18 Aplikasi Pemutar Video Untuk PC dan Android

Aplikasi Pemutar Video

Kalimat.IDAplikasi Pemutar Video – Saat ini, sudah ada banyak sekali aplikasi pemutar video yang beredar di internet, baik untuk PC maupun Android.

Akan tetapi, beberapa aplikasi tersebut kurang memuaskan, baik dari segi tampilan, fitur, kinerja dan sebagainya.

Maka dari itu, untuk memecahkan problem tersebut, pada kesempatan kali ini, Kalimat.ID akan membagikan beberapa rekomendasi Aplikasi Pemutar Video untuk PC dan Android yang bisa kamu coba dan gunakan. Berikut listnya:

1. VLC

VLC merupakan aplikasi pemutar video yang benar-benar paling banyak peminatnya pada saat ini oleh para pengguna PC. Karena dengan VLC, kamu dapat memutar file video dengan format apapun, mau itu format 3gp, mp4, mov, avi, flv, mkv dan sebagainya.

VLC ini gratis, dan bisa dibilang hampir seluruh codecs dapat diputar pada software PC satu ini. Yang paling penting adalah software VLC ini gratis dan available atau tersedia untuk semua device.

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa melakukan streaming mau itu film maupun lagu pada aplikasi pemutar video satu ini dan dapat merubah skin atau tampilannya sesuai keinginan dengan memanfaatkan menu VLC Skin Editor.

VLC ini sangat ringan untuk digunakan, jadi cocok untuk kamu yang memiliki device low end sekalipun. Kemudian juga sudah mendukung format video 4K.

2. 5K Player

Jika VLC dapat memutar video 4K, maka jika kamu ingin mencari aplikasi pemutar video yang dapat memutar video kualitas 8K, maka 5K Player ini jawabannya.

Dengan aplikasi satu ini, kamu dapat memutar video berukuran 8K dengan aman. 5K Player ini juga sudah dibekali dengan fitur AirPlay serta DLNA Wireless Stream agar kamu dapat memutar video pada perangkat apapun sekaligus.

Di sini kamu bisa memutar berbagai macam format video, seperti MP4, MOV M4V dan sebagainya.

5K Player dipastikan akan menyesuaikan denga device yang digunakan agar dapat membuahkan hasil kinerja yang baik dan memberikan kepuasan bagi para penggunanya.

Tapi perlu diingat, bahwasanya untuk menonton film 4K, diperlukan GPU yang tinggi, jadi tidak asal putar begitu saja, karena tidak semua device kuat untuk memutar kualitas 4K ke atas. Juga, 5K Player ini support Hi-Fi.

Hanya saja, mengingat ini dapat memutar video 8K, membuat aplikasi ini harus memakan cukup banyak RAM ketika digunakan.

3. Movies & TV

Aplikasi pemutar video satu ini adalah aplikasi paling sederhana, praktis dan tidak neko-neko.

Aplikasi ini merupakan salah satu bawaan pabrik dari Windows 10 yan mana dapat kamu gunakan dengan maksimal juga guna memenuhi kebutuhan kamu ketika henda memutar video dengan subtitles yang otomatis muncul.

Movies & TV juga mendukung fitur mode Mini agar kamu bisa menonton apa saja sekalipun sedang bekerja. Juga, sudah mendukung video 360 derajat.

4. Quick Time Player

Quick Time Player merupakan salah satu aplikasi milik Apple yang mampu memutar berbagai format video dengan kualitas yang sangat tinggi.

Bukan itu saja, kamu juga bisa memutar file video H.265 maupun AAC dengan kualitas yang bagus, juga aplikasi ini sudah support untuk memutar video 3D VR.

5. KMPlayer

KMPlayer atau mungkin biasa dikenal dengan KMP ini merupakan alternatif aplikasi pemutar video lain selain VLC.

KMPlayer ini juga tersedia untuk berbagai macam perangkat atau device, dimana tersedia untuk device MAC OS, Windows OS dan juga mobile.

Aplikasi ini sama sepert kebanyakan aplikasi pemutar video lainnya, dimana support banyak sekali file format video yang bisa diputar dengan kualitas tinggi.

Namun, ada hal yang sangat menarik, dimana KMPlayer untuk device mobile ini sudah support pemutar video VR atau Video 360 derajat, jadi kamu bisa lebih mudah menontonnya meskipun tidak memiliki VR pun.

6. GOM Player

GOM Player ini merupakan salah satu produk GOM Lab yang mana merupakan aplikasi pemutar video untuk PC yang apik dan handal yang mana mampu memutar file format video AVI sampai dengan FLV.

Bahkan, kamu bisa mencari subtitle video yang saat ditonton secara langsung dari aplikasinya, tanpa harus mengunduh di tempat lain terlebih dahulu. Kemudian, aplikasi ini juga support video 360 derajat atau video yang diperuntukan bagi pengguna VR.

Hanya saja, ada banyak fitur yanng hilang pada versi Windows XP. Namun tetap saja tidak mengurangi performa aplikasi tersebut.

7. MX Player

MX Player merupakan aplikasi pemutar video android yang cocok bagi kamu yang memiliki smartphone dengan processor Multi-Core.

Karena pada aplikasi ini memiliki kemampuan multi-core decoding sehingga dapat meningkatkan performa aplikasi yang digunakan agar lebih stabil.

Kemudian, MX Player ini juga dapat memenuhi kebutuhan kamu dalam menonton video dengan maksimal, dimana kamu tidak akan merasakan lag ketika memutar file format video apapun baik itu mp4, mov, flv, avi dan sebagainya.

Bahkan kamu juga disuguhkan dengan berbagai macam format untuk subtitle-nya agar dapat kamu baca dan dapat diatur sendiri sesuai selera kamu.

Di sini juga ada fitur lock agar kamu tidak dapat diganggu oleh siapapun ketika menonton film, jadi seluruh kegiatan dikunci dan kamu tidak dapat melakukan apapun kecuali menonton video-nya.

8. FX Player

Untuk FX Player, kamu akan disuguhkan dengan salah satu kemampuann yang namanya network playing. Dimana kamu mampu memutar video flash atau format apapun dengan ukuran apapun dengan nyaman.

Dengan FX Player ini juga kamu bisa merasakan sensasi memutar video sampai dengan kualitas 4K, dan juga dapat mendeteksi subtitles secara terpisah.

Kemudian, fitur-fitunya juga terbilang lebih kaya dibanding aplikasi pemutar video android sebelumnya, dimana di sini kamu dapat mengatur kecepatan, video editing sampai pop-up player pun kamu bisa menemukannya di sini.

9. VLC for Android

VLC ini bukan hanya tersedia untuk Android saja, melainkan kamu juga bisa mencicipinya pada device Android sekalipun.

VLC for Android ini juga bisa dibilang merupakan aplikasi pemutar terbaik dan juga paling ringan ketika digunakan.

Selain lebih ringan, fitur-fiturnya sendiri tidak jauh berbeda dengan VLC pada PC dan dapat memutar video dengan format video apapun. Bahkan VLC for Android juga memiliki tampilan yang lebih sederhana. Bukan hanya video, kamu juga mampu memutar lagu-lagu dengan sangat simple.

10. Video Player All Format

Video Player All Format merupakan salah satu aplikasi pemutar video yang paling direkomendasikan untuk para user Android. Bahkan aplikasi ini juga mendapat rekomedasi atau menjadi Editor’s Choice dari Google Play Store.

Pada aplikasi ini kamu bisa memutar film dalam file format apapun sampai dengan kualitas 4K. Setelah itu, kamu juga dapat memutar video dengan file subtitle yang terpisah dari file video-nya.

Video Player All Format ini juga memiliki aplikasi lock untuk mengunci setiap video yang kamu anggat “rahasia” agar tidak dapat diputar oleh siapapun kecuali kamu.

11. Media Player Classic Home Cinema

Media Player Classic Home Cinema merupakan salah satu aplikasi pemutar video yang sangat legendaris dan sampai saat ini masih banyak digunakan oleh user PC.

Aplikas ini biasa disingkat dengan nama MPC-HC yang mana dapat memutar berbagai macam file format video maupun audio.

Kemudian, kamu juga akan disuguhkan dengan UI atau User Interface yang unik dan menarik sehingga dapat membuat kamu nyaman, serta mudah digunakan pula.

MPC-HC ini memiliki fitur yang lengkap sekali, mulai dari decoder audio ataupun video, GPU control dan dapat kamu gunakan ketika hendak memutar DVD pada PC.

12. Pot Player

Pot Player merupakan aplikasi pemutar video lainnya yang menyuguhkan berbagai fitur menarik, salah satunya adalah video output 360 derajat, pixel shader, 3D Mode bahkan kamu juga bisa menonton video Blu-Ray dengan aplikasi ini.

Kemudian, Pot Player juga sangat direkomendasikan bagi kamu yang suka dengan drama Korea, karena pasalnya aplikasi ini tuh udah tersambung dengan salah satu situs stream movies bernama Viki yang mana akan memutar berbagai judul TV Series Asia.

Pada aplikasi pemutar video ini juga kamu akan disuguhkan dengan berbagai kontrol, mulai dari kontrol subtitle sampai dengan kontrol playback yang berguna agar kegiatan kamu nantinya akan semakin mudah lagi. Desain tampilannya juga sangat sederhana atau minimalis.

13. ACG Player

ACG Player juga merupakan aplikasi pemutar video pilihan terbaik bagi kamu, karena dapat memutar segala jenis format dengan sangat mudah pada PC. Namun sayang aplikasi ini hanya compatible untuk OS Windows 10

Pada aplikasi ini kamu akan menemukan beberapa fitur menarik, diantaranya setting untuk mengubah aspect ratio video, pengatur font subtitles sampai dengan menambah visual effect di videonya. Bahkann kamu juga melakukan streaming dengan aplikasi ini.

14. DivX Player

DivX Player adalah aplikasi pemutar video yang mana dapat memutar segala format, baik itu mp4 sampai dengan Ultra HD atau 4K.

Dengan aplikasi ini, kamu juga dapat memutar segala macam jenis file format audio bahkan kamu juga bisa melihat galeri foto yang ada.

Kemudian kamu juga akan menemukan fitur menarik lainnya, seperti TrickPlay dan juga Chapter Ponts yang mana kamu dapat langsung menonton berbagai scene yang berbeda dalam video dengan sangat mudah,

15. SM Player

SM Player sendiri merupakan aplikasi pemutar video khusus PC yang bisa digunakan untuk memutar file video dan audio apa saja.

Juga, aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk streaming video dari YouTube, kemudian SM Player juga mendukung atau dapat memutar video Blu-Ray DVD.

Dengan begitu, apabila kamu memiliki Blu-Ray DVD dan bingung apa aplikasi pemutar video yang tepat untuk digunakan, maka SM Player adalah pilihan terbaik yang bisa kamu coba.

16. Parma Video Player

Dan yang terakhir ada Parma Video Player. Aplikasi pemutar video yang terakhir ini tidak kalah bagus dengan seluruh pemutar video di atas tadi.

Dengan aplikasi ini selain kamu bisa memutar segala jenis file format video, juga kamu bisa menikmati tampilan yang benar-benar minimalis alias sangat sederhana namun sangat kaya fitur, karena di dalamnya terdapat audio controller sampai dengan encoding tool.

Kamu juga bisa menonton video YouTube dari aplikasi Parma Video Player, dengan melalui URL pada videonya.

Diantara sekian banyak aplikasi pemutar video di atas, kira-kira yang manakahh aplikasi pilihan kamu? Pastikan juga jika kamu henda menginstallnya, cari tahu terlebih dahulu apakah aplikasinya compatible atau tidak. Baca juga 20 Aplikasi Desain Baju Terbaik 2019 Semoga bermanfaat.