Beranda Pendidikan 9 Alat Musik Bali Lengkap Beserta Penjelasannya

9 Alat Musik Bali Lengkap Beserta Penjelasannya

Alat Musik Bali

Kalimat.ID – Alat Musik Bali – Bali merupakan sebuah tempat yang menjadi incaran turis sebagai tempat liburan. Karena Bali mempunyai keindahan alam yang begitu indah dan kekayaan akan kebudayaan dari berbagai budaya. Salutnya, bahwa masyarakat disana sangat menghargai akan perbedaan.

Bali terkenal dengan wisata pantai yang menjadi objek wisata bagi orang-orang dari negara lain. Tidak hanya itu, bahwa dibalik keindahan alam ini berasal dari nuansa Hindu dan kebudayaan yang mistis yang begitu kental. Ada pula daerah yang mempunyai julukan dewata terdapat alat musik tradisional asli dan sangat langka.

Alat Musik Bali, merupakan alat musik yang letaknya di antara pulau Jawa dan Lombok. Masyarakat di Bali kebanyakan dari agama Hindu yang menjadikan tempat ini terkenal dunia akan pusat wisata dan kesenian daerah tersebut. Oleh karena itu, tidak heran apabila Anda melihat bahwa Bali menjadi tempat wisata bagi turis-turis.

Nah, untuk mengetahui dan menambah ilmu pengetahuanmu tentang “Alat Musik Bali” yang lebih mendalam baca sampai lengkap khusus saya sajikan untuk Kalimaters. Mungkin banyak sekali alat-alat musik tradisional yang ada di daerah Bali, namun saya akan menjelaskan yang mengenai tentang ” 9 Alat Musik Lengkap Beserta Penjelasannya “. Agar memudahkan Anda dalam alat musik Bali apa saja yang saya sajikan, bisa melihat Daftar Isi yang sudah tersedia.

9 Alat Musik Bali Lengkap Beserta Gambarnya

Alat musik Bali, merupakan alat musik yang digunakan oleh masyarakat Bali untuk mengiringi lagu sebagai pelengkap. Tanpa adanya alat musik, segala sesuatu akan terasa hampa atau terasa ada yang hambar kurang lengkap. Karena Alat Musik sangat berpengaruh dalam mengiringi lagu-lagu daerah tradisional.

Alat musik Bali ini sampai sekarang masih digunakan bahkan terawat terjaga akan terlestarikan keberadaannya. Agar tidak panjang-panjang, langsung saja akan saya bahas lengkap mengenai alat-alat musik Bali yang akan dibahas lengkap pada artikel ini. Berikut dibawah ini 9 Daftar Alat Musik Bali Lengkap Beserta Penjelasannya !

1. Alat Musik Genggong

alat musik bali genggong
Image by: wikimedia.org

Alat musik yang pertama yaitu Genggong, merupakan alat musik yang menjadi salah satu instrumen getar yang unik. Karena menurut masyarakat disana bahwa suara yang diciptakan dari alat musik ini sangatlah mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan dengan alat-alat musik tradisional lainnya.  Suara dari alat musik Genggong seperti suara kata yang saling bersahutan di persawahan.

Tidak hanya dari suara yang dihasilkan dari alat musik Genggong ini, ada sebuah keunikan lainnya pada cara memainkan alat musik tradisional ini. Selain itu pada alat musik pada jaman dahulu memanfaatkan rongga mulut yang berfungsi sebagai resonator yang menghasilkan bunyi. Oleh karena itu alat musik Genggong cara agar mendapatkan hasil sebuah bunyi dengan cara mengulum di bagian dari Palayah.

2. Alat Musik Gerantang

Alat Musik Gerantang

Alat musik yang kedua yaitu Gerantang, merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bahan bambu. Instrumen dari alat musik Gerantang terdiri dari potongan bambu yang tersusun berderet-deret. Cara memainkan alat musik satu ini mempunyai kesamaan dengan alat musik jawa yaitu Gambang.

Gerantnag, berfungsi sebagai dalam acara pementasan gamelan dan pertunjukkan angklung yang dinamakan dengan “Calung”. Namun tidak hanya itu, bahwa alat musik tradisional ini berfungsi dalam acara pentas seni Cupak Gerantang.

Dimana kebudayaan budaya kesenian yang mempunyai cerita antara dua tokok kakak beradik dinamakan dengan Cupak dan Gerantang. Gerantang ini mempunyai sifat yang menggambarkan kebaikan, dan untuk Cupak mempunyai sifat yang menggambarkan kebalikan dari Gerantang yaitu Keburukan.

3. Alat Musik Cengceng

Alat Musik Cengceng

Alat musik yang ketiga yaitu Cengceng, merupakan salah satu alat musik tradisional yang mempunyai unsur khas dari Bali. Nama alat musik Cengceng mungkin bisa dibilang sangatlah unik, namun dibalik itu bahwa alat musik tradisional ini mempunyai peranan penting didalam perangkat musik Gamelan. Selain itu, alat musik Bali ini mempunyai nama lain yaitu Cengceng Ricik.

Alat musik Cengceng ini bisa dikatakan mudah dalam cara memainkannya, yaitu dengan cara memukul kedua bagian dalam Cengceng. Keunikannya alat musik ini berbeda dengan suara-suara lainnya, karena bunyi dari alat musik Cengceng yaitu Ceng..Ceng. Suara yang dihasilkan dari alat musik Cengceng ini begitu jelas dan dinamis, apabila semakin keras pukulannya maka bunyi yang akan dihasilkan semakin nyaring.

4. Alat Musik Rindik

Alat Musik bali Rindik
Image by: dictio.id

Alat musik yang keempat yaitu Rindik, merupakan alat musik tradisional yang terletak di Pulau dewata. Alat musik Rindik ini biasanya dimainkan per-group atau kelompok yang berjumlah 3 sampai 5 orang. Untuk orang 2 biasanya memainkan alat musik Rindik dan yang lain memainkan alat musik tradisional lainnya.

Alat musik Rindik ini terbuat dari bahan bambu dengan bunyi nada seperti selendro, berfungsi sebagai pengiring musik hiburan rakyat “Joget Bubung”. Namun, pada perkembangan jaman bahwa sudah bisa fleksfibel yang mengikuti kemajuan pada jaman modern sekarang. Apabila dilihat sekarang, alat musik ini berfungsi sebagai pengiring acara pernikahan dan juga sebagai menyambut para tamu.

5. Alat Musik Gamelan

Alat Musik bali Gamelan

Alat musik yang kelima yaitu Gamelan, merupakan alat musik yang menjadi ciri khas alat musik tradisional dari Denpasar. Alat musik yang mempunyai perbedaan dari alat-alat musik Gamelan pada umumnya di daerah masing-masing. Namun tidak hanya itu, bahwa Gamelan ini berfungsi sebagai pengiring dalam acara pertunjukan kesenian dan dalam acara-acaranya yang bersifat Sakral.

Walaupun adanya perkembangan pada jaman modern saat ini bahwa alat musik tradisional ini tidak bisa terpisahkan dari masyarakat dari Bali. Karena berdasarkan fungsi yang ada yaitu sebagai mengiringi acara upacara keagamaan dan acara-acara hiburan. Oleh karena itu, jangan heran apabila Gamelan ini berbeda dengan alat-alat musik di daerah lainnya.

Berdasarkan jenis alat musik Gamelan ini terdiri dari 3 kelompok yaitu Gamelan tua, Gamelan madya, dan Gamelan baru. Dalam setiap kelompok ini ini mempunyai jenis-jenis masing-masing. Berikut penjelasan dibawah ini :

  • Gamelan Tua terdiri dari Gambang, Saron, Selonding kayu, Gong besi, Gong luwang, selonding besi dan masih banyak lagi.
  • Gamelan Madya terdiri dari pengambuhan, semarpangulingan, pelegongan, bebarongan, joget pingitan, dan sebagainya.
  • Gamelan Baru terdiri dari pengarjaan, gong kebyar, pejangeran, angklung, dan lain-lain.

6. Alat Musik Seruling

Alat Musik bali Seruling

Alat musik yang keenam yaitu Seruling, merupakan alat musik yang sangat terkenal di kancah Internasional. Alat musik tradisional ini mempunyai ukuran mulai dari yang kecil sampai yang sangat besar. Namun, secara umum suling yang pendek maka semakin tinggi nada.

Alat musik Bali ini umumnya terbuat dari bahan bambu yang terdiri dari enam lubang, berfungsi sebagai instrumen dalam menghasilkan bunyi dengan pola pernapasan yang saling berkelanjutan agar suara atau bunyi tidak terputus.

Bunyi dari alat musik Bali ini bisa dihasilkan dengan cara bernafas melalui hidung yang bersamaan mendorong keluar melewati mulut yang disimpan pipi. Apabila Anda gagal dalam melakukan teknik tersebut, maka bunyi yang dihasilkan akan tidak enak atau bahkan melodi yang rusak.

7. Alat Musik Pereret

Alat Musik bali Pereret

Alat musik yang ketujuh yaitu Pereret, merupakan alat musik yang mempunyai kesamaan dengan terompet dengan bahan yang terbuat dari kayu dibentuk menyerupai terompet. Alat musik Pereret berfungsi sebagai pengiring kesenian Sewo Gati yang sampai sekarang kesenian ini masih ada keberadaannya, bahkan masih terlestarikan. Cara memainkan alat musik ini dengan cara ditiup yang mengeluarkan bunyi sangat merdu dan indah sekali.

8. Alat Musik Kendang Bali

Alat Musik Bali Kendang

Alat musik yang kedelapan yaitu Kendang Bali, merupakan alat musik yang terkenal dari seluruh wilayah nusantara. Alat musik ini berjenis perkusi yang mempunyai struktur sama yaitu berbentuk silinder dengan kulit pada dua bagian silindernya. Setelah itu dipukul sampai alat musik ini menghasilkan suara yang khas Kendang.

Alat musik ini mempunyai ukuran panjang 70cm dengan diameter garis tebokan kecil 22cm sampai 26cm dan besar dari tebokan sekitar 29cm sampai 32cm.

9. Alat musik Gong

Alat musik bali Gong
Image by: wikimedia.org

Alat musik yang terakhir yaitu Gong, merupakan alat musik yang dipakai Bali untuk waktu yang lama dengan relevansi sebuah historis dari abad ke 13 dan 14. Pasalnya, revelansi historis ini bisa Anda lihat di gong kuil-kuil dari Kerajaan Hindu Majapahit. Pada pelat logam yang melingkar ini berfungsi sebagai menghasilkan suara-suara pitch.

Berdasarkan fungsinya bahwa alat musik ini mempunyai fungsi penggunaan yang begitu luas, namun khususnya sebagai orkestra di daerah Bali. Alat musik perkusi ini bisa mendapatkan suara pitch yang tidak terbatas sehingga terdapat beberapa variasi efek suara yang tercipta. Oleh karena itu, gong menjadi alat musik yang menjadi khas pada masyarakat daerah Bali.

Nah, itulah diatas artikel yang saya sajikan membahas lengkap dengan penjelasannya mengenai ” 9 Alat Musik Lengkap Beserta Penjelasannya “. Dimana pada setiap alat musik di daerah Bali begitu beragam, tidak heran apabila daerah sana menjadi tempat objek yang selain akan kekayaan keindahan pantai. Dengan begini Anda mengetahui bahwa Indonesia mempunyai keanekaragaman budaya kebudayaan yang bahkan negara-negara lain tidak mempunyainya.

Sebagai pemuda penerus bangsa kita harus tetap menjaga dan melestarikan akan kebudayaan budaya yang ada di seluruh wilayah nusantara mulai dari Sabang sampai Merauke. Dengan artikel yang saya sajikan, semoga bermanfaat serta menambah ilmu pengetahuanmu dalam mengenal kebudayaan budaya khususnya “Alat Musik”.

Komentar disini
error: