12 Alat Musik Aceh Lengkap Beserta Fungsi Fungsinya

Kalimat.ID – Alat Musik Aceh – Indonesia mempunyai kekayaan budaya dengan keanekaragaman kebudayaan yang tidak dimiliki oleh negara-negara lain. Selain dari kekayaan alam yang ada di Indonesia ini, tentunya ada salah satu budaya yang menjadi pelengkap dalam mengiringi sebuah lagu yaitu Alat Musik Tradisional.

Alat Musik Tradisonal, merupakan sebuah alat tradisional yang berfungsi sebagai pengiring lagu-lagu daerah dengan suara-suara yang khas pada setiap alat musik yang digunakan.

Karena negara kita terkenal akan keanekaragaman kebudayaan yang khsusunya “Alat Musik” ini saja mempunyai banyak alat musik pada setiap daerah provinsi masing-masing. Salah satu alat musik yang sampai sekarang masih dipakai dan dijaga akan kelestariannya yaitu Alat Musik Aceh.

Namanya juga Indonesia yang dikenal dengan banyaknya keberagaman budaya salah satunya Alat Musik Aceh juga mempunyai alat-alat musik tradisional yang begitu bermacam-macam nama dan jenisnya.

Alat Musik Aceh, merupakan alat tradisional yang digunakan dalam mengiringi lagu-lagu daerah yang berasal dari provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Alat musik ini termasuk alat musik tradisional yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Karena sudah banyak yang mengetahui tentang daerah provinsi Aceh ini yang terkenal akan syariat Islamnya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan ulasan yang membahas seputrar alat-alat musik tradisional. Salah satunya yang saya akan mengulas lebih dalam mengenai “ 12 Alat Musik Lengkap Beserta Fungsi-Fungsinya “. Karena saya sangat tertarik dalam mengenalkan kepada masyarakat dengan menginformasikan dalam bentuk artikel di media online, agar masyarakat lebih mengenal kebudayaan budaya khususnya “Alat Musik” yang patut kita contoh ialah masyarakat masih melestarikan akan adanya kebudayaan ini.

Untuk lebih memudahkan Anda dalam mengenal Alat-Alat Musik Aceh, bisa melihat di Daftar Isi yang sudah saya sediakan khusus untuk pengunjung setia Kalimaters !

12 Alat Musik Aceh Lengkap Beserta Gambarnya

Sebenarnya alat musik Aceh ini banyak sekali jenis-jenisnya, namun di dalam artikel yang akan saya bahas ini hanya 12 Alat Musik yang cukup populer di telinga masyarakat Indonesia.

Walaupun 12 Alat musik saja, bahwa alat musik tradisional ini wajib Anda ketahui karena mempunyai suara-suara yang khas serta dengan nama dan bentuk yang menjadi identitas bagi provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Untuk menambah ilmu pengetahuanmu dalam mengenal alat-alat musik di Indonesia, bacalah artikel ini sampai selesai.

Yuk, simak Alat-alat musik tradisional Apa saja yang akan saya sajikan untuk Anda!

1. Alat Musik Arbab

alat musik arbab
Image by: faktualnews.co

Alat musik yang pertama yaitu Arbab, merupakan alat musik tradisional yang terbuat berdasarkan bahan-bahan dari alam seperti tempurung kelapa,  kayu, dan kulit kambing. Sedangkan untuk alat busur untuk menggesek ini terbuat dari bahan alam seperti kayu, rotan, dan serat tumbuh-tumbuhan. Alat musik tradisional ini terdiri dari 2 bagian yang pertama yaitu Arbab merupakan instrumen induk dan yang kedua yaitu Go Arbab merupakan busur penggeseknya.

Cara memainkan alat musik Arbab ini dengan cara digesek. Alat musik Arbab ini berkembang di daerah Pidie, Aceh Besar dan Aceh Barat.Menurut masyarakat Aceh bahwa alat musik Arbab ini ada sejak pada jaman Belanda. Namun patut disayangkan bahwa alat musik ini hampir punah dari Serambi Mekkah dan sudah jarang ada alat musik seperti ini.

2. Alat Musik Bangsi Alas

Alat Musik Bangsi Alas
Image by: wikimedia.org

Alat musik yang kedua yaitu Bangsi Alas, merupakan alat musik tradisional yang cara bermainnya dengan ditiup. Alat musik Bangsi ini mempunyai panjang kurang lebih sekitar 41cm dengan diameter sekitar 3cm. Bangsi ini mempunyai 7 lubang dibagian atas, berfungsi sebagai mengatur melodi seperti apa yang ingin dikeluarkan bunyinya.

Dalam alat musik Bangsi Alas ini terdapat beberapa judul yang sering dipakai oleh alat musik tradisional ini di Nanggroe Aceh Darussalam Bangsi yaitu:

– Canang Ngaro
– Canang Ngarak
– Canang patam-patam
– Canang Jing-Jing Tor
– Tangis Dillo

Pada jaman dahulu, alat musik Bangsi Alas ini berfungsi sebagai pengiring Tarian Landak Alun yang merupakan tarian yang khas dari daerah Tengat Pagat, Nanggroe Aceh Darussalam. Pasalnya, dalam tarian ini terdapat menceritakan kegembiraan para petani mendapat rezeki dari tuha yang berupa lahan dengan kondisi tanah sangat baik.

3. Alat Musik Rapai (Rebana)

alat musik rapai

Alat musik yang ketiga yaitu Rapai atau biasa kita kenal Rebana, merupakan alat musik yang instrumen ritmisnya terbuat dari bahan alam dan kulit hewan. Cara memainkan alat musik Rapai atau Rebana yaitu dengan dipukul menggunakan telapak tangan. Menurut sumber informasi yang saya tahu bahwa alat musik tradisional Rebana atau Rapai ini berasal dari Irak.

Alat musik Rapai ini mempunyai 6 jenis yaitu Rapai Pasee, Rapai Daboih, Rapai Geurimpheng, Rapai Pulot Pulot, Rapai Anak, dan Rapai Kisah. Dalam alat musik tradisional ini dimainkan secara tunggal yang berfungsi sebagai pengiring tarian dan pelengkap dalam pertunjukan-pertunjukan orkestra Serune Kalee.

4. Alat Musik Gendang (Geundrang)

alat musik gendang aceh

Alat musik yang keempat yaitu Gendang atau Geundrang, merupakan alat musik yang terbuat dari bahan kayu nangka, kulit kambing, dan rotan. Gendang atau Geundrang ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan telapak tangan atau bisa menggunakan alat yang terbuat dari kayu pemukul khusus. Alat musik tradisional ini berfungsi sebagai pengatur nada dalam sebuah pertunjukan yang ada di daerah Aceh.

Pada umumnya Gendang atau Geundrang ini mempunyai 2 jenis saat memainkannya yaitu posisi berdiri dan duduk ini tergantung pada setiap kondisi latar belakang dari sebuah pertunjukan. Saya acungi jempol bahwa alat musik Gendang atau Geundrang ini masih dijaga dan bahkan dimainkan baik untuk seni tradisional dan modern. Tidak heran bisa alat musik Gendang atau Geundrang ini cukup populer di mata masyarakat.

Untuk alat Gendang atau Geundrang pada ujungnya terbuat dari kayu yang sedikit bengkok dan berbentuk pipih. Tongkat pada alat musik tradisional ini mempunyai panjang kurang lebih 40cm.

6. Alat Musik Serune Kalee

alat-musik-Serune-Kalee

Alat musik tradisional yang selanjutnya yaitu Serune Kalee, merupakan alat yang berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam ini ada sejak pada jaman dulu. Dimana alat musik Serune Kalee ini sangat populer  di daerah Pidie, Aceh Barat, Aceh Utara, daerah Aceh Besar lainnya. Biasanya alat musik Serune Kalee ini digunakan dalam acara hiburan, tarian, dan dalam penyambutan tamu kehormatan rajaraja pada kerajaan di jaman keemasan Nanggroe Aceh Darussalam.

Ternyata, Alat musik ini bersama dengan Gendang (Geundrang) dan Rapai ini adalah suatu alat musik yang ada sejak masa kejayaan kerajaan Nanggroe Aceh Darussalam sampai saat ini tetap dengan hiasan serta warna musik yang terdapat dalam budaya tradisional provinsi Aceh ini. Alat Musik tradisional ini layaknya seperti seruing yang tersebar sampai ke komunitas Melayu. Untuk nama Serune Kalee ini mempunyai arti sendiri-sendiri pada setiap kata yaitu pada kata pertama ini bahwa alat musik tradisional yang biasanya bermain bersama Rapai, sedangkan Kalee ini ialah nama dari desa yang ada di daerah Laweung, Pidie.

Peralatan musik ini tidak hanya dipakai oleh masyarakat Aceh saja, melainkan juga Minangkabau, Agam dan daerah lainnya di Sumatera Barat. Justru alat musik ini sampai ke negara-negara tetangga yaitu Thailand, Sri Lanka, dan Malaysia.

7. Alat Musik Bereguh

alat musik Bereguh

Alat musik tradisional yang ketujuh yaitu Bereguh, merupakan alat musik yang cara memainkannya dengan ditiup ini terbuat dari tanduk kerbau. Pada jaman dulu dapat kita temui di daerah seperti Pidie, Aceh Utara, Aceh Besar, dan tempat-tempat Aceh lainnya.

Sayangnya, alat musik daerah ini mempunyai nada yang terbatas, dimana banyaknya nada ini tergantung dari teknik meniup yang akan dihasilkan oleh alat musik Berguh ini. Alat musik ini berfungsi sebagai alat komunikasi yang terutama apabila pada saat berjauhan atau di hutan. Patut disayangkan, bahwa alat musik tradisional ini untuk jaman modern sekarang sudah jarang dipakai oleh masyarakat ini bisa diartikan mulai punah keberadaan alat musik ini.

8. Alat Musik Taktok Trieng

Taktok Trieng

Alat musik tradisional yang kedepalan yaitu Taktok Trieng, merupakan alat musik yang terbuat dari bahan alam yaitu ruas bambu. Apabila ingin mengetahui keberadaan alat musik ini bisa kita temui di daerah Aceh besar, Pidie dan daerah Aceh lainnya. Cara memainkan alat musik tradisinoal ini dengan cara dipukul ini mempunyai fungsi yaitu sebagai pengusir burung yang ada di sawah.

9. Alat Musik Celempong

Celempong
Image by: wacana.co

Alat musik tradisional yang ada di Nanggroe Aceh Darussalam selanjutnya yaitu Celempong merupakan alat musik yang dimainkan oleh remaja-remaja perempuan pada saat berkumpul bersama. Untuk bisa melihat alat musik Celempong ini dapat kita temukan di daerah Tamiang, Nanggroe Aceh Darussalam. Menurut sejarah, bahwa alat musik daerah ini sudah hampir seratus tahun di daerah Tamian, Nanggroe Aceh Darussalam.

10. Alat Musik Teganing

Teganing

Alat musik yang kesepuluh yaitu Alat musik Teganing, merupakan alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan dipukul. Alat musik Teganing ini dapat kita jumpai di daerah Wilayah Gayo, Nanggroe Aceh Darussalam. Teganing ini mempunyai bentuk panjang yang terbuat dari satu ruas bambu.

11. Alat Musik Canang

alat musik Canang

Alat musik tradisional yang ke-sebelas yaitu alat musik Canang, merupakan alat musik yang cara memainkannya dengan dipukul. Alat musik Canang ini mempunyai bentuk yang sama dengan Gong yang terbuat dari bahan logam kuningan. Alat musik Canang ini berfungsi sebagai pengiring tari-tari tradisional.

12. Alat Musik Kecapi Olah

Kecapi-Aceh

Alat musik yang terakhir yaitu Kecapi Olah, merupakan alat musik tradisional yang cara memiankannya dengan cara dipukul. Alat musik Kecapi Olah ini telah berkembang di sebuah daerah Alas, Nanggroe Aceh Darussalam. Alat musik tradisional ini berfungsi sebagai pengiring tarian tradisional Aceh.

Nah, itulah bahasan yang saya sudah bahas lengkap mengenai alat-alat musik tradisional yang ada di daerah provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Dengan demikian, semoga dapat menambah ilmu pengetahuan dalam mengenal kebudayaan budaya di negara Indonesia khususnya tentang “Alat-alat musik tradisional”.

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai selelsai dan tunggu artikel lainnya yang membahas tentang alat-alat musik pada setiap provinsi yang akan saya bahas lengkap dan tuntas hanya di Kalimat.ID.

Komentar disini
Hosting Unlimited Indonesia