25 Jenis Alat Musik Tiup Lengkap dengan Penjelasannya

Alat Musik Tiup

Kalimat.ID – Alat Musik Tiup – Indonesia negara yang terkenal dengan kekayaan alam yang begitu melimpah. Selain itu, Indonesia juga mempunyai kebudayaan dan kesenian yang beragam. Salah satu kesenian yang ada di Indonesia yaitu Musik, merupakan suatu alunan yang sangat familiar di telinga masyarakat.

Dengan adanya musik ini membuat kita lebih enjoy dalam melakukan hal apapun. Tapi, apakah kamu mengetahui bahwa musik berasal dari gabungan-gabungan Alat Musik yang dirangkai menjadi satu sehingga menimbulkan alunan yang indah. Alat Musik ini terdiri dari 2 jenis yaitu Alat Musik Tradisional dan Alat Musik Modern.

Dalam dua jenis alat musik ini tergantung dari cara memainkannya. Karena alat musik tradisional maupun modern ini mempunyai cara-cara dalam memainkannya antara lain ditiup, dipukul, dipetik, digesek, dan masih banyak lagi. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menyajikan kepada kamu tentang Alat musik Tiup yang ada di Indonesia dari yang alat musik tradisional ke modern.

25 Alat Musik Tiup Tradisional dan Modern Lengkap dan Cara Memainkannya

Sebelum saya mengenalkan kepada kamu alat-alat musik tradisional maupun modern ini di negara Indonesia, saya akan menjelaskan sedikit dan singkat mengenai Alat Musik Tiup. Alat musik tiup ini dibedakan menurut jenisnya yaitu alat musik tradisional maupun modern yang memainkannya dengan cara ditiup. Dimana pada setiap alat musik ini terdapat di tiap-tiap daerah dengan mempunyai bentuk yang berbeda-beda.

Pada umumnya, alat musik tiup ini mempunyai jenis resonator yang terdapat di sebuah tabung yaitu kolom udara yang terdapat di dalamnya digetarkan dengan cara meniup bagian tersebut. Sehingga pada saat meniup itulah akan menghasilkan suara-suara.

Alat Musik Tiup Tradisional

Alat Musik Tiup Tradisional, merupakan alat musik yang ada sejak lama dengan mempunyai khas tradisionalnya. Selain itu, alat musik tradisional ini lebih sederhana dalam bentuk ataupun memainkannya. Pasalnya, alat musik tiup ini sangat banyak sekali yang memainkannya walaupun dengan berkembangnya masa sekarang.

Jangan salah tanggap, walaupun alat musik tiup saat ini yang saya sajikan termasuk kategori Tradisional juga tidak kalah dengan alat musik tiup modern. Karena alat musik tiup ini mempunyai ciri khas tersendiri dalam suara dan bentuknya. Berikut dibawah ini alat-alat musik tiup Tradisional yang saya sajikan khusus untuk Kalimaters!

1. Serunai Banjar

Alat musik Serunai Banjar, merupakan instrumen sebuah musik yang biasanya digunakan pada acara Bakuntau masyarakat Kalimantan. Alat musik Serunai ini berasal dari Kalimantan Selatan yang mempunyai bentuk seperti terompet dengan design ukiran yang sangat khas.

2. Serangko

Serangko, merupakan alat musik tradisional yang cara memainkannya yaitu dengan ditiup. Alat musik tiup Serangko ini termasuk alat musik tradisional yang terletak di Jambi. Alat musik tiup Serangko terbuat dari tanduk kerbau yang panjangnya sekitar 1-1,5 meter. Pada jaman dahulu, alat musik tradisional ini digunakan oleh para komandan pasukan perang sebagai memberikan sinyal sebuah komando.

3. Serdam

Serdam, yaitu alat musik tradisional yang sejenis dengan alat musik Seruling. Namun alat musik Serdam ini mempunyai perbedaan yaitu pada nada dasar G sebagai Do dan terdapat lima lubang yang dapat menghasilkan tangga irama. Alat musik tradisional ini menghasilkan suara musik yang sendu, sehingga pemain yang memainkan ini merasakan kesedihannya.

Oleh karena itu, apabila ada seorang yang memainkan alat musik Serdam ini bertujuan untuk menghibur diri dari patah hati. Serdam ini terbuat dari bahan bambu yang mempunyai bentuk bulat dengan garis tengah sekitar 1-1,5cm dengan panjang 25-26cm dan diameter lubang sekitar 4cm. Dimana pada jarak-jaranya terdiri dari 3 bagian yaitu :

  1. Jarak ujung Serdam ke lubang tadi sekitar 4 cm
  2. Jarak antar masing-masing lubang sekitar 2cm
  3. Jarak lubang klep pertama dan kedua sekitar 2 cm dengan simetris.

4. Foy Doa

Alat musik tradisional selanjutnya yaitu Foy Doa, merupakan alat musik yang biasanya ini dimainkan oleh orang-orang remaja dalam permainan. Alat musik Foy Doa ini mempunyai bentuk seperti seruling ganda yang terbuat dari bahan bambu kecil bergandengan sebanyak 2 atau bisa lebih.

5. Sunding Tongkeng

Sunding Tongkng adalah alat musik tradisional yang sangat berkaitan dengan bentuk dan cara dalam memainkannya. Dimana alat musik Sunding Tongkeng ini bentuk ruas bambu dna bulu mempunyai panjang sekitar 30cm. Alat musik tradisional ini berwujudkan seperti berbuku.

6. Tahuri

Alat musik tradisional yang kedua yaitu Tahuri, merupakan alat musik yang berasal dari Maluku. Alat musik ini terbuat dari kerang raksasa yang dibentuk sedemikian rupa membentuk terompet. Dalam alat musik tradisional ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu apabila semakin kecil bentuknya maka akan semakin nyaring suaranya dan ini berbanding terbaik untuk ukuran besar ini akan menghasilkan nada rendah.

7. Saluang

Saluang, merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bambu tipis atau talang. Alat musk Saluang ini berasal dari Minangkabaum, Sumatera Barat.

8. Kinu

Alat Musik tradisional berikutnya yaitu Kinu, merupakan alat musik yang cara memainkannya dengan cara ditiup. Kinu, merupakan alat musik tradisional yang berasal dari kepulauan Rote Nusa Tenggara Timur atau di singkat dengan NTT.

9. Foi Mere

Pernahkah kamu medengar alat musik satu ini? yaitu For Mere, merupakan alat musik yang berada di pulau Flores.

10. Rinding

Alat musik tradisional yang ke-10 yaitu Rinding, merupakan alat musik yang terbuat dari bahan dasar bambu dengan bentuk pipih persegi panjang. Alat musik ini bisa kita jumpai di daerah Gunung Kidul.

11. Suling Lembang

Alat musik yang ke-11 yaitu Suling Lembang, merupakan alat musik tradisional yang berasal Sulawesi Selatan. Alat musik Suling Lembung ini mempunyai panjang sekitar 40-100cm dan menjadi suling terpanjang di daerah sana. Meskipun termasuk suling yang paling panjang, namun Suling Lembung ini memunyai diameter yang kecil sehingga memudahkan kita untuk memegangnya.

12. Puwi-Puwi

Sudahkah kamu mengenal salah satu alat musik tradisional ini ? Yaitu Puwi-Puwi, merupakan alat musik yang mempunyai bentuk terompet. Alat musik tradisional ini dapat kamu temui dengan mengunjungi daerah provinsi Sulawesi Selatan.

13. Basa Basi

Alat musik yang  Basa-Basi ini terkadang mengingatkan saya dengan alat musik yang biasanya dipakai oleh pawang ular. Dimana bentuk alat musik Basa-Basi ini hampir sama dengan yang alat musik yang digunakan pada pawai ular. Untuk masyarakat Bugis biasanya menyebut degan Basa-basi dan berbeda dengan penduduk Makasar yang menyebutnya klarinet.

14. Pupuik Batang Padi

Alat musik tradisional Batang Padi, merupakan alat musik yang terbuat dari batang padi. Alat musik Batang Padi ini biasanya terdapat di daerah Minangkabau. Bunyi yang dihasilkan dari alat musik tradisional ini melengking dan sangatlah tinggi.

15. Oli

Alat musik selanjutnya yaitu Oli, merupakan alat musik yang cara memainkannya dengan ditiup dan yang menjadi renatornya adalah rongga mulut si pemainnya. Alat musik tradisional Oli ini berasal dari bahan dari bambu. Dimana alat musik tradisional Oli ini dapat kita jumpai pada kebudayaan masyarakat Melayu.

16. Ore-Ore Mbondu

Mungkin kamu asing dengan nama Ore-Ore Mbondu ini, karena sangat jarang sekali alat musik ini ditemui. Alat musik Ore-Ore Mbondu, merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari tulang dengan melubangi dan juga tembaganya. Alat musik Ore-Ore Mbondu ini berasal dari Sulawesi Tenggara atau disingkat Sulteng.

17. Pakeke

Alat musik tiup tradisional yang terakhir yaitu Pakeke, merupakan alat musik yang terkenal karena mempunyai keunikan-keunikan. Pasalnya, tidak hanya dari bentuknya saja melainkan pada bunyi yang dihasilkan dari alat musik ini sangat berbeda dengan alat musik tradisional lainnya. Pakeke berasal dari Sulawesi Barat.

Alat Musik Modern

Karena Indonesia merupakan negara yang mempunyai keanekaragaman kesenian yang beragam, maka alat musik tiup ini tidak hanya tradisional saja melainkan alat musik tiup modern juga. Pasalnya, pada perkembangan di jaman modern yang mengikuti majunya teknologi tentu juga dalam hal alat musik pasti ada pula yang berbeda. Alat musik tiup modern satu ini yang akan saya bahas lengkap dengan asal daerahnya.

1. Klarinet

Alat musik modern yang pertama yaitu Klarinet, merupakan alat musik yang asal mulanya dari keluarga Woodwind. Dimana nama klarinet ini berasal dari bahasa itali yaitu Clarino yang mempunyai arti terompet dan kalimat terakhir et ini mempunyai arti kecil. Jadi, bila disimpulkan bahwa Klarinet merupakan alat musik modern yang berupa seperti terompet kecil.

2. Obo

Apakah kamu pernah mendengar alat musik satu ini? Obo, yaitu alat musk yang berasal dari keturunan Shawm. Menurut bahasa, nama Obo ini berasal dari perancis Hautbois yang artinya high wood.

Oleh karena ini tidak heran apabila alat musik Obo disebut juga Hautboy dalam bahasa Inggris dan seorang musikus menyebutnya obois. Alat musik Obo ini mempunyai suara yang melengking dan suara yang jernih apabila dibandingkan dengan alat musik instrumen woodwind.

3. Saksofon

Saksofo, merupakan alat musik yang instrumennya termasuk dalam kategori woodwind. Alat musik Saksofon ini terbuat dari logam. Alat musik Saksofon ini terdiri dari 3 jenis yaitu L

  1. Curved Bell Soprano Saxophone
  2. Soprano Saxophone
  3. Alto Saxophone

4. Flute

Alat musik Flute ini juga masih ada kaitannya dengan instrumen woodwind. Namun, suara yang dihasilkan flute ini berkarakter lembut dan dapat dikombinasikan dengan instrumen-instrumen lainnya dengan baik.

5. Terompet

Terompet, merupakan alat musik modern yang terbuat dari bahan logam. Alat musik ini mempunyai 3 tombol dan pemain terompet ini wajib untuk menyesuaikan embouchure agar mendapatkan nada-nada yang berbeda.

6. Trombon

Alat musik modern yang ke-6 yaitu Trombon, merupakan alat musik yang berasal dari bahasa italia Tromba yang artinya Terompet. Alat musik modern Trombon ini terbuat dari bahan logam.

7. Harmonika

Pada umumnya masyarakat sudah mengenal Harmonika, yaitu alat musik yang menurut saya sangat mudah dimainkan. Walaupun alat musik ini ditemukan pada tahun 1821 termasuk dalam kategori alat musik tiup modern. Penemu alat musik Harmonika yaitu Christian Friedrich Buschmann.

8. Bassoon

Alat musik modern yang ke-8 yaitu Basson, merupakan alat musik yang masuk dalam kategori instrumen woodwind. Namun, alat musik Basson ini mempunyai suara yang paling rendah apabila dibandingkan dengan instrumen woodwind lainnya.

9. Tuba

Alat musik modern yang kedua yaitu Tuba, merupakan alat musik yang cara memainkannya untuk menghasilkan suara yaitu ditiup. biasanya alat musik tiup Tuba ini dari bahan logam.

Itulah diatas alat-alat musik yang cara memainkannya dengan cara ditiup dari Alat Musik Tiup Tradisional dan Alat Musik Tiup Modern yang sudah saya ulas lengkap dengan penjelasannya. Semoga dengan adanya artikel ini, kita semakin mengenal kesenian-kesenian yang ada di Indonesia. Karena pada generasi mudah sangat minim minatnya dalam dunia Kesenian.