Panduan Lengkap Cara Membuat Akun Paypal Gratis dan Mudah

Cara Membuat Akun Paypal
Image by: Fortune.com

Kalimat.ID – Cara membuat Akun Paypal masih belum banyak diketahui oleh khalayak ramai saat ini, padahal dizaman yang sudah modern dan sudah serba instan, Akun Paypal akan menjadi salah satu hal yang dapat membantu memenuhi kebutuhan kamu sehari-hari.

Jika kamu adalah salah satu orang yang belum mengetahui Paypal, pada pembahasan Cara Membuat Akun Paypal ini kita tidak cuma membahas pembuatan akunnya saja, melainkan kita bahas mulai dari asal usulnya dan penjelasan terkait Paypal itu sendiri, agar kamu semakin paham.

Sejarah Paypal

Pembahasan ini kita mulai dari sejarah dulu ya. Biar kamu tahu. Sejarah PayPal sendiri berawal dari suatu perusahaan besar dengan nama Confinity yang mana perusahaan tersebut didirikan oleh 2 orang bernama Peter Thiel dan Max Levchin sekitar tahun 1998 silam.

Setelah itu, secara resmi, PayPal pun pada akhirnya mulai diperkenalkan sebagai layanan sistem pembayaran terbaru sekitar tahun 1999-an yang mana program tersebut didanai oleh John Malloy dari BlueRun Ventures.

Kemudian tepat pada tahun 2000, akhirnya Confinity pun mulai memutuskan untuk bergabung dengan X.com yang mana merupakan besutan dari Elon Musk.

Selanjutnya, pada tahun 2000-an lagi. PayPal masih terus mengembangkan diri dengan pesat yang mana akhirnya menuntuk mereka untuk mulai memperkenalkan tipe akun terbaru yang diperuntukkan bagi para pebisnis.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya Elon Musk dan jajaran kemudian mengubah nama PayPal menjadi PayPal Inc dan secara resmi pula menginjak lantai bursa pada tahun 2002 dengan perlembar sahamnya bernilai hingga $13 juga mereka berhasil mengumpulkan investasi dengan angka yang sangat besar, yakni $61 juta.

Tidak berselang lama selepas IPO, PayPal juga langsung diserobot eBay pada tahun 2002-an dengan nominal sekitar $1.5 miliar.

Dan sampai saat ini, sudah lebih dari 70% lapak yang ada pada eBay sudah menggunakan metode PayPal sebagai alat pembayaran.

Lalu, Paypal pun mulai menjatuhkan banyak pesaing-pesaing tangguhnya, seperti Citibank C2IT yang mana ditutup pada tahun 2003, kemudian diikuti juga oleh Yahoo! PayDirect yang ditutup pada tahun 2004 dan pada 2005 BidPay yang merupakan milik Western Union juga sama-sama ditutup.

Total transaksi yang berhasil dilakukan pada 2006 sudah mencapai 8 miliar dollar Amerika dan itu meningkat 41% dari tahun ke tahun.

Apa itu Paypal?

PayPal adalah suatu sistem pembayaran yang dilakukan secara elektronik yang mana menggantikan transaksi konvensional berupa cek dan transfer uang yang mungkin sudah biasa kita gunakan.

Jadi bisa dikatakan Paypal ini adalah rekening Online dan jika kampu punya Paypal, berarti kamu juga memiliki rekening secara online yang bisa kamu gunakan ketika hendak membeli produk maupun ketika hendnak menerima dana dari orang yang sama-sama memiliki PayPal ataupun kartu kredit.

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa Paypal sangat disukai banyak orang? Jawabannya karena kamu sendiri bisa mengakses akun atau menggunakan akun dimana saja dan kapanpun itu ketika kamu hendak melakukan pembayaran dengan sumber dana mau itu dari kartu kredit, debit atau mungkin dari rekening bank.

Meskipun Paypal ini tidak secara khusus ditujukan bagi para penjual, akan tetapi tetap saja PayPal dapat mempermudah pengelola toko online, penyedia jasa dan sebagainya dikala hendak menawarkan alternatif pembayaran bagi pelanggan mereka.

Selain daripada itu, kamu juga bisa mengirim uang kepada pengguna akun PayPal lainnya dengan menggunakan email sebagai pengganti nomor rekeningnya. Simple sekali bukan?

Berdasarkan hasil pencarian kami, saat ini PayPal sendiri sudah memiliki ratusan juta pengguna aktif dengan jangkauan hingga ratusan pasar serta ratusan jenis mata uang yang ada di seluruh penjuru dunia.

Kegunaan PayPal

Paypal memiliki kegunaan yang berbeda, baik itu untuk penjual, maupun pembeli. Maka dari itu, point kali ini wajib kamu ketahui:

Kegunaan bagi Para Penjual:

– Paypal sendiri Menerima pembayaran dari kartu kredit secara aman. Jadi kamu tidak perlu melewati proses pengajuan ke bank lokal sekitar.

Kegunaan bagi Para Pembeli:

– Paypal berguna sebagai metode pembayaran dengan sumber dana yang lebih fleksibel lagi, serta kamu bisa gunakan dengan rekening bank, kartu kredit maupun debit.

Untuk Personal:

– Menjadi alternatif pengiriman uang kepada teman maupun keluarga.

Syarat dan Cara Membuat Akun PayPal yang Harus Dipenuhi

Sebelum kita lanjut ke cara membuat akun paypal, ada baiknya kamu mengetahui beberapa poin yang harus kamu penuhi. Untuk membuat akun PayPal, kamu harus memenuhi beberapa syarat, diantaranya:

– Kartu identitas lengkap, guna persiapan nanti jika diminta verifikasi
– Tentu harus memiliki alamat email yang valid dan bisa diakses.
– Statement bulanan kartu kredit yang masih aktif guna memenuhi proses verifikasi.

Jika kamu sudah mengetahui hal di atas, saatnya kita berlanjut ke Cara Membuat Akun Paypal. Pastikan kamu ikuti sesuai instruksi yang diberikan.

a. Buka situs official Paypal

Langkah pertama, tentu harus masuk terlebih dahulu ke situs Paypal. Jika kamu tidak mengetahuinya, silahkan langsung masuk ke Paypal untuk menuju ke situs tersebut. Setelah masuk, klik tombol daftar.

b. Pilih Paypal Sesuai Kebutuhan Kamu

Pada saat pertama kali kamu membuka Paypal, nantinya kamu akan diberikan pertanyaan terkait akun kamu. Disitu terdapat 2 opsi, yakni Membeli atau Menerima Pembayaran. Pilih salah satu.

c. Mengisi Data Pribadi

Tentu kamu harus mengisi data pribadi lengkap kamu sebelum menggunakan Paypal, seperti Alamat Email, Nama dan lain-lain.

d. Melakukann Pengisian Terhadap Saldo Akun Paypal

Jika kamu sudah selesai melakukan pendaftaran, maka selanjutnya kamu sudah dapat langsung melakukan pengisian terhadap saldo Paypal dengan memasuki tab Wallet.

e. Masukkan No. Kartu Kredit yang Kamu Gunakan

Selanjutnya, setelah kamu memasuki mennu Wallet tersebut, kamu pun dapat menambah kartu kredit yang akan digunakan selama melakukan pembayaran nantinya.

Jika sudah begitu, selamat, akun Paypal kamu berhasil dibuat dan dapat digunakan. Ngomong-ngomong, kamu juga dapat menambah saldo Paypal tanpa harus menggunakan kartu kredit.

Apabila kamu masih belum memiliki kartu kredit, kamu dapat menggunakan alternatif lain dari jasa Kartu Kredit Virtual atau Virtual Credit Card (VCC). Sudah banyak orang yang menawarkan VCC dengan harga terjangkau, dengan begitu kamu dapat menggunakan Paypal tanpa harus memiliki kartu kredit.

Jika kamu belum mengetahui VCC, akan saya jelaskan sedikit. Jadi, VCC ini mempunyai kesamaan dengan kartu kredit yang biasa kita gunakan, pasalnya VCC juga sama-sama memiliki identitas nomor 16 digit, serta 3 digit akhir yang mana merupakan card verification value atau dikenal denngannn CVV.

Kemudian tentu juga pasti ada yang namanya expired date card. Sedangkan untuk masalah perbedaannya, apabila kartu kredit ini memiliki bentuk fisik, sedangkan untuk VCC atau virtual credit card kamu sendiri bahkan tidak dapat memegangnya secara fisik karena sifatnya sendiri adalah virtual.

Kemudian untuk yang lainnya, VCC ini hanya dapat kamu gunakan apabila kamu masih menyisakan sedikit saldo di dalamnya, dan VCC juga hanya dapat digunakan untuk transaksi melalui dunia maya saja.

Selain daripada itu VCC ini tidak mengenal yang namanya cashback, point atau program promo lainnya. Meskipun tidak terelakan lagi, bahwa VCC sangat terkait dengan Paypal meskipun VCC dan Paypal memiliki fungsi yang berbeda.

Kemudian untuk masalah verifikasi, hingga saat ini proses kegiatan verifikasi terbilang relatif aman dan juga cepat, kamu hanya memerlukann waktu kurang dari 1 hari (menggunakan VCC), sedangkan jika kamu menggunakan kartu kredit bisa menghabiskan waktu sampai 3 – 4 hari.

Dibalik bermanfaatnya Paypal ini, ada kekurangan yang cukup berpengaruh terhadap kesan penggunanya terkait pandangan terhadap Paypal itu sendiri. Dimana kurangnya layanan pelanggan yang baik.

Apabila kamu mengalami masalah dengan hal pembayaran, cukup sulit untuk menemukan nomor telepon kontak pada official website-nya, juga email-nya pun biasanya merespon dengan balasan otomatis daripada masukan yang membantu.

Hal tersebut akan menjadi sangat sulit untuk menegosiasikan website jika kamu ingin membatalkan langganan melalui Paypal.

Kemudian jika kamu mengalami perselisihan dengan seseorang dan pembayaran ditangani oleh PayPal, maka mereka akan mengambil alih langsung proses arbitrase yang dapat memakan waktu yang sangat lama.

Sekian pembahasan Cara Membuat Akun Paypal yang kami berikan. Jika ada masalah silahkan langsung komentar pada kolom yang sudah disediakan. Jangan lup baca artikel kami lainnya, salah satunya adalah 4 Rekomendasi HP RAM 3GB Tahun 2019.

Komentar disini