Beranda Pendidikan 45 Alat Musik Pukul Lengkap Beserta Penjelasannya

45 Alat Musik Pukul Lengkap Beserta Penjelasannya

Alat Musik Pukul

Kalimat.ID – Alat Musik Pukul – Pernahkah kamu mendengarkan sebuah Musik ? Pastinya pernah, karena Musik bisa membuat kita semangat dalam mengerjakan sesuatu. Dengan musik kita bisa melakukan segala hal dengan santai. Musik merupakan ekspresi dari diri sendiri.

Seperti yang kita ketahui bahwa adanya musik karena terdapat dari Alat-Alat Musik yang dirangkai menjadi satu sehingga menimbulkan suara yang indah dan seirama. Jika sudah mengenal Musik, pastinya sudah mengenal alat-alat musik pada jaman modern saat ini. Nah, Alat Musik ini mempunyai cara tersendiri dalam memainkannya.

Salah satunya Alat Musik Pukul, dimana setiap orang apabila ingin menghasilkan suara harus dengan cara memukul alat musik tersebut. Nah, masalahnya apa saja alat musik Pukul ? Jangan salah, apalagi kalau belum mengenal sama sekali tentang alat musik Pukul ini. Salah-salah bisa jadi alat musik di tiup kamu anggap alat musik Pukul.

Untuk menambah wawasanmu dalam mengenal kesenian-kesenian di Indonesia khususnya Alat Musik Pukul, saya akan menyajikan beberapa alat musik Pukul. Dimana pada setiap alat musik tradisional ini mempunyai fungsi dan bentuk yang berbeda-beda. Oleh karena itu, untuk itu marilah kita baca sampai selesai apa saja Alat Musik Pukul yang saya sajikan pada artikel ini.

Mengenal Alat Musik Pukul Tradisional Lengkap dengan Penjelasannya

Alat musik, merupakan instrumen yang diciptakan dengan tujuan menghasilkan alunan musik yang indah. Pengertian Alat musik ini begitu luas, ada pula yang mengatakan bahwa Alat musik bisa menghasilkan alunan musik yang diolah dan diatur oleh seorang musisi. Cara memainkan alat musik ini beragam, salah satunya yaitu Alat Musik yang dengan cara dipukul agar menghasilkan sebuah yang indah.

Alat Musik pukul, merupakan alat musik yang apabila ingin menghasilkan suara harus dengan cara dipukul. Nah, pada kesempatan ini saya akan mengenalkan kepada kamu khususnya pengunjung setia Kalimaters mengenai alat-alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan dipukul.

1. Alat Musik Pukul Gendang Bulo

Alat Musik Gendang Bulo, merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dalam acara-acara pernikahan dan acara adat lainnya. Alat musik Gendang Bulo ini berasal dari Sulawesi Selatan.

2. Alat Musik Pukul Ana’ Baccing atau Becing

Alat musik Ana’ Baccing, merupakan alat musik yang mempunyai bentuk dan keunikan berbeda apabila dibandingkan dengan alat-alat musik tradisional lainnya. Alat Musik Ana’ Baccing atau Becing ini berasal dari Sulawesi Selatan.

3.Alat Musik Pukul Marawis

Alat musik Marawis, merupakan alat musik tradisional yang mempunyai bentuk sama dengan alat musik Rebana. Yang membedakan alat musik ini dengan Rebana yaitu kalau Rebana lebih gempal bila dibandingkan dengan Marawis. Alat musik Marawis berasal dari Gorontalo.

4. Alat Musik Pukul Kecrek

Alat Musik Kecrek, merupakan alat musik tradisional yang bentuknya terlihat sederhana yaitu hany membutuhkan 3 komponen saja sudah dapat membuat alat musik ini. Alat Musik kecrek ini berasal dari Jakarta.

5. Alat Musik Pukul Bonang Minang atau Talempong

Alat Musik Bonang Minang, merupakan alat musik yang mempunyai bentuk hampir mirip dengan Bonang yang terdapat di Gamelan Jawa. Sesuai namanya bahwa Alat Musik Bonang Minang ini berasal dari daerah Bonang Minang.

6. Alat Musik Gong Minang

Alat Musik Gong Minang, merupakan alat musik tradisional yang mempunyai bentuk bundar dengan terdapat benjola di bagian tengahnya.

7. Alat Musik Kolintang

Alat Musik Kolintang, merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Minahassa, Sulawesi Utara.

8. Alat Musik Sasesahang

Alat Musik Sasesahang, merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bambu. Dalam pembuatan Alat musik Sasesahang bahwa bambu dibelah dan salah satunya dibentuk runcing seperti paruh.

9. Alat Musik Dol

Alat Musik Dol, merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Bengkulu. Alat musik ini biasanya dimainkan ketika acara perayaan Tabot saja yaitu dalam rangka mengenang meninggalnya cucu Nabi Muhammad SAW.

10. Alat Musik Redap

Alat musik Redap, merupakan alat musik tradisional yang menjadi khas daerah Bengkulu sejak lama sekali sebelum adanya alat musik Dol.

11. Alat Musik Gendang Panjang

Alat Musik Gendang Panjang, merupakan alat musik yang terbuat dari bahan kayu dan kulit binatang untuk bagian yang dipukul.

12. Alat Musik Saron atau Sarun

Alat Musik Saron, merupakan alat musik yang bisa dikatan sederhana dan sangat enak di dengar. Alat musik tradisional Saron atau Sarun ini berasal dari Kalimantan Tengah.

13. Alat Musik Garantung

Alat musik Garantung, merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bahan campuran logam. Cara memainkan alat Musik Garantung yaitu dipukul ini berasal dari Kalimantan Tengah.

14. Alat Musik Babun

Alat Musik Babum, merupakan alat musik yang mempunyai bentuk Babun yaitu sama dengan Gendang. Alat musik Babun ini terbuat dari bahan kayu dan kulit binatang yang terletak pada kedua ujung. Alat musik tradisional Barun sering kali saya menjumpai di Kalimantan Utara pada saat liburan.

15. Alat Musik Gambang

Alat musik tradisional yang ke-15 yaitu Alat Musik Gambang, merupakan alat musik yang terbuat dari kayu yang bagia utamanya ada sekitar 18 bilah kayu tersusun rapih. Alat Musik Pukul Gambang ini berada di daerah Kalimantan Utara.

16. Alat Musik Kompang

Alat musik tradisional yang selanjutnya yaitu Alat musik Kompang, merupakan alat musik yang terbuat dari bahan kulit binatang. Alat musik Kompang masih ada di daerah Lampung.

17. Alat Musik Bende

Alat musik tradisional yang ke-17 yaitu Bende, Merupakan alat musik tradisional yang berupa Gong yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan gong aslinya.

18. Alat Msuik Satong Srek

Alat Musik Tradisional yang ke-18 yaitu Satong Srek, merupakan alat musik yang terbuat dari bahan bambu dan seng. Alat musik Satong Srek ini bisa kita temui di daerah Nusa Tenggara Barat.

19. Alat Musik Gula Gending

Alat Musik Gula Gending merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bahan seng dan juga bahan tekstil. Tempat alat musik tradisional Gula Gending ini cukup jauh yaitu di provinsi Nusa Tenggara Barat.

20. Alat Musik Cungklik atau Palompang

Cungklik atau palompang, merupakan alat musik tradisional yang berasal dari NTB. Alat musik tradisional Cungklik atau Palompang ini terbuat dari bahan-bahan logam dan kayu.

21. Alat Musik Gendang Melayu

Alat musik Gendang Melayu, merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bahan kulit bianatang yang ada kaintannya dengan waktu memukul alat musik tadi. Alat musik Gendang Melayu ini berasal dari Bangka Belitung.

22. Alat Musik Rebana

Alat Musik Rebana, yaitu alat musik tradisional yang sangat terkenal di Indonesia. Alat musik tradisional Rebana ini terdapat di sebuah daerah Bangka Belitung.

23. Alat Musik Bambu Hitada

Alat Musik Bambu Hitada, merupakan kesenian musik yang berasal dari Maluku Utara.Alat musik ini sangat terkenal di daerah Maluku Utara apalagi di Halmahera.

24.A Alat Musik Yi

Alat musik tradisional yang ke-24 yaitu Alat musik Yi, merupakan alat musiik yang mempunyai nama sangat unik dari bentuk yang luar biasa. Alat musik ini Yi ini dapat kita jumpai di sebuah daerah Papua Barat.

25. Alat Musik Paloplo

Alat musik Palopalo, merupakan alat musik yang tergolong kategori idiofon. Alat musik Paloplo ini berasal dari Gorontalo.

26. Alat Musik Ganda

Ganda, merupakan alat musik yang berasal dari Gorontalo. Alat musik tradisional Ganda ini sama halnya dengan Gendang. Dimana alat musik tersebut mempunyai dua sisi yang dilapisi dengan kulit binatang. Alat musik ini berasal dari Gorontalo dan Sulawesi Tengah.

27. Alat Musik Wahulo

Alat musik Wahulo yaitu alat musik yang mempunyai bentuk sama dengan Rebana. Alat musik tradisional Wahulo ini biasanya ada di daerah Gorontalo.

28. Alat Musik Tenun

Alat musik Tenun yaitu alat  musik yang cara pembuatannya dengan kayu di bagian tengahnya dibentuk ornamen dan pada bagia ornamen. Alat musik Tenun ini dapat kita cari di daerah Palembang.

29. Alat Musik Calung

Alat musik Calung ini hampir sama dengan Angklung, yaitu terbuat dari bahan bambu. Alat musik ini dapa kamu temui di Jawa Barat.

30. Alat Musik Kendang

Alat musik Kedang, merupakan alat musik yang menjadi salah satu sebuah kesenian Gamelan Jawa yang berfungsi sebagai mengatur intro, tempo dan irama. Alat musik tradisional Kendang sangat populer dan cukup terkenal pada kalangan masyarakat di Jawa Barat.

31. Alat musik Gondra

Alat musim Gondra ini bisa termasuk dalam kategori membranofon. Alat musik Gondra ini sering kali saya sebagai penulis melihat di daerah Nias.

32. Alat Musik Kokoko

Alat Musik tradisional yang ke-32 yaitu Kokoko, merupakan alat musik yang mempunyai bentuk sama dengan kentongan sepert di pos ronda. Alat musik Kokoko ini sering saya temukan di daerah Nias.

33. Alat Musik Faritia

Faritia, merupakan alat musik yang terbuat dari bahan loga dan mempunyai bentuk bundar dengan tonjolan pada bagian tengah. Alat Musik Faritia sama seperti alat musik di atasnya yang bisa kita temui di Nias.

34. Alat Musik Rebana Ubi

Alat musik yang ke-34 yaitu Rebana Ubi, merupakan alat musik yang mempunyai ukuran sangat besar apabila dibandingan dengan Rebana. Alat musik Rebana Ubi berasal dari daerah Kepulauan Riau.

35. Alat Musik Ketipung

Alat musik tradisional selanjutnya yaitu Ketipung, merupakan alat musik yang mempunyai bentuk hampir sama dengan Gendang. Alat musik Ketipung sangat terkenal di daerah Jawa Timur.

36. Alat Musik Bonang

Bonang, merupakan alat musik yang masih ada kaitannya dengna kesenian musik Gamelan Jawa. Alat musik Bonang ini juga sangat familirar di daerah Jawa Timur.

37. Alat Musik Rindik

Alat musik Rindik, yaitu alat musik yang sangat terkenal akan wisatanya sampai ke Mancanegara yakni Pulau Dewata Bali. Alat musik Tradisional Rindik menjadi objek wisata bagi turis yaitu di daerah Bali.

38. Alat Musik Ceng-Ceng

Ceng-ceng, merupakan alat musik yang mempunyai nama yang unik dan salah satu alat musik yang sangat penting pada Gamelan Bali. Alat Musik Ceng-ceng termasuk alat musik tradisional yang terletak di Bali.

39. Alat Musik Demung

Alat musik demung ialah alat musik traidisonal yang sama dengan Saron. Alat musik ini dapat kita temui di Jawa Tengah dan Yogyakarta tadi.

40. Alat Musik Pukul Kenong

Kenong adalah alat musik yang berfungsi sebagai menegaskan suatu irama pada setiap lagu. Alat musik Pukul Kenong ini sangat populer di Jawa Tengah.

41. Alat Musik Pukul Gender

Alat musik Gender adalah alat musik yang mempunyai 10 sampai 14 batang logam digunakan untuk dipukul. Alat musik tradisional Gender ini menjadi salah satu ciri khas dari provinsi Jawa Tengah.

42. Alat Musik Pukul Canang

Alat musik Canang yaitu alat musik tradisional yang terletak di daerah Aceh.

43. Alat Musik Pukul Geundrang

Alat Musik Geundrang, ialah alat musik traidsional yang mempunyai bentuk sama dengan Gendang. Alat musik Geundrang cukup famous di kalangan masyarakat dari Aceh.

44. Alat Musik Pukul Rapai

Alat musik Rapai, merupakan alat musik yang terbuat dari baha kulit binatang dan kayu. Alat musik tradisonal Rapai ini masih digunakan oleh masyarakat Aceh.

45. Alat Musik Pukul Taktok Trieng

Taktok Trien, merupakan alat musik yang terbuat dari bahan dasar bambu. Alat musik tradisional ini terbuat dari daerah Nanggroe Aceh Darussalam.

itulah alat-alat musik tradisional yang sudah saya ulas kurang lebih ada sekitar 45+ alat musik Pukul. Dengan begini semoga bisa menambah ilmu pengetahuanmu dalam kesenian di seluruh wilayah Indonesia khususnya “Alat musik Pukul”. Terima kasih telah membaca sampai selesai artikel saya.