Beranda Kesehatan 3 Cara Membuat Minyak Kemiri Sendiri di Rumah

3 Cara Membuat Minyak Kemiri Sendiri di Rumah

Cara Membuat Minyak Kemiri

Kalimat.ID – Cara Membuat Minyak Kemiri, Minyak kemiri adalah salah satu herbal rempah alami yang banyak ditemui di Negara-negara tropis seperti Indonesia. Minyak kemiri sudah dikenal akan khasiatnya menjadi bumbu masakan dan penumbuh rambut.

Orang-orang zaman dulu sering memakai minyak kemiri untuk membuat rambutnya tebal dan juga hitam berkilau secara alami. Kalian tidak perlu heran jika melihat beberapa foto orang zaman dulu yang mempunyai rambut tebal meskipun belum ada shampoo dan conditioner.

Lantas bagaimana cara membuat minyak kemiri? Sebelum menuju pembahasan utama, alangkah baiknya kita tahu dulu apa saja manfaat dari minyak kemiri untuk rambut.

Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

Bijinya kemiri biasanya dipakai sebagai bumbu dapur bagi para ibu di rumah. Fungsinya bisa menambah aroma dan rasa masakan supaya lebih sedap ketika disantap. Nah, untuk beberapa manfaatnya untuk rambut simak dibawah ini.

1. Mengatasi Kerontokan serta Kebotokan Rambut

Minyak kemiri yang bagus dipakai untuk menumbuhkan rambut ialah minyak kemiri yang diperoleh dengan cara dibakar. Minyak kemiri jenis seperti ini lebih sering dikenal sebagai minyak kemiri bakar.

Cara membuat: siapkan beberapa butir biji kemiri. Kemudian haluskan dan rebus lalu saring untuk diambil minyaknya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal bisa dicampurkan dengan dagingnya lidah buaya. Kemudian oleskan minyak kemiri pada rambut secara merata dan rutin/ teratur setiap hari saat sebelum mandi.

2. Membuat Rambut Hitam Alami

Salah satu indikator rambut sehat adalah berwarna hitam berkilau, maka dari itu banyak orang berlomba – lomba untuk menghitamkan rambutnya. Namun banyak sekali orang-orang sekarang mewarnai rambut menggunakan pewarna berbahan kimia. Sebenarnya hal ini menyebabkan rambut menjadi rontok.

Karena itu, sebaiknya pakailah minyak kemiri agar rambut menjadi hitam dan berkilau secara alami dan aman tanpa efek samping.

3. Menyuburkan dan Melebatkan Rambut

Memakai minyak kemiri secara teratur bisa merangsang tumbuhnya rambut baru. Rambut baru yang tumbuh ini memiliki volume lebih tebal. Dengan minyak kemiri, kamu sudah bisa merasakan 3 manfaatnya, yakni rambut subur, rambut lebat serta rambut tebal.

Cara membuat: cukup hancurkan dan juga haluskan biji kemiri lalu rebus hingga minyaknya keluar. Kemudian saring minyaknya rebusan kemiri dari ampasnya. Oleskan pada rambut serta kulit kepala. Pakailah sebanyak 3 kali seminggu supaya mendapat hasil maksimal.

4. Mengatasi Rambut Uban

Sekarang rambut beruban juga terjadi pada kaum muda, ini dikarenakan faktor dari makanan dan penggunaan minyak pada rambut yang berbahaya. Maka dari itu, cobalah gunakan minyak kemiri dengan rutin setiap hari. Agar menghilang dan digantikan rambut hitam lebat.

5. Mengatasi Kebotakan Pada Rambut

Kebotakan rambut adalah biasanya terjadi pada pria diusia 40-an. Penyebabnya dari berbagai faktor seperti: genetik serta gaya hidup yang tk sehat. Namun selain 2 hal tersebut, ada juga faktor lain yang mengalami botak, yaitu stress.

Stress atau depresi adalah gangguan bagian otak sebab memikirkan banyak masalah yang tak kunjung usai. Cara menyembuhkannya ialah dengan merelakan ataupun mengikhlaskan apa yang telah terjadi saat sebelum mulai merawatnya. Karena perawatan apapun tidak akan bisa menyembuhkan rambut kamu jika sumber masalahnya tidak segera terselesaikan. Nah, cara ini bisa di minimalisir sedikit dengan menggunakan minyak kemiri.

Cara membuat: hanya perlu mengoleskan dari minyak kemiri pada rambut lalu mendiamkannya selama ±10 – 15 menit. Lakukan setiap hari, maka dijamin rambut kamu dapat tumbuh seperti sedia kala.

Setelah mengetahui beberapa manfaatnya yang dimiliki oleh minyak kemiri pada rambut, selanjutnya kita masuk pada pembahasan utama yakni cara membuat minyak kemiri.

Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Rambut Dengan Mudah dan Simpel

biji kemiri

Selain bisa menyuburkan rambut, minyak kemiri pun bisa menebalkan dan menyehatkan rambut serta kulit kepala. Pohon kemiri biasanya di temui di Negara-negara tropis seperti NKRI.

Bagi kamu yang memiliki keterbatasan dalam biaya namun ingin mempunyai rambut tebal dan lebat, kamu bisa mencoba cara membuat minyak kemiri ini sendiri dirumah. Dengan begitu kamu bisa yakin bahwa minyak kemiri guna rambut yang akan dipakai benar-benar terjaga keasliannya dan kemurniannya. Tanpa takut akan minyak kemiri dari campuran yang banyak beredaran di pasaran.

Membuat minyak kemiri sendiri juga memiliki beberapa keuntungan, antara lain adalah biaya yang relatif murah dan juga bahan baku yang mudah diperoleh. Tapi kamu pun harus menyiapkan waktu serta tenaga ekstra untuk memproses pengolahannya. Terlebih lagi jika kamu masih menggunakan cara manual atau tanpa bantuan mesin. Berikut ini cara membuat minyak kemiri.

1. Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Rambut Alami

Bahan yang perlu disiapkan:
– Biji kemiri yang segar, ambil secukupnya.
– Kain bersih dan steril.
– Sekupunya Air putih dan sesuaikan dengan jumlah biji dari kemiri.
– Panci untuk merebus.

Proses cara membuat minyak kemiri:
– Bersihkan terlebih dulu buah kemiri yang nantinya akan digunakan tersebut, kemudian hancurkan menggunakan cara di ulek ataupun di blender.
– Sesudah terasa lembut, maka campurkan air putih yang telah di persiapkan sebelumnya.
– Peras biji kemiri yang sudah hancur tadi memakai kain bersih, ulangi dari proses ini beberapa kali hingga kandungan dalam minyak kemirinya akan terlarut dengan air.
– Hasil perasan air yang sudah tercampur dengan minyak kemiri tadi lalu digodok sambil di aduk. Proses ini akan berlangsung hingga airnya menguap dan hanya akan menyisakan kandungan minyaknya saja.
– Sesudah proses pengadukan selesai dan hanya menyisakan minyak kemirinya saja, lalu matikan kompor dan kemudian dinginkan minyak yang baru saja jadi tersebut.
– Minyak yang sudah dingin dapat langsung kamu gunakan. Minyak kemiri bisa kamu simpan di botol beling maupun plastik sesuai selera kamu.
– Simpan minyak kemiri yang telah jadi tersebut di tempat yang sejuk tanpa terkena dari paparan sinar matahari langsung. Pakai secukupnya saat sebelum atau sesudah tidur supaya rambut kamu tumbuh dengan lebat.

2. Cara Membuat Minyak Kemiri Asli dan juga alami dengan benar

Bahan-bahan yang diperlu disiapkan:
– Biji kemiri segar, dan ambil sesuai kebutuhan.
– Air putih, sesuaikan dengan jumlahnya biji kemiri.
– Haluskan biji kemiri menggunakan tumbukan atau blender

Proses cara membuat minyak kemiri:
– Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah dengan mencuci biji kemiri hingga bersih agar hasil minyaknya ini nanti tidak kotor. Setelah bersih, selanjutnya tumbuk biji kemiri hingga halus. Selain ditumbuk, kamu juga bisa menggunakan dengan blender agar memudahkan kamu dalam memprosesnya. Menggunakan blender maupun manual dengan cara tangan sama baiknya, yang terpenting adalah hasilnya halus dan juga lembut.
– Jika kamu memilih untuk menggunakan blender saat untuk menghaluskan minyak kemiri, sebaiknya kamu campurkan sedikit air supaya hasilnya nanti sedikit encer seperti nasi tim. Namun berhati – hatilah agar jangan sampai nanti hasilnya menjadi cair seperti air. Teksturnya kasar sudah cukup guna pembuatan minyak dari kemiri.
– Ambillah biji kemiri yang sudah dihaluskan dengan cara blender ataupun menggunakan tumbukan tadi, lalu saring sampai keluar santannya. Cara menyaringnya pun tidak sulit, ini sama seperti pada saat kita ingin memeras sebuah santan kelapa. Campurkan biji dari kemiri halus tersebut menggunakan air secukupnya, lalu peras hingga santannya keluar.
– Jika biji kemiri tersebut hasilnya terlalu halus dan juga lembut, maka proses penyaringan pada santan harus dibantu menggunakan kain. Peras biji kemiri yang halus tadi dengan kain supaya tidak tercampur diantara santan dan juga ampas kemirinya saat dipanaskan pada tahap selanjutnya.
– Setelah kamu mendapatkan santan kemiri yang sudah bersih dari kotoran, langkah berikutnya ialah memasak santan kemiri tersebut sampai mendidih. Tuangkan santan kemiri dalam wajan penggorengan, kemudian panaskan hingga menguap atau mendidih. Aduklah santan selama dalam proses pemanasan supaya hasilnya sempurna.
– Dibutuhkan kesabaran yang paling maksimal untuk menunggu proses dari pemanasan dan penguapan ini. Terus aduklah santan kemiri hingga airnya menguap dan juga hanya menyisakan minyaknya saja. Minyak kemiri yang telah dihasilkan biasanya akan mempunyai warna coklat pekat yang kehitam – hitaman.
– Setelah proses pemanasan dan penguapannya selesai, minyak kemiri jadi yang berwarna coklat pekat tadi harus didinginkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Kamu bisa menyimpannya ke dalam wadah berupa botol yang berbahan dasar beling ataupun plastik sesuai selera. Simpan minyak kemiri ini di sebuah tempat sejuk yang terhindar dari paparan sinar matahari langsung supaya tahan lama.

3. Cara Membuat Minyak Kemiri Bakar dan Sangrai di Rumah Sendiri

Selain 2 cara yang di atas tadi, masih terdapat cara lainnya untuk membuat dari minyak kemiri ini dengan lebih cepat dan juga mudah. Cara membuat minyak kemiri ini biasa dipakai oleh beberapa masyarakat dari kepualau Hawai sebab telah dianggap lebih mudah dan juga praktis dibanding 2 cara yang ada di atas.

Bahan bahan yang perlu disiapkan :
– Biji kemiri segar, dan ambil sesuai kebutuhan.
– Air putih, sesuaikan dengan jumlahnya biji kemiri.
– Haluskan biji kemiri menggunakan tumbukan atau blender
Berikut langkah – langkah cara membuat minyak kemiri bakar bagi masyarakat hawai.
– Panggang atau sangrai beberapa biji kemiri yang sudah di siapkan tadi dengan menggunakan oven ataupun dibakar dengan cara lainnya sampai matang sesudah itu didinginkan.
– Sesudah biji kemiri dibakar tersebut dingin, kemudian tumbuk ataupun blender sampai halus seperti yang sudah dijelaskan pada cara sebelumnya.
– Campurkan air pada biji kemiri yang di panggang dan sudah halus tersebut, kemudian peras dengan menggunakan kain yang bersih sampai minyaknya keluar.
– Sesudah itu, saring lagi sampai hasil perasan tersebut benar – benar bersih kemudian simpan dalam botol ataupun tupperware. Jangan lupa untuk menyimpannya dari minyak kemiri tersebut di tempat yang sejuk dan juga terhindar dari sengatan paparan sinar matahari.

Jadi, seperti itulah proses cara membuat minyak kemiri. Ternyata tidaklah sesulit yang telah dibayangkan, cukup bermodalkan dengan peralatan sederhana, kamu sudah bisa memperoleh minyak kemiri murni yang secara langsung digunakan untuk memanjangkan rambut kalian. Silahkan kalian coba dirumah masing-masing.