Apa Itu Introvert? Kepribadian Manusia Dari Interaksi Sosial

Apa Itu Introvert
Woman walking through wheat field

Kalimat.ID – Apa itu introvert? Kebanyakan orang mungkin merasa bingung dan belum mengerti mengenai introvert? Introvert ini menjadi salah satu dari ketiga macam kepribadian seseorang.

Apa itu Introvert merupakan seringkali dialami oleh mereka yang mempunyai orientasi yang subyektif secara mentalnya dalam menjalani kehidupan kesehariannya. Apabila kamu sudah merasa penasaran sekali bahkan ingin kenal lebih jauh tentang kepribadian introvert. Mari kita simak saja penjelasan berikut ini.

Asal Usul Kepribadian Apa itu Introvert

Mungkin banyak diantara anda merasa penasaran sekali dengan yang namanya introvert. Introvert, menjadi salah satu teori kepribadian yang sering dipergunakan saat ini. Bahkan teori ini sudah dipopulerkan sekaligus di kembangkan oleh seseorang yang bernama Carl Junk.

Menurut beberapa teoripara ahli, seseorang bisa saja memiliki kedua kepribadian dalam satu diri yaitu introvert dan juga ekstrovert,akan tetapi biasanya seseorang akan cenderung lebih mengarah ke salah satu kepribadian saja.

Orang dengan kepribadian introvert secara umum terlihat lebih suka menyendiri, tidak seperti kepribadian ekstrovert yang senang jika mendapatkan energi dari interaksi social. Seseorang yang mempunyai kepribadian introvert justru mereka merasa harus mengeluarkan energi yang berlebihan ketika seseorang tersebut harus bersosialisasi dengan orang lain bahkan kepada banyak orang.

Meskipun sering d isalah artikan sebagai pendiam, pemalu, sensitive, egois dan juga penyendiri sebenarnya seorang introvert bukan termasuk orang yang selalu menutup diri dari dunia luar jadi jangan salah ya guys dengan kepribadian introvert yang satu ini.

Cir Ciri Orang Introvert

Sebetulnya untuk mengenali ciri seseorang yang berkepribadian introvert itu mudah sekali. Ada berbagai macam ciri yang harus kamu ketahui yakni:

1. Mereka akan sangat mempertimbangan terlebih dahulu secara sepenuh-penuhnya ketika hendak membalas pesan teks. Ketika kamu mendapatkan sebuah pesan teks entah dari teman, pacar bahkan anggota keluarga.

kamu bakalan menunggu sampai merasa siap untuk membalas pesan teks ini. Kamu pun berpikir terlebih dahulu kiranya apa respons terbaik yang patut kamu berikan untuk membalas pesan teks tadi.

2. Kamu merasa kurang nyaman sekali saat menjalin sebuah obrolah kecil. Jika kamu termasuk tipe orang dengan kepribadian introvert , biasanya kamu akan cenderung suka dengan sebuah percakapan yang berbobot dan bermakna.

Sedangkan untuk sebuah obrolan yang dinilai ringan bahkan tidak berisi, biasanya kamu hanya akan menjadi seorang pendengar saja. Hanya saja kamu merasa canggung untuk memberikan jawaban.

3. Introvert atau yang sering disebut dengan interversion merupakan kepribadian yang cenderung menyimpan perasaan sendiri dan juga malu malu serta pendiam.

4. Merasa stress dalam suasana keramaian. Situasi ramai di sini maksudnya adalah saat kamu bersama dengan banyak orang, entah itu keluarga, sahabat, teman ataupun dalam kerumunan banyak orang yang tidak kamu kenal.

5. Hati kamu biasanya akan terbuka hanya untuk orang tertentu saja. Biasanya untuk orang yang sudah anda kenal. Apabila kamu menceritakan tentang isi hati pada seseorang, mungkin hal ini hanya berlaku bagi orang tertentu saja yang sudah anda kenal sejak lama. Karena kepribadian introvert ini tidak akan sembarangan bercerita kepada orang lain.

6. Lebih suka nongkrong, berkumpul maupun berteman sama sebagian orang saja
Seperti yang telah disebutkan di point sebelumnya, dalam pergaulan anda hanya nyaman dengan segelintir atau beberapa orang yang sudah anda beri kepercayaan. Kamu bakalan males dan canggung jika bergaul dengan banyak orangdan ramai-ramai dengan banyak teman.

7. Kamu bukan termasuk antisosial ataupun takut dengan sosialisasi antar teman lainnya tapi selektif kamu dalam memilih pergaulan. Ketika kamu memilih sendiri dalam hal pertemanan, bukan berarti kamu tidak mau bergaul dengan siapapun. Hanya saja kamu tidak mampu bergaul dalam keramaian.

Kamu lebih suka menyendiri atau bersama dengan orang yang memang benar kamu percayai. Dengan bersikap seperti ini maka suasana pun bakalan lebih tenang dan kamu akan merasa nyaman sekali ketika berkomunikasi dengan yang lainnya.

8. Kamu merasa lebih mudah mengingat sekelilingmu. Kamu termasuk dalam kepribadian seseorang yang suka memperhatikan keadaan sekitar bahkan kamu paling pandai dalam mengingat setiap detail yang ada. Tak heran lagi jika kamu sering dianggap sebagai orang yang penuh perhatian kepada orang lain.

9. Mampu menjadi seorang pendengar yang begitu baik. Nilai bagus buat kamu seorang introvert tentu saja karena kamu mampu menjadi pendengar yang baik. Kamu masih berusaha menyisihkan waktu kamu buat orang lain terlebih bagi orang terdekat hanya untuk curhat.

10. Kelihatan pendiam saat berada ditengah banyak orang yang tidak dikenal.

11. Termasuk sosok yang sangat kreatif. Biasanya seseorang dengan kepribadian introvert akan terlihat sangat kreatif. Ia di nilai mampu menyerap beragam informasi bahkan menggunakan informasi tadi untuk memunculkan ide yang terbaru.

12. Selalu melakukan intropeksi diri. Menariknya bagi seorang introvert, ia lebih suka menganalisa kondisi dan juga situasi yang berada di sekitarnya.

13. Sebelum berdebat biasanya ia berpikir terlebih dahulu. Biasanya seorang introvert akan memikirkan segala hal terlebih dahulu sebelum akhirnya melakukan sebuah tindakan.Termasuk tipe orang yang sangat berhati-hati sekali ketikaingin menyampaikan pendapat kepada orang lain.

14. Sering bikin orang salah paham. Yang dimaksud dengan salah paham di sini karena kamu menjadi orang yang pendiam bahkan suka menyendiri sehingga orang yang suka syirik akan menuduh kamu sebagai orang yang hanya memilih satu teman saja.

15. Kamu selalu menikmati waktumu untuk menyendiri
Di saat orang lain senang untuk nongkrong ramai bersama teman teman, kamu justru lebih nyaman dan tenang ketika menyendiri di rumah, rasanya rumah adalah tempat terindah bagi orang yang punya kepribadian introvert. Justru itu kamu harus bisa menghabiskan waktu untuk menekuni hobimu, kebiasannmu ataupun kesukaanmu yang lain.

16. Tidak mudah percaya kepada orang lain
Biasanya pribadi introvert merasa lebih nyaman saat bersama dengan orang yang bisa mereka percaya. Hal ini pastinya juga bisa berpengaruh pada kepercayaan kamu dengan orang yang lainnya. Kamu pun tidak akan mudah terbuka hanya kepada sembarang orang kecuali mereka yang bisa menjaga rahasia kamu.

17. Jarang sekali merasa bosan. Salah satu kelebihan dari orang introvert tenyata kamu mampu berada dalam kesunyian maupun kesendirian. Kamu paling tahu bagaimana caranya menghabiskan waktu saat sendiri atau ketika bersama dengan orang terdekat.

18. Kadang terlihat begitu galak. Hal ini bisa terjadi karena kamu paling pintar dalam menjaga sebuah rahasia.

19. Seseorang yang pandai mengambil keputusan. Perlu kamu tahu bahwa pribadi introvert ini ternyata mempunyai sebuah daya analisis yang kuat sehingga apapun keputusan yang sudah ia ambil terbilang bijak. Meskipun adakalanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mempertimbangkan keputusannya.

20. Kamu termasuk teman yang terbilang loyal.
Kamu merupakan teman yang loyal
Saat kamu mempercayai seseorang, biasanya kamu akan memberikan entah apapun itu kepadanya. Kamu termasuk salah satu orang yang tidak mudah teralihkan oleh orang yang sudah menjadi kepercayaan. Teman kamu harusnya berbangga hati mempunyai teman setia dan loyal sepertimu.

Langkah Cara Menghadapi Kepribadian Introvert

Introvert seringkali disalah artikan sebagai orang yang pemalu atau bisa dikatakan pendiam. Padahal sebetulnya antara introvert dan juga pemalu ini sangatlah berbeda. Ada berbagai macam faktor yang perlu kamu lakukan supaya mampu menghadapi seseorang yang mempunyai kepribadian introvert, yakni:

1. Pahami kebiasaan perilaku yang di lakukan orang yang berkepribadian introvert
Misalnyaadalah orang dengan kepribadian introvert terkadang hanya memiliki satu ataupun dua orang teman dekat. Hal ini pastinya menjadi salah satu ciri dari pribadi orang introvert, biasanya mereka akan merasa lebih nyaman dengan lingkaran sebuah pertemanan kecil. Mereka tidak suka bergabung pada sebuah grup yang begitu penuh dengan adanya keramaian dari banyak orang.

2. Pahami arti introvert
Langkah pertama yang bisa anda lakukan dalam berteman dengan orang yang berkepribadian introvert adalah mengerti betul apa itu introvert, apa arti dari introvert. Memang sudah seharusnya kamu mengerti apa itu introvert. Banyak sekali orang tua yang merasa resah ketika sang anak lebih suka mengurung dirinya didalam kamar.

Apalagi jika ia hanya diam dan tak ingin menceritakan apa yang sudah ia rasakan. Perilaku seseorang dengan kepribadian ini seringkali disalah artikan bahwa ini menjadi sebuah pertanda ia stress. Harusnya kalian tidak cepat mengambil sebuah kesimpulan sebelum memahami yang sebetulnya.

3. Jangan pernah memaksa seorang introvert untuk merubah pribadinya
Seringkali seorang introvert dianggap sebagai orang dengan banyaknya permasalahan. Apabila seseorang dengan kepribadian introvert suka mengurung dirinya dalam kamar. Biarkan saja mereka berada dalam kondisi seperti itu. Mungkin saja hal tersebut bisa membuat diri mereka merasa lebih nyaman.

Jangan sampai lupa bahwa seseorang dengan kepribadian introvert ini memang membutuhkan waktunya sendiri untuk bisa mencerna setiap kejadian yang memang baru mereka alami untuk diperbaiki kembali.

Hindarilah memaksa mereka untuk bersosialisasi apalagi yang menyangkut dengan lingkungan barunya. Biasanya mereka akan mencoba sendiri untuk beradaptasi kembali. Biarkanlah mereka mengamatinya sejenak sebelum akhirnya memutuskan bergabung dengan orang yang baru.

Mengenal Ketahanan Fisik Bahkan Kesehatan Mental Seorang Introvert

1. Lebih mudah stres di lingkungan yang ramai

Karena pada dasarnya orang dengan kepribadian introvert lebih suka menyendiri. Bila anda sudah paham mengenai arti apa itu introvert, anda pasti lebih peka dan memperhatikan lingkungan di sekitar.

Bahkan dengan banyaknya orang yang sekadar hanya berbasa-basi dalam waktu yang cukup lama hal itu bisa menguras mental dan membuat stres para orang yang mempunyai kepribadian introvert.

Rasanya memang mustahil sekali bagi seseorang untuk menghindari situasi sosial tersebut. Apalagi ketika kamu berangkat ke kantor, orang yang sedang duduk disamping pun akan mengajak berbicara.

Hingga akhirnya tenaga yang sudah kamu miliki terkuras lebih banyak. Inilah mengapa introvert termasuk dalam seseorang dengan kepribadian yang mudah sekali merasakan stress.

2. Seseorang dengan pribadi introvert lebih resiko terkena depresi

Kamu harusnya tahu bahwa seseorang dengan kepribadian introvert ini memungkin mereka mengalami depresi atau stress. Banyak orang sering mengaitkan hal tersebut dengan ciri kepribadian orang introvert dimana mereka seringkali merasa depresi. Apabila seseorang ini sering tenggelam dalam pikirannya, mungkin saja hal ini bisa memicu sebuah rasa putus asa layaknya mereka yang sedang depresi.

3. Memiliki banyak waktu untuk tidur

Dengan tidur yang cukup ataupun beristirahat pastinya bisa membuat kesehatan tubuh kamu semakin meningkat. Hingga akhirnya stamina tubuh pun kembali seperti semula. Menurut hasil sebuah penilitian tenyata pribadi introvert paling mudah tidur saat malam hari tiba.

Hal ini bisa saja karena seharian penuh ia telah beraktivitas maupun berinteraksi dengan banyaknya orang. Biasanya pribadi introvert akan mudah merasakan kelelahan karena banyaknya tenaga yang sudah ia keluarkan. Hingga akhirnya saat malam hari tiba mereka paling mudah tidurnya.

4. Orang dengan kepribadian introvert mungkin lebih sering sakit

Menurut sebuah studi pada tahun 2014 dari University of Nottingham dan University of California, Los Angeles (UCLA) mengatakan bahwa orang yang introvert punya sistem kekebalan tubuh (imun) yang lebih lemah dibandingkan dengan ekstrovert.

Orang yang mempunyai kepribadianekstrovert tampaknya memiliki sistem imun yang mampu menangani infeksi secara efektif dan juga cepat. Hal ini mungkin saja disebabkan oleh adanya sifat sosial yang dimiliki seseorang hingga akhirnya mereka akan sering pergi keluar rumah hingga tubuhnya semakin kebal dengan adanya serangan virus maupun kuman.

Sedangkan para peneliti menyatakan bahwa sistem imun orang introvert (interversion) mungkin agak lebih lemah karena mereka cenderung lebih sering menghabiskan banyak waktu di dalam rumah sehingga bisa di ibaratkan seperti malas malasan, akan tetapi sebagian orang introvert dapat menghabiskan waktunya dengan maksimal dengan menghabiskannya dengan hobby atau kebiasaan kesukaannya.

Biasanya seseorang dengan kepribadian introvert ini jarang sekali memeriksakan kesehatan tubuhnya ke dokter meskipun ia sedang merasakan sebuah keluhan. Mereka lebih suka mengobati keluhannya dengan caranya sendiri. Semisal saja dengan membeli obat bebas daripada harus memeriksakan diri ke dokter.

Berbagai macam alasan mengapa pribadi introvert lebih suka menyendiri

1. Sulit sekali melakukan komunikasi dengan orang lain

Seseorang yang susah berkomunikasi merupakan factor penyebab utama seseorang menjadi pribadi introvert. Biasanya seseorang dengan kepribadian introvert ini merasa dirinya tidak terbiasa menjalin sebuah komunikasi baik dengan orang yang memang baru ia kenal.

Dalam hal ini ia akan berpikiran tiada gunanya jika ia menjalin komunikasi dengan orang yang baru dikenalnya. Apalagi jika orang yang diajak berkomunikasi ini tidak memahami apa yang sudah diucapkan olehnya.

2. Tidak suka keramaian bahkan kegaduhan

Perlu kamu tahu seorang apa itu introvert paling benci dengan yang namanya kegaduhan karena memang mereka lebih suka suasana yang tenang. Biasanya mereka lebih suka tempat yang terbilang sepi untuk bisa menikmati semua waktunya.

Mereka para introvert akan berusaha untuk meghindar dari hal-hal yang menurutnya sangat mengganggu kesibukannya.Misalnya saat dia belajar, dia akan mencari tempat yang tenang dan jauh dari keramaian, karena orang dengan kepribadian ini membutuhkan waktu untuk memahami dan juga konsentrasi untuk berfikir.

3. Sulit sekali melakukan interaksi dengan lingkungan barunya
Biasanya seseorang yang merasa kesulitan beradaptasi dengan lingkungan barunya membutuhkan waktu yang begitu lama baginya untuk bisa menyesuaikan dirinya dengan lingkungan yang baru.

4. Trauma atau fobia social.
Seringkali trauma akan masa lalu membuat kehidupan sosialnya semakin tertekan. Apalagi untuk kondisi psikisnya bahkan bisa juga membuat seseorang menjadi depresi. Makin lama mungkin ia akan menjauh dari kehidupan lingkungan sekitarnya. Inilah mengapa apa itu introvert seringkali lebih suka menyendiri.

Itulah yang dapat saya bahas di artikel ini mengenai apa itu introvert. Artikel ini memuat pengertian apa itu introvert, asal usul, ciri ciri, cara menghadapi kepribadian introvert, dan lain sebagainya. Demikian artikel yang dapat saya ulas terkait apa itu introvert. Semoga saja artikel ini memberikan manfaat bagi anda semua. Selamat membaca, sekian dan terimakasih.