13 Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk PC dan Android

Aplikasi Perekam Layar

Kalimat.IDAplikasi Perekam Layar – Terkadang, kita ingin sekali mengabadikan suatu momen yang dianggap berharga atau penting ketika menggunakan smartphone atau PC.

Salah satunya adalah ketika kamu hendak membuat tutorial, gameplay dan masih banyak lagi. Maka dari itu, untuk mengatasi masalah tersebut, Kalimat.ID akan memberikan beberapa aplikasi perekam layar yang bisa dicoba untuk PC dan Smartphone. Berikut listnya:

Open Broadcaster Software

Open Broadcaster Software atau biasa dikenal dengan OBS ini merupakan aplikasi perekam layar yang saat ini tengah marak digunakan, terutama oleh para streamer.

OBS ini software open source serta multi-platform, sehingga kamu dapat menggunakannya pada OS Windows serta Linux.

Dengan menggunakan aplikasi ini, selain kamu bisa memanfaatkannya untuk merekam layar, juga bisa memanfaatkannya untuk melakukan broadcast video ke seluruh situs online atau social media yang ada atau dikenal dengan live streaming.

Interface OBS sendiri bisa dibilang cukup sederhana, namun juga memiliki berbagai macam fitur, seperti halnya me-record desktop, record internal audio maupun external dan lain-lain.

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa meng-custom secara langsung desainnnya dan mengatur area rekaman yang sudah kamu seleksi, bahkan bisa menambahkan teks serta gambar pada broadcast tersebut.

Dengan aplikasi perekam layar ini, kamu dapat me-record video dengan kualitas HD untuk format FLV serta MP4.

Hanya saja, dibalik kayanya fitur yang dimiliki, aplikasi OBS ini terbilang sangat sulit untuk digunakan bagi para pemula, karena UI-nya sangat sulit untuk dipahami oleh awam.

Spesifikasi:

OS: Windows, Mac, and Linux
CPU: Intel i5 2000-series or AMD FX series Dual core processor
GPU: Graphics card with DirectX 10
RAM: 4GB RAM

Apowersoft Free Online Screen Recorder

Apowersoft Free Online Screen Recorder ini adalah aplikasi perekam layar yang dapat kamu manfaatkan secara online, tanpa harus meng-install aplikasinya.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengunjungi website resmi atau laman Apowersoft DI SINI kemudian tekan tombol record yang sudah tersedia.

Aplikasi perekam layar ini juga menyuguhkan berbagai format video yang dapat kamu pakai guna menciptakan hasil rekaman yang baik.

Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis dan kualitasnya pun sangat baik serta hasilnya bisa diciptakan kedalam beberapa format file berbeda. Hanya saja, aplikasi ini kurang cocok untuk kamu gunakan me-record game.

Spesifikasi:

OS: Windows XP/Vista/7/8/8.1/10
CPU: AMD or Intel Dual-core processor
GPU: Graphics card with DirectX 9
RAM: 512MB RAM

Bandicam Screen Recorder

Aplikasi perekam layar selanjutnya adalah Bandicam Screen Recorder. Aplikasi Bandicam ini sangat populer di kalangan pengguna PC untuk digunakan ketika hendak merekam layar dengan framerate maupun bitrate yang terbilang tinggi.

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa merekam layar dengan kualitas 4K UltraHD, yang mana merupakan kualitas terbaik dan tinggi saat ini.

Meskipun kualitas tinggi, tapi tidak akan membuat size hasil rekaman layar menjadi besar, jadi akan lebih kecil size-nya dibandingkan aplikasi perekam layar lain.

Hanya saja, untuk Bandicam versi Free, ketika merekam, kamu akan melihat watermark bandicam terpampang pada layarnya, dan aplikasi ini juga tidak memiliki fitur live streaming.

Spesifikasi:

OS: Windows XP/Vista/7/8/8.1/10 (32-bit or 64-bit)
CPU: Intel or AMD Dual core processor or equivalent
GPU: Graphics card with DirectX 9
RAM: 1GB RAM

Nvidia GeForce Experience (Shadowplay)

Shadowplay merupakan salah satu hardware accelerated screen recording PC yang bisa kamu temukan dalam Nvidia GeForce Experience yang dirancang khusus untuk pengguna OS Windows yang menggunakan GPU GeForce dari Nvidia.

Aplikasi perekam layar ini juga mempunyai kemampuan atau fitur untuk merekam mundur sampai dengan 20 menit kebelakang.

Nantinya, rekaman layar yang mungkin saja kamu lewatkan tersebut, bisa disimpan pada video dengan format MP4 serta menggunakan codec H.264.

Seperti yang sudah dibilang sebelumnya, aplikasi perekam layar ini hanya dirancang khusus untuk pengguna GPU dari Nvidia saja. Maka dari itu, bagi kamu yang tidak menggunakan GPU Nvidia, tidak dapat menggunakan aplikasi ini.

Spesifikasi:

OS: Windows 7/8/8.1/10 (32-bit or 64-bit)
CPU: Intel or AMD Dual core processor or equivalent
GPU: Nvidia GeForce GTX650 graphics card or higher with DirectX 10
RAM: 2GB RAM

DXTory

DXTory ini software untuk merekam layar yang terbilang ringan dan memiliki interface maupun setting yang sangat simple.

Aplikasi perekam layar ini juga dapat menghasilkan video berkualitas tinggi sesuai kemampuan hardware PC yang saat ini kamu gunakan. Bahkan setting audio-nya juga sangat bagus.

Meskipun tergolong jadul dan sangat sederhana, aplikasi ini sangat cocok untuk kamu gunakan jika ingin memiliki aplikasi perekam layar yang simple dan mudah digunakan.

Spesifikasi:

OS: Windows XP/Vista/7/8/8.1/10 (32-bit or 64-bit)
CPU: Intel or AMD processor
GPU: Graphics card with DirectX 9
RAM: 2GB RAM

Game DVR/Windows 10 Game Bar

Apabila kamu merupakan pengguna OS Windows 10 dan saat ini masih kebingungan mencari aplikasi perekam layar terbaik, maka Game DVR jawabannya.

Game DVR atau Windows 10 Game Bar merupakan salah satu fitur dari Windows 10 yang mampu me-record screen dengan sangat mudah tanpa perlu bantuan.

Kelebihan yang sangat terlihat pada aplikasi ini adalah ketika kamu merekam layar, maka size dari hasil rekaman tersebut berukuran sangatlah kecil.

Aplikasi ini juga merupakan pilihan terbaik bagi para content creator untuk merekam layarnya.

Spesifikasi:

OS: Windows 10
CPU: Intel or AMD Dual-core processor
GPU: AMD Radeon with DirectX 10
RAM: 2GB RAM

XSplit Gamecaster

XSplit Gamecaster adalah aplikasi perekam layar yang sering digunakan oleh para gamer dan sangat mudah untuk digunakan.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang disuguhkan, salah satunya adalah fitur live streaming.

Kemudian, kamu juga dapat menemukan fitur editing, sehingga dapat merekam layar sekaligus mengedit hasil dari tangkapan layar tersebut.

Dengan aplikasi ini kamu hanya perlu menggunakan satu tombol saja, dan recording screen pun berjalan. Aplikasi ini juga pengaturannya menyesuaikan dengan spesifikasi si pengguna.

Spesifikasi:

OS: Windows 7 SP3/8/10 (32-bit or 64-bit)
CPU: Intel i5 4th Generation Core processor or equivalent
GPU: Nvidia GeForce or AMD Radeon graphics card with DirectX 10.1
RAM: 4GB RAM or 8GB RAM

WM Capture

Selanjutnya adalah WM Capture. Aplikasi perekam layar ini dapat membuat kamu merekam layar dengan sangat mudah, dan juga kamu akan disuguhkan dengan fitur schedule recording di dalamnya.

Dengan adanya fitur schedule recording tersebut, kamu dapat menjadwalkan kapan layar tersebut akan direkam.

Setelah kamu menyesuaikan setting jadwal tersebut, kamu tidak perlu ribet menekan tombol record, karena akan berjalan secara otomatis sesuai jadwal.

Hasil dari rekaman layar tersebut, nantinya bisa kamu simpan dengan format file WMV, MPEG, AVI, dan sebagainya.

Akan tetapi, berbeda dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi WM Capture ini tidak memiliki fitur live streaming.

Streaming:

OS: Windows XP/Vista/7/8/8.1/10
CPU: AMD or Intel Dual-core processor
GPU: Graphics card with DirectX 9.0c
RAM: 512MB RAM

Action!

Action! merupakan aplikasi perekam layar selanjutnya yang dapat melakukan live streaming secara real-time dan dapat merekam juga dengan resolusi HD yang mana merupakan resolusi yang cukup bagus.

Bukan hanya merekam layar, kamu juga dapat menangkap atau screenshot layar yang sangat cocok untuk kamu gunakan ketika hendak mengambil beberapa momen yang pas di dalam video.

Nantinya, format yang bisa kamu gunakan ketika menyimpan video ini adalah AVI dan MP4.

Aplikasi Action! ini tidak tersedia untuk laptop MacOS maupun Linux. Jadi, khusus Windows.

Spesifikasi:

OS: Windows Vista/7/8/8.1/10
CPU: Intel Core 2 Duo processor
GPU: Graphics card with DirectX 9.0c
RAM: 1GB RAM

VLC Media Player

VLC Media Player sendiri bisa dibilang merupakan perekam layar terbaik yang bisa kamu coba. Mau itu PC ataupun Smartphone.

Aplikasi VLC Media Player ini juga sangat ringan yang sudah banyak diketahui oleh banyak user, bahkan aplikasi ini juga memiliki setting rekaman yang simple dan mudah untuk dipahami para awam atau user friendly.

Spesifikasi:

OS: Windows XP/Vista/7/8/8.1/10
CPU: Intel or AMD Dual-core processor
GPU: Graphics card with DirectX9
RAM: 2GB RAM

DU Recorder – Screen Recorder, Video Editor

DU Recorder ini adalah aplikasi perekam layar android yang paling populer di kalangan pengguna smartphone, karena memiliki berbagai macam fitur yang disuguhkan sehingga memudahkan kamu ketika mengoperasikannya.

Aplikasi screen recorder ini juga sangat mudah, bahkan kamu bisa merekam layar hanya dengan satu sentuhan tanpa repot-repot. Bahkan, DU Recorder ini juga memiliki fitur editing serta live streaming.

Kamu bisa menggunakan aplikasi perekam layar ini tanpa harus me-root smartphone dan kualitas rekamannya pun sangat bagus.

Mobizen Screen Recorder

Aplikasi perekam layar android selanjutnya adalah Mobizen Screen Recorder. Ini merupakan aplikasi screen recorder yang mendapat penghargaan sebagai Aplikasi terbaik 2016 oleh Google.

Mobizen Screen Recorder ini akan menyuguhkan kualitas paling terbaik ketika merekam video Full HD 1080p dengan 60 fps. Sehingga hasil rekaman layar jadi lebih smooth dan bagus.

Kamu juga bisa menemukan fitur Facecam dan fitur editing di dalamnya, agar kamu tidak perlu menginstall aplikasi editing lagi.

AZ Screen Recorder

AZ Screen Recorder ini sangat cocok bagi kamu yang suka mengabadikan hasil bermain game di smartphone Android dengan mudah. Aplikasi ini sangat cocok untuk dijadikan pilihan kamu.

Aplikasi ini memiliki interface yang sederhana dengan berbagai macam modifikasi yang bisa dicoba. Lalu, kamu tidak perlu akses root untuk memasang aplikasi ini.

Bukan hanya interface-nya yang sederhana dan mudah digunakan, AZ Screen Recorder sangat ringan sehingga dapat bekerja pada berbagai spesifikasi smartphone. Dan yang paling penting adalah bebas watermark.

Nah, kira-kira mana aplikasi pilihan kamu?

Komentar disini