50 Alat Musik Tradisional Lengkap dengan Penjelasannya

Alat Musik Tradisional

Kalimat.ID – Alat Musik Tradisional – Negara Indonesia, merupakan negara yang terkenal akan kekayaan kebudayaan yang unik serta mempunyai ciri khas tersendiri. Jika kita bandingkan dengan negara-negara lain bahwa kebudayaan di Indonesia tidak ada di negara-negara lain. Selain terkenal akan kekayaan alam, Indonesia mempunyai kebudayaan budaya yang antara lain adat istiadat, Rumah Adat, Pakaian Adat, dan Alat Musik Tradisional.

Alat Musik Tradisional, merupakan sebuah alat yang berfungsi sebagai pelengkap dalam mengiringi keharmonisan lagu-lagu adat. Alat musik ini juga sama halnya dengan kebudayaan budaya lainnya yang mempunyai bentuk dan ciri yang beragam. Ada sekitar puluhan nama-nama alat musik yang ada di Indonesia.

Nah, pada kesempatan kali ini untuk mengenal apa saja alat musik tradisional yang ada di negara Indonesia ini. Khusus untuk Kalimaters, yang sedang mencari referensi dan ingin mengenal lebih dalam tentang kebudayaan budaya Alat Musik disini akan saya bahas lengkap 50 nama-nama alat musik tradisional. Untuk melihat apa saja alat musik  yang ada di Indonesia, lebih mudahnya bisa melihat di Daftar Isi.

Mengenal Nama-Nama Alat Musik Tradisional di Indonesia

Negara Indonesia terkenal akan keanekaragaman budaya kebudayaan yang menjadi jati diri negara tersebut. Mengapa saya bilang sebagai jati diri suatu negara ? Karena pada suatu negara tentunya mempunyai keistimewaaan dan ciri yang membuat untuk memudahkan dalam mengenal sebuah negara.

Contohnya di Indonesia kita mempunyai kebudayaan budaya yang bahkan negara-negara maju ataupun negara-negara berkembang tidak mempunyai adat istiadat kebudayaan seperti di Indonesia.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan pembahasan artikel ini yang mengenai “50+ Nama-Nama Alat Tradisional Lengkap Beserta Penjelasannya”. Seperti kita ketahui bahwa negara Indonesia adalah negara yang mempunyai keanekaragaman kebudayaan budaya dan mempunyai kekayaan alam yang melimpah. Jika dilihat dari jenisnya, alat musik di Indonesia antara lain dipetik, dipukul, ditiup, dan lain sebagainya.

Namun, untuk kesempatan kali ini akan membahas secara umum campur alat-alat musik di Indonesia. Mungkin tidak semua yang saya sebutkan, melainkan hanya sekitar 50+ Nama-Nama Alat Musik di negara Indonesia.

Serune Kale

Alat musik yang pertama yaitu Serune Kale, merupakan alat musik yang berasal dari Aceh. Jenis alat musik Serune Kale yang berjenis seperti aerofon.

Kolintang

Kolintang, merupakan alat musik yang dimainkan dengan iringan gong tergantung lebih besar dan drum.

Tambo

Alam musik Tambo, merupakan alat musik yang berasal dari Aceh yang dimainkan dengan cara dipukul.

Aramba

Alat musik Aramba, merupakan alat musik yang berasal dari Pulau Nias, Sumatera Utara. Alat musik Aramba ini dimainkan dengan cara dipukul memakai stik.

Saluang

Alat musik Saluang, merupakan alat musik yang berasal dari daerah Sumatera Barat. Alat musik Saluang yang berasal dari Sumatera Barat ini dimainkan dengan cara dititup.

Gambus

Alat musik Gambus, merupakan alat musik yang berasal dari Kepulauan Riau. Alat musik ini berjenis kordofun.

Calung

Alat musik Calung, merupakan alat musik yang berasal dari daerah Sunda dan Banyuman. Alat musik Calung ini dimainkan dengan cara dipukul di bagian bilahnya.

Angklung

Alat musik angklung, merupakan alat musik yang berasal dari Jawa Barat yang dimainkan dengan cara menggoyang-goyangkan.

Sasando

Alat musik Sasando, merupakan alat musik yang berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur. Alat musik Sasando dari NTT ini dimainkan dengan cara dipetik.

Talempong

Alat musik Talempong, merupakan alat musik yang berasal dari daerah Sumatera Utara dan Barat. Alat musik Talempong yang berasal dari Sumatera Utara ini dimainkan dengan cara dipukul.

Gendrum

Alat musik Gendrum, merupakan Alat musik yang berasal dari Semarang yang dimainkan dengan cara dipukul.

Karinding

Alat musik Karinding, merupakan Alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup.

Tifa

Alat musik Tifa, merupakanAlat musik Tifa yang berasal dari Papua biasanya digunakan sebagai pengiring tarian perang.

Triton

Alat musik Triton, merupakan alat musik yang berasal dari daerah Papua. Alat musik provinsi daerah Papua ini dimainkan dengan cara ditiup.

Sampek

Alat musk Sampek, merupakan alat musik yang berasal dari daerah provinsi KalTim. Alat musik Kalimantan Timur ini dimainkan dengan cara dipetik.

Serunai

Alat musik Serunai, merupakan alat musik yang berada provinsi Nusa Tenggara Barat ini digunakan dalam acara pergelaran seni.

Bende

Alat musik Bende, merupakan alat musik yang berasal dari daerah Lampung yang dimainkan dengan cara dipukul.

Serangko

Alat musik Serangko, merupakan alat musik yang berasal dari daerah Jambi yang dimainkan dengan cara ditiup.

Accordion

Alat musik Accordion, merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Sumatera Selatan. Alat musik Accordion ini dimainkan dengan cara ditiup dan dalam mengatur nadanya menggunakan kedua tangan.

Doll

Alat musik Doll, merupakan alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan memukul seperti Membranofon.

Gendang Melayu

Alat musik Gendang Melayu, merupakan alat musik yang berasal dari daerah Bangka Belitung yang dimainkan dengan cara dipukul.

Gendang Panjang

Alat musik Gendang Panjang, merupakan alat musik yang berasla dari daerah Riau. Alat musik Gendang Panjang ini dimainkan dengan cara menepukkan tanggan pada bagian lunak.

Tehyan

Alat musik Tehyan, merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jakarta yang dimainkan dengan cara digesek.

Gamelan

Alat musk Gamelan, merupakan alat musik yang berasal dari daerah Jawa Tengah yang dimainkan dengan cara dipukul.

Bonang

Alat musik Bonang, merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Jawa Timur. Alat musik berasal dari Jawa Timur ini dimainkan dengan cara dipukul.

Gengceng

Alat musik Gengceng, merupakan alat musik yang berasla dari daerah Nusa Tenggara Barat, Alat musik Gengceng yang berasal dari NTB ini dimainkan dengan cara ditiup.

Japen

Alat musik Japen, merupakan alat musik tradisional yang berasal dari provinsi KalTeng. Alat musik Japen Kalimantan Tengah ini dimainkan dengan cara dipetik.

Tuma

Alat musik Tuma, merupakan alat musik yang berasal dari Kalimantan Timur. Alat musik Kalimantan Timur ini dimainkan dengan cara menepukkan tangan.

Panting

Alat musik Panting, merupakan alat musik yang berasal dari daerah Kalimantan Selatan. Alat musik Panting  yang berasal dari Kalimantan Selatan ini dimainkan dengan cara dipetik.

Keso

Alat musik Keso, merupakan alat musik tradisional yang berasla dari daerah provinsi Sulawesi Selatan. Alat musik yang berasal dari Sulawesi Selatan ini dimainkan dengan cara digesek.

Ladolado

Alat musik Ladolado, merupakan alat musik yang berasal dari daerah Sulawesi Tenggara yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat.

Kecapi

Alat musik Kecapi, merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Sulawesi Barat. Alat musik yang berasal dari provinsi Sulawesi Barat ini dimainkan dengan cara dipetik.

Nafiri

Alat musik Nafiri, merupakan Alat musik Maluku ini dimainkan dengan cara ditepuk.

FU

Alat musik FU, merupakan alat musik yang berasla dari daerah Maluku Utara, Alat musik Maluku Utara ini dimainkan dengan cara ditiup.

Kendang

Alat musik Kendang, merupakan alat musik di provinsi Jawa Barat yang dimainkan dengan cara dipukul.

Guoto

Alat musik Guoto, merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Papua Barat. Alat musik Guoto yang berasal dari Papua Barat ini dimainkan dengan cara dipetik.

Kulanter

Alat musik Kulanter, merupakan alat musik yang berasal dari daerah Jawa Barat. Alat musik Kulanter Jawa Barat ini dimainkan dengan cara dipukul.

Gong

Alat musik Gong, merupakan Alat musik Gong yang berasal dari provinsi Jawa Barat ini dimainkan dengan cara dipukul.

Jengglong

Alat musik Jengglong, merupakan alat musik yang berasal dari daerah provinsi JaBar yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat.

Rebab

Alat musik Rebab, merupakan alat musik tradisional dari  Jawa Barat dan cara memainkannya dengan cara digesek.

Pupuik Batang Padi

Alat musik Pupuik Batang Padi, merupakan alat musik yang berasal dari daerah Sumatera Barat. Alat musik Pupik Batang Padi ini dimainkan dengan cara ditiup.

Tambua dan Tansa

Alat musik Tambua , merupakan alat musik yang berasal dari daerah Sumatera Barat. Alat musik tradisional Tabua provinsi Sulbar ini dimainkan dengan cara dipukul.

Burdan

Alat musik Burdan, merupakan Alat musik tradisional dari provinsi Sumsel ini dimainkan dengan cara dipukul.

Tenun

Alat musik Tenun, merupakan alat musik yang berasla dari daerah Sumatera Selatan. Alat musik Tenun ini berfungsi sebagai menghibur para pekerja pada saat menenun.

Kenong Basemah

Alat musik Kenong Basemah, merupakan alat musik tradisional yang berasla dari daerah Sumatera Selata. Alat musik Kenong Basemah ini dimainkan dengan cara dipukul.

Tebangan

Alat musik Tebangan, merupakan alat musik yang berasal dari daerah Sumatera Selatan. Alat musik Tebangan yang berasal dari Sumatera Selatan ini dimainkan dengan cara dipukul.

Genggong

Alat musik Genggong, merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Sumatera Selatan. Alat musik Genggong yang berasal dari Sumatera Selatan ini dimainkan dengan cara ditiup.

Caklemong

Alat musik Caklemong, merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Bangka Belitung. Alat musik Caklemong ini dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan alat khusus.

Gambangan

Alat musik Gambangan, merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Bangka Belitung. Alat musik Gambangan yang berasal dari provinsi Bangka Belitung ini dimainkan dengan cara dipukul.

Kompang

Alat musik Kompang, merupakan alat musik yang berasla dari daerah provinsi Lampung. Alat musik Kompang yang berasal dari Lampung ini dimainkan dengan cara dipukul.

Itulah diatas artikel yang sudah saya bahas lengkap mengenai ” 50 Alat Musik Tradisional di Negara Indonesia Lengkap Beserta Penjelasnanya “. Semoga bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahuanmu tentang kebudayaan budaya.

Komentar disini