Biografi Bj Habibie Lengkap, Singkat dan Jelas

Biografi Bj Habibie

Kalimat.ID – Biografi dari BJ Habibie ini menjelaskan tentang berbagai macam hal secara lengkap termasuk saat beliau menjabat sebagai seorang Presiden Republik Indonesia pada urutan yang ketiga. Beliau ini sudah dikenal sebagai tokoh yang mempunyai kecerdasan.

Saat itu beliau memang pernah belajar sebuah teknik penerbangan bahkan juga spesialisasi dalam hal konstruksi pesawat terbang hingga akhirnya beliau pun ternyata mampu merakit pesawat Indonesia kala itu. Lebih jelasnya lagi mari kita simak saja Biografi BJ Habibie di bawah ini.

Bacharuddin Jusuf Habibie ini merupakan nama lengkap dari BJ Habibie. Beliau dilahirkan pada 25 Juni 1936 di Kota Pare-Pare Provinsi Sulawesi Selatan. Biografi BJ Habibie konon sudah menempuh pendidikan masa SMA pada SMAK Dago yang berada di kota Bandung pada tahun 1954. Selanjutnya beliau pun mengambil keputusan untuk menempuh pendidikan di Institut Teknologi Bandung. Hanya saja selama beberapa bulan di ITB justru beliau akhirnya mengambil sebuah keputusan untuk mengikuti jejak dari temannya dengan melanjutkan sekolah di negara Jerman.

Saat beliau melanjutkan kuliahnya di Jerman, tak sedikitpun beliau memanfaatkan beasiswanya yang sudah ia dapatkan dari Menteri Pendidikan dan Juga Kebudayaan. Beliau justru memilih menggunakan biaya sendiri yang sudah ia dapatkan dari sang ibunda yang bernama R.A.Tuti Marini Puspowardojo. Mengingat pesan yang ia dapatkan dari Bung Karno tentang penguasaan teknologi yang sudah berwawasan nasional maka BJ Habibie pun di berikan sebuah kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di Jerman.

Saat itu BJ. Habibie telah masuk dalam rombongan yang kedua diantara banyaknya pelajar SMA yang memang secara khusus di kirim dari berbagai macam negara. Kemudian BJ Habibie ini menentukan pilihan untuk mengambil jurusan Teknik Penerbangan.

Mengenal Lebih Jauh Kehidupan Kuliah Saat di Jerman

Biografi BJ Habibie mengambil keputusan untuk melanjutkan pendidikannya di luar negeri buka semata-mata ingin kursus yang terbilang kilat namun beliau memilih sekolah dalam kurun waktu bertahun-tahun lamanya. Mulai dari awal Bj Habibie ini mulai tertarik dengan yang namanya HOq to build commercial aircraft untuk rakyat Indonesia. Dari sanalah mampu memunculkan berbagai macam perusahaan yang terbilang strategis sekali. Mulai dari IPTN, PT PAL dan lain sebagainya.

Hingga akhirnya saat beliau telah tiba di Negara Jerman, Biografi BJ Habibie memiliki semangat yang membara saat berada di perantauan bahkan tekadnya pun kuat bahwa ia harus pulang membawa kesuksesan. Mengingat jerih payah ibunya yang sudah membiayai kuliahnya bahkan juga kehidupan kesehariannya. Setelah beberapa tahun kemudian pada tahun 1955 saat berada di Aachean hamper 99% dari para mahasiswa Indonesia di beri beasiswa secara penuh. Hanya Bj Habibie yang memiliki paspor hijau berbeda dengan teman lainnya.

Saat musim liburan telah tiba ia lebih memilih mengikuti ujian bahkan mencari uang hanya untuk membeli buku. Saat masa liburannya telah usai, seluruh kegiatan pun akhirnya disingkirkan kecuali untuk kegiatan belajar. Bisa dibilang BJ Habibie ini memang berbeda sekali dengan teman yang lainnya.

Teman lainnya memang lebih suka memanfaatkan hari liburnya dengan bekerja bahkan mencari sebuah pengalaman dan uang tanpa harus mengikuti ujian. Lalu pada tahun 1960, Biografi Bj Habibie akhirnya mampu meraih sebuah gelar diploma dengan sebuah predikat cumlaude bias dikatakan sempurna sekali karena nilai rata-ratanya sudah mencapai angka 9,5.

Dengan sebuah gelar barunya yakni insinyur akhirnya BJ Habibie pun berani mendaftar untuk bisa bekerja pada Firma Talbot yakni sebuah industry kereta api yang berada di Negara Jerman. Hingga akhirnya beliau lebih memilih menempuh pendidikan supaya mampu meraih gelar doctor . gelar ini memang sudah menjadi impiannya sejak dulu. Pada tahun 1962 Bj Habibie memutuskan menikah dengan Hasri Habibie dan memboyongnya ke negara Jerman.

Nyatanya kehidupannya saat berada di Jerman memang kerasa sekali. Bayangkan saja saat pagi hari Bj Habibie harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki menuju ke tempat kerja dengan sebuah alasan ingin menghemat biaya. kemudian pulang malam setelah itu belajar untuk kuliahnya. Meskipun kehidupanna penuh liku-liku namun saat akhir hidupnya beliau mampu mendapatkan suatu hal yang amat manis yakni pulang ke Negara Indonesia dan mampu membuat pesawat Indonesia hingga akhirnya beliau pun di lantik menjadi Presiden Republik Indonesia.

Mengenal Kisah Masa Kecilnya BJ Habibie

BJ Habibie merupakan anak yang keempat dari delapan saudaranya. Bj Habibie pun mampu tumbuh dalam sebuah keluarga yang religious sekali dimana ayahnya sering membacakan sebuah ayat suci Al-Qur’an mulai dari beliau kecil. Bj Habibie pun memberikan pendapat bahwa bacaan ayat suci yang sudah dilantunkan oleh sang ayah mampu membuatnya merasa lebih tenang.

Jadi bukan hal yang mengherankan lagi apabila sang ayah sering membacakan ayat suci Al-Qur’an untuknya sampai satu bahkan juga dua juz. Pastinya dari kebiasaannya mendengarkan Al-Qur’an sejak kecil ini bisa membawa dampak positif dalam kehidupannya. Bahkan saat Bj Habibie sudah menginjak usia 3 tahun, beliau pun sudah mampu membaca Al-Qur ‘an dengan baik.

Riwayat Pendidikan Dari Biografi BJ Habibie

Biografi BJ Habibie kali ini juga menjelaskan tentang riwayat pendidikan Biografi BJ Habibie. Sejak memasuki sekolah, otak dari Bj Habibie ini memang sudah terbilang cerdas. Tetapi sayangnya saat usianya menginjak 14 tahun sang ayah sudah meninggalkannya lantaran meninggal dunia karena penyakit serangan jantung yang sudah ia derita. Karena sang ayah sebagai kepala keluarga telah meninggal dunia, maka ibundanya pun harus menggantikan perannya bahkan ia berjuang lebih ekstra menanggung semua biaya hidup dari anggota keluarganya.

Hingga akhirnya ibunda pun mengambil sebuah keputusan untuk menjual rumahnya dan memilih pindah ke Bandung. Masa mudanya Habibie ini menempuh pendidikan pada SMAK Dago kemudian dilanjutkan dengan kuliah di ITB yang saat itu namanya masih Universitas Indonesia Bandung dengan mengambil sebuah jurusan Teknik Mesin.

Saat kuliahnya di ITB masih belum selesai, beliau pun berhasil mendapatkan beasiswa dari Mendikbud untuk melanjutkan pendidikannya di Jerman. Saat itu memang masa pemerintahan Presiden Soekarno dimana pemerintah kala itu memang banyak membiayai anak bangsa supaya mampu sekolah ke luar negeri. Ada banyak ratusan pelajar bahkan saat itu Bj Habibie sudah masuk dalam rombongan kedua yang nantinya akan di kirimkan ke luar negeri.

Sebetulnya pendidikan yang telah ditempuh oleh Bj Habibie saat berada di luar negeri ini bukanlah sebuah kursus melainkan pendidikan selama bertahun-tahun sembari bekerja secara praktik. Pada awalnya beliau ini hanya tertarik membangun pesawat komersial saja sesuai dengan ide yang telah dimiliki oleh Presiden Soekarno kala itu.

Ia telah memunculkan sebuah perusahaan PT PAL dan salah satunya ternyata IPTN. Saat berada di Jerman, Habibie ini memang bertekad kuat nantinya bisa sukses dengan melihat jerih payah dari ibundanya sudah membiayai semua pendidikan sekaligus kehidupannya di sana.

Menariknya pada tahun 1960, Bj Habibie ini berhasil meraih sebuah gelar diploma di Jerman dari Technische Hochschule dengan sebuah predikat yang sempurna dan hasil nilai rata-ratanya adalah 9,5 mengagumkan sekali bukan. Dengan gelarnya sebagai Insinyur ini, akhirnya beliau pun memberanikan diri mendaftar untuk bekerja di Firma Talbot salah satu industri kereta api yang ada di Jerman. Kala itu, Firma Talbot memang sedang membutuhkan wagon dalam jumlah yang besar. Talbot ini membutuhkan wagon yang berjumlah 1000 hingga akhirnya Bj Habibie berusaha keras untuk mengaplikasikan cara konstruksi dalam hal pembuatan sayap pesawat kemudian diterapkannya pada wagon dan hasilnya pun berhasil.

Pada tahun 1962, akhirnya Bj Habibie ini mengambil keputusan untuk menikah dengan Hasri Ainun Habibie dan akhirnya sang istri pun ikut di boyong ke negara Jerman. Kehidupannya kala itu memang serba kesulitan dimana beliau sering berjalan kaki untuk sampai di tempat kerjanya meskipun bisa dikatakan jaraknya begitu jauh. Hal ini dikarenakan beliau memang ingin menghemat angka pengeluarannya. Di samping itu Habibie ini juga harus pulang malam meskipun akhirnya ia tetap harus belajar untuk pendidikannya.

Sang istri pun ternyata merasakan sebuah perjuangan yang sama dimana beliau juga harus mengantri mencuci baju hanya untuk menghemat uangnya. Saat sudah berjuang dengan studinya, Bj Habibie ini pun berhasil meraih sebuah gelar Doktor Ingenieur dengan nilai rata-ratanya yang sudah mencapai angka 10.

Inilah Prestasi yang Sudah di Raih BJ Habibie

Biografi BJ Habibie kali ini juga menjelaskan tentang beragam prestasi yang sudah diraih oleh BJ Habibie selama belaiu sekolah. Adapun untuk rangkaian prestasi yang sudah diraih oleh Bj Habibie ini diantaranya:

1. Sebagai penggagas sebuah desain awal dari pesawat prototype DO-31. Dimana pesawat ini akhirnya dibeli oleh Nasa.
2. Mampu meraih sebuah Von Karman Award tahun 1992 setelah hak patennya ini dipergunakan oleh perusahaan yang membuat pesawat terbang untuk memproduksi pesawat yang mereka miliki.
3. Menjadi satu-satunya sosok orang Asia yang berhasil meraih Edward Warner Award atas kontribusinya pada sebuah penerbangan sipil.
4. Mempunyai 46 hak Paten yang ada dalam bidang aeronautika.
5. Mendapatkan sebuah julukan sebagai Mr Crack sebab beliau mempunyai keahlian mampu menghitung crack propagation on random hingga atom yang ada pada pesawat terbang.

Quotes Paling Keren Dari Biografi BJ Habibie

Biografi BJ Habibie kali ini juga akan membahas mengenai Quotes keren dari Bj Habibie yang kini di sajikan berikut ini:

1.MENJALANI HIDUP DENGAN SERIUS, BAHAGIA PUN SECARA TERUS-MENERUS
“Hiduplah layaknya kamu besok akan mati. Dan berbahagialah layaknya kamu mampu menjalani kehidupan selamanya”

Nasehat yang dilontarkan oleh Bj Habibie ini mungkin saja sudah sering kita dengar. Alangkah baiknya selama masa hidupmu janganlah terlalu menyiakan waktu begitu saja.

Dimana waktu memang berharga sekali. Menjalani kehidupan dengan lebih serius seakan hari esok nanti kamu mengalami kematian.Tetapi jika berkaitan dengan kebahagiaan, alangkah baiknya berbahagia juga layaknya tidak pernah menemukan sebuah permasalahan.

2. TIDAK PERLU LAGI MENJADI ORANG SEMPURNA

“Tak perlu menjadi orang sempurna melainkan menemukan orang yang akan membuatmu selalu bahagia sekaligus menjadikanmu semakin berarti dibandingkan siapapun”.

Kita sebagai manusia memang tidak sempurna, karena sempurna itu hanya milik Tuhan.Harusnya konsep yang dimiliki manusia cukuplah hari ini haruslah lebih baik dari hari kemarin. Dimana kamu juga harus menemukan orang yang mampu melengkapi segala kekurangan. Inilah kesempurnaan dari manusia.

3. PINTAR MENGINVESTASIKAN UANG

“Kunci dari kebahagiaan tergantung bagaimana caramu menggunakan uang untuk pengalaman bukan hanya keinginan”

Perlu kamu tahu bahwa sesuatu yang mahal di dunia ini tentu saja sebuah pengalaman. Keinginan kadangkala bisa menjadi penghancur apa yang telah diraih. Orang yang cerdas tentunya lebih memilih mengalokasikan harta yang sudah dimiliki untuk sesuatu yang mampu memberikan efek jangka panjang.

4. SEBETULNYA NAMANYA HINAAN HANYALAH PUJIAN

“Saat ada seseorang yang menghina kamu, sejujurnya itu hanyalah sebuah pujian, selama ini mungkin saja ia sudah menghabiskan waktunya untuk memikirkan kamu. Meskipun kamu tidak berpikir tentang mereka”.

Saat ada seseorang yang memandang sebuah keburukan tentangmu, coba saja memikirkan lebih dalam, itu tandanya mereka terlalu mengamati setiap kesalahanmu. Selain itu segala hal yang sudah dikatakan oleh seseorang kepada dirimu itu hanyalah perkataan semata. Mungkin saja dia justru lebih buruk dari apa yang sudah ia katakan.

5. CINTA MERUPAKAN SEBUAH KEIKHLASAN

“Namanya cinta itu memang keikhlasan. Tiada lagi paksaan atau bahkan sebuah rasa pelampian”.

Inilah yang dinamakan dengan cinta sejati, mungkin saja bisa dikaitkan dengan kisah cinta Bj Habibie dan Ainun dalam menjalin kasihnya. Cinta tanpa adanya pamrih, tidak meminta sebuah imbalan bahkan tidak ada rasa terpaksa.

6. ANTARA KECERDASAN DAN CINTA MEMANG HARUS SEIMBANG

“Tanpa adanya cinta, kecerdasan memang berbahaya dan tanpa adanya kecerdasan, cinta pun tidak akan pernah cukup”.

Ternyata ada dua makna yang terdapat pada quotes BJ Habibie ini, pertama namanya kecerdasan kadangkala menjadi cara yang mampu menghalalkan berbagai macam cara supaya mampu meraih keinginannya.Sedangkan makna yang kedua terkait segala sesuatu itu sudah pasti ada ilmunya termasuk dengan cinta. Apabila cinta tidak ada ilmunya pastinya akan terasa hampa.

7.NAMANYA PASANGAN HARUS SALING MELENGKAPI

“Kekurangan yang ada pada pasangan, harusnya mampu menjadikan hubunganmu saling melengkapi antara keduanya”.

Setiap manusia sudah pasti memiliki kekurangan.Dimana namanya pasangan memang harus saling melengkapi antara satu dengan lainnya. Seperti halnya quote yang sudah diungkapkan oleh BJ Habibie ini.

8. KITA HARUS MAMPU MENJADI SEORANG PAKAR PADA BIDANG YANG SUDAH DITEKUNI

“Kita memang harus selalu konsisten menemuki apa yang telah kita pejari. Dengan konsisten maka impian pun bisa diraih”.

Melakukan segala hal secara konsisten memang bukan hal yang mudah. Inilah mengapa di tuntut untuk selalu konsisten dengan ilmu yang sudah dimiliki. Jika kamu konsisten dalam segala hal tentu saja impian kamu bisa terwujudkan.

9. MASA DEPAN MENJADI MILIK KITA

“Masa lalu saya memangmilik saya. Masa lalu kamu tentu saja menjadi milik kamu. Hanya saja masa depan sudah pasti menjadi milik berdua”.

Kita semua memang mempunyai masa lalu tersendiri, entah itu baik atau bahkan buruk. Tetapi saat sudah menjadi sepasang kekasih maka masa depan tentu saja milik bersama. Dimana harus mencapai kebahagiaan bersama.

10. ADAKALANYA KEMATIAN MENJADI SUATU BUKTI KECINTAAN TUHAN PADA HAMBANYA

“Ainun. Saya memang sangat mencintaimu. Namun Allah ternyata lebih mencintaimu. Hingga kini saya pun harus merelakanmu pergi”

Cinta dari Habibie ke Ainun memang sudah melampaui berbagai macam batasan. Hingga tak ammpu di ukur kuantitas dan juga kualitas dari cintanya ini. Cintanya sudah menembus sebuah batas hakikat hingga terlontar sebuah kata yang sungguh indah.

Itulah artikel terkait BJ Habibie, mulai dari Biografi, Prestasi, Pendidikan dan juga quotes BJ Habibie. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua, semoga bermanfaat.

Komentar disini