12 Aplikasi Root Terbaik Android Tahun 2019

Aplikasi Root
Image by: RuangLaptop

Kalimat.ID – Aplikasi Root – Terkadang, kita sering bosan dengan aktivitas smartphone yang itu-itu aja, seperti tampilan smartphone yang standar, tidak bisa dimodifikasi isiannya dan masih banyak lagi.

Jika kamu merasakan hal tersebut, maka kamu wajib mencoba yang namanya root smartphone. Dengan melakukan proses rooting, kamu bisa mendapat hak akses penuh pada smartphone kamu, mau kamu otak-atik sampai tampilannya aneh pun, bisa.

Pada kesempatan ini, Kalimat.ID akan memberikan beberapa aplikasi root yang bisa kamu coba. Tapi, sebelumnya kita pahami dulu tentang root itu sendiri.

Apa itu Aplikasi Root?

Root sendiri bisa kita artikan secara harfiah sebagai akar, maksudnya adalah kamu akan mendapatkan hak penuh atas kendali dari smartphone yang kamu miliki. Sehingga, apabila kamu memiliki hak akses Root pada smartphone yang dimiliki, maka kamu mampu melakukan apapun dengan melewati beberapa proses yang harus dilakukan.

OS Android sendiri memiliki basis Linux, yang mana kamu dapat memodifikasi OS tersebut sesuai dengan keinginan user atau yang dikenal dengan open source. Dan Google sendiri selaku pemiliki Android pun takkan melarang para usernya untuk memodifikasi OSnya.

Meskipun ada beberapa produsen yang mengunci OS Androidnya atau biasa disebut dengan Bootloader yang disematkan pada smartphone-nya, sepert milik Sony, HTC dan sebagainya.

Namun, pihak Google secara terang-terangan memberikan pengetahuan kepada para user untuk membuka atau unlock smartphone tersebut dan mengganti OSnya secara full. Dengan begini, artinya ketika kamu membeli smartphone Android, sebenarnya tidak semua fitur dapat diakses, karena memang dilock oleh mereka.

Makanya, apabila kamu ingin memiliki hak akses penuh terhadap smartphone yang dimiliki, kamu diharuskan untuk melakukan proses root terlebih dahulu.

Hanya saja, semua hal tersebut pasti mengacu pada yang namanya keamanan smartphone Android, sehingga dengan dibukanya akses Root, kamu dapat melakukan apapun terhadap smartphone itu. Kamu juga tentu bisa merubah beberapa sistem keamanan, tapi kamu harus siap menghadapi kerusakan pada smartphone, karena memang kemungkinan untuk terserang virus menjadi lebih tinggi.

Dengan kamu me-Root smartphone, maka seluruh aplikasi bawaan yang memang tidak dapat dihapus karena sudah dipatenkan oleh pihak produsen, karena mungkin ada hal yang bersifat komersial, bisa kamu hapus jika sudah dilakukan Root pada smartphone yang dimiliki.

Dengan kamu melakukan root, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan, diantaranya bisa menghapus aplikasi bawaan smartphone. Kemudian kamu bisa melakukan Backup and Restore Aplikasi, dimana ini akan sangat berguna ketika kamu hendak melakukan Factory Reset, agar nantinya kamu tidak perlu meng-install seluruh aplikasi yang telah hilang.

Lalu, kamu bisa mengontrol kernel serta CPU smartphone, dimana kamu dapat melakukan overclock pada CPU yang ada pada smartphone kamu. Overclock sendiri bisa dibilang memaksa processor agar dapat melakukan proses hingga melebihi batas maksimal. Meskipun nanti smartphone akan terasa lebih cepat, tapi akan cepat panas.

Jika untuk kerugian me-Root smartphone, tentu nantinya garansi pada smartphone tidak akan berlaku lagi, jadi usahakan ketika hendak melakukan proses Root, garansi dari smartphone harus habis terlebih dahulu agar tidak sia-sia.

Dengan smartphone keadaan Root, kamu nantinya tidak dapat melakukan update Sistem Operasi secara Over the Air (OTA) atau langsung dari smartphone kamu. Pasalnya, pada saat proses root, ada beberapa sistem bawaann yang terhapus, jadi kamu tidak dapat melakukan update secara langsung.

Sebenarnya, masih banyak kekurangan dan kelebihannya, hanya saja pada pembahasan kali ini, kita akan memberikan beberapa aplikasi root untuk android yang bisa kamu coba jika ingin melakukan rooting pada smartphone. Jika memungkinkan, akan kita bahas lebih lanjut terkait rooting pada artikel lain. Berikut listnya:

1. KINGROOT

KingRoot merupakan aplikasi yang paling terkenal untuk memberikan akses root pada smartphone. Selain penggunaannya yang mudah, aplikasi ini juga memberikan berbagai macam fungsi yang tidak akan kamu termukan pada aplikasi root lainnya.

Penggunaannya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mengunduhnya, lalu buka aplikasi tersebut dan tekan pilihan root. Smartphone pun berhasil kamu root.

KingRoot ini menawarkan kemampuan untuk mengontrol perminntaan sesuai dengan apa yang kamu ajukan. Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga memiliki potensi untuk menghapus bloatware yang menjangkit pada smartphone kamu.

Meskipun kingroot ini sangat mudah, sayangnya tidak semua smartphone dapat menginstallnya. Hanya tipe-tipe tertentu yang bisa menggunakan aplikasi ini.

2. Framaroot

Selanjutnya adalah Framaroot. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh anggota XDA yang awalnya sih hanya mendukung tipe-tipe tertentu saja. Sampai pada akhirnya, mereka terus mengembangkannya sehingga Framaroot dapat bekerja pada ratusan smartphone.

Dengan Framaroot, kamu hanya perlu menginstallnya, lalu kamu dapat menggunakan aplikasinya pada saat itu juga.

Nantinya kamu akan dipilihkan dengan dua metode oot, ada Gandalf dan Aragorn. Saat membuka aplikasinya juga kamu akan menemukan beberapa pilihan SU atau SuperUser yang bisa dipilih sesuai selera.

3. KINGOROOT

KingoRoot ini memiliki dua versi, ada yang versi Windows dan Android. Dengan aplikasi KingoRoot akan memungkinkan kamu untuk mengakses root tanpa harus menggunakan komputer.

Selainn penggunaannya yang mudah, KingoRoot ini juga memiliki aplikasi SuperUser khusus yang dimiliki oleh KingoRoot. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot untuk mengunduh SuperUser di Play Store.

4. TOWELROOT

Jika kamu merupakan pengguna smartphone OS Kit-Kat dan ingin melakukan proses rooting pada smartphone-nya, bisa menggunakan TowelRoot. Karena untuk saat ini, TowelRoot memang dirancang bagi para pengguna OS Kit-Kat.

TowelRoot ini memiliki kelebihan dimana interface-nya benar-benar sangat simple sehingga kamu tidak akan kebingungan ketika mengoperasikannya.

Ketika menggunakan TowelRoot, disarankan untuk mematikan anti-virus, karena biasanya akan terdeteksi sebagai aplikasi berbahaya, demi kelancaran proses rooting.

5. IROOT

IRoot ini merupakan aplikasi rooting smartphone yang sangat banyak digunakan oleh user Android di seluruh dunia.

Aplikasi yang dibuat oleh China ini dapat melakukan akses root sampai lebih dari ribuan smartphone Android dengan berbagai brand maupun tipe yang ada.

Karena bisa dibilang aplikasi root ini sangat fleksibel. Maka dengan kelebihan tersebut, tentu sudah tidak mengherankan apabila IRoot menjadi pilihan aplikasi root terbaik oleh user smartphone Android.

Jika kamu masih ragu ketika hendak menggunakan aplikasi root satu ini, kamu bisa cek beberapa ulasan di Play Store terkait aplikasi IRoot, dan di sana kamu pasti akan menemukan banyak sekali ulasan positif yang menunjukan kehebatan IRoot.

6. ONE CLICK ROOT

Aplikasi One Click Root tidak cocok untuk kamu yang tidak mau ribet menggunakan komputer. Pasalnya aplikasi root satu ini mengharuskan kamu untuk menghubungkan smartphone dengan PC untuk mendapatkan akses rootnya. Meskipun terbilang ribet, tapi hasilnya benar-benar memuaskan.

7. SUPERSU

SuperSU merupakan salah satu aplikasi root yang cukup terkenal karena memiliki berbagai fitur di kalangan user Android.

Selain aplikasinya mudah, juga kamu bisa menginstallnya dengan instant pula. Bahkan, kamu jangan khawatir jika belum pernah menggunakan aplikasi sejenis ini, karena cara penggunannya sangat mudah.

Juga, apabila kamu ingin mengembalikan hasil modifikasi ke pengaturan semula, maka kamu hanya perlu melakukan unroot dan semua hasil modifikasi pun akan kembali seperti semula.

Aplikasi ini memiliki kelebihan, dimana kamu dapat memilih berbagai tema yang ada sesuai keinginan kamu. Lalu, SuperSU dapat bekerja pada mode Ghost yang mana agar tidak mengganggu kinerja aplikasi yang lain.

8. VROOT

VRoot merupakan salah satu aplikasi root yang kurang lebih mirip dengan One Click Root, dimana kamu memerlukan komputer untuk mengoperasikannya. Meskipun aplikasi ini terbilang cukup rumit, namun nantinya kamu bisa memiliki akses root untuk memodifikasi smartphone dengan lebih menyenangkan.

9. FILE MASTER ROOT

File Master Root ini diperuntukan bagi kamu yang memiliki smartphone ASUS Zenfone 3. Dengan aplikasi ini kamu tidak perlu repot-repot untuk mencari aplikasi yang cocok, karena File Master Root sendiri dirancang memang khusus untuk Zenfone 3.

Berbeda dengan aplikasi pada umumnya, File Master Root ini biasanya hadir dalam berbentuk file zip ketika kamu mengunduhnya, namun di dalamnya ada file apk. Entah kenapa aplikasi tersebut harus dibungkus terlebih dahulu, kemungkinan sih karena masalah keamanan agar tidak terjangkit virus juga.

Ketika hendak menggunakannya, kamu hanya perlu meng-ekstratk file zip File Master Root tersebut, kemudian pilih file apk yang ada di dalamnya dan lakukan proses pemasangan.

10. ROOT GENIUS

Root Genius merupakan aplikasi root yang sudah banyak diakses oleh user Android di seluruh dunia. Root Genius sendiri sudah berhasil memodifikasi ribuan smartphone android dengan proses yang sederhana dan mudah.

Aplikasi ini sudah support ribuan smartphone android di seluruh dunia, maka tidak heran banyak sekali orang yang mengunduhnya.

Kemudian, kamu juga tidak perlu khawatir dengan masalah kapasitas memori, karena aplikasi ini hanya memerlukan kapasitas memori sebesar 4.7 MB, sehingga bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik bagi kamu yang memiliki keterbatasan memori. Root Genius sendiri bisa kamu unduh secara gratis di Play Store.

11. KEY ROOT MASTER

Key Root Master adalah aplikasi root yang hadir dengan bebagai macam fitur dan tentunya kemudahan bagi para penggunanya. Dengan Key Root Master, kamu bisa mengakses aplikasinya dengan menggunakan Bahasa Indonesia, jadi bagi kamu yang memiliki keterbatasan bahasa yang diketahui, bisa langsung menggunakan aplikasi ini.

Kemudian, aplikasi Key Root Master juga tidak rumit, kamu hanya perlu melakukan satu klik saja, dan proses root pun akan langsung beroperasi dan mulai memodifikasi smartphone kamu.

12. NEXUS ROOT TOOLKIT

Yang terakhir ini adalah aplikasi root yang diperuntukan bagi kamu yang menggunakan smartphone Nexus. Apabila kamu bosan dengan aktivitas pada smartphone yang gitu-gitu aja, maka kamu bisa mencoba aplikasi ini dan mulailah berkreasi atau memodifikasi smartphone kamu.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, aplikasi ini khusus untuk smartphone Nexus, dan berikut beberapa smartphone yang support aplikasi Nexus Root Toolkit tersebut:

– Nexus 5 – LG Phone
– Nexus 4 – LG Phone
– Nexus 10 – Samung Tablet
– Nexus 7 v2 (2013) – LTE: ASUS Tablet
– Nexus v2 (2013) – ASUS Tablet
– Nexus S 4G – d720 Models
– Nexus S – Korea, m200 Models
– Nexus S – 850MHz, i9020a Models
– Nexus S – Worldwide, i9020t dan i9023 Models
– Galaxy Nexus – CDMA/LTE Sprint Models
– Galaxy Nexus – CDMA/LTE Verizon Models
– Galaxy Nexus – GS Models

Itulah beberapa aplikasi root yang bisa kamu coba untuk mendapatkan akses root penuh pada smartphone yang saat ini sedang digunakan, dengan kamu melakukan rooting, tampilan Interface yang ada pada smartphone pun bisa kamu rubah-rubah sesuka hati. Semoga bermanfaat.

Komentar disini