6 Cara Format Flashdisk yang Benar Dengan Mudah

6 Cara Format Flashdisk yang Benar Dengan Mudah

Kalimat.ID – 6 Cara Format Flashdisk yang Benar Dengan Mudah, Flashdisk adalah alat portabel yang menjadi media andalan untuk hal penyimpanan data.

Tapi benda mungil ini kadang kala mengalami masalah tersendiri mulai dari terkena virus, perubahan akses penggunaan dan juga penggunaan space yang tidak sesuai karena banyak-nya file sistem sampah yang memunuhi perangkat tersebut.

Ada sangat banyak cara untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, mulai dari pembersihan dengan antivirus serta pemformatan ulang flashdisk.

Beda Platform beda pula cara pembersihan-nya, pada dasarnya saja format yang di gunakan pada sistem operasi mac sudah berbeda dengan yang di gunakan oleh sistem operasi windows.

Oleh karena itu di bawah ini akan di jelaskan 6 cara format flasdisk dengan mudah yang mencakup tutorial yang dapat digunakan untuk sistem operasi Mac, Ubuntu dan Windows.

Cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected Terbaru

Write Protected adalah masalah akses pengguna yang sangat sering terjadi pada perangkat portabel seperti flashdisk.

Hal ini dapat terjadi karena di sebabkan oleh virus yang mengubah susunan pada register sistem operasi kalian, lebih tepatnya mungkin pengubahan pada Device Policy di register kalian yang menyebabkan ReadOnly saja.

Untuk menyelesaikan masalah ini kalian dapat melakukan cara format flashdisk write protected melalui Command Prompt pada Windows kalian.

Sebenarnya kalian dapat memperbaiki masalah ini melalui Registry Editor yang telah di sediakan oleh Windows kalian, hanya saja menggunakan Command Prompt lebih mudah di bandingkan menggunakan Regedit tersebut.

Berikut ini cara memperbaiki flashdisk write protected:

  1. Buka Command Prompt kalian dan jangan lupa Run As Administrator, Klik kanan logo start dan pilih Command Prompt (Admin) jika menggunakan OS Windows 10
  2. Silahkan anda masuk pada manajemen penyimpanan kalian, ketik perintah DISKPART

    DISKPART
    DISKPART
  3. Selanjutnya adalah menampilkan perangkat penyimpanan yang tersedia, ketik perintah LIST DISK maka list perangkat akan di tampilkan

    LIST DISK
    LIST DISK
  4. Di sini kalian ketik perintah SELECT DISK nodisk, Pada kasus ini disk flashdisk yang saya gunakan mempunyai nomor yaitu 1

    Selecting DISK
    Selecting DISK
  5. Selanjutnya kalian ketik perintah ATTRIBUTES DISK CLEAR READONLY, jika berhasil akan terlihat seperti gambar dibawah

    Bersihkan Atribut
    Bersihkan Atribut
  6. Lalu selanjutnya lakukan pengecekan apakah readonly sudah hilang atau belum dengan perintah ATTRIBUTES DISK
  7. Selanjutnya lakukan pemformatan flashdisk dengan mengetikan perintah CLEAN
  8. Buat partisi untuk flashdisk kalian ketik CREATE PARTITION PRIMARY
  9. Select kembali flashdisk kalian SELECT DISK 1 pada kasus ini
  10. Terakhir aktifkan perangkat flashdisk kalian dengan mengetikan perintah ACTIVE

    Pengosongan Data
    Pengosongan Data
  11. Masukan perintah format FORMAT FS=FAT32 LABEL=”KalimatID” QUICK atau FORMAT FS=FAT32 LABEL=”kalimatid” QUICK
  12. Selanjutnya berikan huruf partisi flashdisk anda dengan perintah ASSIGN LETTER=K

    Formatting Disk
    Formatting Disk

Nah setelah melakukan langkah-langkah di atas seharusnya flashdisk kalian sudah sehat seperti awal baru di beli. Nah jika flashdisk kalian gagal dalam proses pemformatan silahkan anda coba cara dibawah yang tetap menggunakan CMD.

Cara Format Flashdisk Menggunakan CMD

Cara ini singkat saja dan dapat kalian gunakan pada versi windows xp keatas, Silahkan disimak cara format flashdisk menggunakan Command Prompt di bawah:

  1. Buka CMD dalam mode Run As Administrator, klik kanan logo start dan pilihlah Command Prompt (Admin) jika kalian menggunakan OS Windows 10
  2. Silahkan ketikan perintah DISKPART
  3. Tampilkan List perangkat penyimpanan yang ada pada laptop kalian dengan perintah LIST DISK
  4. Selanjutnya pilih disk yang akan di format langsung Contoh SELECT DISK 1
  5. Lalu langsung saja ketik perintah CLEAN untuk menghapus seluruh data yang tersimpan pada perangkat penyimpanan tersebut
  6. Langkah selanjutnya membuat partisi CREATE PARTITION PRIMARY
  7. Jika masih dalam ke adaan memilih partisi nomor 1 maka langsung ke langkah selanjutnya jika tidak, ketik perintah SELECT DISK 1 lagi sebelum lanjut
  8. Lalu aktifkan partisi dengan cara mengetikan perintah ACTIVE
  9. Lakukan proses format dengan mengetikan perintah FORMAT FS=FAT32 LABEL=”KalimatID” QUICK atau FORMAT FS=FAT32 LABEL=”kalimatid” QUICK

    setting partisi
    setting partisi
  10. Terakhir atur Assign Letter flashdisk kalian, ASSIGN LETTER=K huruf k dapat diubah sesuai keinginan kalian

Selanjutnya muncul pertanyaan gimana kalau virus masih menempel pada flashdisk? gimana cara format flashdisk yang terkena virus tersebut? nah hal itu akan di jelaskan pada penjabaran selanjutnya di bawah.

Cara Format Flashdisk yang Terkena Virus

Untuk perangkat portabel yang masih terkena virus, kalian dapat mencoba langkah dibawah ini:

  1. Kenali virus yang ada pada perangkat, jika virus tersebut sejenis sality kalian dapat membersihkan flashdisk tersebut dengan tools sality killer. jika virus yang ada hanya virus kecil biasa gunakan antivirus sekelas Windows Defender seperti Avast, BITDefender atau yang simpel gunakan Smadav
  2. Lakukan scanning secara penuh pada partisi flashdisk kalian
  3. Selanjutnya kalian cukup melakukan format dengan cara Klik Kanan pada Partisi -> Pilih Format -> Setting Format dan Nama -> Tekan Format/Start , atau kalian dapat menggunakan Command Prompt seperti yang telah di jelaskan di atas
  4. Tunggu proses format selesai dan coba cabut dan pasang ulang flashdisk anda

Nah gimana sudah berhasil membersihkan sekaligus melakukan formatting pada flashdisk kalian? Beda Platform maka Beda Proses nah itulah sebabnya pada artikel ini akan di singgung pula cara format flashdisk pada sistem operasi iOS pada MAC dan juga Ubuntu.

Cara Format Flashdisk di MAC

Mac adalah perangkat dari perusahaan paling bernilai di dunia yaitu Apple, mereka menggunakan format flashdisk khusus yang dapat digunakan.

Berikut Cara Melakukan Format Flashdisk pada MAC:

  1. Buka aplikasi Disk Utility kalian dapat menggunakan bantuan Spotlight
  2. Klik partisi yang akan di format dalam kasus ini adalah flashdisk kalian
  3. Klik tombol Erase yang terdapat pada bagian atas
  4. Pilih Nama dan Format yang akan kalian gunakan seperti MAC OS Extended (Journaled), MAC OS Extended (Case Sensitive, Journaled), MS-DOS (FAT), ExFAT atau APFS

    Setting Format dan Skema
    Setting Format dan Skema
  5. Selanjutnya lakukan setting skema yang akan di gunakan, tersedia 3 Skema yaitu GUID Partition, Master Boot Record dan Apple Partition Map
  6. Jika sudah selesai dalam pemilihan dan setting skema maka silahkan anda klik Erase dan proses formatting akan langsung di jalankan

    Hasil Format
    Hasil Format

Nah selesai untuk platform MAC kita melangkah ke Distro dari sistem operasi Unix yaitu sistem operasi Linux Ubuntu.

Cara Format Flashdisk di Linux Ubuntu

Dalam hal pemformatan flashdisk di ubuntu terlihat sangat mirip dalam proses format flashdisk menggunakan Command Prompt pada Windows.

Pada platform ubuntu kita akan menggunakan software bawaan yang bernama terminal dalam rangka melakukan format flashdisk pada distro linux ini.

Berikut Cara Format Flashdisk di Ubuntu:

  1. Buka terminal kalian terlebih dahulu
  2. Masuklah dalam mode Admin (Login)
  3. Selanjutnya kalian ketik perintah $sudo fdsik-l untuk mencari tahu lokasi flashdisk pada device boot
  4. Selanjutnya lakukan unmount pada flashdisk tersebut menggunakan perintah $sudo unmount “letak flsdisk”
  5. Selanjutnya adalah memasukan perintah untuk pembersihan flashdisk alias pemformatan flashdisk kalian dengan memasukan perintah $sudo mkfs.vfat /dev/sdb1

Cara Format Flashdisk ExFAT ke Fat32

Setelah memahami tutorial sebelumnya maka saya anggap flashdisk kalian sudah sehat, dan sebagai bonus akan di tuliskan pula cara format flashdisk ExFAT menjadi Fat32.

Menurut wikipedia exFAT (singkatan dari Extended File Allocation Table, atau seringkali salah disebut sebagai FAT64) adalah sebuah sistem berkas proprietary yang cocok untuk digunakan oleh media-media penyimpanan berbasis memori flash.

Selanjutnya adalah mengubah format ExFAT menjadi format Fat32 dengan mudah. dapat kalian simak tutorial-nya di bawah ini:

  1. Silahkan buka Windows Explorer kalian
  2. Klik kanan pada partisi flashdisk kalian dan pilih Format
  3. Lakukan pengaturan seperti pada gamba dibawah

    Format ke FAT32
    Format ke FAT32
  4. Tunggu proses dan selesai

Nah gimana cara format flashdisk-nya? dari rangkuman di atas dapat disimpulkan bahwa melakukan format terhadap perangkat portabel eksternal itu sangatlah mudah dan dengan proses yang juga terbilang cepat.

Dan hampir di setiap platform mempunyai cara yang mirip satu sama lain, hanya saja proses atau skema alur formating di setiap os pasti mempunyai perbedaan.

Nah sampai sini saya rasa sudah sangat jelas perihal cara format flashdisk mulai dari menggunakan CMD, Mengatasi virus, Pemecahan masalah Write Protected, Format Flashdisk (FD) pada MAC, Format Flashdisk melalui Terminal Ubuntu dan juga pengubahan format ExFAT menjadi FAT32, Jadi sekian dulu dan terima kasih telah berkunjung.

Komentar disini