Apa itu Startup? Pengertian, Cara Memulai dan Perkembangannya

Apa itu startup

Kalimat.ID – Apa itu Startup? Pengertian dan Cara Memulai Perkembangannya, Saat-saat ini istilah startup sangat sering kita dengarkan. Ada yang mengatakan itu adalah bisnis dengan keuntungan yang sangat besar dan ada beberapa orang juga yang beranggapan bahwa memulai bisnis berupa startup itu sama halnya melakukan kegiatan berjudi.

Jika anda juga beranggapan memulai startup itu sama dengan melakukan kegiatan perjudian maka anda bukan termasuk golongan otak pembisnis. Pada dasarnya setiap bisnis yang baru mulai tidak dapat di prediksi 100% apakah akan sukses atau gagal, hal itu berlaku juga pada dunia startup. Lalu Apa itu startup sebenarnya ?

Pengertian Apa itu Startup menurut Ahli !

Apa itu startup? Menurut Wikipedia dikatakan bahwa startup adalah sebuah perusahaan rintisan, umumnya disebut startup (atau ejaan lain yaitu start-up), merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi.

Apa itu startup merupakan sebuah perusahaan yang didesain untuk berkembang dengan cepat. Baru dirintis tidak serta merta membuat sebuah perusahaan menjadi startup. Perlu diingat bila startup tidak harus bergerak di bidang teknologi, memperoleh dana dari investor, dan melakukan exit. Hal yang paling penting adalah berkembang dengan cepat. Semua hal yang berkaitan dengan startup akan mengikuti perkembangan perusahaan tersebut. – Menurut Paul Graham.

Dari penjelasan Paul Graham diatas dikatakan startup tidak harus bergerak di bidang teknologi saja walaupun kebanyakan startup yang ada bergerak pada bidang teknologi (Web, IOT, Internet atau Perangkat portabel).

Berdasarkan dari sebuah artikel hasil riset TechInAsia terkait seputar Apa itu startup, disebutkan bahwa perusahaan startup memiliki beberapa kriteria, yaitu:

  1. Usia perusahaan kurang dari 3 tahun
  2. Jumlah pegawai kurang dari 20 orang
  3. Pendapatan kurang dari $ 100.000/tahun
  4. Masih dalam tahap berkembang
  5. Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi
  6. Produk yang dibuat berupa aplikasi dalam bentuk digital
  7. Biasanya beroperasi melalui website

Jadi sederhana-nya Apa itu startup dapat diartikan sebagai kelompok usaha yang masih berada pada tahap berkembang, startup pada umumnya berada di dalam lingkup dunia teknologi (Internet, IOT, Web atau Perangkat portabel).

Cara Memulai Bisnis Startup

Memulai terjun dalam dunia startup memanglah tidak mudah, diperlukan usaha yang sangat keras untuk menciptakan bisnis yang sehat.

Pada umum-nya setiap startup yang berhasil berkarya akan mendapatkan massive income untuk kru mereka, nah income tersebut selanjutnya yang harus digunakan dengan baik agar bisnis tetap berjalan lancar dan berkembang.

Diperlukan kesiapan mental, modal, waktu dan juga skill untuk mengelola sebuah startup. Nah berikut ini ada beberapa hal yang disiapkan dan dilakukan jika anda ingin memulai sebuah startup.

1. Tujuan yang Jelas

tujuan
Image by: probonoaustralia.com.au

Tujuan adalah hal yang krusial bila kalian ingin memulai sesuatu. Tujuan yang dimaksud ini bukan hanya dari segi keuangan, Ciptakanlah sebuah tujuan yang nantinya akan menjadi target untuk startup anda.

Tujuan nantinya akan menjadi penyemangan anda dalam tahap proses, jikalau anda terhambat di tengah proses ingat-lah selalu tujuan anda. Hal itu secara psikologis dapat memancing semangat anda untuk memperbaiki atau menyelesaikan masalah yang ada.

2. Niat Yang Kuat

niat
Image by: yinandyangliving.com

Setelah mempunyai tujuan yang jelas selanjutnya anda harus mem per-mantap niat anda selanjutnya anda kukuhkan niat anda untuk berani memulai bisnis ini.

Tanpa niat yang kuat usaha bisnis yang sedang anda lakukan bisa saja terhambat dikarenakan rasa malas dan sudah tidak ingin melanjutkan lagi, hal itu disebabkan karena niat anda yang kurang kuat dalam membangun sebuah bisnis.

3. Temukan Ide Bisnis

ide bisnis
Image by: wintrans.co.in

Ide bisnis dan tujuan itu adalah hal yang berbeda. Ide bisnis adalah hal apa yang akan anda lakukan dalam kegiatan startup ini, ada baiknya bila startup anda berada pada bidang yang sesuai dengan passion anda.

Jadikan Passion menjadi ide dalam bisnis yang anda buat, kenapa begitu? itu dikarenakan melakukan hal yang sesuai dengan passion akan membuat kita nyaman dan tidak mudah bosan serta terpengaruhi oleh suasana yang menjatuhkan.

4. Membuat Strategi Bisnis

business plan
Image by: startupdonut.co.uk

Temukan strategi bisnis yang terbaik adalah langkah selanjutnya, setelah mengetahui akan membuat startup apa kalian harus membuat strategi agar startup kalian dapat berdiri.

Layaknya sebuah organisasi pada kampus atau sekolahan mereka mempunyai visi yang dapat diartikan sebagai tujuan dan misi sebagai strategi yang akan mereka lakukan untuk mencapai tujuan mereka.

5. Bangun Tim dan Lakukan Tes Pasar

pasar
Image by: marketwatch.com

Nah untuk membuat startup pastinya anda memerlukan sebuah tim yang dapat diajak untuk bekerja sama dan mempunyai niat yang sama.

Carilah kru tim yang setidaknya mempunyai passion yang sama dengan anda agar kalian dapat dengan mudah untuk saling support satu sama lain.

Sebagai tim kalian juga harus pandai untuk memeriksa hal yang sedang laku di pasaran atau melakukan survey di pasar yang ada, cek selalu apa yang sedang trending atau coba ciptakan sesuatu yang mempunyai indikasi dapat menjadi hal trending.

6. Pasarkan Secara Tertarget

market value

Dengan memiliki beberapa hal diatas selanjutnya adalah mengerjakan projek pertama startup anda. Setelah itu lanjutkan untuk dipasarkan (Make it global) dalam hal memasarkan ada baiknya projek yang anda buat dapat atau mempunyai versi yang dapat digunakan secara global.

Contohnya: Aplikasi Android tentang pengaturan jadwal, nah aplikasi ini bukan hanya dapat dipasarkan secara lokal namun kalian dapat menciptakan software yang sama tapi dibuat untuk dipasarkan secara global (English Version+Area Global Map).

7. Selalu Konsisten

konsisten
Image by: cryptopost.com

Konsisten adalah hal yang berat untuk dilakukan pada saat bisnis startup masih awal-awal dibuat.

Hilangnya konsisten anda dalam mengembangkan bisnis anda dapat terjadi karena kurang kuatnya niat kalian dalam membuat sebuah startup.

Jika kalian kehilangan konsistensi bisa saja startup anda akan terpuruk dan jatuh pada pasaran-nya.

Perkembangan Startup di Indonesia

Sekarang apa itu startup telah jelas selanjutnya kita mengarah ke perkembangan startup di indonesia.

Pada saat ini di indonesia sudah terdapat beberapa startup yang di labeli dengan predikat unicorn loh. Beberapa perusahaan tersebut yaitu GO-JEK, Tokopedia dan Traveloka.

Untuk perkembangan startup di indonesia saat ini dikatakan tidak ada startup baru yang akan mendapatkan predikat unicorn ini dan Vice President dari Sequoia Capital Pieter Kemps, juga memberikan pendapat bahwa “Startup tanah air masih butuh waktu untuk mengejar Go-Jek, Tokopedia dan Traveloka”.

Tapi hal itu bukan berarti startup di tanah air tidak akan berkembang, justru hal itu seharusya menjadi acuan untuk developer tanah air untuk mengembangkan kemampuan secara lebih lagi.

Di negara kita sendiri ini masih terdapat banyak masalah yang dapat kita jadikan ide atau tujuan dari startup. Terdapat sangat banyak masalah yang bisa kita buatkan penyelesaian-nya.

Jujur di indonesia sendiri saya rasa masih banyak orang tua yang mengira dunia pengacara atau hal klasik lainnya sangatlah jauh lebih tinggi untungnya dibanding dunia di bidang IT. Alhasil di negara kita ini masih kekurangan tenaga developer berbakat akibat pemikiran tersebut.

Faktanya semakin zaman berlalu dunia Teknologi akan semakin berkembang dan membuat dunia lebih mudah serta menyenangkan loh!.

Negara kita memang telah mendukung startup secara penuh untuk berkembang, tapi saat ini dapat dikatakan negara kita masih tahap belajar. Para investor sendiri masih banyak yang merekomendasikan startup indonesia untuk belajar dari perusahaan startup di China yang mempunyai strategi bisnis dan cara kerja yang baik contohnya seperti alibaba dan Tencent yang telah mendunia.

Jadi dapat disimpulkan bahwa bisnis startup di indonesia masih sangat-sangat berpotensial, diakibatkan masih kurangnya tenaga developer serta teknologi indonesia yang masih butuh untuk dikembangkan, Terdapat banyak masalah di negeri kita yang dapat dijadikan ide oleh karena itu peluang untuk menciptakan sebuah startup yang sukses masih terbuka lebar.

Mengenal Startup Unicorn

Startup unicorn
img from techinasia

Apa itu startup telah jelas sekarang masuk ke Unicorn, adalah sebuah predikat atau gelar untuk startup yang telah mencapai valuasi tertentu.

Valuasi sendiri terbilang sangat sulit untuk diberikan nilai dikarenakan para developer pasti selalu tak sepemikiran dengan para investor. semua developer pasti akan beranggapan bahwa karya mereka adalah masterpiece yang tak ada dua-nya, dan pasti investor yang terkadang hanya melihat dari segi bisnis pasti hanya akan menilai dari keuntungan yang dapat diraih serta perkembangan value dari startup itu sendiri saja.

Nah untuk predikat “Unicorn” akan diberikan kepada startup yang telah mencapai nilai valuasi sebesar $1 milliar. Seperti yang telah dituliskan diatas di indonesia sendiri telah terdapat beberapa startup yang dilabeli dengan predikat Unicorn tersebut.

Daftar Startup Indonesia

Setelah jelas dengan Apa itu startup dan unicorn sekarang kita lanjut untuk mengenal startup yang ada di negara kita.

1. GO-JEK Indonesia

GO-JEK Indonesia
GO-JEK Indonesia

GO-JEK Indonesia merupakan karya dari PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa, Diciptakan oleh seseorang yang bernama Nadiem Makarim. Aplikasi ini adalah aplikasi yang memberikan layanan transportasi dalam bentuk ojek yang dapat di order secara online melalui perangkat android.

Aplikasi GO-JEK ini juga menyediakan fitur lain seperti dapat memesan kendaraan roda 4, layanan kebersihan rumah, jasa pengiriman paket dan juga pesan antar makanan, minuman serta merch loh.

PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa ini juga mengeluarkan inovasi lain yaitu GO-PAY, GO-PAY sendiri sangat agresif dalam berkembang untuk saat ini GO-PAY telah dapat digunakan untuk melakukan pembayaran Listrik, Pulsa bahkan ke Top-up game.

2. Tokopedia

Tokopedia Logo
Tokopedia Logo

Aplikasi satu ini mempunyai tujuan untuk mencapai pemerataan ekonomi secara digital, di dirikan pada tahun 2009 Tokopedia sekarang ini telah mendapatkan predikat “UNICORN” yang mana didirikan oleh William Tanuwijaya.

Tokopedia atau akrab disebut Toped ini adalah perusahaan teknologi indonesia yang pada tahun 2017 telah mempunyai kurang lebih sebanyak 1.500 karyawan.

Tokopedia sendiri merupakan Toko Online yang berskala besar, memberikan kebebasan kepada user untuk membuat lapak dagangan mereka sendiri. Hal itu dilakukan agar tujuan perataan ekonomi secara digital dapat terwujud

Tokopedia sendiri dapat dibilang sebagai Toko Online dengan stok yang sangat-sangat banyak serta lengkap. Mempunyai layanan support yang baik serta keamanan dalam transaksi yang sudah tidak perlu diragukan lagi.

3. Traveloka

Traveloka Logo
Traveloka Logo

“Taveloka dulu, liburan kemudian!”, nah itu kalimat iklan yang sangat-sangat sering kita dengar, Kalimat iklan tersebut digunakan oleh perusahaan penyedia layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara digital indonesia yaitu Traveloka.

Traveloka adalah perusahaan yang terfokus untuk pelayanan penerbangan domestik dan hotel lokal, tapi bukan berarti perjalanan luar negeri tidak disediakan.

Traveloka saat ini mempunyai karyawan sekitar 1.200 orang dengan Operational Basecamp yang berada di jakarta.

Traveloka juga telah mendapatkan valuasi yang cukup untuk mendapatkan predikat “UNICORN”.

4. Bukalapak

Bukalapak logo
Bukalapak logo

Yang satu ini dapat disebut startup yang tidak pernah kehabisan ide. Sebagai pusat perbelanjaan online yang besar bukalapak selalu mengeluarkan fitur membantu yang out of the box.

Mulai dari kebebasan berdagang, pembelian pulsa, pembayaran listrik, BPJS, Topup hingga Zakat Profesi disediakan oleh pihak Bukalapak ini.

Bukan cuman itu baru-baru ini Bukalapak juga mengeluarkan sistem pembayaran baru menggunakan Scan QR-Code pada toko nyata, dan juga membuka layanan dengan istilah Agen Bukalapak yang memberikan keuntungan lebih untuk para pedangan toko nyata yang jadi mitra mereka.

Iklan yang mereka buat sebagai ajang promosi-pun selalu menarik dan menghibur membuat warge di indonesia mengenal bukalapak dengan baik.

5. Zenius Indonesia

Zenius Logo
Zenius Logo

Berikutnya adalah stratup pendidikan berbasis digital yang di dirikan oleh Merdi Suharta dan Sabda PS pada tahun 2007.

Zenius ini merupakan tempat belajar online yang dengan salah satu tujuan-nya yaitu untuk meningkatkan semangat belajar dari putra-putri indonesia sendiri.

Pada web tersebut terdapat sangat banyak contoh soal, latihan, video penjelasan serta hal yang dapat di praktekan di dunia nyata loh.

Di dukung oleh banyak dosen serta guru ditanah air menjadikan zenius ini salah satu media belajar online yang paling terpercaya.

Mereka menyediakan materi mulai dari tingkat SD, SMP, SMA hingga SBMPTN loh.

Kesimpulan

Apa itu startup ialah perusahaan yang baru berkembang.

Startup di indonesia peluang sukses-nya masih-lah sangat besar, belajar dari perusahaan startup yang telah sukses adalah langkah yang bagus. Mempelajari kesuksesan dari startup luar seperti alibaba dan tencent juga adalah bonus yang bagus, untuk menciptakan sebuah startup yang sukses dibutuhkan komitmen agar dapat berkembang dan bertahan di era persaingan yang sangat ketat seperti ini.

Kenal-lah teknologi lebih jauh karena dimasa sekarang dan kedepan-nya teknologi adalah hal yang paling dapat membantu menyelesaikan banyak masalah.

Jadi jangan pernah menyerah, belajar dan berdoa yah. Sekian dan Terima Kasih atas Kunjungan Anda pada artikel Apa itu startup.

Komentar disini