Panduan Lengkap Cara Membuat Google Form Beserta Contohnya

CARA MEMBUAT GOGLE FORM

Kalimat.ID – Cara Membuat Google Form, Forms atau dalam bahasa indonesia dikenal sebagai sebutan formulir adalah sebuah teknologi yang paling serbaguna. Form biasanya digunakan untuk melakukan alat pengelolaan Survey, Pendaftaran, Polling atau sebagai pembuatan sebuah Bukti.

Pada awalnya form berbentuk media fisik yang dicetak pada material yang terbuat dari bahan kertas serta diperlukan banyak orang untuk melakukan pengelolaan jika pendataan mempunyai skala menengah keatas maka semakin banyak orang yang diperlukan.

Saking populer dan penting-nya penggunaan formulir dalam kegiatan pendataan, kuisioner dan survey. Form akhirnya dibentuk dalam rupa digital yang memiliki fungsi portabel atau dapat diakses kapan-pun tanpa susah payah.

Diciptakan-nya form dalam bentuk digital sangat berdampak kepada dunia kerja seperti terjadinya pengurangan pekerja pada bagian pendataan, kecepatan dalam pengelolaan data, kalkulasi yang dilakukan jauh sangat akurat, statistik yang menjadi lebih terstruktur dan otomatis.

Terdapat sangat banyak tools form yang dapat anda gunakan seperti formsite, typeform atau jotform tapi yang paling direkomendasikan ialah Google Form alasan-nya akan dijelaskan dibawah.

Google Form telah menjadi platform pengelolaan formulir yang sangat populer namun masih ada juga yang belum paham mengenai apa itu dan bagaimana cara membuat google form tersebut.

Mengenal Google Form

Image by: ponywatches.com

Google Form adalah sebuah platform pengelolaan form/formulir yang di ciptakan dan dikembangkan oleh Google Inc. pada awalnya Google Form hanyalah sebuah fitur yang terdapat pada software Google Spreadsheet pada tahun 2008.

Fitur form tersebut awalnya hanya dapat diakses melalui Spreadsheet. Pada saat itu Form yang masih menjadi sebuah fitur belum terpisah dan menjadi sebuah platform tersendiri mempunyai fungsi untuk melakukan pengeditan secara terpisah serta melihat tanggapan yang masuk saja (Sangat klasik hanya lembar pertanyaan biasa).

Saking penting-nya formulir ini akhirnya google terus menambahkan fitur baru pada teknologi form yang mereka ciptakan efeknya dikarenakan form tersebut mengalami pengembangan dari segi fitur maka akhirnya form dibuat menjadi sebuah platform yang mandiri dan disebut sebagai Google Form.

Pada awal tahun 2016 Google Form terbit dengan dilengkapi beberapa template form yang dapat digunakan oleh pengguna. Google Form juga menyediakan fitur pengaturan tema serta penginputan gambar dan video ke dalam form yang dibuat oleh pengguna, Alhasil form yang diciptakan menjadi terlihat jauh lebih menarik dan lebih moderen.

Google Form dirilis secara umum dan dapat digunakan oleh semua pengguna google secara gratis

Kegunaan Umum Google Form

Nah setelah mengenal sejarah dan penjelasan singkat dari Google Form, kita lanjut ke membahas kegunaan google form secara umum.

Bagi kalian yang masih belum paham tentang fungsi atau kegunaan dari Google Form. Dibawah ini terdapat beberapa kegunaan umum dari google form:

  • Platform pengelolaan survey online
  • Media penyelenggaraan quiz berbasis online (Ujian Online)
  • Platform pengelolaan formulir pendaftaran
  • Platform pengelolaan form yang mendukung paperless-culture (Penghematan kertas)
  • Melakukan kalkulasi dengan cepat dan otomatis

Keunggulan Google Form

Sebelum masuk ke pembahasan tentang bagaimana cara membuat google form ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa keunggulan dari platform tersebut

Google Form sangat membantu para surveyor untuk melakukan survey berskala menengah keatas, dan berikut ini ada beberapa kelebihan yang dimiliki google form:

  • Real-time response, Kalian akan langsung dapat melihat respon yang masuk pada form kalian setelah dirilis
  • Real-time Collab, Google form mempunyai fitur collab yang artinya dalam satu form dapat diurus lebih dari satu pengelola (Up to 50 admin)
  • High-Level Security, Tidak perlu khawatir pahwa data yang telah terinput dapat diubah tanpa seijin pengelola survey
  • Media Include, tidak seperti platform survey yang lain, pada platform Google Form kalian bisa menambahkan gambar serta video yang relevan pada survey anda
  • Pendistibusian form yang fleksibel dapat melalui link, sent-email dan embed form ke website anda
  • Tema formulir dapat diubah sesuai keinginan admin form, dapat melakukan pengubahan header, color dll
  • Statistik respon yang detail dalam bentuk ringkasan dan individual
  • Pembagian section pertanyaan agar form terlihat lebih rapi dan profesional
  • Gratis ini dapat menghemat pengeluaran kelompok anda, Website layanan sejenis biasanya menaruh harga yang tidak kecil untuk layanan seperti ini

Kekurangan Google Form

Sama hal-nya kelebihan yang ditulis diatas sebelum kita membahas tentang cara membuat google form-nya ada baiknya kita mengenal sisi lain platform tersebut.

Setelah memahami kelebihan dari google form sekarang kita bahas mengenai ke kurangan dari media formulir tersebut, berikut beberapa kekurangan yang terdapat pada platform ini:

  • Tidak tersedia dalam bentuk aplikasi smartphone, pada dasarnya platform penting seperti Google Form ini harus mempunyai software yang berjalan pada perangkat smartphone
  • Pada beberapa kasus, Google Form akan dimuat ulang pada saat koneksi internet perangkat ter-restart
  • Header form yang kurang tinggi untuk penempatan gambar berukuran besar

Setelah mengenal kegunaan, keunggulan dan kekurangan dari teknologi karya google tersebut sekarang kita muali membahas tentang cara mudah membuat google form tersebut.

Cara Membuat Google Form

Agar jelas kami telah menuliskan tutorial tentang cara membuat google form dari awal sampai selesai dibawah, jadi silahkan anda simak tutorial dibawah.

  1. Silahkan anda buka link https://docs.google.com/forms
  2. Pada halaman awal terdapat beberapa template yang dapat anda gunakan, mulai dari template kosong hingga template bergambar dan berwarna.

    Halaman Awal Google Form
    Halaman Awal Google Form
  3. Pada tutorial ini admin akan menggunakan template kosong sehingga tampilan awal terlihat seperti ini:

    Template Kosong Google Form
    Template Kosong Google Form
  4. Untuk mengubah teks pada form kalian hanya perlu mengklik teks yang ada pada form.
  5. Untuk merubah prioritas dapat kalian lihat pada gambar kedua ada tombol switch belabel-kan wajib isi nah kalian atur dah proritas pertanyaan dengan tombol tersebut.

    Setting Pertanyaan Google Form
    Setting Pertanyaan Google Form
  6. Untuk mengubah tipe jawban kalian tinggal klik menu dropdown tepat disamping pertanyaan anda.
  7. Untuk menambahkan opsi jawaban anda tinggal meng-klik Tambahkan Opsi tepat pada bagian bawah opsi jawaban dari pertanyaan anda.
  8. Untuk melakukan penambahan pertanyaan, Deskripsi pertanyaan, Gambar pertanyaan, embedding video serta penambahan seksi pertanyaan dapat kalian atur pada menu yang berada disamping kanan form anda.

    Menu quick feature google form
    Menu quick feature google form
  9. Untuk mengedit tampilan form anda cukup menekan tombol tema pada bagian atas kanan layar anda lihat pada gambar.
    Setting Tema Form
    Setting Tema Form

    Cara Membuat Google Form pt.2

  10. Untuk setelan umum seperti pembatasan pengisian form untuk satu email serta pengumpulan alamat email terdapat pada menu ini.

    Setelan umum form
    Setelan umum form
  11. Jika kalian menggunakan-nya sebagai media kuis online pengaturan dapat kalian set pada tab kuis, disini terdapat opsi apakah akan menampilkan total jawaban benar, jumlah soal yang tidak terjawab serta apakah menampilkan nilai langsung atau menyembunyikan-nya.

    Setting untuk kuis online google form
    Setting untuk kuis online google form
  12. Setelah form selesai, selanjutnya anda tinggal lakukan proses distribusi form. pada platform Google Drive kalian dapat menyebarkan-nya dengan tiga cara yaitu melalui email, link langsung atau form embedding.

    Pengiriman Formulir
    Pengiriman Formulir
  13. Nah selanjutnya kita lihat hasil dari form yang telah kita buat, Form akan ditampilkan sesuai dengan yang kita buat sebelumnya pada form dibawah hanya terdapat satu pertanyaan dan mempunyai prioritas wajib untuk diisi.

    Tampilan Formulir
    Tampilan Formulir
  14. Terakhir kita akan melakukan pengecekan respon pada google form yang telah kita buat tersebut. Pada halaman ini terdapat dua jenis laporan yaitu laporan secara ringkas dimana menampung semua jawaban lalu membuat penjumlah lalu selanjutnya dijadikan sebuah persentase.

    Statistik respon formulir
    Statistik respon formulir
  15. Selesai, sangat mudah bukan ?.

Ringkasan

Google Form adalah media pengelolaan formulir yang bersifat portable, Platform ini dapat diakses secara cepat di PC dan juga Smartphone.

Google Form sejauh ini menjadi platform pengelolaan formulir yang terbaik, fitur yang banyak serta sangat mudah untuk dipahami dalam proses pembuatannya menjadikan google form ini sangat direkomendasikan.

Google Form adalah platform gratis yang hanya dapat diakses melalui Browser internet. dan responsive disemua jenis resolusi layar.

Google Form menyediakan data statistik dengan kalkulasi yang 100% akurat dan rapi. Terdapat dua bentuk statistik respon yang dapat dilihat yaitu ringkasan dan individual.

Semoga artikel ini dapat membantu anda, Sekian dan Terima Kasih telah Berkunjung.

Komentar disini