Biografi Steve Jobs Sang Pendiri Perusahaan Apple

Biografi Steve Jobs
28 Jun 2004, San Francisco, California, USA --- Apple Computer Inc. Chief Executive Officer Steve Jobs gives a keynote speech during the Apple Developers Conference. Apple announced a new 30-inch flat panel display and previewed the latest version of its Mac OS X operating system "Tiger." --- Image by © Kim Kulish/Corbis

Kalimat.IDBiografi Steve Jobs (Steven Paul Jobs) merupakan pendiri perusahaan Apple, lahir di San Francisco Amerika Serikat tanggal 24 Februari 1955, wafat di Palo Alto California Amerika Serikat pada 5 Oktober 2011.

Steve Jobs merupakan pendiri perusahaan Apple dan mantan CEO Apple Inc, sebelumnya juga Steve Jobs pernah menjadi pejabat di Pixar Studio Animasi, menjadi direktur The Walt Disney pada tahun 2006, pada akhir tahun 1976-an Jobs bersama rekannya Steve Wozniak, Mike Markkula mendirikan Apple.

Tahun 1980-an Jobs melihat peluang usaha dari penggunaan grafis pada komputer yang digerakkan tetikus PARC xerox yang menjadi cikal bakal dari Macintosh. Setelah kalah melawan direktur awal tahun 1984 Jobs mengundurkan diri dari Apple Inc dan mendirikan Next sebuah perusahaan dibidang software.

Biografi Steve Jobs Singkat

steve jobs
Image by: befren.com

Biografi Steve Jobs mendirikan Apple Computers dengan rekan bernama Steve Wozniak dibawah pembinaan Jobs Apple mempelopori serangkaian teknologi Apple seperti Iphone dan Ipad. Jobs adalah penemu dan perancang juga wirausahawan dari Amerika dan merupakan Co Founder, CEO dan Chairman dari Aplle Inc.

Produk dari Apple sendiri meliputi dari iPod, iPhone, Ipad dan Mac Book serta teknologi lainnya yang dikembangkan dari perusahaan ini. Jobs dan Wozniak merupakan dua mahasiswa pascasarjana di University Of Wisconsin dan keluar dari Universitas untuk melakukan sebuah eksperimen sebelum mendirikan Apple pada tahun 1976.

Biografi Steve Jobs meninggalkan perusahaan Apple pada tahun 1985, lalu mendirikan Pixar Studio, lalu kembali lagi setelah satu dekade meninggalkan Apple, Jobs wafat tahun 2011 setelah menempuh pertempuran hebat melawan kanker pankreas.

Sejak kecil Steve diadopsi oleh pasangan Paul dan Clara yang tinggal di Santa Clara California. Dua pasangan ini (orang tua angkat) memberikan nama Steve Jobs, tak lama setelah Steve diadopsi, orang tua kandung Steve menikah lagi dan memiliki anak Mona Simpson (Adik Angkat Steve Jobs), pada usia 27 tahun baru ia tau latar belakang orang tua kandungnya.

Biografi Steve Jobs menempuh sekolah menengah pertama dan menengah atas di Curpetino California, setelah pulang sekolah Steve mengajar di Hewlett Packard (HP) merupakan sebuah perusahaan Komputer terbesar di Amerika terletak di Palo Alto California, maka di sinilah ia bertemu dengan rekan abadi nya Steve Wozniak dan menjalani pekerjaan paruh waktu di HP (Hewlett Packard).

Tahun 1972 Steve lulus sekolah menengah atas di Homestead Cuertino California, dan kuliah di Reed College Portland Oregon namun ia drop out alias keluar satu semester pertama. Pada musim gugur tahun 1974 Steve kembali ke California dan mulai menghadiri pertemuan “Homebrew Computer Clob dengan Steve Wozniak”.

Steve Jobs dan Steve Wozniak bekerja di Atari Inc sebuah perusahaan software bidang game, jabatan Steve sebagai perancang permainan, didalam pikiran ia saat itu adalah mengumpulkan uang untuk bisa melakukan perjalanan spiritual ke India. Jobs melakukan perjalanan spiritualnya bersama Reed College, Daniel Kottke dan dua rekannya ini menjadi pegawai pertama di Apple Inc.

Steve Jobs mendirikan Apple di tahun 1976 pada usia 21 tahun, dan usia Steve Wozniak 26 tahun mereka berdua mendirikan Apple Inc di garasi milik keluarga Jobs, komputer pertama yang dirancang dua sejoli ini dinamai Apple I, komputer ini dijual dengan harga 666.66 USD.

Pada tahun 1977 Jobs dan Wozniak memperkenalkan Apple II dan sukses besar di pasaran dan merupakan industri komputer pribadi, tahun 1980-an Apple Inc mendaftarkan perusahaannya di bursa efek, pada tahun ini juga Apple memperkenalkan Apple III walaupun tidak se-sukses Apple II.

Pada tahun 1983 seiring perkembangan Apple Inc perusahaan ini mulai mencari pemimpin baru untuk membantu perkembangan dari perusahaan. Jobs menunjuk Jhon Sculley dari perusahaan Pepsi-Cola untuk memimpin perusahaan Apple, Steve Jobs memberikan tantangan dan berkata “apakah kamu akan menjual minuman berkarbon seumur hidupmu? Atau maukah kamu mengubah dunia ini?”.

Awal tahun 1984-an Apple memperkenalkan Macintosh komputer pertama milik Apple yang berhasil masuk ke-pasaran dengan menghadirkan antarmuka grafis (User Interface), pada tahun ini juga Apple mengeluarkan Lisa teknologi maju kala itu namun gagal dalam pasar.
Pengembangan Macintosh atau Mac dicetus oleh Jef Raskin dan timnya dengan

menggunakan teknologi yang sudah ada seperti yang dikembangkan oleh Xerox’s PARC. Pada awal kesuksesan Mac membuat Apple menelantarkan Apple II dipasaran demi ambisi mengembangkan produk Mac yang bertahan hingga sekarang.

Steve Jobs pada tahun 1985 dikeluarkan dari Apple Inc oleh Sculley walaupun Steve Jobs sangat kharismatik dan memegang peran penting bagi Apple, banyak yang menganggap Steve sering berubah pikiran dan ber-emosi tinggi.

Dalam buku Steve Jobs setelah keluar dari Apple Inc Jobs mendirikan perusahaan nExt Komputer seperti Lisa, Next tergolong maju dibandingkan pengembangan Lisa saat Steve masih di Apple, namun tidak terkenal dipasaran, namun cukup terkenal di lingkup para sainstech.

Tahun 1996 Apple membeli Next seharga 402 juta USD dan membawa kembali Jobs ke perusahaan yang ia dirikan, pada tahun 1997 Jobs kembali memimpin sementara Apple setelah kepergian Gil Amelio. Banyak teknologi yang dikembangkan oleh Next diaplikasikan di Apple maka terciptalah Mac OS X, dibawah kepemimpinan dia Jobs memperkenalkan dan menjual iMac.

iMac merupakan komputer yang dijual oleh Apple dengan mengutamakan penampilannya sejak itu penampilan menarik dan merk terkenal telah memberikan keuntungan besar bagi Apple, kini Apple tak hanya berfokus pada piranti keras (Hardware) dia juga merambah ke dunia piranti lunak seperti iTunes, iTunes Music Store, piranti lunak ini juga didukung oleh piranti keras seperti iPod.

Suksesnya Apple ditangan Steve Jobs

Biografi Steve Jobs bekerja di Apple Inc beberapa tahun dengan gaji terendah hanya 1$ per-tahunnya, karena ini dia tercatat di Books Guinness World Records sebagai pemimpin perusahaan teknologi terendah. Setelah Apple meraih laba penjualan sebesar 219 juta USD perusahaan Apple melepas gelar pemimpin sementara Apple untuk Steve Jobs.

Steve Jobs sangat dikagumi oleh semua kalangan juga para pegawainya, dengan keahliaan dalam meyakinkan orang menjadi salesman unggul karena ini dia di juluki “Reality distortin Field” hal ini diperkuat saat ia memberikan Keynote Speeches Apple Expose.

Steve Jobs Meninggal

steve jobs meninggal

Lisa Brennan Jobs menceritakan detik detik terakhir Steve Jobs sebelum ia wafat, dalam sebuah buku memorinya yang berjudul Small Fry, meminta maaf kepada Lisa karena ia menyia-nyiakan Lisa yang tak diakui sebagai putri kandungnya.

Sang pendiri Apple meninggal pada tahun 2011, disaat terakhir Steve Jobs Lisa selalu hadir disisi Jobs, ia menceritakan ayahnya sangat kurus kering dan sukar untuk makan, “aku sangat gembira kamu ada disini” ia mengatakan kepada Lisa disaat-saat ia menemani dirinya.

Lisa menulis dalam Bukunya Small Fry Steve mengatakan sambil menangis dalam percakapan mereka Jobs mengungkapkan penyesalan nya “aku sangat menyesal tidak menghabiskan cukup waktu bersamamu ketika kamu masih kecil, aku harap aku masih punya banyak waktu, namun sekarang sudah terlambat” ucapan Jobs sambil mata berkaca-kaca, Lisa hanya melihat Steve menangis dua kali, ketika Kakek-nya meninggal dan menonton Cinema Paradiso di bioskop.

Buku Small Fry mulai beredar di Amerika pada tangga 4 September, buku ini secara besar menggambarkan pasang surut hubungan Lisa dengan sang Ayah yang tak sempat mengakui dirinya sebagai anak kandungnya.