14 Alat Musik Harmonis Lengkap Beserta Penjelasannya

Alat Musik Harmonis

Kalimat.ID – Alat Musik Harmonis – Negara Indonesia tidak hanya dikenal dengan kekayaan alam yang melimpah, namun juga mempunyai budaya dan kesenian yang menjadi negara ini lebih akan kaya.

Salah satu kesenian di Indonesia yaitu Musik, merupakan sebuah lantunan lagu yang dihasilkan dari berbagai gabungan suara-suara alat Musik. Contohnya Alat Musik Harmonis, yaitu alat musik tradisional yang tergabung dalam beberapa nada yang menjadi satu.

Alat Musik Harmonis, merupakan alat musik yang menghasilkan suara-suara melalui gabungan-gabungan struktur nada yang di rangkai sehingga akan menghasilkan Musik yang indah atau Harmonis.

Dalam Musik Harmonis yang ada di Indonesia ini pun bermacam-maca namanya. Karena negara yang akan kaya keanekaragaman budaya ini menimbulkan beberapa alat-alat musik Harmonis.

Untuk menambah pengetahuanmu tentang kebudayaan dan kesenian di negara Indoensia khususnya Alat Musik Harmonis. Pada kesempatan kali ini terdapat Alat Musik Harmonis yang mempunyai nama, bentuk, dan ciri khas pada setiap alat Musik ini. Agar Anda lebih mengenal apa saja alat musik yang ada di Indonesia, bacalah sampai selesai untuk mengetahui informasi tentang alat Musik Harmonis di artikel ini!

Penjelasan Alat Musik Harmonis Modern dan Tradisional

Sebelum mengenalkan kepada Anda tentang apa saja contoh alat-alat musik tradisional khususnya Alat Musik ini, saya akan menjelaskan tentang apa itu Alat Musik Harmonis. Secara garis besar bahwa Alat Musik Harmonis, merupakan alat musik tradisional yang biasanya digunakan untuk memainkan pada sebuah lagu sehingga menciptakan musik Harmoni. Karena alat musik tradisional ini berfungsi untuk menciptakan musik yang Harmoni, maka alat musik ini juga dimainkan sebagai tiga nada atau bisa lebih dengan cara bersamaan.

Keunikan pada jenis alat Musik Harmonis, merupakan alat musik tradisional yang bernada ini tetapi tidak dapat dibentuk. Pasalnya secara umum bahwa alat musik Harmonis ini mempunyai fungsi untuk melodi pada suatu lagu atau nada-nada tertentu. Karena alat musik Harmonis ini tidak bisa dimainkan dengan chord yang sendirian, akan tetapi harus ada bantuan alat-alat musik yang lain.

Nah, setelah mengenal tentang “Alat Musik”, kemudian saya akan mengenalkan kepada Anda yaitu tentang Alat Musik Harmonis Modern dan Alat Musik Tradisional. Disini akan saya bahas lengkap dengan penjelasan mengenai satu persatu alat musik tersebut. Dibawah ini ada sekitar 14 Alat Musik Harmonis Modern dan Alat Musik Tradisional:

Alat Musik Harmonis Modern

Alat musik Modern, merupakan alat musik yang ada sejak dengan perkembangan jaman. Dimana alat musik modern ini sampai saat ini sering kali digunakan masyarakat umum untuk mengiringi musik Pop. Selain itu, alat musik modern ini mempunyai beberapa nama dan mempunyai cara dalam memainkannnya berbeda-beda.

1. Alat Musik Modern Gitar

Alat musik Gitar, siapa yang belum mengenal alat musik modern satu ini? Pastinya hampir semua masyarakat sudah mengenal alat musik modern satu ini. Alat Musik Gitar ini termasuk dalam kategori alat musik modern yang cara memainkannya dengan dipetik.

Alat musik ini termasuk alat musik Harmonis karena juga menghasilkan nada-nada yang melodis. Pernahkah Anda melihat sebuah Band ini terdapat 2 jenis Gitar yang dimainkan? Dalam sebuah band ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu alat musik Gitar yang menghasilkan nada Harmonis dan Alat musik Gitar yang menghasilkan nada Melodis.

Dalam pembagian ini mempunyai perbedaan dan fungsinya. Yang pertama alat musik yang bernada Harmonis ini biasanya digunakan dalam mengiringi lagu. Sementara utuk alat musik Gitar yang bernada Melodis ini biasanya digunakan dalam pengisi lagu.

2. Alat Musik Modern Saksophone

Alat musik Modern yang kedua yaitu Sasophone, merupakan alat musik yang termasuk dalam kategori instrumen tiup. Dimana nada yang tercipta alat musik ini dihasilkan dengan cara menekan beberapa tuts dengan bersamaan dengan jari. Biasanya alat musik Saksophone ini digunakan dalam pertunjukkan musik Jazz.

3. Alat Musik Piano

Alat musik modern yang ketiga yaitu Piano, merupakan alat musik yang mempunyai keunikan pada instrumennya. Salah satu keunikan dari alat musik Piano ini apabila tuts piano dimainkan satu per satu maka akan menghasilkan tone melodis.

Namun, apabila tuts yang dimainkan dengan menekan 3 tone tertentu secara bersamaan ini maka alat musik modern ini akan menghasilkan nada yang lebih indah. Alat musik Piano ini biasanya dimainkan pada pertunjukkan-pertunjukkan musik classic atau berfungsi untuk mengiringi berbagai jenis lagu-lagu pop.

4. Alat Musik Pianika

Alat musik modern yang selanjutnya yaitu Pianika, merupakan alat musik yang mempunyai kesamaan bentuk dengan Piano. Bedanya bila Pianika ini dimainkan dengan cara ditiup sama pemain yang melalui pipa ujung Pianika. Tidak hanya itu saja, karena dalam memainkan alat musik modern ini bahwa pemain juga harus menekan tuts untuk menghasikan tone Harmonis

5. Alat Musik Biola

Siapa yang belum mengenal alat musik satu ini ? Saya rasa, hampir semua juga mengetahui tentang alat musik modern satu ini. Biola, merupakan alat musik yang biasanya dimaikan dalam acara-acara atau pertunjukkan musikalisasi. Acara tersebut yaitu Pagelaran Orkestra, Genre Pop, Genre Jazz, dan Klasik.

Alat musik Bilo ini terdiri dari 4 senar yang tersusun dengan sedemikiap rupa yang tata letaknya sehingga menghasilkan nada yang sempurna. Cara memainkan alat musik Biola yaitu dengan cara digesek. Violinist atau orang pemain Biola ini biasanya seorang perempuan, ya walaupun tidak sedikit juga pemain dari seorang laki-laki.

6. Alat Musik Harmonika

Alat musik Harmonika, merupakan alat musik modern yang cara memainkan yaitu ditiup. Alat musik Harmonika ini mempunyai 2 cara menurut penggunaannya. Yaitu dengan ditiup atau dihisap pada rongga yang terdapat pada bagian badan Harmonika.

7. Alat Musik Viola

Alat Musik modern satu ini bernama Viola, merupakan alat musik yang bisa dibilang satu keluarga dengan Biola. Seperti yang kita ketahui bahwa alat musik modern ini mempunyai bentuk yang sama. Walaupun demikian, alat musik Viola ini mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan Biola.

Alat musik modern satu ini juga menghasilkan tone lebih rendah apabila dibandingkan dengan nada Biola. Alat musik Viola ini bisa menghasilkan tone indah pada saat pemain viola menekan beberapa dawai dan menggesek dengan senar busurnya.

8. Alat Musik Cello

Siapa yang belum mengenal alat musik modern satu ini? Yaitu alat musik Cello yang termasuk alat musik modern, cara memainkan alat musik modern ini ialah digesek. Alat musik modern ini juga masuk dalam kategori keluarga atau sejenis dengan Biola. Namun, alat musik satu ini lebih besar apabila dibandingkan dengan alat musik Biola.

Musik Harmonis Tradisional

Alat musik Tradisional ini mempunyai hasil yang tidak kalah dengan alat musik Modern. Dimana alat musik ini ada sebelum alat-alat musik modern ada. Pasalnya, alat musik modern ini mempunyai berbagai nama, bentuk, dan cara memainkannya pun unik.

Berikut alat musik Tradisional yang menghasilkan nada Harmonis/Harmonika:

1. Alat Musik Rebab

Alat musik tradisional yang menghasilkan Harmonis yaitu Rebab. Alat musik tradisional ini cukup terkenal di daerah bagian Barat pulau Jawa. Pasalnya alat musik Rebab ini sangat legenda di daerah Jawa Barat dan cara memainkannya dengan digesek yang menghasilkan nada Harmonis.

Rebab terdiri dari 3 nada atau lebih yang bisa menggasilkan menyemarakkan musik dengan keselarasan. Irama dari alat musik ini sangat khas dengan adanya alat musik tradisional yang sangat indah. Alat musk yang dulu pertama kalinya masuk budaya Islam ini juga bisa menyesuaikan dengan nada-nada dari alat-alat musik modern lainnya.

2. Alat Musik Siter

Alat musik tradisional yang kedua yaitu Siter, merupakan alat musik yang cara memainkkanya dengan dipetik. Alat musik Siter yang termasuk alat musik tradisional ini mempunyai 11 pasang senar dengan dua laras nada yakni Selendro dan Pelog. Pada umumnya alat musik tradisional ini mempunyai ukuran panjang 30 cm.

Pada saat memainkan alat musik tradisional ini, Siter harus dimasukkan terdahulu ke dalam kotak. Musik tradisional yang sangat terkenal di daerah Jawa ini biasanya menggunakan Siter dalam bermusik. Alat musik Siter ini termasuk salah satu dari alat musik Gamela Jawa dan Sunda. Namun, ada pula yang memainkan Site ini dengan dipadukan sama alat musik Kecapi.

Alat musik Siter ini dapat fleksibel dalam menyesuaikan alur-alur nada supaya tetap selaras dalam menghasilkan suara. Pasalnya, Site ini bisa memainkan nada yang melodis maupun harmonis.

3.  Alat Musik Sampek

Alat musik tradisional yang ketiga yaitu Sampe, merupakan alat musik yang berasal dari Kalimantan khsusunya Suku Dayak. Alat musik ini juga termasuk dalam kategori Alat musik karena dapat memainkan 3 nada sekaligus. Cara memainkan alat musik Sampek yaitu dengan cara dipetik.

Alat musik Sampek ini mempunyai terdiri dari banyak dawai dan dipetik sesuai aturan yang ada. Alat musik tradisional ini berfungsi sebagai pengiring lagu-lagu daerah dari Kalimantan. Seiringnya berjalan waktu bahwa alat musik ini diperluas menjadi ansamble musik yang akan menghasilkan keserasian dalam kekompakkan nada.

4. Alat Musik Sasando

Alat musik tradisional yang keempat yaitu Sasando, merupakan alat musik yang sudah terkenal oleh masyarakat Indonesia apabila dibandingkan dengan alat musik Sampek. Tidak hanya Indonesia saja, bahwa alat musik tradisional ini terkenal sampai dari belahan Indonesia Timur. alat musik Sasando ini berhasil menampilkan di dalam konser luar negeri dan juga sebagai nuansa yang baru bagi dunia musik Internasional.

Alat musik Sasando ini berasal dari suku Rote di Nusa Tenggara Timur. Kemampuan alat musik Sasando yang termasuk alat musik tradisional ini sangat memukau dengan potensinya. Dalam menghasilkan nada yang indah, cara memainkan Sasando ini dengan cara dipetik yang hampir sama dengan alat musik Harpa.

5. Alat Musik Kecapi

Alat musik tradisional ini yaitu Kecapi, merupakan alat musik yang berasal dari Sunda. Alat musik Kecapi ini biasanya sebagai pengiring utama dalam pergelaran kesenian tradisional yang ada di Sunda. Untuk menghasilkan nada-nada yang indah, alat musik ini dengan cara memetik tiga dawainya atau lebih dengan bersamaan.

6. Alat Musik Bonang

Alat musik tradisional yang keenam yaitu Bonang, merupakan alat musik yang berkembang di daerah Jawa dan Bali. Alat musik Bonang ini biasanya dimainkan dalam pergelaran gamelan. Cara menghasilkan nada yang indah pada alat musik tradisional ini yaitu dengan cara memukul tiga pot berbeda dengan cara bersamaan.

Itulah alat Musik Harmonis yang saya sajikan kepada Anda dengan lengkap beserta penjelasannya pada setiap alat musik. Dengan artikel ini, semoga Anda lebih mengenal akan kesenian yang ada di Indonesia khususnya Alat Musik Harmonis Modern dan Alat Musik Harmonis Tradisional.

Semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel ini sampai selesai serta tunggu pembahasan yang mengenai kesenian khususnya Alat Musik lainnya.