9 Alat Musik Modern Beserta Gambarnya dan Penjelasannya

Alat Musik Modern

Kalimat.ID – Alat musik modern adalah sebuah alat musik yang dihasilkan dari suara sehingga mengandung irama keharmonisan dan lagu terutama suara yang dihasilkan dari alat musik modern.

Berikut Rekomendasi 9 Daftar Alat Musik Modern

9 Alat musik modern ini akan dii ulas berdasarkan jenis alat musik, baik itu alat musik tekan seperti Piano, alat musik petik seperti Gitar, hingga alat musik yang dimainkan dengan cara di pukul seperti Drum (Drummer), berikut 9 penjelasan alat musik modern yang bisa dijadikan rekomendasi hanya untuk Anda.

1. Biola

biola

Alat musik modern yang pertama yang akan di bahas adalah alat musik Biola, alat musik biola sendiri merupakan salah satu alat musik modern dengan cara dimainkan di gesek menggunakan alat, biola sendiri mempunyai 4 senar dasar yakni G, D, A dan E yang di set satu sama lain hingga interval kelima.

Nada terendah adalah G, namun kita mengenal keluarga jenis dari Biola yakni Biola Alto, Cello, dan Double Bass (Kontra Bass), kertas musik untuk biola selau dimulai menggunakan kunci G. Nama Biola sendiri diambil dari Fiddle, orang yang memainkan Biola disebut Vionis.

2. Gitar

gitaris

Gitar merupakan alat musik populer di berbagai kalangan, alat musik dimainkan dengan cara dipetik ini umumnya menggunakan jari untuk bermain ataupun plektrum. Gitar tradisional dibuat dari bahan jenis kayu dengan senar yang terbuat dari baja ataupun Nilon, gitar sendiri terdiri dari dua jenis yakni Elektrik dan Akustik, mari simak beberapa ulasan dari jenis gitar Elektrik dan Akustik dibawah ini:

Gitar Elektrik:

Gitar eletrik atau bisa disebut oleh masyarakat kita adalah gitar listrik, diperkenalkan pada tahun 1930-an, bunyi ini secara eletronik mampu memanipulasi bunyi dari gitar, pada penggunaannya Gitar Eletrik menggunakan badan berlubang (Hollow Body), namun berubah menggunakan badan padat (Solid Body) yang dirasa lebih sempurna. Gitar listri sendiri dikenal luas pada instrumen genre musik seperti Jazz, Blues, Country, Metal, Reggea, Rock hingga musik POP.

Gitar Akustik:

Gitar Akustik bagian badan body biasanya berlubang (Hollow Body) telah digunakan selama ribuan tahu lalu, mempunyai 3 jenis utama gitar akustik modern ini, yakni gitar akustik dengan senar nilon, gitar akustik dengan senar baja, dan gitar archtop, pada umumnya jenis gitar akustik dimainkan menggunakan teknik fingerpicking dan komprehensif.

3. Terompet

terompet

Terompet merupakan alat jenis tiup dari bahan Logam, terompet memiliki 3 tombol, dan para pemain terompet harus menyesuaikan embouchure agar mendapatkan nada yang berbeda-beda, bagian dari terompet yakni Tuba, Tromobon, Eufonium, Sausafon, French Horn, dan Bariton.

Jenis Terompet: Jenis paling umum pada terompet adalah B♭ dan C, D, E♭, E, F, G, A, jenis kunci C biasa digukana dalam Orkestra Amerika.

Cara Bermain Terompet:

Tentu saya dan Anda juga bisa bermain terompet, namun jika ingin bermain terompet secara lebih baik dan profesional maka harus dibutuhkan napas yang panjang juga kuat aga mendapatkan hasil yang bagus.

Pada umumnya para perokok aktif akan sulit memakai terompet, karena jarak napasnya terlalu pendek daripada bukan perokok, jika anda penggemar musik atau mau belajar ini secara profesional sebaiknya jika Anda merokok berhentilah.

4. Saksofon atau Saxophone

kenny g

Saksofon sama halnya dengan terompet yang terbuat dari bahan logam, namun pada umumnya permainan Saksofon dimainkan menggunakan singel-reed bisa seerti Klarinet, dan Saksofon juga terkenal biasa dipakai pada musik yang ber-genre Big Band Music hingga Musik Jazz.

Saksofon sendiri berasal dari negara Belgia, dibuat oleh pemain klarinet dan penemu Saksofon ini sendiri bernama Adolphe Sax maka dari itu nama ini disebut dengan Saxophone dan di Indonesia sendiri biasa diesebut dengan Saksofon.

Alat musik Saksofon diperkenalkan pada awal tahun 1840, namun secara penelitian Saksofon ada pada tahun 1841, jika lebih tepatnya lagi tahun dimana Saksofon dipatenkan pada tahun 1846 dan hak paten ini mencakupi 2 keluarga dari Saksofon yakni Orkestra (In C dan In F) dan Band (In Bb dan In Eb).

5. Harmonika

harmonika

Harmonika adalah salah satu jenis alat musik tiup yang memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan alat musik tiup pada umumnya seperti terompet dan Saksofon. Harmonika sendiri merupakan alat musik tradisional dari Tiongkok bernama ‘Sheng’, alat musik ini sudah digunakan 5.000 tahun yang lalu pada masa ke kaisaran Nyu-kwa.

Namun jenis Harmonika modern mulai ditemukan pada tahun 1821 oleh Christian Friedrich Buschmann. Harmonika modern yang terbuat dari plat-plat getar dari logam yang disusun horizontal dengan model sederhana yang menghasilkan nada tiup kromatis.

Model awal dari Harmonika mulai banyak diikuti dan disempurnakan setelah 5 tahun ditemukan, salah satunya Harmonika buatan Richter yang dibuat dan didesain menggunakan 10 lubang dengan 20 pelat getar dengan pemisah pelat dengan ditiup dan di hisap.

6. Piano

bermain piano

Piano merupakan sebuah alat musik dimainkan dengan cara di tekan dengan menggunakan 10 jari, dan para pemain Piano disebut dengan Pianis. Awal diciptakan suara Piano tidak sekeras Piano pada abad 20-an, seperti piano yang dibuat oleh Bartolomeo Cristofori (1655 – 1731) buatan 1720.

Meskipun piano sudah dimainkan sejak lama namun perdebatan akan penemu piano masih terjadi hingga banyak yang mengklaim bahwa Bartolomeo Cristofori sebagai penciptanya.
Piano sendiri tercipta atas keinginan untuk menggabungkan dua keindahan naga Clavichord dengan kekuatan nada Harpsichord, hasrat untuk menggabungkan dua ide nada indah ini Marius dari Paris pada tahun 1716, Schoter dari Saxony tahun 1712 dan Christofori tahun 1720 dari Padova Italia membuat alat musik bernama Piano.

Rangka pertama dari alat musik modern yakni Piano sendiri dibuat menggunakan bahan dari rangka kayu hanya bisa menahan tegangan ringan dari sebuah senar piano itu sendiri, akibat ini pada abad ke-19 dibangun sebuah gedung konser berukuran cukup besar, namun saat dimainkan suara dari Piano sendiri kurang memadai.

Maka tahun 1800 Joseph Smith yang berasal dari Inggris membuat alat musik modern piano dengan menggunakan rangka logam dan besi secara keseluruhannya, piano jenis ini mampu menahan senar tegangan kuat, sehingga suara yang dihasilkan pun lebih kuat dari bahan sebelumnya yakni Kayu.

Dalam perkembangan Piano sebelum memiliki 88 Tuts seperti sekarang ini, piano dulu hanya memiliki 5 oktaf dengan total 62 Tuts saja, ia juga dilengkapi dengan pedal yang berada dibawah lutut, namun kemudian diperkenalkan jenis pedal pada kaki yang di perkenalkan di Inggris hingga populer saat sekarang ini.

7. Organ (Alat Musik)

organ alat musik

Organ adalah alat musik yang mempunyai suara yang khas dan unik, namun sekarang organ diproduksi secara elektronik, namun pada awal alat musik modern ini dibuat suara Organ didapat melalui pipa suara.

Organ elektronik diperkenalkan pada publik di tahun 1930, alat musik modern listrik tanpa pipa ini dibuat dan menghasilkan suara yang mirip pada Organ sebelumnya.

8. Drum

Image by: tomtommag.com

Alat musik modern Drum merupakan salah satu alat musik digunakan dengan cara memukul. Drum sendiri masuk dalam kategori kelompok musik perkusi yang terbuat dari bahan kulit yang direntangkan lalu dipukul dengan stik (sebuah batang dari kayu).

Selain berbahan dari kulit, drum juga digunakan dengan bahan lain seperti plastik misalnya. Drum di seluruh dunia ada banyak jenis nya yakni misalnya: Timpani, Ashiko, Bodhrán, Gendang, Snare Drum, Bass Drum, Tom-Tom, Beduk dan Lain-Lain.

Bagian-bagian dari Drum:
1. Bass Drum
2. Snare Drum
3. Tom tom, tom tom sendiri terdiri menjadi dua yakni Mpunted atau biasa disebut Rack tom yang menggunakan penopang, dan floor tom biasa digunakan menggunakan kaki.
4. Cymbal: Cymbal sendiri terbagi menjadi hi hat, crash cymbal stand hit hat, pedal, tom holde, effect cymbal dan spalsh cymbal.
5. Hardware: kursi drum, stand cymbal, pedal cymbal, stand hi hat dan tom holder
6. Double Pedal: yakni Drum yang mempunyai 2 pedal pada Drum

9. Vibrafon

Vibrafon

Alat musik modern Vibrafon atau bisa disebut Vibes adalah jenis alat musik berjenis Mallet masuk dalam keluarga jenis musik Perkusi. Dari segi penampilan fisiknya mirip dengan Xylophone dan Marimba, walaupun Vibrafone menggunakan bahan dari batang aluminium, dan bukan dari bahan kayu seperti kedua alat musik diatas tadi.

Vibrafon juga memiliki pedal sama seperti halnya pedal pada Piano, ketika pedalnya (Batang Aluminium) naik maka akan menghasilkan suara yang pendek, sebaliknya ketika pedal turun maka suara yang akan dihasilkan melenting hingga beberapa detik saja.

Vibrafon paling sering digunakan pada musik bergenre Jazz, dimana alat musik seperti Vibrafon menjadi peran utama dalam dunia musik Jazz dan termasuk band konser instrumen sebagian dari alat musik jenis perkusi.