Apa Itu VPN: Pengertian, Fungsi dan Aplikasi VPN

Apa Itu VPN

Kalimat.ID – Apa Itu VPN? VPN adalah kepanjangan dari Virtual Private Network atau Jaringan Pribadi Virtual, merupakan kumpulan Hardware yang terhubung secara fisik sehingga dapat berkomunikasi satu sama lainnya menggunakan sebuah aturan Protocol tertentu.

VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah layanan koneksi yang bisa memberikan Anda akses ke website secara aman, dengan mengubah sebuah jalur koneksi melalui sistem server dengan menyembunyikan pertukaran data.

Lebih sederhananya apa itu VPN (Virtual Private Network) mengkoneksikan gadget, laptop ke sebuah komputer lainnya biasanya ini disebut dengan VPN (Virtual Private Network) server yang terhubung di suatu tempat ke jaringan Internet.

Anda diizinkan menggunakan server VPN dari komputer tersebut di negara dari negara yang berbeda, sehingga Anda bisa menggunakan jaringan internet dengan membuka akses yang tidak bisa Anda akses di negara Anda, contohnya Anda membuka sebuah situs yang di blokir di negara Indonesia, namun ketika Anda menggunakan VPN dari server negara lain maka Anda bisa membuka situs yang diblokir di Indonesia ini menggunakan sebuah IP dari negara luar tanpa harus keluar negeri.

Fungsi VPN

fungsi VPN

Fungsi apa itu VPN sendiri adalah membuat sebuah koneksi internet yang aman, semua data yang terkirim dan kita terima (Download) telah terlindungi oleh server VPN tersebut. semua akses kegiatan kita di internet termasuk membuka salah satu web yang di blokir di negara ini akan melewati server dari VPN itu sendiri.

Sehingga dari Fungsi VPN ini membuat IP Adress dari jaringan komputer dan smartphone kita tidak terdeteksi, karena setiap kali kita mengakses internet melalui Aplikasi VPN kita akan disuguhkan menggunakan DNS (Domain Name Server) dari IP server VPN tersebut.

Dengan fungsi dari VPN memudahkan kita untuk mengakses semua situs secara tertutup, sehingga tidak terdeteksi oleh provider layanan yang Anda gunakan, contoh saja jika Anda menggunakan provider baik itu jaringan Tri, Telkomsel, Indosat, XL maka pihak provider tidak akan mengetahui history web yang kita buka pada saat menggunakan VPN.

Namun fungsi dari VPN tentu saja tidak akan mempengaruhi kecepatan sebuah internet, VPN sendiri lebih kepada jaringan pribadi kita, yang melindungi semua data baik itu terkirim (Upload) dan terima (Download) data kita akan aman, untuk kecepatan internet sama saja ketika kita tidak menggunakan VPN dan saat menggunakan VPN.

Cara Kerja VPN

cara kerja vpn

Secara sederhana prinsip kerja dari apa itu VPN adalah melakukan sebuah enkripsi data pertukaran data bahkan sebelum koneksi publik pada jaringan provider kita membacanya (melacak). Ketika jaringan kita terhubung dengan VPN maka seperti menggunakan jaringan khusus tidak seperti menggunakan jaringan utama yang mudah dilacak.

Pada server VPN bertugas meneruskan koneksi ke situs yang hendak Anda akses, jadi jika menggunakan VPN maka IP dan DNS Anda akan dikenali sebagai server VPN bukan jaringan yang Anda sedang pakai, contohnya Tri maka bukan dari provider Tri yang akan terdeteksi.

Perbedaan ketika menggunakan VPN maka koneksi dilakukan secara langsung tanpa redirect, maka ketika kita menggunakan VPN koneksi kita akan terenkripsi dengan jaringan server VPN. Ketika Anda menggunakan VPN biasanya menggunakan Aplikasi, data yang terkirim akan dikirim melalui ISP (Internet Service Provider) lalu kemudian terkirim ke server VPN. Jadi bisa dikatakan VPN hanya pihak ketiga, yang membantu dalam mengakses situs atau layanan online lainnya melalui perangkat server dari penyedia layanan VPN tersebut.

Manfaat Menggunakan VPN

aplikasi vpn

Apa manfaat dari menggunakan VPN? Antara lainnya Anda bisa melakukan sebuah remote acces, remote acces memberikan sebuah akses internet menggunakan jaringan, dimanapun saat anda terhubung dengan internet, berikut 3 manfaat menggunakan VPN:

ByPass

Anda bisa membuka situs-situs streaming atau video, sebagai contoh situs ini diblokir oleh pemerintah karena dianggap membahayakan maka dengan menggunakan VPN anda bisa membukanya kembali

Pengamanan Data Jaringan Publik

Manfaat dari VPN selanjutnya adalah melindungi data anda yang dilakukan saat menggunakan jaringan internet baik itu WIFI dan lain sebagainya, sebaiknya Anda menggunakan VPN saat menggunakan Jaringan publik seperti WIFI Kafe, restoran dan lain sebagainya, karena bisa melindungi data Anda saat menggunakan jaringan tersebut.

Karena baru-baru ini jaringan WIFI publik oleh pakar ahli jaringan di Singapore bahwa IP publik yang biasa digunakan di Kafe, Bar, Bandara dan lainnya bisa memata-matai aktifitas layar Anda. Sebagai contoh Anda menggunakan jaringan publik Bandara maka apa yang ada di layar Anda akan diketahui oeh Hacker (Pemilik WIFI) maka sebaiknya menggunakan VPN itu lebih baik.

Data Terenkripsi

Semua kegiatan Anda melalui jaringan web dan Aplikasi online akan terenkripsi, sehingga apa yang mereka lihat di komputer Anda mereka hanya melihat data yang sudah terenkripsi saja, bukan data Anda yang sesungguhnya.

Kekurangan dan Kelebihan dari Pengunaan VPN

Tentunya dalam kehidupan dan buatan manusia seperti apa itu VPN memiliki kekurangan dan juga kelebihannya, seperti kita manusia diciptakan memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing yang dianugerahi oleh Tuhan yang maha kuasa.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Kerahasiaan data lebih aman. Koneksi lebih lambat.
Bisa mengakses website terblok. Koneksi tidak stabil.
Identitas IP asli tidak langsung diketahui. Konfigurasi manual cukup rumit.
Akses jaringan dari lokasi yang berbeda. Ada batasan penggunaan.

 

Aplikasi VPN Gratis

VPN jelas jika menggunakannya ada dua versi, berbayar (premium) dan gratis, banyak layanan server VPN yang ada di dunia internet, namun saya akan merangkum nya untuk Anda agar bisa menggunakan VPN secara gratis dan terbaik.

Hotspot Shield

hotspot-shield

Hotspot Shield merupakan salah satu penyedia layanan VPN yang cukup terkenal, meskipun layanan ini sebenarnya premium, namun Anda bisa menggunakan Hotspot Shield dengan menggunakan versi gratis nya.

TunnelBear

TunnelBear
Image by: betakit.com

TunnelBear adalah aplikasi Virtual Private Network sederhana namun kinerjanya cukup baik, TunnelBear memiliki desain tampilan yang menarik sehingga memudahkan user dalam menggunakannya. TunnelBear menyediakan dua versi berbayar dan gratis, namun untuk versi gratisnya Anda hanya dibatasi sampai 500MB dalam sekali menggunakannya.

Hide.me

hide me

Hide.me adalah salah satu perusahaan aplikasi asal Malaysia yang memiliki puluhan server yang berada di seluruh dunia. Dengan menggunakan versi gratis Hide.me memberikan kuota penggunaan hingga 3GB setiap bulannya.

Banyak sekali aplikasi layanan gratis hingga berbayar dalam aplikasi VPN, tentunya VPN bisa mengamankan koneksi Anda, begitu juga dengan identitas dan data pribadi Anda. Meskipun memiliki kekurangan namun ini bisa memberikan kemudahan dalam mengamankan data Anda saat berinteraksi dengan internet.

Turbo VPN – Unlimited Free VPN

turbo vpn
Image by: winudf.com

Aplikasi Turbo VPN – Unlimited Free VPN merupakan aplikasi VPN terbaik yang bisa Anda gunakan pada perangkat Smartphone, karena ringan dan pemakaiannya cukup mudah, sesuai dengan namanya Turbo VPN memang cepat digunakan, Unlimited Free VPN dan memang Unlimited dalam pemakaiannya, dan telah di undah 50 juta downloader dari seluruh dunia.

Touch VPN

Aplikasi VPN terbaik selanjutnya adalah Touch VPN, aplikasi ini sering digunakan untuk membuka sebuah situs yang di blokir oleh pemerintah melalui jaringan provider. Untuk ukuran aplikasinya sendiri lumayan tidak memakan space memori, dan cocok untuk semua jenis smartphone Android.

Komentar disini