10 Alat Musik Ritmis Modern dan Tradisional Beserta Penjelasannya

Alat Musik Ritmis

Kalimat.ID – Alat Musik Ritmis – Indonesia merupakan negara yang sangat terkenal dengan kekayaan alam dan keanekaragaman kebudayaan budaya. Selain itu, Indonesia juga mempunyai kesenian-kesenian yang sangat populer di masyarakat umumnya. Salah satunya Musik, merupakan sebuah alunan suara yang dihasilkan oleh alat-alat musik tradisional.

Dalam sebuah alat musik yang tidak bernada ini biasanya kita kenal dengan alat musik ritmis. Alat Musik Ritmis, merupakan jenis alat musik yang mempunyai perbedaan tinggi bunyi dalam menghasilkan sebuah irama. Alat musik Ritmis juga mempunyai peranan yang sangat penting yaitu sebagai pengiring, pengatur tempo, sampi dengan membentuk irama.

Dalam memainkan alat musik ritmis ini seharunya kita mengutamakan ketepatan dari pengambilan nada keteraturan sebuah ketukan pada saat mengikuti ritme pada lagu. Apabila lagu yang dimainkan dengan lambat atau melow ini seharusnya kita menyesuaikan dengan ketukan yang lambat, sehingga akan menciptakan sebuah musik yang harmonis.

Begitu pula sebaliknya apabila lagu yang dimainkan dengan cepat, maka dalam ketukannya ini harus cepat untuk menyesuaikan sebuah lagu tersebut agar suara yang dihasilkan menjadi harmonis.

Untuk menambah wawasanmu dalam alat musik ritmis ini, saya akan mengulas pada artikel ini tentang apa saja alat-alat musik ritmis yang ada di Indoensia ini. Pasalnya, seperti yang saya sebutkan bahwa alat musik ritmis ini mempunyai peranan penting. Apabila tidak ada alat musik ritmis ini mungkin suara yang dihasilkan dalam sebuah lagu akan menjadi tidak indah.

10 Jenis Alat Musik Ritmis Lengkap Beserta Penjelasannya

Sebelum kamu mengenal alat musik ritmis, saya akan mengenalkan kepada kamu apa itu yang di maksud dengan Musik. Sebenarnya artian ini begitu luas, secara umum Musik adalah sesuatu yang bisa membuat orang menjadi lebih enjoy santai seletah melakukan aktivitas yang pada setiap harinya. Dalam musik ini terdiri dari beberapa jenis musik yang ada di seluruh wilayah nusantara ini serta mempunyai keunikan tersendiri pada setiap daerah.

Untuk membuat musik yang indah tentunya membutuhkan alat musik yang dimainkannya dengan cara harmonis. Alat musik ini terdiri dari beberapa jenis yaitu Alat Musik Ritmis, Melodis, dan Harmonis. Pada kesempatan kali saya akan mengenalkan kepada kamu Alat Musik Ritmis.

Alat Musik Ritmis ini terdiri dari 2 bagian yaitu Alat Musik Ritmis Modern dan Alat Musik Tradisional. Dibawah ini akan saya jelaskan tentang alat-alat musik ritmis mana yang termasuk dengan alat musik ritmis modern dan mana yang termasuk dengan alat musik ritmis tradisional.

Musik Ritmis Modern

Seiring berjalannya perkembangan jaman di Indonesia ini kita begitu banyak perubahan yang ada. Bahkan Alat-alat musik tradisional yang dulu sangat populer di masyarakat ini sudah ada yang punah keberadaannya. Mengapa alat musik tradisional punah? Jawabannya simpel, yaitu alat musik tradisional tersebut tidak terpakai dan juga ada alat musik yang lebih modern.

Berikut dibawah ini akan saya kenalkan alat musik ritmis modern !

1. Konga

Alat musik modern yang pertama yaitu Konga, merupakan alat musik yang berasal dari Afrika. Dari berbagai daerah, Konga ini lebih dikenal dengan nama Tumbadora atau Konga. Kongan ini merupakan alat musik yang biasanya berubah-ubah baik dari segi bahan atau dari bentuknya karena seiring berkembangnya jaman modern saat ini.

Bila dilihat lebih seksama, bahwa alat musik Konga ini hampir sama dengan Kendang yang cara memainkannya yaitu dipukul. Namun, yang menjadi berbeda yaitu dalam segi bentuknya. Alat musik modern ini mempunyai bentuk yang lebih bulat yang mengkrucut apabila dibandingan dengan dahulu.

Pada jaman dulu, konga ini terbuat dari bahan ala yaitu kayu dan bahan tamban yang terbuat dari fiberglass.

2. Drum

Di jaman modern saat ini tentunya masyarakat sekitar umumnya sudah mengetahui salah satu alat musik modern ini. Drum, merupakan alat musik yang biasanya digunakan dengan berkelompok seperti pada Band-Band. Dalam satu set drum ini terdapat dari beberapa macam alat musik yang bisa menghasilkan suara yang harmoni.

3. Simbal Tangan

Mungkin semua masyarakat sudah mengenal salah satu alat musik ini yaitu Simbal Tangan. Simbal tangan merupakan alat musik yang mempunyai bentuk sebuah piringan pipih dengan ukuran diameter yang bermacam-macam. Selain itu, alat musik modern ini mampu menghasilkan suara-suara yang cukup keras terutama keti saling diadukan.

Menurut jenisnya, alat musik ini terdiri dari 2 maca yaitu Simbal tangan dan Simbalyang ada pada drum.

4. Tamborin

Alat musik yang keempat yaitu Tamborin, merupakan alat musik yang cara memainkannya dengan menggoyang-goyangkan. Selain itu, alat musik ini bisa juga di tepukan ke tangan ataupun kaki supaya suara yang khas dimiliki oleh alat musik mmodern ini keluar.

Alat musik Tamborin ini terbuat dari loga yang berbentuk bulat dengan susunan dlaam sebuah lingkaran, sehingga pada saat diadukan ini menghasilkan suara yang gemerincing sangat harmonis.

5. Triangel

Menurut masyarakat pada umumnya ini menyebutkan bahwa alat Triangle ini bukanlah sebuah alat musik. Akan tetapi dalam pembahasan saya sekarang yaitu Triangle karena dalam penggunaanya yang ritmis. Triangle, merupakan alat musik ritmis modern yang sampai sekarang masih saya temui dan masih digunakan dalam acara tertentu.

Triangle mempunyai bentuk yang berupa segitia dengan tali sebagai pegangannya, sangat memudahkan seseorang pemain dalam menggunakan alat musik modern satu ini. Mungkin dalam penggunaaanya masih jarang di Indoensia.

Alat Musik Ritmis Tradisional

Selain alat musik modern diatas, bahwa masih ada alat musik tradisional yang digunakan dalam acara-acara pada setiap daerah masing-masing. Karena terkenalnya tradisional menganggap alat musik ini hampir semua tidak ada, jangan salah karena masih banyak alat musik tradisional yang berjaya pada jaman modern saat ini. Pada pembahasan ini, saya akan mengulas alat musik tradisional apa saja yang ada dan masih terjaga dibawah ini.

1. Kendang

Berbicara Kendang, tentunya masyarakat pada umumnya sudah mengenal salah satu alat musik traidsional ini. Kendang, merupakan salah satu instrumen dalam gamelan Jawa dan Sunda. Fungsi dari Kendang yaitu sebagia pengatur tempo atau irama sama dengan alat musik ritmis lainnya.

Menurut jenisnya, Kendang terbagi menjadi 4 jenis yaitu:

– Kendang kecil yang disebut dengan ketipung.
– Kendang sedang yang disebut dengan kendang kabar atau disebut juga dengan ciblon.
– Kendang gedhe, merupakan kendang pasangan dari ketipung dan juga disebut dengan kendang kalih.
– Kendang kosek, merupakan kendang yang menjadi khas tersendiri dalam pewayangan.

Kendang-kendang diatas biasanya dimainkan oleh para pemain gamelan yang sudah profesional. Biasanya, pemain kendang yang sudah profesional ini mempunyai gaya serta naluri tersendiri. Jadi, apabila dimainkan oleh orang yang berbeda ini juga nuansa dalam musik tersebut akan berbeda.

2. Tifa

Alat musik tradisional selanjutnya yaitu Tifa, merupakan salah satu kekayaan dari alat musik tradisional bagi masyarakat Maluku dan Papua. Alat musik Tifa ini mempunyai bentuk dan fungsi yang hampir sama dengan Kendang. Akan tetapi dalam suara yang dihasilkan dari alat musik Tifa ini lebih ringan bila dibandingkan dengan alat musik Kendang.

Biasanya alat musik traidsional ini dimainkan oleh para lalki-laki yang sudah dewasa. Biasanya alat musik ini dipakai dalam acara-acara adat sepert tarian tradisional, upacara adat, dan pertunjukan musik.

3. Rebana

Alat musik Rebana, merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Timur Tengah. Namun, banyak sekali kita jumpai alat musik Rebana ini di daerah seluruh Indonesia. Pasalnya, alat musik ini sudah berkembang di negara-negara ke Asia Tenggara diantaranya Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura.

Biasanya, alat musik Rebana ini dimainkan pada acara-acara kesenian diantaranya qasidah dan hadroh. Dibalik itu semua, ada keunikannya yaitu Indonesia banyak sekali yang memproduksi dan kemudian dijual ke pasar-pasar Internasional. Salah satu daerah yang memproduksi alat musik rebana diantaranya Desa Kaliwadas, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

4. Kastanyet

Alat musik yang keempat yaitu Kastanyet, merupakan alat musik yang terdiri dari sepasang kepingan kayu keras mempunyai bentuk cekung atau kita lebih akrabnya gading. Sering kali saya mengetahui di media lain bahwa alat musik Kastanyet ini digunakan dalam mengiringi tarian negara Spanyol. Cara memainkan alat musik ini dengan cara menggesek-gesekkan dengan menggunakan ibu jari.

Alat musik tradisional ini dimainkan dengan menggunakan dua tongkat kayu silinder dengan meng-klik secara bersamaan untuk menghasilkan suara dengan nada tinggi.. Alat musik Kastanyet ini terbuat dari bahan sintetis.

5. Timpani

Alat musik tradisional yang terakhir yaitu Timpani, merupakan alat musik yang memainkanny dengan cara dipukul dengan menggunakan alat. Alat untuk dipukul diantaranya alat musik marimba, vibraphone, xylophone, dan glockenspiel. Alat musik Timpani ini mempunyai ukuran yang cukup besar, sehingga akan selalu di tempatkan di belakang sendiri.

Selain itu juga menjadi alasan keindahan karena menjadi pertimbangan dalam keseimbangan suara.

Dibalik itu semua, akan membuatnya lebih istimewa apabila rangkaian alat musik timpani ini terletak pada belakang pasukan orkestra. Walaupun biasanya alat musik ini terletak di paling belakang bagiannya, namun alat musik tradisional ini mempunyai pengaruh tersendiri di dalam pertunjukan orkestra.

Half egg, yaitu instrumen yang menjadi sebutan orang-orang Amerika. Berbeda dengan orang Perancis yang menyebutnya dengan sebutan Timbale. Sementara untuk orang inggris pun berbeda yang menyebutnya dengan ketel drum.

Menurut jenisnya, alat musik ini terbagi menjadi 5 macam yaitu :

  • Timpani berdiameter 20 inch
  • Timpani berdiameter 23 inch
  • Timpani berdiameter 26 inch
  • Timpani berdiameter 29 inch
  • Timpani berdiameter 33 inch

Timpani berdiameter 33 inch inilah yang menjadi jenis alat musik Timpani yang paling besar. Jumlah standar rangkaian alat musik tradisional ini yaitu dua buah dan kemudian dapat ditambahkan sesuai kebutuhan lagunya.

Itulah pembahasan pada artikel ini yang mengulas tentang ” 10 Alat Musik Ritmis Modern dan Tradisional Lengkap dengan Penjelasannya “. Dengan adanya artikel ini, semoga bisa menambah ilmu pengetahuanmu dalam mengenal kesenian-kesenian khususnya Alat musik ritmis ini. Sebagai penerus bangsa ini kita harus senantiasa menjaga dan melestarikan akan kesenian-kesenian.

Jadikan sebuah kesenian sebagai penyatu generasi bangsa, dengan begitu akan begitu Indah dan harmonis terjalinnya hubungan saling berinteraksi dalam sebuah Musik. Karena Musik adalah sebuah ekspresi dari diri sendiri. Sekian dan terima kasih atas membaca artikel saya sampai selesai.