3 Cara Mempercepat Koneksi Wifi di Laptop dan Android

Kalimat.ID – Cara Mempercepat Koneksi Wifi, Kecepatan koneksi internet merupakan hal yang sangat penting untuk kehidupan modern seperti sekarang ini. itu disebabkan karena sebagian besar dari aktivitas manusia modern sekarang ini dapat dilakukan secara instan menggunakan media internet dari perangkat smartphone ataupun pc.

Namun Teknologi internet yang tersedia kadang sering membuat kita kesal dikarenakan kecepatannya yang sangat tidak sesuai dengan yang kita bahkan. Di Indonesia sendiri koneksi internet yang tersedia masih sangat lebih lemah dibandingkan negara tetangga seperti singapura.

Telkomsel yang menjadi provider jaringan yang dianggap unggul di Indonesia saat ini mempunyai kecepatan 10.64Mbps (Download) dan 7.91Mbps (Upload) cukup cepat jika diperhatikan, Namun terdapat sebuah fakta yaitu Telkomsel masih lemah menghadapi latency pada jaringan yang mereka sediakan dan juga masalah pada streaming video alhasil sewaktu-waktu kecepatan dapat naik dan turun (Belum stabil).

Terdapat beberapa cara yang dapat membantu kalian agar mendapatkan serta mampu menjaga koneksi wifi tetap bagus.

Penyebab Lambatnya Koneksi Wifi

Ada sangat banyak hal yang dapat menyebabkan koneksi wifi menurun, mulai dari segi geologis serta cuaca juga bisa menjadi penyebab koneksi wifi menjadi cenderung tidak stabil.

Faktor Geologis

Jika kalian berada didaerah yang cenderung susah untuk dikunjungi biasanya koneksi wifi atau internet di lokasi tersebut menjadi lambat, dan kadang meski telah mencoba cara mempercepat koneksi wifi pun masih tidak efektif.

Faktor Cuaca

Nah cuaca juga dapat menjadi penyebab lambatnya koneksi wifi atau internet perangkat anda, Itu dikarenakan latency yang terjadi akan membesar.

Faktor Media Jaringan

Media jaringan seperti router atau modem juga kadang menjadi penyebab lambatnya koneksi wifi anda, Sering-Seringlah mengecek keadaan device jaringan yang anda gunakan.

Jumlah User dalam Satu Jaringan

Jumlah pengguna juga menjadi penyebab penurunan kecepatan koneksi internet perangkat anda. Itu disebabkan karena wifi akan secara otomatis membagi bandwidth yang tersedia kepada user-user yang terhubung.

Tips Paling Ampuh Mempercepat Koneksi Wifi

Berikut terdapat beberapa list yang dapat anda lakukan guna cara mempercepat koneksi wifi berdasarkan perangkat yang anda gunakan.

1. Mempercepat Koneksi Wifi di Windows

windows

Pada windows kita bisa menggunakan beberapa cara, mulai dari otak atik bagian “wifi advanced setting” atau mengelolah aplikasi yang berjalan dibalik layar windows anda.

Beberapa Metode yang dapat dilakukan

  • Mematikan aplikasi dibelakang layar.
  • Melakukan Ping (Pengecekan koneksi).
  • Merubah DNS Perangkat.
  • Setting QoS Packet Scheduler.

Mematikan aplikasi dibelakang layar

Pada Windows terdapat banyak aplikasi belakang layar yang mengambil koneksi anda, Oleh karena itu kita harus mengurangi aplikasi dengan cara mematikannya

Cara mematikan aplikasi dibelakang layar

  1. Klik kanan pada taskbar kalian -> Task Manager
  2. Plih Startup, Lalu disable aplikasi yang anda tidak butuhkan (Klik kanan – Disable)

    Startup Program
    Startup Program
  3. Selanjutnya masuk ke menu Processes, Lalu end-task yang tidak dibutuhkan (Klik kanan – Endtask)

    Aplikasi Belakang Layar
    Aplikasi Belakang Layar
  4. Tutup Task manager

Melakukan Ping (Pengecekan koneksi)

Pada dasarnya cara ini digunakan sebagai monitoring kecepatan internet yang kita miliki, Namun sering juga dianggap sebagai cara mempercepat koneksi wifi pada perangkat windows.

Dikarenakan terjadinya request pada saat melakukan pengecekan kecepatan koneksi dan dianggap dapat memancing koneksi menjadi lebih baik lagi.

Cara Melakukan Ping

  1. Tekan Start+R -> ketik “cmd”.
  2. Pada CMD ketik perintah “ipconfig” lalu lihat ip address v4 yang kalian miliki.
  3. Ketik perintah “ping -l 1000 ipaddressv4kalian -t”, Perintah ini dimaksudkan untuk melakukan ping sebanyak 1000 task/perulangan.
  4. Nah tunggulah beberapa saat, Lalu cek kembali browser anda.

Merubah DNS Perangkat

Hal ini juga dapat cara mempercepat koneksi wifi kalian, beberapa kasus yang berkaitan dengan tidak dapatnya perangkat terhubung kedalam suatu jaringan wifi itu disebabkan karena DNS yang tak dapat diraih.

Berikut Cara Merubah DNS

  1. Buka kontrol panel

    Control Panel win10
    Control Panel win10
  2. Pilih menu Network and Internet

    Menu Jaringan
    Menu Jaringan
  3. Masuk ke-menu Network and Sharing Center

    Network Sharing Center
    Network Sharing Center
  4. Selanjutnya masuk ke menu Change Adapter Setting yang terdapat pada bagian kiri layar anda
  5. Klik kanan nama wifi kalian -> Properties

    Properties WiFi
    Properties WiFi
  6. Buka Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)
  7. Silahkan isi DNS saja seperti gambar dibawah, gunakan DNS 8.8.8.8 dan 8.8.9.9 milik google

    Setting DNS
    Setting DNS
  8. Matikan Wifi anda lalu nyalakan kembali

Setting QoS Packet Scheduler

  1. Tekan Start+R -> masukan “gpedit.msc”
  2. Local Computer Policy -> Computer Configuration -> Administrative Templates
  3. Klik QoS Packet Scheduler, dan ikuti gambar.

    QoS Packet Scheduler
    QoS Packet Scheduler
  4. Apply dan Restart perangkat.

2. Mempercepat Koneksi di Linux

linux
Image by: thewincentral.com

Setiap terdapat 2 cara yaitu melakukan perubahan pada script sysctl.conf dan juga melakukan perubahan DNS seperti yang dilakukan pada Operating System Windows.

Cara yang dapat dilakukan pada linux agak mirip dengan yang dilakukan pada windows dimana kita bisa bermain pada file system yang ada atau mengubah pengaturan jaringan pada properti wifi itu sendiri.

Beberapa Metode yang Dapat Dilakukan

  1. Mengubah file sysctl.conf.
  2. Mengubah DNS Perangkat.

Mengubah file Sysctl.conf

Cara ini adalah cara yang paling sering digunakan untuk memperbaiki kecepatan koneksi wifi pada sistem operasi linux ubuntu. Efek yang dihasilkan ialah cara mempercepat koneksi wifi perangkat walaupun tidak besar.

Cara Mengubah file Sysctl.conf

  1. Buka Terminal Linux.
  2. Masukan perintah “sudo nano /etc/sysctl.conf“.
  3. Kemudian tambahkan kode yang ada pada link https://goo.gl/FcQcXc .
  4. Kemudian Save.
  5. Aktifkan script dengan cara mengetikan perintah “sudo sysctl -p“.
  6. Silahkan cek lagi koneksi anda diperamban.

Mengubah DNS

Kerusakan jaringan wifi biasa terjadi karena Eror pada DNS oleh karena itu disarankan melakukan pengubahan DNS (domain name server) jikalau terdapat masalah pada koneksi wifi.

Cara Mengubah DNS pada Linux Ubuntu

  1. Silahkan anda buka terminal.
  2. Masuk ke menu Gedit linux dengan perintah “sudo gedit /etc/resolv.conf“.
  3. Masukan Password jikalau diminta dan tekan enter.
  4. Selanjutnya muncul tampilan seperti gambar, selanjutnya anda tinggal ubah nameserver 127.0.1.1 yang terlihat pada gambar menjadi 8.8.8.8 yang merupakan DNS google.

    Setting DNS Ubuntu.by blog tampilan linux
    Setting DNS Ubuntu.by blog tampilan linux
  5. Save dan Exit.

3. Mempercepat Koneksi Wifi di Android

android
Image by: android.com

Nah Smartphone android juga menjadi perangkat yang sering kali terkena masalah Koneksi wifi. Sebenarnya itu dapat disebabkan oleh pengguna smartphone itu sendiri yang menginstal banyak aplikasi yang berfitur berkerja dibelakang layar.

Kebanyakan game online pada smartphone juga dapat menjadi penyebab berkurangnya kecepatan browsing internet anda.

Beberapa Hal untuk Mempercepat Koneksi

  • Uninstall aplikasi online yang tidak penting.
  • Mengurangi penggunaan memori.
  • Jangan install aplikasi wifi stat atau sejenis.

Uninstall Aplikasi online tidak penting

Banyak aplikasi bawaan ponsel anda yang sebenarnya memakan bandwidth pada perangkat anda, Oleh karena itu aplikasi sejenis aplikasi berita, browser, media sosial, media backup lebih baik dinon-aktifkan atau dihapus dari Smartphone anda.

Ini dikarenakan dengan melakukan hal tersebut koneksi wifi atau internet pada perangkat genggam anda akan menjadi lebih baik. alhasil mempercepat koneksi wifi pada android anda.

Mengurangi Penggunaan Memori

Nah banyak nih orang yang beranggapan ketika wifi mereka lemot, itu dikarenakan modem atau kualitas provider yang buruk Padahal tidak seperti itu.

Faktanya ketika kalian browsing menggunakan pramban apapun, otomatis pramban tersebut membutuhkan memori untuk memuat gambar atau konten website yang anda kunjungi semakin luas memori maka akan semakin cepat juga proses memuat website dilakukan.

Sering membersihkan memori cache, histori, serta memori internal perangkat adalah beberapa cara yang dapat kalian coba untuk meningkatkan performa dari perangkat anda. Jika masih lambat itu artinya benar disebabkan oleh provider atau modem wifi anda.

Jangan Instal Aplikasi WiFi stats atau Sejenis

Aplikasi sejenis status wifi atau internet. faktanya memakan banyak bandwidth dikarenakan aplikasi tersebut akan melakukan Network Checking Loops dengan batasan Infinity.

Nah singkatnya aplikasi sejenis ini akan selalu menggunakan koneksi anda untuk melakukan pengecekan kecepatan wifi yang terkoneksi pada perangkat anda. Tapi kalau kalian merasa aplikasi sejenis ini penting, Kalian masih bisa mempercepat koneksi anda dengan cara menon-aktifkan sementara aplikasi tersebut.

Gimana sudah jelas tentang Cara Mempercepat Koneksi Wifi pada Platform Windows, Linux dan Android-nya ? Intinya sih ketika koneksi wifi atau internet kalian lemot, janganlah langsung menyalahkan pihak provider internet kalian. Lakukan pengecekan terhadap device yang anda gunakan terlebih dahulu. Sekian.

Komentar disini
Hosting Unlimited Indonesia