6 Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca

Kalimat.ID – Kini pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana Cara Memperbaiki Flashdisk yang tidak terbaca oleh komputer, PC ataupun laptop. Adapun beberapa versi yang sudah pernah dilakukan sebagian orang (mungkin).

Sebelum melangkah ke cara memperbaiki Flashdisk yang tidak terbaca, kamu harus mengetahui dulu penyebab-penyebab Flashdisk tidak terbaca lalu bagaimana cara memperbaikinya. Langsung saja simak yaa guys!

Cara Memperbaiki Masalah Flashdisk Tidak Terbaca versi Penulis

Siapa yang tidak mengenal flashdisk di jaman modern ini? Kebutuhan flashdisk saat ini memang cukup penting bagi hampir semua orang. Soalnya, flashdisk dapat dijadikan tempat penyimpanan data-data file sementara bagi mereka yang membutuhkan. Ada kalanya, flashdisk ini juga akan sangat berguna sebagai tempat backup untuk file-file penting.

Namun, ada kalanya di mana flashdisk mengalami kerusakan sehingga tidak bisa terbaca pada laptop ataupun PC kamu. Oleh karena itulah, kali ini Kalimat.ID memberikan tips dan trik untuk para pembaca setia Kalimaters dalam memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca di PC / laptop dengan mudah dan praktis. Berikut ulasannya, bisa disimak sampai akhir, ya.

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca di PC/Laptop

Setiap masalah yang menyebabkan FlashDisk tidak terbaca mempunyai cara tersendiri untuk menanganinya. Karena masalahnya pun berbeda-beda. Dapat melalui dari FlashDisk kamu sendiri atau bisa juga masalahnya ada di komputer kamu. Untuk dapat mengetahui permasalahannya, coba kamu masukkan FlashDisk ke komputer lain.

Atau dapat juga kamu mencoba masukkan FlashDisk lain yang ke dalam komputer kamu. Hasilnya akan terlihat. Jika FlashDisk kamu terbaca di komputer lain, berarti yang bermasalah di komputer kamu.

Sebaliknya, apabila FlashDisk kamu tidak terbaca juga di komputer lain, ada kemungkinan FlashDisk kamu bermasalah atau rusak. Kalimat.ID akan kasih tahu beberapa penyebab umum FlashDisk tidak terbaca serta cara-cara tepat menanganinya.

USB Port atau Konektor Flashdisk Kotor

Misalnya kamu sudah terbiasa menaruh FlashDisk, laptop, atau komputer kamu jangan di tempat yang kotor, bisa saja lubang atau port USB kamu itu kemasukan debu. Coba cek dan bersihkan.

Barangkali ada kotoran atau mungkin debu yang tertinggal masuk ke dalam FlashDisk kamu, atau mungkin bahkan perangkat USB lain seperti halnya HardDisk eksternal atau modem tidak dapat terbaca dengan baik juga. Bisa jadi justru konektor atau kepala FlashDisk kamu yang kotor. Coba dibersihkan dulu.

Adapun penyebab flashdisk yang tidak terbaca karena:

– Secara fisik flashdisk kamu memang sudah mengalami kerusakan.
– Terkadang Sering mencabut flashdisk dari perangkat komputer kamu secara langsung tanpa di eject/removable disk terlebih dahulu.
– Kerusakan pada port USB.
– Terdapat masalah pada driver USB komputer kamu.
– Settingan pada bios, Windows bermasalah.
– Membeli flashdisk yang ber-merek abal-abal dengan harga yang murah.

1. Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca dengan CMD

Ya, memang cara yang satu ini terbilang ekstrim apalagi kamu mempunyai banyak file penting di flashdisk. Namun, cara ini juga bisa disebut cara yang efektif, karena bisa saja di dalam flashdisk kamu tersebar virus yang membuatnya tidak bisa terbaca di PC ataupun laptop.

Kemudian, bagaimana caranya melakukan format jika flashdisknya saja tidak bisa terbaca? Mudah, kok, karena Windows punya fitur CMD yang bisa membantu kamu untuk melakukan format ulang pada flashdisk. Jika kamu ingin mencoba cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca yang satu ini, maka bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Masukkan flashdisk pada perangkat komputer.
2. Buka CMD dengan cara klik start, lalu ketikkan perintah cmd.
3. Buka tempat flashdisk kamu, misal penyimpanan flashdisk terdapat di folder ‘G’, maka tulislah g: pada command prompt.
4. Lalu kamu tulis chkdsk/g, lantas akan terdapat pilihan Y/N. Y untuk yes, dan N untuk no. Pilihlah Y.
5. Kemudian, akan ada pilihan lagi untuk merestart perangkat kamu, pilih yes untuk merestart perangkat kamu.
6. Apabila ‘Command Prompt (CMD)’ tidak dapat masuk ke drive usb tersebut, hal di atas masih tetap dapat dikerjakan dari drive manapun dengan perintah:

CHKDSK (: E/F/G DRIVE USB) /…

2. Cek Port USB pada PC/Laptop

Yang kedua yaitu untuk cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca salah satunya yaitu dengan mengecek kondisi port USB yang akan digunakan. Ada kemungkinan, port USB pada laptop sedang mengalami kerusakan sehingga tidak dapat membaca flashdisk kamu.

Untuk mengeceknya sangat mudah, kamu bisa coba mencolok flashdisk ke port USB yang ada di laptop lain. Jika memang flashdisk bisa terbaca di port USB laptop lainnya, maka besar kemungkinan port USB yang ada di laptop kamu sedang bermasalah.

3. Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca Dengan Computer Management

Cara ini bisa terbilang cara yang cukup paling mudah. kamu cukup menyambungkan flashdisk ke port USB yang ada di komputer atau laptop dan kamu akan menggunakan tools bawaan Windows, yaitu Computer Management. Berikut ini cara-caranya:

1. Hubungkan flashdisk ke port USB di komputer atau laptop kamu.
2. Pilih Start, kemudian ketik run dan tekan tombol Enter pada keyboard.
3. Pada menu Run, ketik “compmgmt.msc” (tanpa tanda kutip), kemudian tekan tombol Enter pada keyboard.
4. Setelah muncul pada jendela “Computer Management”, kamu pilih Storage > Disk Management.
Apabila flashdisk dalam keadaan baik, jadi kemungkinan flashdisk akan terdeteksi sebagai drive baru. Walaupun flashdisk terbaca 0 byte, namun setidaknya sistem pada komputer kamu tahu bahwa flashdisk tersebut terhubung di komputer kamu.
5. Setelah itu Klik kanan pada drive flashdisk “korban”, kemudian kamu pilih “Create partition”.
Format flashdisk tersebut dengan cara klik kanan kemudian kamu pilih Format.

NOTE: Untuk Melakukan Cara Ini, Kamu Harus Memastikan Backup Dari Data-Data Di Flashdisk Tersebut Sudah Kamu Simpan Sebelumnya. Karena Setelah Kamu Memilih Format, Maka Seluruh Data Di Dalam Flashdisk Akan Terhapus Secara Otomatis. Jadi Pertimbangkan Matang-Matang Jika Kamu Hendak Melakukan Format Flashdisk.

4. Menggunakan tools HDD Low Level Format

Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca, keempat ini dengan menggunakan tools HDD Low Level Format. Dengan menggunakan tools ini, akan membuat kemungkinan besar flashdisk yang rusak cepat mudah untuk diperbaiki.

Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca menggunakan tools HDD Low Level Format ini sebenarnya adalah salah satu cara yang paling ekstrim.Yakni langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Hubungkan flashdisk di komputer atau laptop Kamu
Download software “HDD GURU Low Level Format”
2. Setelah mendownload, instal software tersebut di komputer atau laptop kamu
Kemudian, jalankan software tersebut dengan akses Administrator. Caranya yaitu dengan klik kanan pada software, kemudian pilih “Run As Administrator”.
3. Pada jendela software, pilih USB, kemudian klik “Continue”
4. Tunggu proses perbaikan flashdisk sampai selesai. Setelahnya, kamu bisa melakukan format ulang flashdisk dengan cara format seperti biasa, yaitu klik kanan pada drive flashdisk di Windows Explorer > pilih Format. kamu juga bisa menggunakan software format flashdisk pihak ketiga yang banyak dirilis.

5. Periksa Drive yang Ada di Komputer

Apabila setelah mencoba cara diatas namun tetap saja tidak mau terbaca/terdeteksi, kemungkinan memang port USB baik-baik saja. Langkah selanjutnya adalah periksa laptop kamu, bisa saja laptop/komputer tidak secara otomatis scanning dan mendeteksi ketika ada perangkat yang disambungkan. Untuk cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca ini, kita bisa mencoba untuk mendeteksinya secara manual yakni dengan langkah-langkah sebagai berikut :

Yang pertama kamu pasangkan flashdisk pada port USB laptop atau komputer kalian.
Kemudian yang kedua, klik start > control panel lalu pilih opsi add hardware/add device.
Setelah itu laptop kamu akan memulai proses scanning untuk melihat apakah ada drive baru yang disambungkan. Kalaupun memang flashdisk kalian masih dalam keadaan baik dan sehat, biasanya ia akan muncul disana. Apabila sudah terbaca dan muncul disana, silahkan kamu pilih kemudian tekan next.

6. Langkah terakhir Cara Memperbaiki Flashdisk tidak Terbaca

Cara Terkahir mentok lainnya menurut journalis Kalimat.ID, adalah kamu dapat menggunakan untuk cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca sama sekali yaitu:

  1. Masukkan flashdisk pada perangkat komputer.
  2. Jika masih saja tidak terdeteksi, cobalah untuk melepasnya, setelah itu masukkan kembali flashdisk kamu (ulangi langkah ini sebanyak 3x).
  3. Apabila masih saja tidak terbaca/terdeteksi, waktu flashdisk masih tertancap cobalah untuk mengayunkan kiri ke kanan flashdisk sembari dengan ditekan masuk. Hal ini bertujuan supaya computer memperoleh rangsan dari flashdisk.

Sekian artikel dari Kalimat.ID tentang ” Bagaimana Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca”. Jangan lupa share yaa guys!

Komentar disini