24 Cara Memutihkan Gigi Dengan Bahan Alami Paling Ampuh

cara memutihkan gigi

Kalimat.ID – Cara Memutihkan Gigi – Gigi adalah salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi penting. Dalam kehidupan sehari-hari, gigi berfungsi untuk menghaluskan makanan. Selain itu, gigi juga menjadi salah satu penunjang penampilan wajah seseorang, terutama saat tersenyum.

Seseorang akan terlihat lebih menarik dan percaya diri saat tersenyum, jika memiliki gigi yang putih bersih. Agar tetap berfungsi dengan baik dan terhindar dari berbagai masalah, gigi harus dirawat dengan baik. Salah satu masalah gigi yang cukup mengganggu adalah plak pada gigi.

Plak pada gigi jika dibiarkan akan membuat gigi berlubang dan meradang. Selain plak gigi, ada satu masalah gigi yang tidak kalah mengganggu, yaitu gigi kuning. Walaupun tidak memiliki dampak yang berarti bagi kesehatan, orang yang memiliki gigi kuning akan merasa minder saat tersenyum.

Ada banyak sekali cara untuk membuat gigi menjadi lebih putih, mulai dari cara tradisional hingga modern. Sebagian orang yang tidak mau ribet dan menginginkan hasil yang instan, mendatangi dokter gigi merupakan pilihan utama. Namun, memutihkan gigi dengan mengandalkan jasa dokter gigi tentunya memerlukan biaya yang mahal.

Penyebab Gigi Kuning

cara-memutihkan-gigi

Menyikat gigi dengan cara yang salah

Salah satu yang dapat menyebabkan gigi menguning adalah menyikat gigi dengan cara yang salah. Sebagian orang hanya menyikat gigi hanya agar terhindar dari bau mulut. Pemikiran tersebut salah dan membuat mereka menyikat gigi sekedarnya saja sehingga kotoran pada gigi tidak tidak terangkat secara maksimal. Akibatnya, kuman akan berkembang pada sisa-sisa makanan yang tertinggal di gigi dan menyebabkan gigi menguning.

Alkohol dan Rokok

Mengonsumsi alkohol dan merokok juga dapat menyebabkan gigi kuning. Seprti yang kita tahu, rokok mengandung berbagai zat yang tidak baik bagi tubuh, salah satunya ialakh nikotin.

Nikotin pada rokok dapat meningkatkan asam pada mulut. Selain itu, kebiasaan merokok akan membuat nikotin melekat pada elemen dan dinding gigi. Tak heran jika banyak perokok yang memiliki gigi kuning.

Banyak mengonsumsi teh hitam

Mengonsumsi sesuatu secara berlebihan memang tidak baik untuk tubuh, misalnya mengonsumsi teh hitam secara berlebihan. Minum teh hitam scara rutin akan membuat gigi menjadi kuning.

Ini disebabkan oleh zat tanin yang terdapat pada teh hitam. Jika terus menerus terpapar zat tanin, maka zat tersebut akan membuat gigi menjadi kuning. Untuk mencegah gigi menguning, sebaiknya anda mengganti teh hitam dengan teh hijau.

Mengonsumsi kopi dan soda

Kopi dan minuman bersoda merupakan minuman yang banyak digemari semua kalangan. Namun siapa sangka jika kopi dan minuman bersoda dapat menyebabkan gigi menguning, terlebih lagi jika kedua minuman tersebut dikonsumsi setiap hari. Selain menyebabkan gigi menguning, mengonsumsi kopi dan soda secara berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Wine atau anggur merah

Banyak yang meyakini bahwa anggur merah atau wine sangat baik untuk kesehatan jantung, itupun jika dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit. Namun, tak banyak yang tahu bahwa anggur merah mengandung zat tanin yang dapat merubah warna gigi. Mengonsumsi anggur merah secara terus menerus akan membuat gigi menjadi kuning.

Jus buah

Jus buah dikenal sebagai minuman yang sehat dan kaya akan gizi. Namun, jus buah yang berasal dari buah-buahan berwarna gelap seperti jus anggur dan jus cranberry dapat mengubah warna gigi menjadi kuning. Hal ini karena jus buah berwarna gelap akan meninggalkan residu pada lidah dan email gigi.

Permen

Selain dapat merusak gigi, permen juga dapat menyebabkan gigi berwarna kuning. Semua jenis permen, baik permen biasa maupun permen karet mengandung gula dan pewarna buatan yang dapat mengubah warna alami gigi.

Jarang menyikat gigi

Menyikat gigi sangat penting untuk mencegah kerusakan pada gigi akibat sisa-sisa makanan. Menyikat gigi yang baik dilakukan 2 kali sehari dan sikat gigi yang digunakan haruslah yang lembut agar tidak merusak email gigi. Sebaliknya, jarang menyikat gigi akan meningkatkan risiko sakit gigi dan gigi menguning.

Faktor Usia

Selain faktor eksternal seperti yang dijelaskan pada poin-poin sebelumnya, gigi yang menguning bisa disebabkan karena faktor usia. Gigi akan menguning seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Hal ini disebabkan oleh lapisan enamel yang semakin memudar.

Faktor Keturunan

Selain faktor usia, ada satu lagi faktor internal yang bisa membuat gigi berwarna kuning, yaitu keturunan. Gigi kuning yang disebabkan oleh faktor keturunan atau gen tidak bisa menjadi putih. Jika anda telah melakukan berbagai upaya untuk memutihkan gigi namun tidak ada yang berhasil, bisa dipastikan gigi kuning yang anda alami didapat dari orang tua atau leluhur anda.

Berikut Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Bisa Anda Coba

1. Stroberi Bisa Memutihkan Gigi

cara memutihkan gigi dengan buah strawberry
Image by: almanac.com

Cara pertama yang sangat ampuh untuk memutihkan gigi adalah dengan stroberi. Untuk cara memutihkan gigi dengan stroberi, anda bisa mengunyahnya secara langsung, atau bisa juga dengan menempelkan stroberi yang telah dihaluskan pada gigi.

Stroberi yang digunakan sebaiknya yang telah matang. Oleskan stroberi pada gigi dan diamkan hingga 5 menit. Lakukan cara ini 2 sampai 3 kali seminggu, dan jangan mengoleskan stroberi secara berlebihan. Karena kandungan asam dalam buah stroberi dapat membuat email gigi semakin tipis dan rentan berlubang.

2. Baking Soda

cara memutihkan gigi dengan baking soda
Image by: detik.net.id

Selain stroberi, baking soda juga sangat ampuh memutihkan gigi. Baking soda dapat mengangkat kotoran dan plak pada gigi sehingga membuat gigi menjadi lebih bersih dan putih.

Cara menggunakannya sangat mudah, campurkan pasta gigi dengan 2 sendok makan baking soda, kemudian gunakan untuk menyikat gigi seperti biasa. Perawatan dengan baking soda ini bisa anda lakukan 2 kali seminggu.

3. Kulit Pisang

cara memutihkan gigi dengan pisang
Image by: consumerreports.org

Ternyata tak hanya buahnya saja yang memiliki banyak manfaat, kulit pisang juga memiliki manfaat yaitu memutihkan gigi yang menguning. Gosokkan bagian dalam kulit pisang pada gigi selama 5 menit dan diamkan beberapa saat, setelah itu bersihkan dengan sikat gigi. Cara ini bisa anda lakukan secara rutin 1 hingga 2 minggu.

4. Kulit Jeruk

cara memutihkan gigi dengan kulit jeruk
Image by: almaraas.com

Selain kulit pisang, ada satu lagi kulit buah yang bermanfaat untuk memutihkan gigi, yaitu kulit jeruk. Bagian dalam kulit jeruk mengandung mineral yang sangat bagus untuk menghilangkan kotoran dan plak penyebab gigi kuning.

Selain mineral, kulit jeruk mengandung malic acid yang mampu menghilangkan noda pada gigi sehingga gigi terlihat lebih bersih dan cerah. Cara penggunaannya sama dengan kulit pisang, cukup gosokkan bagian dalam kulit jeruk pada gigi selama 3-5 menit. Lakukan cara ini setiap hari sampai satu atau dua minggu agar hasil maksimal.

5. Lemon

cara memutihkan gigi dengan lemon
Image by: mnn.com

Cara memutihkan gigi lainnya yang bisa anda coba di rumah adalah dengan menggunakan lemon. Asam sitrat yang terkandung dalam buah lemon mampu memutihkan gigi. Caranya sangat mudah, siapkan satu buah lemon yang sudah dibersihkan, kemudian potong menjadi beberapa bagian.

Setelah itu, gosok gigi dengan potongan buah lemon dan segeralah berkumur. Memutihkan gigi dengan lemon harus dilakukan secara rutin minimal satu minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Minyak Kelapa

cara memutihkan gigi dengan minyak kelapa
Image by: netdna-ssl.com

Minyak kelapa adalah salah satu jenis minyak yang memiliki segudang manfaat, salah satunya adalah untuk memutihkan gigi. Asam laurat yang terkandung dalam minyak kelapa mampu menghilangkan plak dan bakteri yang menempel pada gigi.

Selain itu, minyak kelapa juga bisa menyehatkan gusi dan membuat nafas menjadi lebih segar. Gosoklah gigi dengan minyak kelapa secara rutin selama seminggu, dan bandingkan hasilnya.

7. Apel Menjaga Kekuatan Gigi

buah apel
Image by: quoracdn.net

Apel juga ternyata tidak kalah ampuh untuk memutihkan gigi. Hal ini karena apel mengandung astringent dan asam alami yang sangat ampuh membersihkan gigi dari noda sehingga gigi menjadi lebih putih.

Apel sangat cocok bagi anda pecinta kopi yang pada umumnya memiliki gigi kuning. Dengan mengonsumsi buah apel secara rutin, maka plak dan senyawa-senyawa lain yang menempel pada gigi akan terangkat.

8. Arang Kayu

arang kayu
Image by: bukalapak.com

Anda pasti tidak percaya bahwa arang bisa memutihkan gigi, namun itulah faktanya. Gosoklah gigi anda dengan bubuk arang selama kurang lebih 5 menit. Dalam dunia medis, arang sangat baik untuk menyerap apa saja termasuk racun.

Bahkan, ada sejumlah rumah sakit yang menggunakan arang untuk mengobati keracunan. Pada gigi, arang akan menyerap noda dan racun yang menempel pada gigi. Namun, penggunaan arang kayu pada gigi tidak boleh berlebihan karena bisa mengikis lapisan gigi.

9. Arang Kelapa

Selain arang kayu, arang kelapa juga bisa memutihkan gigi. Apa itu arang kelapa? Arang kelapa merupakan jenis arang yang terbuat dari tempurung kelapa. Tempurung kelapa biasanya mudah ditemukan di pasar tradisional.

Arang kelapa dibuat dengan cara memasukkan semua tempurung kelapa ke dalam drum kemudian dibakar. Arang kelapa bisa dijadikan alternatif untuk memutihkan gigi, namun menggunakannya tidak boleh berlebihan.

10. Garam

garam
Image by: yale.edu

Garam dikenal sebagai bumbu dapur pemberi rasa asin pada makanan. Namun, siapa sangka jika garam bisa digunakan untuk memutihkan gigi. Sejak dahulu, garam dipercaya bisa membersihkan gigi dan mengatasi gigi kuning.

Caranya, sediakan 2 sendok garam, kemudian taburkan pada pasta gigi. Gunakan campuran bahan tersebut untuk menggosok gigi seperti biasanya. Cara ini bisa anda lakukan 2 kali sehari, yaitu pagi dan malam.

11. Siwak

siwak
Image by: detik.net.id

Bersiwak adalah cara membersihkan gigi yang dianjurkan bagi umat islam. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan bersiwak, antara lain mencegah sakit gigi, merawat gusi. Tak hanya bermanfaat untuk gigi, bersiwak juga sangat baik bagi pencernaan dan dapat melancarkan buang air kecil.

Bersiwak secara rutin lama-kelamaan akan membuat gigi menjadi lebih putih. Lagipula, bersiwak bagi umat islam merupakan sunnah. Jadi, selain memperoleh manfaat, anda juga akan memperoleh pahala karena menjalankan sunnah Rasul.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, ada beberapa waktu khusus untuk bersiwak yaitu saat berwudhu, sebelum membaca Al-Qur’an, saat hendak memasuki rumah dan saat bangun malam untuk shalat tahajjud.

12. Alumunium Foil

aluminium foil

Yup, anda tidak salah membaca, aluminium foil dapat membantu memutihkan gigi kuning. Aluminium foil umumnya digunakan untuk membungkus makanan, namun tidak ada salahnya anda mencoba menggunakan aluminium foil untuk memutihkan gigi.

Untuk pemakaiannya, aluminium foil membutuhkan baking soda. Caranya mudah, gunting aluminium foil sesuai dengan panjang deretan gigi anda. Ambil baking soda secukupnya dan campurkan dengan sedikit air. Kemudian oleskan baking soda pada aluminium foil yang sudah dipotong tadi.

Bungkus gigi dengan aluminium foil yang sudah ditambahkan baking soda dan diamkan hingga satu jam. Jangan minum atau memakan apapun saat aluminium foil terpasang di gigi. Setelah satu jam, berkumurlah dengan air bersih. Cara ini bisa dilakukan 2 kali dalam seminggu.

13. Arang Bambu

bambu
Image by: radarlampung.co.id

Lagi-lagi arang, tapi kali ini arang yang akan kita gunakan adalah arang yang terbuat dari bambu. Arang bambu biasanya dibuat dari potongan-potongan bambu yang tidak digunakan, daripada dibuang begitu saja, bambu-bambu tersebut akan dibuat menjadi arang. Lalu, bagaimana cara pemakaiannya?

Menggunakan arang bambu untuk.memutihkan gigi tidak sulit. Sediakan arang bambu, kemudian gerus sampai halus. Tambahkan sedikit baking soda dan oleskan ke seluruh gigi. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bersihkan gigi seperti biasa dengan sikat gigi.

Arang bambu memiliki daya serap yang tinggi yang mampu menyerap noda dan plak pada gigi. Tak hanya itu, arang bambu juga bisa menyerap zat-zat berbahaya seperti toksin, bakteri dan nikotin.

14. Buah Nanas

buah nanas
Image by: hellosehat.com

Nanas merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat, diantaranya yaitu meredakan nyeri, meningkatkan imun, melawan sel kanker, serta menyehatkan mata dan kulit. Tak hanya itu, nanas juga sangat ampuh untuk memutihkan gigi.

Nanas mengandung zat yang yang dapat meningkatkan produksi air liur dalam mulut sehingga akan mencegah kerusakan gigi, mencegah sakit gigi, mencegah radang gusi dan melindungi lapisan gigi.

Mengunyah buah nanas secara rutin akan membantu membersihkan gigi sekaligus membuat gigi terlihat lebih putih.

15. Batu Bata Merah

batu bata merah
Image by: andalan68.wordpress.com

Bahan tradisional lainnya yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi adalah batu bata merah. Terdengar agak menakutkan ya? Batu bata merah yang digunakan tentunya yang tidak menghitam atau berlumut, lebih baik lagi jika anda menggunakan batu bata merah yang masih baru dan bersih.

Sediakan satu buah batu bata merah, lalu tumbuk hingga halus. Berikan air secukupnya kemudian aduk hingga membentuk pasta. Gosokkan batu bata merah yang sudah berbentuk pasta pada gigi secara perlahan. Setelah itu, bersihkan batu bata merah yang menempel dengan menyikat gigi dengan pasta gigi seperti biasa.

Memutihkan gigi dengan batu bata merah bisa dilakukan setidaknya 1 kali dalam seminggu. Jangan menggosok gigi dengan batu bata merah terlalu sering karena akan mengikis gigi dan membuat gigi menjadi rapuh.

16. Tomat

tomat
Image by: nyt.com

Kembali ke varian buah, bahan yang akan kita gunakan kali ini adalah tomat. Sama seperti buah stroberi, buah tomat memiliki warna yang mencolok dan bisa membuat gigi menjadi lebih putih. Hal ini terjadi karena tomat mengandung malic acid.

Zat malic acid ini hanya ada pada buah tertentu yang berfungsi untuk membersihkan noda dan plak pada gigi. Tomat juga mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga buah ini terasa asam saat dikonsumsi.

Rasa asam pada buah tomat juga dapat menyegarkan dan menyehatkan mulut. Untuk anda yang menginginkan gigi putih alami, jangan ragu untuk rajin mengonsumsi buah tomat.

17. Cuka Apel

cuka apel
Image by: tirto.id

Buah apel memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya, baik dari segi kesehatan maupun kecantikan. Untuk mendapatkan manfaat dari buah apel, anda bisa mengonsumsinya secara langsung.

Selain itu, cuka dari sari apel juga memiliki banyak manfaat, salah satunya ialah untuk memutihkan gigi yang kuning. Sudah banyak orang yang telah berhasil memutihkan gigi dengan cuka sari apel. Cuka apel sendiri bisa dengan mudah didapatkan di supermarket.

Cuka apel mengandung astringent dan asam alami yang mampu membasmi bakteri yang bersarang pada mulut. Cuka apel juga bisa mengangkat noda akibat minuman seperti kopi dan teh. Walaupun bersifat asam, cuka apel tetap bisa menjaga pH rongga mulut tetap seimbang sehingga sangat aman untuk digunakan.

Ada banyak cara untuk menggunakan cuka apel sebagai pemutih gigi. Cara yang paling mudah adalah dengan menjadikan cuka apel sebagai pengganti obat kumur. Namun sebelum digunakan untuk berkumur, cuka apel harus dicampur dengan air biasa. Caranya, campurkan satu sendok teh cuka apel dengan 200 ml air biasa. Setelah selesai, sikatlah gigi dengan pasta gigi biasa yang tidak mengandung fluoride.

Selain menjadikan cuka apel sebagai obat kumur alami, anda juga bisa mengolesnya langsung pada gigi. Caranya, tuangkan cuka apel secukupnya pada kapas, kemudian gosokkan secara perlahan pada gigi.

Setelah itu, berkumurlah dengan air biasa sampai asam cuka apel tidak lagi terasa. Cara ini akan membuat plak dan noda pada gigi terangkat. Memutihkan gigi dengan cuka apel tidak boleh dilakukan setiap hari, setidaknya lakukanlah setiap 2 hari sekali dan hentikan jika gigi sudah mulai terlihat putih.

18. Daun Sirih

daun sirih
Image by: idntimes.com

Daun sirih menjadi salah satu bahan herbal yang bisa mengobati berbagai macam penyakit. Tak hanya itu, daun sirih ternyata juga cukup ampuh memutihkan gigi. Daun sirih juga sangat mudah tumbuh dan mudah ditemui di pekarangan rumah. Manfaat daun sirih mampu mengatasi plak pada gigi. Plak biasanya timbul akibat sisa makanan yang menempel pada gigi.

Plak pada gigi bisa membuat gigi terlihat kusam. Untuk membuat gigi terlihat lebih bersih dan putih, tentunya plak pada gigi harus dihilangkan. Cara menggunakan daun sirih untuk memutihkan gigi tidaklah susah.

Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun sirih, dan diamkan sejenak hingga dingin atau suam kuku. Setelah itu, gunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk berkumur. Cara ini bisa anda lakukan 2 kali sehari setelah menggosok gigi.

19. Daun Salam

daun salam
Image by: hellosehat.com

Selain daun sirih ada daun tanaman lainnya yang bisa kita gunakan untuk memutihkan gigi, yaitu daun salam. Jika selama ini daun salam anda gunakan untuk memasak, kali ini cobalah memanfaatkan daun salam untuk membersihkan gigi anda agar terlihat lebih putih. Untuk menggunakannya, anda memerlukan kulit jeruk sebagai bahan pendukung.

Siapkan beberapa lembar daun salam dan kulit jeruk secukupnya, kemudian jemur hingga mengering. Setelah kedua bahan tersebut kering, tumbuk sampai halus. Beri sedikit air hingga membentuk pasta, kemudian gosokkan dengan lembut ke seluruh area gigi. Lakukan cara ini secara rutin hingga 2 minggu, dan lihat sendiri hasilnya.

20. Daun Mimba

daun mimba
Image by: semedan.com

Mungkin anda merasa asing ketika mendengar daun mimba. Daun mimba memang tidak terlalu dikenal oleh masyarakat, namun manfaatnya sangat luar biasa. Salah satu manfaat daun mimba adalah memutihkan gigi.

Selain memutihkan gigi, daun mimba juga dapat menghilangkan bau mulut. Hal ini karena daun mimba mengandung zat azadirahtin yang sangat bagus untuk membunuh bakteri yang berkembang dalam rongga mulut sehingga nafas menjadi lebih segar.

Cara menggunakan daun mimba untuk memutihkan gigi sangat mudah. Siapkan beberapa lembar daun mimba yang sudah dibersihkan, kemudian tumbuk halus. Campurkan dengan sedikit air kemudian gosokkan pada gigi dengan bantuan sikat gigi yang lembut. Lakukan perawatan gigi dengan daun mimba secara teratur hingga terlihat hasilnya.

21. Wortel

Image by: economist.com

Cara memutihkan gigi lainnya bisa dengan memanfaatkan wortel. Wortel mengandung banyak vitamin dan nutrisi, terutama zat reaktifnya yang mampu memutihkan gigi. Untuk memutihkan gigi dengan wortel, kita memerlukan bahan pendukung, yaitu lemon.

Caranya, bersihkan satu buah wortel lalu kupas dan parut. Kemudian campur parutan wortel dengan dengan jus lemon. Setelah itu, gosokkan pada gigi dengan sikat yang lembut. Jika tidak ingin repot, anda juga bisa mengunyah satu buah wortel setiap hari untuk menjadikan gigi lebih putih.

22. Coklat Hitam

coklat

Image by: mentalfloss.comCoklat hitam biasanya identik sebagai salah satu makanan yang bisa merusak gigi. Namun, berbeda dengan coklat yang akan kita gunakan ini. Tidak seperti coklat yang biasa kita temukan di supermarket dan toko-toko, coklat yang satu ini berwarna hitam.

Coklat hitam dapat menguatkan gigi sekaligus memutihkan gigi. Namun, jika anda ingin memanfaatkan coklat hitam untuk memutihkan gigi, jangan mengonsumsinya secara berlebihan karena bisa berisiko menaikkan berat badan.

23. Jahe

jahe
Image by: draxe.com

Jahe merupakan salah satu jenis rempah yang memiliki banyak khasiat, terutama untuk kesehatan. Selain itu, jahe juga ternyata sangat ampuh untuk memutihkan gigi yang kuning. Cara membuat ramuan pemutih gigi dari jahe pun cukup mudah.

Siapkan satu potongan jahe yang sudah dikupas. Kemudian parut atau tumbuk hingga halus. Gunakan jahe yang telah dihaluskan tersebut untuk menggosok gigi. Karena jahe tidak mengandung zat asam yang berlebihan, maka anda bisa melakukan cara setiap hari.

Tetapi, jahe menimbulkan sensasi pedas saat digunakan, maka sebaiknya jangan menggosok gigi dengan jahe secara berlebihan jika anda tidak ingin gusi dan lidah anda terbakar. Lakukan perawatan gigi dengan jahe selama 2 minggu, maka gigi anda akan terlihat lebih putih dari sebelumnya.

24. Terapi Air Hangat

cara memutihkan gigi dengan air hangat
Image by: thedailymeal.com

Selain bahan bahan alami pada poin-poin sebelumnya, ada satu cara yang bisa membuat gigi anda menjadi lebih putih, yaitu air hangat. Jika selama ini anda menggunakan air hangat hanya untuk mandi dan membuat minuman, kali ini cobalah memanfaatkan air hangat untuk memutihkan gigi anda.

Disini, anda tidak perlu merebus air hingga mendidih, cukup rebus air hingga suhunya cukup hangat. Tuang air hangat pada gelas, kemudian masukkan garam dan perasan lemon secukupnya.

Selanjutnya, gunakan campuran tersebut untuk berkumur hingga 1 menit. Setelah itu berkumurlah dengan air biasa. Lakukan cara praktis ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah berbagai cara memutihkan gigi secara alami yang bisa anda coba di rumah. Kami harap artikel ini bisa menambah wawasan anda, terutama untuk masalah gigi kuning yang bisa disebabkan oleh banyak faktor, baik faktor internal maupun eksternal.

Anda bisa memilih salah satu dari sekian banyak cara yang telah dijelaskan diatas. Telaten dan konsisten adalah kunci jika anda ingin mendapatkan hasil maksimal dengan cara alami. Karena bahan-bahan alami tidak bisa memutihkan gigi secara instan.

Setidaknya anda perlu melakukan perawatan hingga beberapa minggu untuk merasakan hasilnya. Namun, jika anda sudah mencoba beberapa cara diatas dan belum berhasil mengatasi gigi kuning, kemungkinan besar gigi kuning yang anda miliki disebabkan oleh faktor keturunan.

Jika anda memiliki cara tersendiri yang terbukti ampuh untuk cara memutihkan gigi, jangan ragu untuk berbagi informasi dengan kami di kolom komentar. Terimakasih sudah berkunjung di situs kami, dan salam sehat.

Komentar disini