Beranda Kesehatan 16 Cara Mengecilkan Lengan Tangan Dalam Seminggu

16 Cara Mengecilkan Lengan Tangan Dalam Seminggu

Image by: verywellhealth.com

Kalimat.ID – Cara mengecilkan Lengan merupakan salah satu bagian dari tubuh yang bisa membesar ketika seseorang mengalami kenaikan pada berat badannya. Bagian lengan ini menjadi salah satu bagian tubuh yang sulit untuk di kecilkan. Lengan yang terlihat besar seakan membuat seseorang merasa kurang percaya diri ketika mengenakan busana tanpa lengan.

Namun kini anda tak perlu merasa khawatir, sebab saat ini sudah tersedia berbagai macam cara mengecilkan lengan yang bisa anda tempuh dengan cara alami dan cepat. Lengan yang bergelambir dan besar ini menjadi permasalahan inti bagi mereka yang mempunyai berat badan berlebih. Gelambir pada lengan ini memang cukup sulit untuk bisa dihilangkan.

Bahkan lengan besar ini bisa saja dikarenakan adanya tumpukan lemak yang berada dalam jaringan kulit lengan. Di dalam lengan manusia ini tersedia tiga jenis otot yang utama yaitu trisep, deltoid dan juga bisep. Ketiganya ini bersinergi supaya mampu menggerakkan tangan anda.

Faktor Penyebab Lengan yang Besar dan Bergelambir

Lengan bergelambir dan besar ini biasanya terjadi karena lengan jarang sekali dipergunakan untuk bergerak dan otot pada lengan tidak dilatih dengan baik. Tentunya ada berbagai faktor lain yang menjadi penyebab lengan besar dan juga bergelambir. Bagi anda yang belum mengenal penyebabnya, inilah berbagai penyebab lengan besar dan bergelambir. Diantaranya:

1. Adanya Lemak Tubuh

Kebiasaan menjalankan pola hidup yang tidak sehat bahkan terlalu banyak dalam konsumsi makanan berlemak ini ternyata bisa meningkatkan jumlah sel lemak yang ada dalam tubuh.

Sel lemak inilah yang nantinya akan disimpan dalam kulit dan semakin lama bisa menumpuk. Otomatis jika anda berkeinginan menghilangkan lemak yang ada pada bagian lengan perlu mengontrol asupan makanannya sekaligus memberikan batasan kalori yang masuk dalam tubuh.

2. Pengaruh Usia

Siapa sangka ternyata usia juga menjadi faktor penyebab seseorang mempunyai lengan yang besar dan juga bergelambir. Semakin tua seseorang maka jaringan kulitnya semakin lama bakalan semakin kendur dan berkurang kekencangannya. Permasalahan ini memang sulit dihilangkan secara alami namun masih bisa anda atasi dengan melakukan teknik bedah plastik.

3. Terjadi Perubahan Hormon

Dalam sebuah studi menyebutkan bahwasanya perubahan kadar hormone yang ada dalam tubuh bisa menurunkan kadar testosterone yang bisa menjadi penyebab lengan besar pada seorang wanita. Hanya saja kadar tersebut bisa anda tingkatkan dengan cara mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein sekaligus melakukan olahraga yang rutin.

Itulah tadi berbagai macam factor penyebab lengan yang besar pada seorang wanita. Setidaknya kini anda sudah mengerti apa saja yang menjadi pemicunya.

Cara Mengecilkan Lengan Atas Tanpa Olahraga

Kini bagi anda yang sedang berusaha mencari cara mengecilkan lengan dengan cara yang alami bisa ditempuh dengan berbagai macam usaha. Semuanya ini bisa anda tempuh dengan mudah dan bisa memberikan hasil dalam waktu cukup cepat.

Jika anda ingin mengecilkan lengan, tentu saja anda perlu mengatur pola makan yang diimbangi dengan berbagai macam latihan. Supaya anda tidak merasa bingung lagi dengan cara mengecilkan lengan. Ikuti saja berbagai cara berikut ini:

1. Mengkonsumsi Makanan Alami

Ada baiknya anda mampu mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan protein, serat, vitamin dan juga mineral supaya proses metabolism tubuh semakin meningkat. Selain itu dengan cara tersebut ternyata juga dipercaya mampu membantu mengecilkan lengan secara efektif. Jadi alangkah baiknya anda mampu mengkonsumsi beragam makanan alami ini.

2. Mengatur Waktu Makan

Siapa sangka ternyata dengan mengatur waktu makan yang tepat bisa membantu anda dalam mengurangi timbunan lemak yang berada dalam tubuh. Hal ini telah terbukti dari beragam studi yang sudah dilakukan oleh para penelitinya.

Sehingga buat anda yang berkeinginan menghilangkan lemak pada area tubuh termasuk lengan perlu mengatur waktu makan anda sebaik mungkin. Setidaknya anda bisa makan 3 sampai 5 kali dalam sehari agar bagian lengan anda bisa mengecil.

3. Melakukan Olahraga Rutin

Cara mengecilkan lengan memang bisa ditempuh dengan melakukan beberapa latihan olahraga ringan yang mampu membakar lemak yang menumpuk. Ketika berolahraga biasanya tubuh bakalan melepaskan suatu hormon yang sering disebut dengan irisin.

Hormone tersebut memang efektif mampu membantu membakar timbunan lemak yang ada dalam tubuh. Berbagai macam olahraga ringan bisa anda terapkan untuk mengecilkan bagian lengan yang terlihat besar. Pastikan anda bisa melakukan olahraga secara rutin supaya keinginan anda ini bisa terwujudkan.

4. Memperbanyak Konsumsi Cairan

Cara mengecilkan lengan kini bisa juga ditempuh dengan perbanyak konsumsi cairan. Dari hasil sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi lebih banyak cairan bisa mengurangi nafsu makan anda. Bukan hanya itu saja, namun dalam sebuah studi juga sudah menyimpulkan bahwa meminum air ternyata juga mampu percepat pembakaran lemak dan juga kalori.

5. Jangan Melewatkan Waktu Sarapan

Sarapan memang hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Sarapan yang sehat dipercaya mampu membantu tubuh agar terhindar dari rasa lapar maupun makan yang berlebihan saat siang harinya.

Sebaiknya anda pastikan mampu memilih menu sarapan sehat yang kaya akan serat dan protein. Tentunya ada banyak makanan sehat yang bisa anda konsumsi untuk memperlancar usaha anda dalam mengecilkan bagian lengan.

6. Menghindari Snack yang Tidak Sehat

Buat anda yang hobi mengkonsumsi snack harus mengerti bahwasanya snack yang tidak sehat ini bisa menimbulkan penumpukan lemak yang sulit untuk dihilangkan. Jika anda berkeinginan mengkonsumsi camilan, sebaiknya anda memilih camilan sehat seperti buah atau bahkan kacang-kacangan.

7. Makan Dengan Piring Kecil

Makan dengan piring kecil ini ternyata bisa membuat anda makan lebih sedikit sehingga kalori yang masuk dalam tubuh juga semakin kecil. Ketika anda berusaha untuk mengecilkan bagian lengan, tentunya anda perlu menurunkan asupan kalori anda hingga 500 kcal setiap harinya. Apabila sudah terbiasa mengkonsumsi 3500 maka anda bisa mengurangi asupan kalorinya dengan makan menggunakan piring kecil.

8. Mengkonsumsi Teh Hijau

Siapa sangka ternyata teh hijau ini menjadi salah satu minuman yang mampu membakar lemak dalam tubuh. Hal ini sudah terbukti karena senyawa aktif yang terkandung dalam teh hijau ini mampu membakar lemak sekaligus meningkatkan system metabolism tubuh. Supaya anda mampu mengecilkan bagian lengan, maka konsumsilah teh hijau ini sebanyak 3 hingga 4 cangkir teh hijau setiap hari.

9. Melakukan Aktivitas Renang

Kini anda bisa juga mengecilkan lengan dengan berenang secara teratur. Untuk olahraga renang ini bisa anda terapkan dengan gaya punggung. Dengan gaya tersebut maka otot lengan pun akan bekerja secara efektif.

Gerakan menekan tangan ke dalam air ketika berenang ini bisa membakar lemak yang menumpuk di sekitar area lengan anda. Ada baiknya anda mampu menyempatkan waktu anda untuk berenang 1 hingga 2 jam saja setiap minggunya.

Cara Mengecilkan Lengan Secara Alami dan Mudah

Berbagai macam langkah cara mengecilkan lengan kini bisa anda tempuh dengan cara alami dan cepat. Bisa juga anda menempuh beragam jenis latihan olahraga yang mampu menunjang usaha anda ini.

Tak perlu merasa bingung apa saja latihan olahraga yang bisa anda lakukan. Ada anyak gerakan yang bisa anda lakukan. Jika anda belum mengerti akan berbagai macam cara mengecilkan lengan, inilah berbagai hal yang perlu anda lakukan. Diantaranya:

1. Latihan Angkat Beban

Image by: ohgitu.id

Kini anda bisa mencoba salah satu cara mengecilkan lengan dengan melakukan latihan angkat beban. Disini anda bisa menggunakan dumble dengan berat lebih dari satu kilogram.

Bisa juga anda memanfaatkan 2 botol yang berisi air masing-masingnya satu liter. Latihan yang satu ini tentunya mudah sekali untuk dilakukan. Bahkan latihan ini juga begitu efektif bisa membantu anda dalam mengecilkan bagian lengan yang besar dan bergelambir.

Cara melakukan:
– Mengambil dumble atau botol air dengan berat lebih dari 2 liter
– Duduklah diatas sebuah kursi kemudian angkat lengan dengan beban tadi diatas kepala
– Tahan lengan supaya tetap dalam posisi lurus dan gerakkan ke atas dan juga kebawah secara perlahan saja
– Lakukan saja latihan ini sebanyak 3 sampai dengan 20 set setiap harinya

2. Latihan Chair Dips

Chair Dips

Cara mengecilkan lengan kini bisa juga anda tempuh dengan melakukan sebuah gerakan chair dips. Latihan yang satu ini ternyata mampu menjaga kekencangan punggung bagian belakang. Sesuai dengan namanya, maka anda membutuhkan sebuah kursi untuk melakukan gerakan ini. Sebetulnya gerakan ini terbilang mudah untuk dilakukan.

Anda hanya perlu menyangga tubuh pada sebuah kursi dengan kedua lengan anda baru kemudian gerakkan badan keatas dan juga kebawah dengan posisi lengan tetap berada pada tempatnya.

Cara melakukan:
– Meletakkan kursi di belakang tubuh
– Sebaiknya anda berdiri di depan kursi berjarak 3 kaki
– Meletakkan tangan pada kursi dengan posisi tubuh membelakangi kursinya
– Tekuklah kaki sampai sejajar dengan kursi baru kemudian melakukan sebuah gerakan dengan menekuk lengan dan juga tubuh bergerak ke atas dan bawah
– Ulangilah gerakan tersebut sebanyak 3 set dengan 20 gerakan setiap satu set

3. Gerakan Scissors

scissors gym

Gerakan yang satu ini merupakan salah satu gerakan senam kardio yang bagus untuk membantu mengecilkan bagian lengan. Gerakan lengan ini terlihat seperti bilah pisau gunting yang bisa dipergunakan untuk memotong.

Cara melakukan:
– Berdiri dengan tegak kemudian rentangkan kedua tangan
– Bergerak dengan satu kaki kedepan dan lengan yang saling bersilangan seperti halnya posisi menggunting
– Kembali pada posisi awal dan ulangilah sampai 20 kali

4. Gerakan Push Up

Cara Mengecilkan Lengan dengan push up
IMage by; fitbit.com

Siapa lagi yang tak mengenal latihan kesehatan yang satu ini. Bukan hanya mampu mengecilkan lengan saja, namun gerakan push up ini bagus sekali untuk mengencangkan otot bahu dan juga perut. Alangkah baiknya anda bisa melakukan latihan ini secara rutin.

Cara melakukan:
– Berbaring pada lantai dengan bertumpu pada perut
– Melakukan push up dengan lengan bertumpu pada lantai dan kaki dengan posisi rapat
– Kemudian gerakkan tubuh keatas dan juga bawah dengan tetap bertumpu pada lengan. Yang perlu diingat posisikan tubuh supaya perut tak bisa menyentuh lantai
– Ulangilah gerakan tersebut kurang lebih 10 kali dan lakukan gerakan ini maksimalnya 3 set dalam waktu sehari

5. Gerakan Arm Circle

Cara Mengecilkan Lengan dengan Arm Circle

Gerakan arm circle juga di percaya mampu mengecilkan lengan. Gerakan yang satu ini memang berfokus pada bagian otot bisep dan trisep sehingga keduanya ini bisa bekerja sama dalam hal membakar lemak yang ada disekitar area lengan.
Cara melakukan:

– Berdiri dengan tegak atau bisa juga berbaring diatas lantai kemudian angkat lengan dengan posisi menghadap keatas
– Lakukan saja gerakan memutar lengan dengan 5 gerakan menghadap kedepan dan juga 5 gerakan mengarah kebagian belakang
– Lakukan saja latihan ini sebanyak 3 set dengan 10 gerakan pada setiap setnya

6. Gerakan Tricep Dips

Cara Mengecilkan Lengan dengan cara tricep dips

Cara mengecilkan lengan yang satu ini memang terbukti efektif mampu membakar lemak pada bagian lengan triceps. Gerakan yang satu ini bukan hanya mampu membakar lemak saja namun juga mampu mengencangkan area lengan.

Cara melakukan:
– Duduk pada lantai dengan posisi lutut yang terangkat dan kaki merapat
– Letakkan lengan pada lantai namun jauhkan dari bahu
– Pastikan jari bisa menghadap ke arah depan
– Tekuk bagian lutut dan biarkan telapak kaki menempel pada lantai
– Angkatlah tubuh terutama bagian pinggul perlahan saja dengan kaki dan juga lengan yang tetap menyentuh lantai
– Tahan gerakan tadi selama beberapa saat saja dan ulangi gerakannya sampai 10 hingga 15 kali

7. Gerakan Arm and Leg Lift

Image by: gymjunkies.com

Ternyata gerakan yang satu ini juga masuk dalam cara mengecilkan lengan. Gerakan ini memang ampuh mengencangkan bagian lengan anda. Supaya anda mampu melakukan gerakan ini, sebaiknya anda pastikan tubuh berada dalam kondisi yang fit bahkan tidak dalam keadaan cedera.

Cara melakukan:
– Berbaring diatas lantai dengan mengambil posisi tengkurap baru kemudian mengangkat tubuh dengan bantuan lengan dan juga lutut
– Pastikan lengan berada di bawah bahu dan lutut berada dibawah pinggang ketika tubuh terangkat
– Angkatlah lengan kanan dan arahkan saja kedepan, bersamaan dengan itu angkatlah kaki kiri anda dan luruskan mengarah kebagian belakang
– Tahan tubuh dalam posisi itu selama beberapa menit saja dan ulangi dengan bagian kaki serta lengan lainnya secara bergantian
– Ulangi saja gerakan tersebut sebanyak 15 hingga 20 kali dalam sehari

Itulah tadi beragam cara mengecilkan lengan dengan cara yang efektif dan juga cepat. Semoga saja anda bisa melakukan berbagai cara diatas dengan baik sehingga program mengecilkan bagian lengan yang sedang anda jalankan saat ini bisa berjalan dengan lancar. Apalagi saat ini sudah banyak sekali latihan olahraga yang bisa mendukung pengecilan bagian lengan tubuh.

Jangan biarkan lengan anda besar dan bergelambir sebab bisa membuat penampilan anda terlihat kurang percaya diri. Pastikan anda bisa melakukan beragam latihan diatas diimbangi dengan pola hidup yang sehat.

Demi mendapatkan penampilan yang kece, banyak orang rela menempuh beragam cara untuk mewujudkan keinginan mereka. Penampilan memang menjadi aspek penting bagi siapapun terutama wanita.

Adanya timbunan lemak yang hadir dibagian tertentu membuat seseorang merasa bingung untuk menghilangkannya. Apalagi lemak yang ada dibagian lengan ini terbilang sulit untuk dihilangkan. Namun jangan khawatir lagi sebab sudah tersedia banyak cara yang bisa anda tempuh untuk mengecilkan lengan.