi Teh Hijau

Cara Mengecilkan Perut Setelah dengan teh hijau
Image by: organicauthority.com

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan, kini juga bisa anda tempuh dengan mengkonnsumsi teh hijau. Minuman yang satu ini menjadi salah satu pilihan paling tepat untuk mengurangi lemak dalam perut.

Menurut sebuah penelitian, teh hijau ini sangat bagus untuk membantu membakar lemak dalam tubuh. Kandungan dalam teh hijau ini ternyata mengandung antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari adanya efek radikal bebas.

Selain itu minuman teh hijau ini juga bisa tingkatkan sistem metabolisme dalam tubuh sehingga proses penurunan berat badan berjalan dengan lancar. Kini anda yang ingin mengecilkan perut setelah melahirkan bisa mencoba cara yang satu ini. Cara alami tentunya lebih aman jika dibandingkan dengan yang lainnya.

8. Menjalani Diet Seimbang

Cara Mengecilkan Perut Setelah degan diet
Image by: nhs.uk

Banyak orang memilih jalan diet untuk mewujudkan bentuk tubuh yang ideal. Tak terkecuali bagi mereka yang ingin mengecilkan bagian perutnya. Kini diet seimbang menjadi salah satu cara diet sehat yang sengaja menyertakan mineral maupun vitamin dalam menu kesehariannya. Hal ini memang penting sekali bahkan bisa membantu anda dalam mengurangi lemak yang ada dalam perut anda.

Alangkah baiknya anda mengganti semua makanan cepat saji dengan makanan bergizi. Seperti halnya sayuran, buah-buahan, daging sapi tanpa lemak, kacang-kacangan, ayam, biji-bijian, bahkan produk susu rendah lemak.

Memang sebaiknya anda bisa membatasi asupan garam sebab bisa menyebabkan perut anda menjadi kembung. Diet seimbang bisa menjadi cara paling tepat jika bandingkan anda melakukan diet ekstrim yang bisa membahayakan kondisi kesehatan anda.

9. Konsumsi Banyak Air

Cara Mengecilkan Perut Setelah dengan minum air putih
Image by: hellosehat.com

Setidaknya dalam waktu sehari anda perlu mengkonsumsi delapan gelas per harinya. Bukan hanya racun dalam tubuh yang bisa dikeluarkan namun juga bisa membuat seseorang merasa lebih kenyang.

Dengan mencukupi kebutuhan air tentunya bisa mencegah bunda dari dehidrasi. Memang sudah seharusnya anda memenuhi asupan air yang anda konsumsi setiap harinya. Jangan sampai dehidrasi menyerang anda.

Kedengarannya mungkin dianggap remeh, tetapi dengan memperbanyak konsumsi air putih nyatanya ada banyak manfaat yang bisa diperoleh. Setidaknya dalam satu hari minimalnya anda perlu mengkonsumsi 8 gelas air putih. Penuhilah kebutuhan air putih dalam tubuhmu agar kesehatan tubuh selalu terjaga. Jangan sampai anda sering sakit hanya karena kekurangan asupan air putih.

10. Menggendong Anak

Cara Mengecilkan Perut Setelah dengan gendong anak
Image by: hellosehat.com

Ternyata menggendong anak ini buka hanya bisa menidurkannya namun juga bisa memberikan manfaat yang bagus untuk bunda. Dengan cara ini pastinya bisa mengurangi lemak yang ada dalam tubuh anda.

Kini anda pun bisa berolahraga dengan berjalan sekitar rumah sambil menggendong sang buah hati. Setidaknya dengan cara ini sama halnya anda melakukan olahraga ringan. Dimana bisa membantu anda yang ingin mengecilkan bagian perut anda.

Mungkin anda sebagai seorang ibu akan sering menggendong anak anda. Entah karena dia rewel ingin tidur atau bahkan karena hal lainnya. Karena anak yang masih bayi paling suka jika digendong oleh sang ibu.

11. Berjalan Kaki

Cara Mengecilkan Perut Setelah dengan berjalan kaki
Image by: hearstapps.com

Apabila anda masih belum kuat untuk olahraga, kini anda bisa mengganti kegiatan tersebut dengan berjalan kaki dengan santai waktu pagi hari. Alangkah baiknya anda memulainya dengan laju yag lambat baru kemudian menjadi lebih cepat. Apabila anda melakukannya secara rutin setiap pagi tentunya bisa mengurangi lemak yang ada pada perut anda.

Tubuh pun bisa kembali lebih bugar seperti biasanya. Apabila anda sudah merasa cukup kuat sebaiknya anda lakukan olahraga yang terbilang lebih berat. Misalnya saja berenang atau bahkan aerobic.

Yang terpenting cara apapun yang anda lakukan jika dilakukan secara rutin setiap harinya pasti bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Tetap jaga kesehatan bayi anda meskipun anda sedang berusaha mengecilkan bagian perut anda. Jangan sampai karena terlalu antusias bisa membuat anda mengabaikan si kecil.

12. Menerapkan Pola Hidup yang Sehat

Cara Mengecilkan Perut Setelah dengan pola hidup sehat
Image by: doktersehat.com

Memang sudah seharusnya kita bisa menerapkan pola hidup yang sehat. Hal itu ternyata mampu membantu anda sebagai salah satu cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Sudah seharusnya anda mampu menentukan pilihan manakah makanan yang tepat untuk anda konsumsi. Dengan begitu proses mengecilkan perut yang buncit bisa anda lakukan dalam waktu yang lebih cepat.

Janganlah suka mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jika tak ingin lemak menumpuk dalam perut anda. Alangkah baiknya anda selalu menghindari makanan yang siap saji sebab bisa menambah lemak yang ada dalam perut anda.

Jangan sampai anda tertarik untuk mengkonsumsi makanan yang berlemak. Hindarilah minuman yang banyak mengandung gula sebab tak bagus untuk kesehatan. Minuman tersebut juga bisa menambah lemak yang ada dalam tubuh sehingga sulit sekali untuk membuangnya.

13. Lakukan Olahraga yang Ringan

Cara Mengecilkan Perut Setelah dengan olahraga
Image by: hellosehat.com

Kebanyakan dari para ibu yang kurang tidur mungkin merasa kelelahan bahkan merasa kewalahan untuk berolahraga. Rasanya sudah tak sanggup lagi untuk berolahraga berat. Kini anda bisa melakukan beragam olahraga yang ringan hanya di rumah saja. Seperti halnya melakukan senam.

Sebetulnya ada cara lainnya yang bisa anda tempuh untuk mengecilkan bagian perut yakni melakukan latihan otot tepatnya pada perut dengan cara duduk, berbaring atau bahkan berdiri sekalipun. Yang terpenting olahraga tersebut bisa membantu anda dalam mengecilkan bagian perut anda.

Ternyata ada banyak cara yang bisa anda lakukan sebagai cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Setidaknya anda bisa mencoba beberapa cara diatas untuk mendapatkan bentuk tubuh sesuai dengan impian. Semoga saja keinginan anda untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti sedia kala bisa terwujudkan.

Sehingga rasa percaya diri tampil dihadapan umum bisa terwujudkan. Ada baiknya memang anda memilih cara yang alami daripada mencoba cara yang terbilang ekstrim. Cara alami terbukti aman dan efektif bisa mengecilkan perut seperti semula.

Meskipun anda perlu bersabar selama berbulan-bulan untuk bisa mendapatkan bentuk tubuh sesuai harapan. Jangan biarkan lemak jahat mengendap pada perut anda. Usahakan agar perut anda bisa mengecil seperti sebelumnya. Dan anda pun akan merasa lebih percaya diri dengan penampilan anda meskipun usai melahirkan.