21 Cara Mengecilkan Pantat Paling Efektif dan Aman

cara mengecilkan pantat

Cara Mengecilkan Pantat – Setiap wanita pastinya mengidamkan ukuran bokong yang ideal. Meskipun sebenarnya, banyak wanita yang senang memiliki bokong yang berisi dan besar, namun banyak juga wanita yang mengalami kelebihan berat badan sehingga ukuran bokongnya menjadi sangat besar.

Hal ini sangat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Banyak sekali hal yang dilakukan, termasuk melakukan operasi demi mendapatkan bokong yang ramping. Tetapi, melakukan operasi pengecilan pantat membutuhkan biaya yang sangat mahal.

Penyebab Pantat dan Pinggul Besar

Umumnya, pantat dan pinggul yang besar berasal dari faktor keturunan. Namun, diluar keturunan, ada faktor lainnya yang juga menyebabkan wanita memiliki pantat yang besar.

Apa saja? Mari kita simak penjelasan lengkap berikut ini:

Hormon Estrogen

Hormon estrogen dapat mempengaruhi berat badan wanita. Kadar hormon estrogen yang tinggi dapat menyebabkan berat badan naik dan lemak banyak tertimbun pada pantat.

Selain itu, kadar hormon estrogen yang berlebih juga akan menyebabkan penumpukan cairan pada tubuh.

Meningkatnya hormon estrogen bisa terjadi karena masa pubertas dan kehamilan. Hormon ini juga bisa meningkat akibat makanan yang mengandung banyak pestisida atau mengonsumsi unggas yang disuntikkan hormon.

Terlalu Lama Duduk

Faktor lainnya yang dapat membuat pantat menjadi besar adalah terlalu lama duduk. Wanita yang bekerja di perkantoran biasanya menghabiskan waktu duduk terlalu lama di depan layar monitor.

Hal ini menyebabkan tekanan terhadap pantat sehingga terjadi ekspansi lemak ke daerah pantat. Tak hanya itu, duduk yang terlalu lama juga bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti sakit perut dan fistula.

Pola Makan dan Gizi Buruk

Wanita yang gemar mengonsumsi makanan tidak sehat seperti makanan cepat saji atau junk food bisa membuat pantat menjadi lebih besar.

Makanan yang terlalu banyak kandungan gula, lemak dan karbohidrat akan menyebabkan jumlah kalori dan lemak pada tubuh meningkat.

Peningkatan lemak pada tubuh akan menyebabkan resistensi terhadap insulin sehingga hormon estrogen dalam tubuh juga akan meningkat. Penumpukkan lemak dan meningkatnya hormon estrogen tersebut akan mengakibatkan pantat semakin besar.

Makan Terlalu Cepat

Makan terlalu cepat juga merupakan faktor yang menyebabkan pantat menjadi besar. Perut membutuhkan waktu 20 menit untuk memberi sinyal bahwa anda kenyang.

Sebuah penelitian menyatakan bahawa seseorang yang makan dengan lambat akan membuatnya merasa sudah makan sangat banyak.

Berbeda halnya dengan seseorang yang memiliki kebiasaan makan dengan cepat yang merasa baru makan sedikit saja.

Kebiasaan makan yang terlalu cepat ini jika diteruskan akan mengakibatkan penumpukan lemak, terutama pada bagian pantat dan pinggul.

Stres

Stres juga bisa membuat pantat menjadi besar. Saat stres, hormon kortisol akan bereaksi dan membuat anda menjadi sering lapar. Hal ini akan mendorong anda untuk mengonsumsi banyak makanan, baik makanan ringan maupun makanan yang tinggi kalori. Ini akan mengakibatkan timbunan lemak pada perut dan pantat.

Malas Bergerak

Malas bergerak juga dapat memicu pembesaran pada bagian pantat. Bermalas-malasan di tempat tidur atau sofa sembari nonton tv seharian sebaiknya dihindari.

Karena akan menghambat pembakaran kalori, mengencangkan fleksor panggul dan terjadi penekanan pada punggung bagian bawah

Mulailah melakukan aktivitas seperti berjalan-jalan, atau melakukan olahraga ringan untuk membakar lemak dan kalori pada tubuh, khususnya pada bagian pantat.

Cara Mengecilkan Pantat Dengan Olahraga

Pantat yang besar tidak bisa menjadi kecil begitu saja. Untuk mengecilkan pantat yang besar, pertama-tama anda harus mengencangkan bagian paha dan pinggul.

Lakukan latihan yang dapat mengurangi tumpukan lemak pada pantat. Selain itu lakukan pula latihan bokong untuk memperkuat otot dan mengencangkan pantat.

Berikut ini ada beberapa latihan yang bisa membantu mengecilkan pantat:

1. Squat

Latihan pertama yang bisa anda coba untuk mengecilkan pantat adalah squat. Jenis latihan yang satu ini bisa melatih otot-otot pada perut, paha, pantat dan pinggul.

Squat juga bisa mengubah lemak disekitar panta menjadi otot sehingga pantat akan lebih kecil dan kencang.

Cara mengecilkan pantat dengan melakukan squat relatif mudah. Posisikan tubuh yang tegak dengan kedua kaki yang melebar. Lalu angkat kedua tangan dan posisikan di tengah dada.

Buatlah tubuh seperti hendak duduk di kursi dengan sedikit dorongan pada bagian pantat kearah belakang sehingga posisi pantat hampir sejajar dengan lantai.

Kunci posisi tersebut beberapa saat, lalu angkat kembali tubuh ke posisi semula. Ulangi sebanyak 20 hingga 30 kali atau sesuai kemampuan.

2. Kardio

Cara mengecilkan pantat berikutnya yaitu dengan latihan kardio. Kardio bisa anda lakukan 4 sampai 5 kali dalam minggu pertama. Jika sudah terbiasa, anda bisa melakukannya setiap hari.

Dengan melakukan cara tersebut, anda telah melakukan kombinasi latihan kardio sedang dan tinggi sehingga membantu membakar lemak pada tubuh dalam jumlah banyak.

Latihan Kardio sebenarnya tidak dibuat khusus untuk mengecilkan bokong, melainkan mengurangi lemak pada tubuh. Namun, dengan melakukannya, lemak yang tertimbun pada pantat dan pinggul otomatis akan terbakar juga.

Untuk mengecilkan pantat lebih cepat, anda bisa melakukan latihan ini selama 60 menit setiap hari. Beberapa latihan kardio yang bisa dilakukan yaitu jogging, bersepeda, lompat tali, zumba, renang dan jalan cepat.

Latihan-latihan tersebut sangat efektif untuk mengecilkan pantat sekaligus membuatnya menjadi lebih kencang.

3. Lunges

Lunges juga merupakan cara mengecilkan pantat yang tak kalah efektif. Latihan jenis ini bisa dikatakan sebagai latihan yang unilateral karena ditujukan untuk melatih salah satu bagian tubuh.

Latihan yang dilakukan khusus pada bagian tubuh tertentu akan sangat efektif untuk membentuk otot pada bagian itu sendiri.

Gerakan Lunges ini bisa dilakukan dengan beberapa gerakan. Namun umumnya gerakan lunges dilakukan dengan memajukan satu kaki kearah depan sambil menekuk lutut sehingga dapat menopang berat tubuh.

Sementara posisi kaki belakang juga ditekuk untuk menjaga keseimbangan. Kunci posisi tersebut selama beberapa saat, lalu kembali pada posisi tegak. Ulangi gerakan lunges ini pada kaki satunya.

Selain gerakan kaki kedepan, lunges juga bisa dilakukan dengan menggerakan kaki ke arah samping.

Lunges bisa dilakukan tanpa beban tambahan seperti dumbel, namun dapat memberikan efek yang bagus untuk pembentukan otot bokong. Latihan ini bisa menguatkan otot pantat, otot perut dan otot punggung.

4. Plies

Cara mengecilkan pantat lainnya yang bisa anda coba sendiri adalah Plies. Latihan Plies ini sangat bagus untuk mengencangkan otot pada pantat.

Anda bisa melakukan Plies dengan cara memposisikan tubuh dengan tegak. Kemudian buka kedua kaki dengan lebar melebihi bahu.

Lalu arahkan jari kaki hingga membentuk 45 derajat dari tubuh. Letakkan kedua tangan ada pada sisi pinggul atau bisa juga tepat didepan dada.

Turunkan bagian atas tubuh secara perkahan dengan berusaha menjaga kepala, dada dan pantat agar berada pada satu garis lurus.

Saat menurunkan tubuh, tekuk kedua lutut kearah yang menjauhi tubuh hingga paha nyaris sejajar dengan lantai.

Kemudian angkat kembali tubuh ke posisi tegak dengan menekankan bagian paha dan pantat kearah atas tubuh. Lakukan beberapa kali sesuai kemampuan.

5. Bridge Pose

Selanjutnya adalah cara mengecilkan pantat dengan Bridge Pose. Latihan ini dikhususkan untuk merangsang otot hamstring sekaligus gluteus maksimus. Bridge Pose ini dilakukan dengan menekankan paha bagian belakang dan pantat.

Orang yang sudah biasa melakukan Bridge Pose akan menganggap bahwa olahraga seperti jogging itu sangat ringan. Gerakan Bridge Pose yang harus anda lakukan yaitu dengan berbaring telentang pada matras dengan wajah menghadap ke arah langit-langit.

Kemudian tarik kedua lutut kearah depan dengan membentuk sudut 90 derajat. Sementara kedua tangan cukup posisikan pada sisi tubuh.

Angkat pinggul keatas dengan menegangkan bagian pantat dan membentuk garis lurus yang menurun dari lutut hingga kepala. Kunci posisi tersebut selama beberapa saat, setelah itu turunkan punggung dengan perlahan hingga posisi kembali seperti awal.

Ulangi gerakan ini 1-3 set dengan 10-20 gerakan per setnya. Agar lebih mudah, anda bisa meletakkan bola, dibawah punggung.

Awalnya mungkin agak sulit, tetapi jika tubuh sudah terbiasa melakukannya, maka latihan ini bisa ditingkatkan dengan mengangkat salah satu kaki dan menahan bagian pinggul selama beberapa detik. Kemudian lakukan cara tersebut pada kaki yang satunya.

Sebagai catatan, janganlah mengangkat pinggul anda terlalu tinggi karena dikhawatirkan membentuk lengkungan. Dan hindari juga mendorong tulang rusuk terlalu tinggi. Hal tersebut akan menekan lempeng punggung dan otot dan berisiko cedera.

Saat mengangkat tubuh, jangan menggunakan tangan karena otot pantat tidak akan bekerja maksimal dengan cara tersebut.

6. Step-Up

Cara mengecilkan pantat yang satu ini juga bisa anda lakukan dengan mudah dirumah. Gerakan Step-Up bisa dilakukan dengan memanfaatkan tangga.

Selanjutnya anda harus memanjat tangga tersebut dengan pengulangan sebanyak yang anda bisa dalam 30 detik. Anda bisa beristirahat tiap selama 5 menit per set.

Jika anda tidak memiliki tangga, bisa coba dengan menaiki sebuah kursi atau kotak datar yang tingginya mencapai lutut.

Caranya, berdirilah didepan kursi atau sebuah kotak, lalu angkat satu kaki keatas kursi atau kotak tersebut sambil mendorong tubuh anda kedepan. Kemudian angkat kaki yang lainnya keatas kursi, lalu turunkan kembali.

7. Burpees

Cara mengecilkan pantat yang satu ini bisa menjadi alternatif yang patut anda coba. Burpees bisa dikategorikan sebagai gerakan senam berbobot dan cukup berat.

Cara mengecilkan pantat dengan Burpees diawali dengan berdiri tegak. Bungkukkan bagian tubuh atas sampai telapak tangan anda menyentuh lantai.

Sementara itu, tendang kedua kaki kearah belakang hingga posisi menjadi seperti akan push up. Kemudian lompatlah setinggi-tingginya sembari tangan diarahkan keatas. Ulangi gerakan dengan melompatkan kaki keatas dan kebawah sebanyak 12 kali per set.

8. Pose Seimbangan

Pose seimbang ini juga bisa menjadi pilihan yang efektif untuk anda yang ingin mengecilkan pantat. Gerakan ini diawali dengan berdiri tegak dengan 2 kaki yang sejajar. Sementara kedua tangan memegang dumbel.

Tarik satu kaki kebelakang dan condongkan tubuh ke depan namun dengan punggung yang lurus. Rentangkan tangan ke samping dan tahan posisi hingga 5 detik.

Ulangi gerakan tersebut dengan kaki lainnya sebanyak 6 kali per set. Tidak masalah jika badan anda bergoyang-goyang dan sulit seimbang, karena hal tersebut secara tidak langsung juga akan melatih otot-otot tubuh.

Lakukan pose seimbang ini 30 menit setiap hari, maka otot pada perut paha dan pantat akan jauh lebih kecil dan kencang.

9. Berlari Cepat

Berlari cepat menjadi salah satu cara mengecilkan pantat yang sangat ampuh. Anda bisa melakukannya dengan treadmill maupun berlari di lingkungan sekitar rumah atau taman kota.

Dengan rutin melakukan gerakan ini, maka lemak dan kalori akan terbakar. Tak hanya itu, metabplisme dalam tubuh juga akan meningkat.

Jika menggunakan treadmill, aturlah dengan kecepatan yang tinggi selama 30 detik. Lalu selingi dengan istirahat 30 detik. Ulangi cara ini hingga 10 menit atau lebih. Intinya anda harus berlari sangat cepat hingga tubuh terasa cukup lelah setiap 30 detik.

Namun, latihan ini hanya perlu dilakukan sesuai kemampuan, jika sudah merasa sangat lelah, hentikan latihan dan ulangi keesokan harinya.

10. Sepeda Sprint

Selain berlari cepat, anda juga bisa bersepeda sprint. Anda bisa memilih sepeda biasa ataupun sepeda stasioner. Kayuh sepeda secepat mungkin selama 20 detik dan selingi dengan istirahat 10 detik.

Ulangi latihan tersebut sebanyak yang anda bisa. Lakukan olahraga sepeda sprint secara setiap hari lalu lihat sendiri hasilnya.

11. Lebih Aktif di Dalam Rumah

Mengecilkan pantat bisa dilakukan dengan lebih aktif bergerak di rumah. Lakukanlah pekerjaan rumah lebih giat seperti memotong rumput di halaman. Jika halaman rumah anda cukup luas, bagilah menjadi beberapa bagian untuk dikerjakan selama beberapa hari.

Anda juga bisa mencuci pakaian tanpa bergantung dengan mesin cuci. Atau bisa juga dengan mencuci mobil anda sendiri ketimbang harus membawanya ke tempat pencucian mobil.

Agar lebih semangat, kerjakanlah pekerjaan rumah dengan diiringi musik favorit anda sehingga secara tak sadar anda akan menari ringan. Menari ringan bisa membakar 4 kalori per menit. Sedangkan dansa cepat akan membakar sebanyak 8 kalori per menit.

Menari ringan sambil melakukan pekerjaan rumah akan membakar sekitar 5 kalori per menit. Dengan sering menari, lemak pada paha dan pantat akan menyusut dan pantat akan menjadi lebih kecil dari sebelumnya.

12. Ganti Kursi Kerja dengan Bola Stabilitas

Cara mengecilkan pantat yang satu ini sangat mudah. Anda bisa mengganti kursi kerja dengan bola stabilitas. Duduk diatas bola stabilitas selama bekerja akan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kursi biasa.

Namun, duduk di bola stabilitas ini harus dengan posisi tubuh yang baik dan jangan sampai merosot. Dengan begitu, otot-otot pada perut, punggung dan panggul akan aktif. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengencangkan otot-otot disekitar pantat.

13. Gunakan Rompi Pemberat

Untuk anda yang tidak suka berolahraga, bisa menggunakan rompi pemberat. Anda bisa menggunakannya saat melakukan pekerjaan rumah. Anda juga bisa menggunakan rompi pemberat sambil berjalan santai selama 30 menit.

Rompi pemberat akan menambah beban tubuh sekitar 9 kilogram. Rompi ini juga merangsang pembentukan otot sekaligus membakar lemak dan kalori tanpa harus repot-repot berolahraga.

Cara Mengecilkan Pantat Dengan Diet

Mengecilkan pantat yang besar bisa dilakukan dengan melakukan diet. Jika terjadi penurunan berat badan, maka otomatis bentuk dan ukuran tubuh juga akan berubah. Anda akan merasakan efek pembakaran lemak di area perut, paha, pinggul dan pantat.

Maka dari itu, jika anda ingin mengecilkan pantat, tidak ada salahnya untuk melakukan program diet. Dengan demikian, bentuk tubuh anda pun akan menjadi lebih proporsional. Langsung saja simak beberapa tips diet untuk mengecilkan pantat berikut ini.

1. Membuat Jurnal Makanan

Hal pertama yang harus dilakukan untuk melakukan diet adalah membuat jurnal makanan terlebih dahulu. Mulailah membuat jurnal makanan untuk seminggu dan anda akan terbantu untuk menjaga pola makan yang sehat.

Tak hanya itu, membuat jurnal makanan akan memudahkan anda untuk memodifikasi berbagai hal yang dibutuhkan untuk mengurangi berat badan. Mulailah dengan mencatat porsi makanan, cemilan dan minuman.

Tandai dengan spidol berwarna merah makanan-makanan yang mengandung lemak dan kalori yang tinggi. Masukkan juga makanan tersebut ke dalam daftar makanan yang perlu dihindari.

Membiasakan diri untuk membuat jurnal ini akan memberikan rasa tanggung jawab terhadap makanan apa saja yang akan anda konsumsi untuk diet.

Bahkan dalam sebuah penelitian pun mengakui bahwa membuat jurnal makanan memberikan tingkat kesuksesan yang cukup tinggi dalam penurunan bobot tubuh.

Jika ini anda terapkan secara rutin, maka berat badan anda akan turun dan ukuran pantat juga otomatis akan mengecil.

2. Mengurangi Asupan Kalori

Hal berikutnya yang harus anda lakukan setelah membuat jurnal makanan adalah mengurangi makanan dan minuman yang berkalori tinggi. Usahakan asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak lebih dari 500 kal per harinya.

Dengan membatasi asupan kalori, maka tubuh akan dipaksa menggunakan cadangan lemak yang menumpuk pada tubuh untuk dijadikan sebagai sumber energi, terutama timbunan lemak yang ada pada pantat.

Membatasi 500 kal setiap hari akan menurunkan bobot sekitar 0,5 sampai 1 kg dalam seminggu. Dari segi kesehatan, turun 1 kg dalam seminggu masih dianggap wajar dan tidak akan berdampak buruk bagi tubuh.

Ini tidak terlepas dari manfaat membuat jurnal makanan yang telah anda lakukan sebelumnya.

Karena dengan begitu anda bisa menghindari makanan atau minuman tertentu yang menymbang kalori berlebih untuk tubuh sehingga asupan kalori harian tidak lebih dari 500 Kkal.

3. Mengatur Porsi Makanan

Mengatur porsi makanan juga sangat penting dalam program penurunan berat badan. Hal ini dapat membantu anda untuk mengendalikan kalori makanan yang akan anda konsumsi.

Lakukanlah penimbangan pada makanan yang akan dikonsumsi dengan bantuan timbangan makanan atau gelas ukur. Pengaturan porsi seperti ini akan jauh lebih efektif daripada hanya mengira-ngira total asupan kalori.

Untuk lebih jelas, berikut ini adalah porsi makanan yang direkomendasikan untuk menunjang program diet:

– Protein sebanyak 85 gram sampai 115 gram
– 2 gelas sayuran hijau
– Biji-bijian sebanyak 28 gram atau ½ gelas berukuran standar
– 1 buah-buahan yang ukuran kecil

Cara mengecilkan pantat bisa anda lakukan dengan mengonsumsi 1 porsi makanan berprotein dan juga 2 porsi buah-buahan atau sayuran pada menu makanan. Untuk biji-bijian, anda bisa mengonsumsinya sebanyak 2-3 porsi dalam sehari.

4. Makanan Rendah Kalori

Cara mengecilkan pantat berikutnya yang juga sangat penting adalah dengan mengetahui daftar makanan dan minuman yang mengandung kalori rendah.

Saat program diet berlangsung, anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung protein non lemak serta makanan yang berkalori rendah seperti makanan laut, daging unggas, tahu, telur, legum, dan susu rendah lemak.

Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi biji-bijian secara utuh tanpa tambahan bumbu. Mengonsumsi biji-bijian utuh sangat bagus karena mengandung serat tinggi dan nutrisi yang belum terpecah.

Biji-bijian utuh yang tidak diberi bumbu juga akan mencegah kalori berlebih. Khusus sayur dan buah, pada dasarnya memang mengandung kalori yang rendah.

Jenis buah yang sangat dianjurkan untuk menurunkan berat badan menurut American Council adalah buah yang mengandung sedikit gula yaitu jeruk, grapefruit dan jenis beri-berian.

Sedangkan untuk sayuran, American Diet Board menganjurkan untuk banyak mengonsumsi sayuran yang mengandung serat tinggi seperti sayur bayam dan kacang hijau.

Anda juga perlu menghindari buah dan sayuran kalengan yang dibekukan. Hindari pula penambahan gula, saus dan bumbu lainnya saat mengonsumsi buah dan sayur.

5. Menghindari Minuman Berkalori

Menghindari minuman berkalori sangat penting jika anda ingin program diet berjalan dengan baik. Jika selama ini anda sudah menjalani diet rendah kalori, namun belum memperoleh hasil yang positif, bisa jadi anda melupakan sesuatu.

Mungkin saja anda hanya pada makanan rendah kalori dan hanya menghindari makanan berkalori tinggi saja, namun masih tetap mengonsumsi minuman berkalori.

Jika demikian, tentu saja asupan kalori yang masuk kedalam tubuh masih tinggi walaupun anda sudah mengonsumsi makanan rendah kalori. Untuk itu, anda juga harus memantau kalori tiap minuman yang anda konsumsi.

Kalori berlebih bisa ditemukan di berbagai jenis minuman, bahkan pada jus buah. Dengan memantau jenis minuman ini akan memberikan efek yang positif untuk keberhasilan diet anda.

Jika perlu, konsumsi saja air putih yang banyak untuk memenuhi asupan cairan. Atau bisa juga dengan mengonsumsi jus buah tanpa tambahan gula sedikitpun.

Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh yang tanpa tambahan gula. Untuk kebutuhan cairan tubuh, usahakan untuk minum sedikitnya 8 gelas per hari, atau 13 gelas per hari untuk anda yang padat dengan aktivitas.

Sebaliknya, hindari minuman-minuman yang tinggi kalori seperti susu full cream, teh manis, minuman bersoda, kopi manis, koktail jus, coklat panas, minuman berenergi dan minuman beralkohol.

Memang ada beberapa minuman kemasan yang berlabel diet dan non kalori. Tetapi anda harus tetap waspada dan menghindarinya karena bisa saja minuman tersebut mengandung zat aditif dan pemanis buatan yang berlebih.

6. Hindari Ngemil

Saat melakukan program diet, anda juga perlu menghindari kebiasaan ngemil. Karena akan sangat percuma jika anda membatasi makanan tinggi kalori jika anda tetap ngemil secara berlebihan setiap hari.

Jika anda tidak bisa menghindari cemilan, aturlah agar kalori cemilan yang masuk ke tubuh tidak melebihi 150 kalori.

Kebutuhan terhadap cemilan memang sangat tergantung pada gaya hidup dan aktivitas setiap orang. Orang dewasa biasanya memerlukan cemilan 1 hingga 2 porsi setiap hari.

Untuk cemilan yang berkalori rendah, anda bisa memilih ½ gelas keju cottage, 85 gram dendeng sapi, 28 gram kacang-kacangan atau 1 porsi yogurt plain.

7. Mengonsumsi Susu Protein

Ada satu jenis minuman yang sangat direkomendasikan bagi anda yang sedang diet, yaitu susu protein. Susu protein ini sangat cocok dikonsumsi bagi anda yang melakukan olahraga khusus untuk mengecilkan pantat.

Kandungan protein pada susu protein akan membantu membentuk otot sehingga pantat menjadi lebih kencang dan kecil. Adapun susu protein yang bisa anda konsumsi yaitu susu kedelai atau whey protein.

8. Hindari Pola Hidup yang Buruk

Untuk mengecilkan pantat dengan sukses, anda juga perlu menghindari kebiasaan yang buruk dalam keseharian.

Hindari mengonsumsi minuman beralkohol, merokok dan begadang. Mungkin terlihat remeh, namun kebiasaan tersebut dapat menghambat program diet anda.

Itulah berbagai cara mengecilkan pantat yang bisa anda terapkan dirumah. Mulai dari gerakan olahraga, hingga makanan dan minuman yang perlu anda konsumsi dan hindari.

Mengecilkan pantat yang besar tidak bisa dilakukan dengan instan, diperlukan ketelatenan untuk mendapatkan hasil seperti yang anda inginkan.