25 Jenis Alat Musik Petik Lengkap Dengan Penjelasannya

Kalimat.ID – Alat Musik Petik – Setiap negara-negara pastinya mempunyai kesenian-kesenian yang sampai sekarang masih digunakan-nya sebagai adat istiadat. Kesenian yang saya maksud ialah Alat musik. Dimana pada alat musik ini mempunyai berbagai jenisnya, Tidak hanya di Indonesia namun di negara-negara lain juga ada.

Alat musik ini mempunyai berbagai jenis dalam cara mempermainkan-nya diantaranya yaitu dipukul, ditiup, dipetik, dan masih ada jenis lainnya. Contohnya Alat Musik Petik, merupakan alat musik yang cara memainkan-nya dengan dipetik di bagian tertentu. Dengan begitu alat musik ini akan menghasilkan suara-suara yang unik dan indah.

Untuk menambah wawasanmu dalam mengenal alat-alat musik petik ini, saya akan mengulas bahasan tersebut pada artikel ini. Alat musik petik ini terdiri 2 jenis yakni Alat Musik Petik Tradisional dan Alat Musik Modern. Dimana pada setiap jenis ini mempunyai bentuk yang berbeda-beda dan mempunyai suara yang khas.

Pada kesempatan kali ini saya begitu tertarik untuk membahas tentang “Alat Musik Petik” dengan lengkap dan singkat. Oleh karena itu, sempatkanlah membaca artikel ini sampai selesai guna menambah pengetahuanmu dalam mengenal kesenian di Indonesia. Selain itu, cara inilah yang menunjukkan bahwa kita bangga menjadi negara Indonesia.

25 Jenis Alat Musik Petik Tradisional dan Modern Lengkap Beserta Penjelasannya

Seperti yang kita ketahui, bahwa setiap negara-negara lain ini mempunyai banyak keanekaragaman kesenian yang salah satunya Alat Musik Petik ini. Nah, sebenarnya alat musik petik di Indonesia begitu banyak di berbagai daerah masing-masing. Namun, di kesempatan artikel ini saya hanya menjelaskan tentang 30 Alat Musik tradisional maupun modern.

Biar tidak panjang-panjang dalam berkata-kata, berikut alat musik petik yang saya ulas pada artikel ini!

Alat Musik Petik Tradisional

Jenis alat musik petik yang pertama akan saya kenalkan kepada kamu yaitu Alat Musik Petik Tradisional. Mungkin dibayanganmu, alat musik tradisional? Pasti kelasnya bawah rendahan dan kalah dengan alat musik petik modern. Jangan salah, walaupun tradisional ini alat musik yang mempunyai suara-suara yang indah dan unik.

Sebelum adanya alat musik petik modern, tentunya ada alat musik petik tradisional ini. Oleh karena itu, kita tidak boleh melupakan begitu saja agar keberadaan alat musik yang tradisional ini tidak punah. Pasalnya, kebanyak alat musik tersebut sudah ada yang punah, hampir punah, dan ada pula yang masih melestarikannya.

Oke, dibawah ini akan saya kasih daftar-daftar dari Alat Musik Petik Tradisional !

1. Pipa

Alat musik tradisional yang pertama yaitu Pipa, merupakan alat musik yang mempunyai bentuk seperti buah pir dan mempunyai 4 hingga 5 dawa. Alat musik Pipa berasal dari Tionghoa yang ada sejak pada jaman Dinasti Qin yaitu sekitar tahun 221-206M.

2. Sampek

Alat musik yang kedua yaitu Sampek, merupakan alat musik yang terbuat dari bahan kayu. Kayu yang dipakai untuk alat musik Sampek yaitu Kayu Ulin. Alat musik petik ini berasal dari suku Dayak.

3. Dan Bau

Jenis alat musik tradisional yang ketiga yaitu Dan Bau, merupakan alat musik yang mempunyai keunikan dengan hanya satu kord atau satu kunci nada saja. Alat musik Dan Bau ini terbuat dari empat bahan diantaranya Balok kayu, tabung kayu bambu, balok kayu, setengah potongan batok, dan terakhir memakai benang sutra.

4. Sanxian

Alat musik tradisional yang selanjutnya yaitu Saxian, merupakan alat musik yang mempunyai 3 buah dawai. Alat musik Sanxian ini terbuat dari bahan kulit ular dengan bentuk leher yang mirip dengan gitar. Alat musik Sanxia berasal dari Tionghoa.

5. Gayageum

Apakah pernah mendengar atau mengenal alat musik Gayageum? Tentunya asing, karena alat musik Gayageum ini berasal dari negeri ginseng di Korea.

Gayageum, merupakan alat musik yang mempunyai 12 senar. Berdasarkan jenisnya, alat musik Gayageum ini terbagi menjadi dua yaitu Sanjo dan Jeongak. Kedua jenis alat ini hanya berbeda pada penggunaannya saja.

6. Hasapi

Alat musik tradisional yang keenam yaitu Hasapi, merupakan alat musik yang mempunyai bentuk seperti Kecapi namun berbeda. Berdasarkan jenisnya bahwa alat musik Hasapi ini terdiri dari dua yaitu Hasapi Ende dan Hasapi Doal. Alat musik tradisional ini berasal dari Batak Toba yang menjadi khas di Sunda.

7. Banjo

Banjo, merupakan alat musik tradisional yang mempunyai kesamaan dengan alat musik Shamisen. Dimana pada alat musik ini terdiri dari dawai sebanyak 4-6 buah. Alat Banjo ini berasal dari Amerika, termasuk dalam kategori alat musik yang paling tua.

8. Japen

Alat musik kedelapan yaitu Japen, merupakan alat musik yang mempunyai instrumen hampir sama dengan Kecapi. Alat musik ini bisa kita jumpai di daerah Kalimantan Tengah.

9. Celempung

Alat musik tradisional yang masih dijaga dan dilestarikan yaitu Celempung, merupakan alat musik yang mempunyai keunikan pada penyetelah senarnya. Dimana senar tersebut adalah nada prelog dan nada slendro. Alat musik Celempung ini terletak di provinsi Jawa Barat.

10. Tutuba

Alat musik yang ke-10 yaitu Tutuba, merupakan alat musik yang terbuat dari baham bambu. Jika ingin mengetahui alat musik Tutuba bisa berkunjung di daerah Sulawesi Tengah.

11. Siter

Alat musik Siter, merupakan alat musik tradisional yang mempunyai 11 senar. Biasanya alat musik tradisional ini berpasangan dengan celempung dalam sebuah set gamelan di Jawa. Alat musik Siter dapat kita jumpai di daerah Jawa Tengah.

11. Sasando

Alat musik berikutnya yaitu Sasando, merupakan alat musik yang mempunyai suara mirip dengan beberapa alat musik dawai lainnya. Alat musik Sasando ditemukan pada tahun 1960 di Nusa Tenggara Timur.

12. Talindo

Alat musik yang selanjutnya yaitu Talindo, merupakan alat musik yang terbuat dari 3 buah benda diantaranya kayu, tempurung kelapa, dan senar. Alat musik ini Talindo ini berasal dari Sulawesi Tengah yang biasanya digunakan dalam acara pesta panen.

13. Panting

Alat musik Panting, merupakan alat musik tradisional yang mempunyai bentuk seperti Gambus dan mempunyai senar. Apabila ingin tahu betul bagaimana bentuk alat musik Panting, bisa berkunjung ke Kalimantan Selatan yang masih diyakini oleh Suku Banjar.

14. Leko Boko

Apakah kamu asing dengan salah satu alat musik tradisional ini ?

Leko Boko, merupakan alat musik tradisional yang mempunyai jumlah 4 dawai. Leko boko ini biasanya ada di daerah Nusa Tenggara Timur. Menurut fungsi masyarakat sana yaitu untuk acara-acara adat atau hiburan pribadi.

15. Kurating

Alat musik Kurting, merupakan alat musik yang hampir mirip dnegan Sapek. Alat musik yang berasal dari Kalimantan Bara ini dengan cara dipetik.

16. Dima Nggowuna

Alat musik Nggowuna adalah alat musik yang mempunyai ukuran sekitar 40-45cm. Alat musik tradisional ini menjadi salah satu perwujudan dari kesenian musik leluhur. Kono, dulu alat musik nggowuna ini dimaink oleh perempuan ketia bekerja menenun dan mempunyai tujuan hanya hiburan saja.

17. Gambus

Alat musik yang ke-17 yaitu Gambus, merupakan alat musik yang juga mempunyai nama lain Gendang. Alat musik Gambung ini bisa kita lihat di daerah Kepulauan Riau.

18. Guoto

Alat musik Guoto ini mempunyai keunikan dibandingan dengan alat musik tradisional lainnya. Walaupun alat musik ini juga terbuat baha kayu, senar dan kulit binatang. Namun ini menjadi ciri khas di Papua Barat.

19. Hawaiian

Hawaaian, yaitu alat musik yang hampir sama dengan alat musik gitar. Alat musik tradisional ini mempunyai sekitar 8 buah dawai dan harus di setting terlebih dahulu. Agar dalam memainkannya menghasilkan suara-suara yang indah.

20. Idiokordo

Alat musik Idiokordo ini juga dikenal dengan Tatabuhan, merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara petik. Alat musik Idiokordo mempunyai sekitar 3 dawai. Bila ingin melihat seperti apa bentuknya, Anda bisa datang ke daerah Nias Utara.

Musik Petik Modern

Bila ada alat musik tradisional, ini tentunya juga ada alat musik petik modern. Karena seiring berkembangnya jamanlah yang membuat semua alat musik mempunyai perkembangan yang cukup pesat. Dimana pada setiap alat musik yang saya sajikan untuk kamu bisa menjadi refrensi dalam mengenal kesenian yang ada di Indonesia ini.

1. Gitar

Pada umumnya masyarakat pastinya sudah mengenal salah satu alat musik ini yaitu Gitar, merupakan alat musik yang mempunyai 6 senar. Pada setiap senar pada gitar ini mempunyai bentuk yang berbeda-beda yang menjadikan hasilnya lebih harmonis. Alat musik gitar ini terdiri dari 2 jenis yaitu Gitar elektrik dan gitar akustik.

2. Harp Guitar

Siringnya perkembangan jaman ini bahwa ada nama alat musk yang hampir sama dengan gitar yaitu Harp Gitar atau disebut juga gitar harpa. Menurut jenisnya bahwa alat musik ini terdiri dari 2 jenis yakni elektrik dan akustik. Alat musik yang sangat butuh fokus dan keterampilan dalam memainkan dengan memetik.

3. Ukulele

Alat musik modern yang ketiga yaitu Ukulele, merupakan alat musik yang ada sejak tahun 1880an. Alat musik ini mempunyai ukuran yang lebih kecil bila dibandingkan dengan gitar yaitu sekitar 20inchi. Alat musik Ukulele ini berasal dari negara Hawai.

4. Jantreng

Jantreng, merupakan alat musik yang instrumennya berbentuk seperti kecapi yaitu dengan 7 buah dawai. Namun, ukuran dari alat musik Jantreng ini lebih kecil bila dibandingkan dengan Kecapi. Alat musik petik ini terbuat dari bahan biasa yakni kayu nangka dan kayu kenanga.

5. Mandolin

Mandolin adalah alat musik yang sangat tidak begitu populer di telinga masyarakat. ALat musik petik ini mempunyai senar yang lebih banyak bila dibandingkan dengan alat musik gitar. Alat musik ini biasanya dipakai dalam mengiringi tarian adat.

Itulah alat musik petik yang sudah saya bahas lengkap mengenai ” 25 Jenis Alat Musik Petik Tradisional dan Modern Lengkap dengan Penjelasannya”. Seperti yang saya sudah sajikan diatas, tentunya tidak hanya 25 saja alat musik petik yang ada. Namun alat-alat musik yang saya sajikan ialah menurut saya cukup terkenal dan masih ditemui.

Dalam alat musik petik ini kita bisa mengetahui bahwa setiap alat musik yang berasal dari berbagai daerah ini mempunyai keunikan-keunikan tersendiri. Selain itu, alat musik tradisional maupun modern ini menjadikan kita menambah wawasan dalam mengenal kesenian khususnya Alat Musik.

Dengan artikel ini, harapan saya adalah sebagai pemuda generasi Indonesia seharusnya menjaga dan melestarikan tentang kesenian-kesenian yang ada. Karena, alat musik petik ini banyak sekali yang sudah punah tidak terjaga dengan baik keberadaannya. Terima kasih telah menyempatkan membaca artikel saya sampai selesai dan tunggu artikel lainnya di Kalimat.ID!